aplikasi edit video komputer

Apakah Sedulur seorang pemula dalam editing video? Tentu ada beberapa aplikasi edit video komputer yang Sedulur gunakan, sebagai awalan Sedulur akan menggunakan aplikasi-apliaksi yang mudah digunakan.

Apa saja aplikasi edit video komputer yang pernah Sedulur gunakan? Sebagai pemula, Sedulur bisa memulai dengan menggunakan aplikasi yang dapat membantu Sedulur. Dalam kesempatan kali ini, kita akan bahas daftar aplikasi yang bisa membantu Sedulur.

Namun sebelum membahas daftar rekomendasi aplikasinya, Sedulur bisa simak dulu penjelasan terkait keuntungan menguasai editing video menggunakan aplikasi edit video komputer di bawah ini.

BACA JUGA: 10 Rekomendasi Aplikasi Hacker Terbaik Andalan Para Hacker

Keuntungan mahir editing video

Di era digital saat ini, banyak orang yang secara perlahan belajar menguasai editing video. Hal tersebut tentu saja dikarenakan editing video merupakan sebuah skill yang saat ini sangat dibutuhkan dalam industri. Baik industri media hingga kebutuhan digital marketing.

Selain itu, bayaran untuk seseorang yang menguasai editing video juga sangat tinggi. Hal ini yang terutama menarik banyak perhatian. Di satu sisi, kebutuhan industri sangat tinggi, membuat biaya jasanya pun tinggi. Di sisi lain, kendati pun banyak yang mahir untuk editing video, karena kebutuhannya yang tinggi, membuat lapangan pekerjaan selalu tersedia.

Bagi Sedulur yang memang tertarik untuk belajar editing video, berikut ini daftar aplikasi edit video komputer yang bisa Sedulur gunakan sambil belajar. Berikut rekomendasinya!

1. Sony Vegas

Gocdkeys

Rekomendasia software edit video untuk PC pertama yaitu Sony Vegas. Banyak pemula yang menggunakan aplikasi ini untuk belajar editing video, hal tersebut disebabkan karena beragam fitur yang tersedia di aplikasi ini. Fitur yang melimpah dan memudahkan adalah alasan banyak yang menggunakan aplikasi ini.

Untuk kebutuhan film dokumenter, hingga video klip dapat menggunaan aplikasi ini. Namun untuk menggunakan aplikasi ini, Sedulur harus rela mengeluarkan uang agar dapat menggunakan setiap fitur dan layanan yang diberikan.

2. Final Cut Pro

aplikasi edit video komputer
Apple

Rekomedasi aplikasi edit video komputer kedua adalah Final Cut Pro X. Aplikasi yang sangat mudah digunakan dan dapat memenuhi kebutuhan editing video Sedulur. Terutama bagi Sedulur yang menggunakan MacOS, aplikasi ini sangat cocok untuk digunakan.

Namun Sedulur harus mengeluarkan biaya untuk dapat menggunakan aplikasi ini. Sekitar Rp4,2 juta dibutuhkan agar dapat menggunakan aplikasi ini. Namun, Sedulur juga diberi kesempatan untuk menggunakan aplikasi ini secara gratis selama 90 hari.

3. Adobe Premiere Pro

PCmag

Aplikasi edit video komputer selanjutnya yaitu Adobe Premiere Pro. Hampir semua Content Creator atau Youtuber menggunakan aplikasi ini untuk edit video. Selain mudah Adobe Premier banyak digunakan pada industri perfilman, televisi hingga Digital Creative.

Selain itu Adobe Premier punya beragam fitur lengkap untuk mengedit video. Mulai cutting, gradasi warna, transisi hingga animasi. Jika Sedulur mampu menguasai aplikasi edit ini, maka selamat kamu sudah bisa membuat video keren.

Seperti video even, wedding clip, video company profile hingga film dokumenter secara profesional. Hanya saja untuk mendapatkan jenis Adobe Premire Pro versi terbaru, Sedulur mesti mengeluarkan biaya berlangganan per bulan.

4. Lightworks

aplikasi edit video komputer
Takenologi

Rekomendasi aplikasi edit video komputer selanjutnya yaitu Lightworks. Lightwork banyak dianggap orang hampir mirip dengan Adobe After Effect dan software ini tersedia untuk Sedulur pengguna Windows dan Mac iOS serta dilengkapi dengan fitur beragam.

Misalnya soal penggunaan efek video, grading sampai pemakaian VFX untuk keperluan mendapatkan efek canggih ala film aksi terbaru saat ini. Kelebihan aplikasi ini adalah mudah diunduh gratis dan pastinya tersedia pilihan berbagai macam efek.

Selain itu aplikasi ini sudah tersedia untuk semua platform mulai Windows hingga pengguna Mac. Kekurangan Ligtwork adalah Sedulur perlu membayar jika ingin mendapatkan tambahan efek di luar dari versi umumnya.

5. Filmora

PCmag

Sedulur bisa menggunakan Filmora sebagai aplikasi edit video komputer untuk pemula. Bukan hanya untuk PC atau komputer, aplikasi ini juga dapat Sedulur gunakan di smartphone. Keunggulan aplikasi ini yaitu dapat digunakan secara gratis untuk setiap fitur dan plug-in yang ada di dalamnya.

Akan tetapi, kekurangan dari aplikasi ini terdapat pada versi gratis, yaitu ketika video selesai di edit, akan terdapat watermark di videonya. Untuk menghilangkan watermark tersebut, Sedulur harus berlangganan terlebih dahulu. Otomatis Sedulur harus mengeluarkan biaya untuk berlangganan.

6. CyberLink PowerDirector 365

aplikasi edit video komputer
Techradar

Rekomendasi selanjutnya untuk aplikasi edit video komputer adalah CyberLink PowerDirector 365. plikai video editing ini dikeluarkan oleh perusahaan Cyberlink untuk keperluan mengedit video. Software editing ini bisa dipakai oleh mereka yang masih pemula dan sudah profesional.

Bagi kalangan profesional bisa menggunakan fitur 360 video editing, motion tracking, chroma key sampai dengan color adjustment. Aplikasi ini hanya membutuhkan setidaknya RAM 2GB agar bisa digunakan dengan mudah saat edit video.

7. Corel VideoStudio Ultimate

Techradar

Ada juga Corel VideoStudio Ultimate sebagai rekomendasi aplikasi edit video komputer selanjutnya. Software ini menawarkan Sedulur sebuah percobaan gratis selama 30 hari. Jadi jika Sedulur masih kesulitas menggunakan aplikasi ini, maka bisa mencobanya terlebih dahulu.

Melalui aplikasi ini, Sedulur dapat menggunakan beragam fitur seperti Color Correction dan tone warna video supaya lebih hidup. Kelebihan Corel Video Studio Ultimate di antaranya punya desain interface mudah untuk dipahami.

Punya fitur lengkap untuk kebutuhan editing video profesional dan bisa memberikan masking pada video Sedulur. Kekurangannya jangan berharap mendapatkan fasilitas free selamannya. Sebab, mereka punya batas percobaan gratis selama 30 hari.

8. HitFilm Express

aplikasi edit video komputer
Fxhome

HitFilmExpress merupakan rekomendasi aplikasi edit video komputer yang bisa Sedulur gunakan. HitFilm Express mempunyai fitur lengkap pada VFX dan berguna dalam beragam keperluan konten. Software atau aplikasi edit video PC untuk pemula HitFilm Express sangat baik dipakai oleh Sedulur pemula. Apalagi jika Sedulur termasuk baru terjun ke dunia YouTuber.

Kelebihan HitFilm Express sangat mudah dipelajari oleh pemula, dan  jika masih bingung menggunakannya, bisa mencari tutorial gratis pada situs resmi aplikasi ini. Kekurangan HitFilm Express adalah interface sangat sederhana dan tidak cocok jika kamu merupakan kalangan profesional.

9. Hit Paw

Web Solution

Hit Paw merupakan rekomendasi aplikasi edit video komputer. Banyak fitur menarik dalam aplikasi video editing ini mulai dari fitur menambahkan musik, mengganti speed video, membuat video stop motion, crop video, dan masih banyak fitur lain.

Software editing ini bisa Sedulur gunakan untuk mengedit berbagai macam video. Aplikasi ini juga memiliki fitur lengkap mengedit segala macam video, ternyata software editing ini masih mempunyai kekurangan dan kelebihan.

Kelebihan aplikasi ini memiliki tampilan antarmuka yang sederhana sehingga bisa dengan mudah digunakan, sementara itu kekurangannya yaitu aplikasi ini akan mengeluarkan watermak sehingga tidak begitu nyaman saat video hasil editing selesai.

10. Lumafusion

aplikasi edit video komputer
Luma Touch

Selanjutnya untuk aplikasi edit video komputer yang bisa digunakan untuk pemula yaitu Lumafusion. Aplikasi ini banyak digunakan oleh kalangan profesional karena sangat mudah, dan juga sangat ringan di PC. Tidak membutuhkan spesifikasi PC khusus untuk menggunakan aplikasi ini.

Soal kelebihan Lumafusion, gambar yang dihasilkan mempunyai kualitas gambar tinggi. Selain itu memiliki banyak efek yang beragam. Jadi, untuk Sedulur yang berminat membuat video dengan kualitas keren dan kece, bisa menggunakan aplikasi ini.

Meski termasuk aplikasi keren dan mudah dipakai, bukan berarti software editing ini tak punya kekurangan. Kekurangan Lumafusion adalah Seduur harus membayar setidaknya Rp 300 ribu.

11. VSDC

VSDC

Rekomendasi selanjutnya yaitu VSDC, yang memiliki beragam fitur di dalamnya. Salah satunya yaitu editing video tanpa watermark. Juga terdapat berbagai efek dan transisi yang beragam dan Sedulur bisa menambahkan berbagai macam sound effect di aplikasi ini.

Keunggulan lain VSDC mempunyai interface desain sederhana sehingga tidak sulit bagi kamu memakainya. VSDC termasuk software untuk edit video free tanpa watermark PC sehingga sangat pas buat Sedulur menggunakannya. Kekurangan VSDC adalah aplikasi ini membutuhkan memori kosong setidaknya 300mb.

12. Shotcut

aplikasi edit video komputer
PCworld

Aplikasi edit video terbaik PC selanjutnya adalah ShotCut. Software ini merupakan aplikasi edit multipraform sehingga dapat memproses aneka ragam format audio, video sampai gambar untuk kemudian di edit atau bahkan bisa dikonversi.

Kelebihan Shot Cut dibanding aplikasi video editing lainnya adalah sangat mudah dipakai karena adanya antarmuka atau interface sederhana. Mempunyai sejumlah shortcut keyboard sehingga bisa memudahkan Sedulur dalam memakainya. Kelebihan terakhir adalah Shot Cut termasuk multiplatform.

Hanya saja Shot Cut mempunyai kekurangan dibanding aplikasi edit video lainnya. Salah satu kekurangannya adalah tampilan atau desain Shot Cut cukup sederhana dan tidak cocok bagi kalangan profesional Sedulur.

13. Davinci Resolve

Blackmagic Desain

Aplikasi edit video komputer selanjutnya yaitu Davinci Resolve. DaVinci Resolve termasuk aplikasi paling populer setelah Adobe Premier. Sebab, DaVinci Resolve juga bisa masuk dalam aplikasi edit video untuk laptop free.

Sehingga bagi Sedulur yang pemula dalam membuat video untuk YouTube misalnya, Sedulur bisa menggunakan aplikasi ini. DaVinci Resolve punya beragam fitur yang tak kalah keren dari Adobe Premier.

Sebab semuanya bisa dipakai oleh mereka kalangan pemula hingga profesional. Fitur tersebut antara lain motion graphic, multicam edition, audition mixing dan fitur lainnya. Kelebihan DaVinci Resolve adalah aplikasi video editing ini tersedia gratis dan pastinya dapat dipakai pada perangkat operasi seperti Windows, macOS hingga Linux.

Kelebihan lainnya adalah bisa dipakai, sangat ringan dan tidak merusak PC karena mempunyai fitur rendering lebih cepat. Sementara kekurangannya adalah tapilan user interface masih kaku jadi kurang mudah untuk banyak orang memahaminya.

Terakhir DaVinci Resolve masih banyak ditemukan Bug sehingga akan sangat mengganggu saat melakukan proses editing video.

14. AVS Video Editor

aplikasi edit video komputer
AVS4You

Aplikasi edit video komputer yang mudah digunakan dan menarik yaitu AVS Video Editor. Selain beragam fitur menarik yang terdapat didalamnya, aplikasi ini juga memiliki kelebihan yaitu dapat digunakan di laptop atau PC dengan spesifikasi rendah.

Namun kekurangan dari aplikasi ini yaitu memiliki user interface yang sederhana dan tidak membuat kalangan profesional nyaman menggunakannya. Namun untuk pemula, aplikasi ini sangat cukup untuk digunakan.

15. Movie Maker

Windows Movie Maker

Selanjutnya terdapat aplikasi edit video komputer bernama Movie Maker. Software ini juga banyak dipakai kalangan pemula dan profesional dalam membuat video keren dan pastinya tampil kece. Windows Movie Maker mempunyai fitur editing video dasar dan terbilang terbatas.

Kelebihan Movie Maker adalah bahwa software ini termasuk aplikasi edit video untuk laptop free. Kemudian punya fitur dasar dan fungsinya bisa langsung Sedulur  pakai jika masih pemula. Kekurangannya adalah teknologi terbatas ketika dibutuhkan pengeditan yang lebih advance. Interface Movie Maker sangat sederhana dan pastinya tidak cocok untuk Sedulur kalangan profesional.

16. Avidemux Video Editor

aplikasi edit video komputer
Wondershare

Rekomendasi aplikasi selanjutnya yaitu Avidemux Video Editor. Aplikasi ini angat mendukung banyak format file video semacam AVI, DVD file MPEG yang lebih kompatibel, MP4 dan ASF serta berbagai codec lainnya Sedulur.

Kelebihan software ini adalah bersifat open source sampai bisa dimodifikasi siapapun. Lalu dapat mendukung segala macam format file video ataupun audio.

Kekurangan Avidemux Video Editor adalah software editing ini sangat tergolong sederhana namun bisa dikatakan Avidemux adalah aplikasi edit video PC untuk pemula. Jadi sangat cocok untuk dijadikan ajang pembelajaran bagi para pemula Sedulur.

17. VideoPad

Nesabamedia

Rekomendasi aplikasi selanjutnya yaitu VideoPad. Bagi Sedulur yang pemula, aplikasi ini akan sangat cocok digunakan. Karena memiliki tampilan yang sederhana dan juga mendukung berbagai format video seperti AVI, MPEG, MP4 dan MOV serta masih banyak lagi.

Namun aplikasi ini memiliki kekurangan, yaitu tidak begitu ocok digunakan oleh kalangan profesional. Karena fitur yang disediaka sangat terbatas dan hasil dari video editinnya tidak begitu maksimal. Kurang begitu sesuai dengan kebutuhan para profesional video editor.

18. Pinnacle Studio

aplikasi edit video komputer
ProductNation

Aplikasi ini memiliki lebih dari 1500 efek dan templete yang dapat digunakan untuk editing video. . Kelebihan software edit ini adalah punya fitur screen recording untuk keperluan merekam layar dengan kualitas tinggi. Kemudian punya pilihan template editing video secara cepat.

Kekuarangannya adalah Pinnacle Studio dibanderol dengan harga tertentu jika ingin menikmati segala fasilitas dan fitur pada Pinnacle Studio.

19. iMyFone Filme

iMyFone Filme

Aplikasi ini dapat digunakan bagi Sedulur yang profesional atau pemula. Aplikasi ini juga menawarkan. banyak kelebihan dibandingkan dengan software editing lainnya. Sebab, aplikasi ini punya tiga mode yang bisa dipilih dan bisa memudahkan Sedulur dalam melakukan editing video.

Tersedia fitur Screen Recording yang berguna dalam merekam layar PC. Hanya saja software editing ini hanya punya fitur terbatas jika pada versi gratis, sehingga tidak leluasa ketika Sedulur mengedik video.

20. EaseUS

EaseUs

Aplikasi terakhir yaitu EaseUS. Aplikasi ini memiliki keunggulan dibandingkan dengan aplikasi edit lain, yang mana termasuk dalam aplikasi edit video PC ringan. EaseUS mendukung juga untuk beragam format file video mulai dari jenis MP4, AVI, WMK, MKV dan MOV serta masih banyak lagi.

Keunggulan EaseUS adalah mereka termasuk dalam aplikasi yang menawarkan editing video cukup lengkap. Sangat mendukung untuk semua format file video dan kekurangannya mereka memiliki fitur terbatas pada versi gratis.

BACA JUGA: 12 Rekomendasi Aplikasi VPN Gratis Terbaik, Pakai Saat Darurat

Tips saat edit video

Setelah mengetahui rekomendasi apliaksi untuk edit video, Sedulur juga harus mengetahui tips saat editing video. Berikut ini beberapa tips yang Sedulur perlu perhatikan, terutama video yang diedit berkaitan dengan kebutuhan pekerjaan:

  • Gunakan aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan video. Sedulur bisa menggunakan berbagai macam aplikasi yang telah dijelaskan di atas.
  • Jangan lupa untuk memperhatikan setiap bahasa tubuh subjek yang terdapat di dalam video. Karena ini dapat mempengaruhi kualitas video itu sendiri.
  • Jangan pernah ragu saat edit kesalahan yang terdapat di dalam video. Karena tujuan utama editing video adalah membuat video semakin menarik.
  • Gunakan intonasi warna yang beragam untuk membuat video semaking menarik secara visual dan dapat membuat penonton video nyaman.
  • Jangan lupa untuk mengikuti aturan 321, yaitu tiga salinan, dua di simpan di tempat berbeda, satu di upload secara online. Tujuannya untuk menyimpan cadangan video hasil editing jika hal yang tidak diinginkan terjadi.

Nah itulah daftar aplikasi edit video komputer yang bisa Sedulur gunakan. Semoga dengan daftar video di atas, Sedulur bisa semakin bersemangat saat editing video dan kemampuan Sedulur dapat menjawab kebutuhan yang diinginkan oleh industri.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.