Pernah mendengarkan sholawat allahul kafi robbunal kafi? Mungkin lirik lagu ini sudah bisa kalian dengar setiap hari di masjid-masjid ataupun mushola terdekat kamu ya Sedulur. Namun, lirik pujian ini mengandung makna yang sangat dalam.

Doa sholawat ini biasanya sudah sering menghiasi beberapa macam sosial media kita lho Sedulur. Baik di Instagram, maupun facebook. Dan banyak pula ulama besar sudah mempraktikannya dalam kehidupan sehari-hari. Maka dari itu tentu banyak hal yang sudah didapatkan.

Namun ternyata syair tersebut bukan hanya sekadar lagu, melainkan merupakan sebuah potongan dari Hizib Autad Syeikh Abdul Qadir al Jailani. Hizib ini pernah dibagikan oleh K.H Mustafa Bisri atau Gus Mus melalui Instagramnya. Hizb Autad sendiri merupakan sebuah aurad (bacaan wirid) yang digubah oleh beberapa tokoh besar bahkan sudah disebutkan sebagai wali kutb, Syekh Abdul Qadir al-Jailani.

Hizib serupa dengan al-thaaifah atau al-jamaah, yakni karena hizib berisi kumpulan sejumlah wirid atau dzikir. Hizib ini juga mempunyai makna serupa dengan al-silaah, yang berarti sesuatu yang dirutinkan atau didawamkan pada momen-momen tertentu, layaknya alat yang rutin digunakan dalam kesempatan tertentu atau ketika membela diri.

Hizib juga mempunyai makna an-naubah, sebagai istilah orang Arab ketika menyebut sumber air yang hanya muncul di kala waktu tertentu. Layaknya an-naubah, hizib juga kadang dibaca dalam waktu-waktu tertentu saja.

Terkait sejarah dari doa sholawat ini, tidak ada yang bisa memastikan kapan munculnya, namun  sebagai umat muslim,  kita harus bisa mengamalkan doa-doa yang terkandung dalam sholawat ini. Supaya kita mendapatkan ketenangan secara batin ataupun juga ketengan secara jasmani.

Daripada penasaran mengenai lirik lagu sholawat allhul kafi robbunal kafi, dan juga apa makna yang terkandung dalam doa yang cukup mulia ini, berikut ulasan selengkapnya buat Sedulur. Yuk disimak.

BACA JUGA: Ciri Cucak Ijo Asli & Cara Merawatnya Agar Gacor Ngerol

1. Berikut lirik lagu allahul kafi robbunal kafi

Lirik dan Keutamaan Allahu Kafi, Cek Disini
pexels

اَللهُ الْكَافِى رَبُنَا الْكَافِى

Latin: Allahul Kaafi rabbunal kaafi

Artinya: Allah yang mencukupi, Tuhan kita yang mencukupi

قَصَدْنَا الْكَافِى وَجَدْنَا الْكَافِى

Qashadnal kaafi wajadnal kaafi

Artinya: Tujuan kita Allah yang mencukupi, Yang kita temukan Allah yang mencukupi

 لِكُلِ كَافٍ كَفَانَا الْكَافِى

Likulli kaafi kafaanal kaafi

Artinya: Terhadap segala sesuatunya Allah yang mencukupi, yang memenuhi kebutuhan kita hanyalah Allah

وَنِعْمَ الْكَافِى اَلحَمْدُ لِلهِ

wa ni’mal kaafii alkhamdulillah

Artinya:  Allah lah sebaik-baik Dzat yang mencukupi, Alhamdulillah segala puji bagi Allah.

حَسْبُنَا اللهُ وَنِعْمَ الْوَكِيْلُ

Hasbunallahu wa ni’mal wakiil

Artinya: Cukuplah Allah sebagai pelindung kami

 نِعْمَ الْمَوْلَى وَنِعْمَ النَصِيْرُ

Ni’mal maulaa wa ni’man nashiiru

Artinya Allah adalah sebaik-baik Pelindung dan sebaik-baik Penolong

BACA JUGA : 15 Sifat Cahaya Lengkap dengan Penjelasan dan Contohnya

2. Khasiat doa allahul kahfi robbunal kafi

Lirik dan Keutamaan Allahu Kafi, Cek Disini
pexels

Khasiat doa allahul kafi robbunal kafi dan artinya yaitu Allah dilansir dari laman Islamsea yaitu Allah sudah mencukupi kebutuhan semua makhluk di semesta ini. Sholawat atau doa ini memiliki makna sebagai bentuk pujian kepada Allah SWT yang maha kuasa. Maha pencipta segala isinya. Sholawan ini adaah hizi atau biasa diebut denga wirid.

Wirid ini bisa kamu amalkan kapan saja dan dimana saja lho Sedulur. Bagi Sedulur yang tinggal  di lingkungan Nahdlatul ulama (NU) sholawat ini mungkin sudah tidak begitu asing lagi sebab mungkin setiap hari sering kita dengar atau kita baca saat setelah Adzan sebagai bentuk puji-pujian kepada Allah SWT.

Berikut beberapa khasiat yang terkandung dalam sholawat yang sudah cukup di kenal pada komunitas islam NU yuk disimak.

Menenangkan hati

Salah satu khasiat paling utama yang bisa kamu dapatkan setelah mengamalkan sholawat ini adalah, hati akan menjadi tenang. Istiqomah dalam mengamalkan sholawat ini akan memberikan ketenangan dan tentunya menjauhkan dari segala macam rasa khawatir.  Tidak hanya itu, bagi Sedulur yang membaca sholawat ini, akan memberikan keyakinan dan merasa lebih dekat dengan raja segala raja sang pemilik alam semesta.

Sarana terkabulnya doa

Khasiat yang kedua bagi siapa saja yang mengamalkan sholawat allahul kafi robbunal kafi adalah, sarana  dapat terkabulnya doa-doa. Mengamalkan sholawat ini dengan membacanya sampai 1000x dengan tulus serta penuh keyainan dan tentunya hanya mengharapkan ridho Allah tentu akan menjadi sebuah media atau ssarana supaya doa kita dikabulkan oleh Allah Subhanhu Wata’alla.

Bisa melindungi dari bahaya musuh

Manfaat ketiga yang bisa kamu dapatkan adalah, dapat melindungi dari bahaya musuh. Nah, saat menghadapi situasi yang kurang aman atau mendapati musuh atau orang yang akan berniat jahat kepada kita, maka jangan lupa amalkan sholawat ini.

Percayalah insya allah, Allah akan menghindarkan kita atau Sedulur dan melindungi dari segala macam tindakan yang jahat.

Penolak bala

Khasiat ketiga yang bisa kamu dapatkan setelah mengamalkan sholawat allahul kafi robbunal kafi adalah, bisa menjadi sarana penolak bala. Istiqomah dengan mendawamkan sholawat ini akan menjadi penolak bala dari segala macam kejahatan, bencana, kebangkrutan dan tentu saja mendapatkan perlindungan serta keselamatan di dunia dan juga akhirat.

Pembuka dan penarik rezeki

Rezeki memang sudah diatur oleh Allah SWT. Namun, kamu juga harus tetap berusaha supaya mendapatkan apa yang kamu akan inginkan. Nah, jangan dilupakan juga untuk membaca sholawat ini.

Sholawat allahul kafi, robbunal kafi merupakan hizib autad yang bisa diamalkan sebagai bentuk pembuka dan penarik rezeki. Tidak hanya itu, bisa juga memudahan dalam mendapatkan jodoh, melunasi hutang dan untik kekayaan materi dan ketentraman hati.

BACA JUGA : Perhatikan 19 Ciri Ciri Hamil Sebelum Telat Haid, Jarang Disadari

3. Manfaat sholawat allahul kafi robbunnal kafi

Lirik dan Keutamaan Allahu Kafi, Cek Disini
pexels

Sholawat atau doa allahul kafi ialah dzikir atau hizib sebuah karya Syech Abdoel Qodir Al Jaelani sebagai bentuk wujud pujian  atau mungkin rasa syukur atas segala pemberian,, perlindungan dan segala nikmat yang Allah berikan kepada umatnya yaitu kita.

Nah, barangsiapa yang mengamalkan sholawat ini, allahul kafi maka insha Allah akan selalu mendapatkan manfaat berupa perlindungan dan kemudahan dalam mendapatkan sebuah rezeki dari Allah SWT. Sholawat allahul kafi adalah bentuk doa untuk sarana mengabulkan hajat yang cukup mustajab lho Sedulur.

Bahkan jika kamu mengetahuinya, sholawat ini bisa digunakan untuk menarik rezeki paling kuat dari segala arah. Meski demikian tetap harus dibarengi dengan usaha yang cukup tentunya Sedulur.

Demikian ulasan mengenai sholawat allahul kafi, robbunal kafi, dari mulai liriknya hingga sampai dengan manfaat yang bisa didapatkan setelah membaca doa ini. Ternyata banyak khasiat kamu rasakan setelah membacara doa ini. Namun hal yang paling bisa diambil dari membaca doa sholawat ini adalah, segala urusan kita bisa dipermudah baik mengenai rezeki atau mungkin terkait masalah-masalah hidup. Semoga buat Sedulur yang beragam islam dapat mulai menerapkan doa sholawat ini ya dalam kehidupan sehari-hari ya.