Surah Al falaq merupakan sebuah surat yang ada di dalam Al-Quran. Surat yang memiliki arti subuh ini adalah surat yang ke-113 dan termasuk ke dalam jenis surat Makkiyah. Surat ini berada pada juz 30 atau biasa disebut dengan Juz Amma. Surat ini merupakan mu’awwidzatain bersama surat An-Nas yaitu sebuah surat yang berisi permintaan perlindungan.

Dalam surat ini mengandung makna permohonan perlindungan kepada Allah SWT. Bacaan surat al falaq juga bisa dijadikan sebagai amalan sunah dengan membaca sebanyak 7 kali  dan bersamaan dengan Al-Fatihah, Al-Ikhlas dan An-Nas setelah menggelar salat  Jumat tepatnya setelah Imam salat mengucapkan salam. 

Manfaat surat al falaq sangat banyak. Sepeti diriwayatkan al- Hafizh al-Mundziri dari Anas bin Malik, bahwa Rasulullah pernah bersabda,” Barang siapa yang membaca surat Al-Fatihah, Al-Ikhlas, Al-Falaq, dan An-Nas masing-masing sebanyak 7 kali ketika imam selesai membaca salam salat Jumat, sebelum melipat kakinya, Allah akan mengampuni dosanya yang lalu dan sekarang dan diberi pahala sebanyak orang beriman kepada Allah dan Rasul-Nya.

Nabi Muhammad sendiri diriwayat oleh Uqbah bin Amir, bersabda,” Tadi malam telah diturunkan kepadaku beberapa ayat yang tidak kulihat bandingannya, yaitu qul a’udzu birabbil falaq (Al-Falaq) dan qul a’udzu birabbin-naas (An-Nass)” (H.R. an Nasai 945).

Perlu diketahui, Surah Al Falaq dan Surah An-nas mendapat perlakuan khusus.  Biasanya dibaca saat Nabi ketika hendak tidur. Hal ini diriwayatkan dalam jalur Aisyah, bahwa “Apabila Rasulullah saw. hendak tidur, beliau meniupkan ke kedua tangannya sambil membaca mu’awidzatain (surat An Nas dan Al Falaq), lalu beliau mengusapkan ke badan” (H.R. Bukhari 5844).

Dalam sebuah kitab yang Shahih Bukhari, dikutip dari buku Sunnah Rasulullah Sehari-hari oleh Syaikh Abdullah bin Hamoud Furaih, dari riwayat Bukhari, ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha berkata,

“Apabila Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam hendak tidur, beliau akan meniupkan ke telapak tangannya sambil membaca ‘Qul huwallahu ahad..’ (surat Al-Ikhlas) dan surat Al Falaq dan An-Naas (mu’awwidzatain) seluruhnya, kemudian beliau mengusap dengan kedua tangan beliau itu wajahnya dan bagian jasadnya yang dapat dijangkau oleh kedua tangan beliau.”

Aisyah juga berkata, “Jika beliau sakit, beliau menyuruhku untuk melakukan hal itu,”

Setelah mengetahui surat Al-Falaq, maka selanjutnya Sedulur wajib mengetahui bacaan lengkap beserta dengan artinya.

BACA JUGA : Kisah Nabi Ishaq Putra Nabi Ibrahim & Cikal Bakal Bani Israil

Surah al falaq teks latin dan artinya

Tafsir Surat Al-Falaq [bag 1] – Ahlulbait Indonesia

Berikut bacaan teks latin dan artinya

1. بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ قُلْ اَعُوْذُ بِرَبِّ الْفَلَقِۙ

qul a’ụżu birabbil-falaq

Artinya : Katakanlah, “Aku berlindung kepada Tuhan yang menguasai subuh (fajar)

2. مِنْ شَرِّ مَا خَلَقَۙ

min syarri mā khalaq

Artinya : dan kejahatan (makhluk yang) Dia ciptakan,

3. وَمِنْ شَرِّ غَاسِقٍ اِذَا وَقَبَۙ

wa min syarri gāsiqin iżā waqab

Artinya : dan dari kejahatan malam apabila telah gelap gulita.

4. وَمِنْ شَرِّ النَّفّٰثٰتِ فِى الْعُقَدِۙ

wa min syarrin-naffāṡāti fil-‘uqad

Artinya: dan dari kejahatan (perempuan-perempuan) penyihir yang meniup pada buhul-buhul talinya.

5. وَمِنْ شَرِّ حَاسِدٍ اِذَا حَسَدَ

wa min syarri ḥāsidin iżā ḥasad

Artinya : dari dari kejahatan orang yang dengki apabila dia dengki

Demikianlah penjelasan mengenai surah al falaq, teks latin, arti beserta dengan manfaat yang dapat diambil dalam surat ini. Yuk mulai baca surat ini agar mendapatkan perlindungan dari Allah SWT dan sudah disunnahkan oleh Nabi Muhammad SAW.