Mungkin Sedulur masih menganggap bahwa kecap Inggris dan kecap asin adalah sama. Namun ternyata keduanya berbeda, simak perbedaannya di bawah ini!

Kecap Inggris dan kecap asin merupakan salah satu bumbu penyedap yang bisa membuat rasa masakan menjadi lebih nikmat. Terutama bagi Sedulur yang menginginkan masakan dengan rasa yang lebih gurih. Persoalannya, kecap asin dan Inggris memiliki warna yang sama dan sering dianggap sama.

Namun, ternyata keduanya beda dan banyak hal yang membedakannya. Banyak juga pertanyaan seputar kehalalan kedua kecap ini. Dalam kesempatan kali ini akan dijelaskan perbedaan keduanya sehingga Sedulur lebih memahami karakteristik dan kegunaannya. Yuk, simak!

Daftar Perbedaan Kecap Inggris dan Kecap Asin, Sedulur Wajib Tahu!

1. Bahan Pembuatan Kecap Inggris dan Kecap Asin

1. Bahan Pembuatan
makanansehat.biz

Perbedaan pertama antara kecap asin dan Inggris adalah bahan utama pembuatannya. Kecap Inggris terbuat dari cuka yang dibumbui oleh molase, ikan teri, bawang merah, asam jawa, bawang putih dan bahan lainnya. Cuka dalam bahan pembuatan berfungsi untuk mempertajam rasa kecap itu sendiri. Ikan teri untuk memberikan rasa umami dan gurih. Sementara bahan lainnya bertujuan untuk memperkuat rasa kecap itu sendiri.

-->

Sementara kecap asin terbuat dari fermentasi kedelai dan gandum yang telah melewati proses hidrolisis. Proses tersebut dapat melepaskan gula yang memberikan warna coklat yang menjadi identik dari kecap asin. Dari dua bahan tersebut, jelas bahwa kedua jenis kecap di atas merupakan kecap yang berbeda.

2. Rasa Kecap

2. Rasa Kecap
kompas.com

Dari bahan pembuatannya yang berbeda juga menghasilkan rasa yang berbeda. Kecap asin memiliki rasa yang lebih manis, gurih dan sedikit pahit. Berbeda dengan kecap asin, kecap Inggris memiliki rasa yang cukup tajam, perpaduan dari rasa gurih, manis, dan asin. Yang membuat setiap masakan bisa menjadi lebih tajam rasa gurihnya.

Oleh karena itu, setiap masakan dengan kecap Inggris akan menghasilkan rasa yang lebih umami dan gurih. Terdapat perbedaan yang mencolok yang langsung akan dirasakan oleh lidah kita, terhadap masakan yang menggunakan dua jenis kecap ini. Gurih yang dihasilkan lebih tajam dan lebih alami.

Baca Juga: Resep Tempe Kecap Untuk Kesehatan dan Menambah Imun

3. Penggunaan dalam Masakan

3. Penggunaan dalam Masakan
verywellfit.com

Kegunaan kecap Inggris untuk mempertajam rasa masakan. Sedulur bisa langsung menggunakannya saat memasaknya. Namun, sebenarnya, fungsi kecap satu ini lebih tepat digunakan sebagai bahan marinasi daging dan ikan yang akan dipanggang atau dibakar. Hal tersebut dapat membuat daging dan ikan menjadi lebih lembut. Selain itu, sering juga digunakan sebagai bahan pembuatan saus salad dan bumbu untuk kuah sup.

Sementara itu, kecap asin lebih banyak digunakan untuk berbagai masakan. Biasanya untuk membuat nasi goreng, mie rebus dan lain sebagainya. Namun, kecap asin juga bisa digunakan sebagai bahan marinasi daging sapi dan daging ayam. Hal tersebut dapat membuat minyak dari daging keluar ketika diolah. Dan, kecap asin juga bisa memperkaya tumisan dan sup jika digunakan.

Karena kegunaannya berbeda, lebih baik Sedulur Super Agen menyarankan pelanggan untuk memiliki keduanya. Pasalnya, kedua kecap ini merupakan bahan penting bagi masakan-masakan tertentu. Keduanya pun bisa didapatkan melalui Aplikasi Super dengan harga yang lebih murah.

4. Manfaat Kecap

4. Manfaat Kecap
yukmakan.com

Perbedaan terakhir adalah manfaatnya untuk tubuh. Secara spesifik, perbedaan bahan pembuatan juga turut memberikan perbedaan manfaat yang dirasakan oleh tubuh. Kecap Inggris sendiri bermanfaat untuk menjaga kesehatan sendi tulang, melawan radikal bebas, meningkatkan kesehatan mental dan meningkatkan daya tahan tubuh.

Sementara itu, kecap asin bermanfaat karena kandungan sodium yang sangat bermanfaat untuk tubuh. kecap asin juga mengandung anti-alergi yang bisa menangkal alergi bagi Sedulur yang memiliki alergi. Dan, kecap asin juga mengandung antioksidan yang sangat baik untuk tubuh.

Semoga penjelasan di atas bisa menjawab pertanyaan seputar kecap inggris. Mulai dari asal, kegunaan hingga perbedaannya dengan kecap asin. Menimbang penjelasan yang telah dibahas di atas, kedua kecap ini memiliki segudang fungsi dan manfaat yang baik untuk tubuh. Pengetahuan ini bisa Sedulur Super Agen sampaikan kepada pelanggan.

Selain itu, Sedulur Super Agen juga dapat membeli kecap inggris untuk pelanggan maupun untuk sendiri melalui Aplikasi Super. Download Aplikasi Super dari Play Store dan segera install di HP Sedulur. Selain harganya lebih murah, kecap yang ditawarkan pun bervariasi!