Yuk, mari simak langkah dan cara memulai usaha sembako dengan modal kecil.

Dalam menjalankan usaha sembako, kita harus memiliki rincian modal toko sembako. Seperti apapun usaha sembako yang kita jalani, baik itu usaha sembako dengan modal 5 juta atau warung sembako modal 2 juta.

Untuk menjalankan bisnis, modal awal merupakan hal penting yang harus dimiliki. Tidak harus selalu besar, modal kecil pun tidak masalah. Asalkan telah sesuai dengan perhitungan yang kita lakukan. Dan juga sesuai dengan kebutuhan awal kita menjalankan usaha sembako.

Artikel kali ini akan membahas cara memulai usaha sembako dengan modal kecil. Kita bisa membeli isi warung sembako modal 1 juta dan menjalankan cara jualan sembako biar laris. Satu hal yang paling penting, karena modal awal menjalankan bisnis kecil, kita harus menguasai cara berdagang sembako di rumah.

Baru setelah berkembang, kita secara perlahan mulai melakukan kemajuan menjadi toko sembako modern. Yuk, langsung saja seperti apa cara memulai usaha sembako dengan modal kecil, mari kita simak ulasannya.

Baca Juga: Cara Memulai Usaha Toko Kelontong Modern Untuk Pemula

Langkah dan Cara Memulai Usaha Sembako dengan Modal Kecil

1. Hitung Modal Awal Secara Tepat

Hitung Modal Awal Secara Tepat

Karena kita akan memulai toko sembako dengan modal kecil, maka langkah pertama dalam menjalankan cara memulai usaha sembako dengan modal kecil adalah menghitung modal awal secara tepat dan sesuai kebutuhan awal.

Modal merupakan hal utama dalam menjalankan usaha sembako, terutama untuk toko kelontong. Kita harus memiliki rincian modal toko sembako, biaya pembelian barang, biaya sewa tempat dan biaya operasional. Namun karena modal awal kecil, lebih baik kita menjalankan usaha sembako di halaman depan rumah saja.

Pada bulan pertama biasanya kita harus fokus memikirkan bagaimana biaya modal yang telah dikeluarkan bisa kembali, baru setelahnya memikirkan bagaimana mengumpulkan keuntungan dan memutarkan uang untuk dibelanjakan kembali.

Modal yang diperhitungkan juga berbeda-beda, tergantung kebutuhan dari setiap usaha sembako yang akan dijalankan. Jika Sedulur Super kebetulan memiliki modal besar untuk menjalankan usaha sembako, Sedulur bisa memanfaatkannya dengan baik.

Cara memulai usaha sembako dengan modal kecil akan berjalan dengan lancar ketika kita telah melakukan perhitungan modal awal secara tepat dengan sasaran pembelian yang sesuai kebutuhan.

2. Buka Usaha Sembako di Halaman Rumah

Buka Usaha Sembako di Halaman Rumah

Langkah dalam cara memulai usaha sembako dengan modal kecil selanjutnya adalah membuka usaha sembako di halaman rumah. Hal ini harus dilakukan untuk mencegah penggunaan modal yang berlebihan, karena kita dari awal telah memilih cara memulai usaha sembako dengan modal kecil.

Untuk beberapa bulan pertama, desain bagian halaman rumah, atau jika memiliki garasi gunakan garasi rumah sebagai tempat usaha sembako. Baru ketika keuntungan telah lumayan, kita bisa melakukan cara memulai usaha sembako dengan modal kecil yang selanjutnya, yaitu menyewa tempat yang lebih luas dan strategis. Namun untuk awal, kita harus cukup dengan membuka usaha di depan halam rumah yang kita miliki.

Jika dari awal kita sudah mengeluarkan uang besar sebagai modal, akan secara otomatis kita akan gagal melakukan cara memulai usaha sembako dengan modal kecil, dan kedepannya usaha sembako kita akan keteteran.

3. Rencanakan Usaha Secara Matang

Rencanakan Usaha Secara Matang

Rencana adalah hal yang harus dimiliki dalam melakukan setiap hal, apalagi akan menjalankan usaha. Oleh karena itu, menyusun rencana merupakan langkah selanjutnya dalam cara memulai usaha sembako dengan modal kecil.

Jangan khawatir dan minder karena kita memilih menjalankan cara memulai usaha sembako dengan modal kecil. Modal kecil bukan berarti kita tidak mampu menggunakan modal besar. Irit menggunakan modal adalah hal yang tepat.

Karena kita akan mendapatkan keuntungan yang lumayan besar kedepannya. Sembako merupakan barang yang selalu dibutuhkan masyarakat, dalam melakukan cara memulai usaha sembako dengan modal kecil yang perlu kita lakukan adalah tekun dan konsisten.

4. Berikan Pelayanan yang Memuaskan

Berikan Pelayanan yang Memuaskan

Pelayanan yang baik merupakan bagian dalam cara memulai usaha sembako dengan modal kecil. Karena dengan pelayanan yang baik, pelanggan akan terkesan dan kembali belanja di toko kelontong kita. Kesan pertama sangat penting dalam melakukan cara memulai usaha sembako dengan modal kecil.

Jangan sampai kita memiliki mindset yang buruk, bermodal kecil bukan berarti tidak bisa memberikan pelayanan yang sempurna dan prima kepada pelanggan. Justru kunci dalam melakukan cara memulai usaha sembako dengan modal kecil, adalah dalam hal pelayanan.

Karena modal terbatas, kita belum bisa membeli perlengkapan memadai untuk melayani pelanggan, untuk menutupi hal itu, kita harus memberikan pelayanan yang prima sebagai gantinya. Oleh karena itu langkah ini sangat penting sebagai cara memulai usaha sembako dengan modal kecil.

5. Berikan Diskon dan Promosi

Berikan Diskon dan Promosi

Walaupun bermodal kecil, jangan langsung tergesa-gesa mengambil keuntungan dari setiap penjualan sembako. Alangkah baiknya keuntungan pertama diputarkan untuk dijadikan diskon dan promosi. Hal ini baik sebagai cara memulai usaha sembako dengan modal kecil.

Dengan diskon dan promosi, pelanggan akan berani untuk berbelanja dalam jumlah yang sangat banyak. Hal ini akan sangat baik untuk keberlangsungan toko kelontong atau usaha sembako kita. Semakin banyak barang yang dibeli, semakin banyak keuntungan yang didapat.

Walaupun keuntungan awal harus dikorbankan sebagai modal memberikan diskon, namun pada akhirnya akan kembali pada kita sebagai keuntungan juga. Memberikan diskon dan promosi bukan hanya penting dalam cara memulai usaha sembako dengan modal kecil, namun juga untuk pengembangan bisnis.

Jika cara memulai usaha sembako dengan modal kecil sudah dipahami dengan baik, harus wajib dipikirkan cara untuk mengembangkan usaha sembako. Karena kita sebagai pengusaha tidak ingin dan tidak puas dalam mencapai satu target saja.

Salah satu cara yang bisa kita lakukan untuk mengembangkan toko kelontong adalah dengan bergabung menjadi Mitra Supercenter yang dimiliki oleh Aplikasi Super. Dengan hal ini, kita akan mendapatkan banyak bonus dan pembinaan yang akan semakin memajukan toko kelontong kita.

Terutama di tengah era digital saat ini, memiliki sebuah usaha yang bergerak dibidang digital adalah hal yang pasti. Aplikasi Super bisa membantu kita untuk mendapatkan toko kelontong atau usaha sembako digital, karena Aplikasi Super memiliki sebuah fitur Toko Saya.

Selain menguasai cara memulai usaha sembako dengan modal kecil, membaca trend perkembangan usaha yang mengarah ke sistem digital juga merupakan sebuah keharusan, oleh karena itu gunakan Aplikasi Super dan manfaatkan sebagai kesempatan emas.

Jangan lupa download Aplikasi Super bagi yang belum memiliki aplikasinya. Pelajari juga cara daftar Aplikasi Super agar kita bisa menjadi bagian dari Mitra Super Center. Klik di sini untuk mengunjungi laman Aplikasi Super, dan baca testimoni para Sedulur Super yang telah merasakan manfaat langsung dari Aplikasi Super. Selamat mencoba!