Pernah mendengar istilah remote pc Sedulur? Ya keberadaan alat ini sangat penting dalam mengontrol komputer dari jarak yang jauh. Perlu kamu tahu bahwa aplikasi remote pc cukup berguna dalam berbagai keperluan. Di antaranya me-remote komputer dari jarak jauh, bahkan antar negara sekalipun. Tentu saja ini sangat luar biasa dan bisa membantu segala pekerjaan kita. Khususnya buat kamu seorang IT profesional.

Dengan keberadaan remote komputer ini, akan memungkinkan untuk mengontrol mouse dan keyboard komputer target yang dapat terhubung dari lokasi yang berbeda-beda. Namun sebelum kamu bisa melakukan ini, hal yang wajib dilakukan adalah menginstal software. Jika semua persyaratan telah usai dilakukan, selanjutnya tinggal menyambungkannya saja. Bicara mengenai aplikasi remote, kita semua hanya tahu tentang Team Viewer sebagai aplikasi remote paling handal dan terkenal.

Meski demikian, ternyata masih banyak aplikasi remote pc yang wajib kalian pakai dan coba. Nah penasaran apa saja aplikasi remote pc terbaik yang bisa kamu gunakan, yuk simak ulasannya di  bawah ini.

BACA JUGA :7 Cara Cek Ram Laptop dan PC yang Cepat & Praktis

-->

1. Team viewer

remote pc
teamviewer

Aplikasi remote pc yang pertama adalah Team Viewer. Perlu kamu tahu, aplikasi ini sangat populer di beberapa platform terkenal semisal, Windows, Mac, Linux, Android daan Ios. Team Viewer selain populer, ternyata juga termasuk aplikasi remote pc gratis. Team Viewer merupakan aplikasi yang bisa dipakai untuk berkolaborasi dengan pengguna lain secara real time. Tidak hanya itu, aplikasi ini bisa melakukan chatting, panggilan suara dan juga video call.

Sebagai aplikasi yang banyak dipakai orang, ternyata Team Viewer punya banyak kelebihan. Di antaranya adalah melakukan transfer file, modifikasi file dan kegiatan lainnya. Sebagai aplikasi yang banyak dipakai orang, tercatat lebih dari 45 juta pengguna telah mengunduhnya. Ini mengindikasikan bahwa Team Viewer masih menjadi aplikasi terbaik saat ini.

2. Chrome remote desktop

remote pc
googlechrome

Tak hanya Team Viewer yang banyak dipakai dalam keperluan pc remote. Ternyata ada pula aplikasi yang serupa Team Viewer yaitu Chrome Remote Desktop. Aplikasi ini bisa kamu dapatkan gratis dan bisa mendukung segala pekerjaan yang kamu sedang selesaikan. Khususnya saat memakai  browser Chrome. Keberadaan remote pc gratis ini, mendukung segala jenis operasi. Seperti Windows, Linux, Mac, Android dan IOS.

Buat kamu yang ingin menggunakan aplikasi remote pc android ini, maka perlu men-download di mesin pencari Google dengan laman remotedesktop.google.com. Selanjutnya, kamu akan mendapatkan aplikasi pc remote yang kamu cari.

BACA JUGA: Download Video Instagram (Story, Reels, IGTV) Tanpa Aplikasi

3. Microsoft remote desktop

remote pc
techradar

Selanjutnya ada aplikasi remote pc bernama Microsoft Remote Desktop. Tidak seperti aplikasi lain yang bisa digunakan untuk sistem operasi seperti Linux, Mac atau pun Ios. Sebab aplikasi ini hanya bisa dipakai oleh mereka yang mengoprasikan sistem operasi Windows dan Android saja. Nah, buat kamu yang mengoprasikan sistem Windows 10  sangat layak dipakai dalam remote pc Windows 10.

Dalam aplikasi Microsoft Remote Desktop tersimpan beragam macam fitur yang keren. Seperti transfer file, modifikasi file, chatting, call, dan lain sebagainya. Memang sepintas sama dengan pc remote sebelumnya. Namun, tetap masuk dalam aplikasi paling layak dipakai oleh kamu Sedulur. Meski mempunyai beberapa fitur, namun jika komputer kamu belum mempunyai aplikasi ini, disarankan untuk men-downloadn terlebih dahulu. Tentu saja dengan mengunjungi Remote Desktop Assistant.

4. Join me

remote pc
pcmag

Masih belum puas dengan performa Microsoft Remote Desktop, mungkin bisa menggunakan aplikasi remote pc bernama Join me. Aplikasi Join me tidak kalah dengan aplikasi pc remote lainnya. Aplikasi ini, selain bisa me-remote pc kamu dan bisa menggunakanya untuk keperluan meeting atau rapat. Hanya saja jumlahnya sekitar 10  orang saja. Namun ini berlaku pada versi free nya saja.

Seperti remote pc gratis lainnya, Join me memiliki fitur basic aplikasi remote seperti chatting, call, video call. Tidak hanya itu, ada pula fitur menarik seperti kustomisasi URL, kualitas audio yang lebih baik dibanding dengan pc remote sebelumnya. Terakhir ada pula keunggulan berupa on click sharing screen. Buat kamu yang tertarik menggunakan Join me, bisa men-download terlebih dahulu sistem operasi  Windows dan Mac OS.

Join me termasuk aplikasi remote pc gratis buatan Log Meln. Sehingga sangat layak untuk kamu gunakan. Terlebih fiturnya lebih baik dibanding dengan aplikasi sebelumnya Sedulur.

5. Remote utilitas

remote pc
apkpure

Selain Join me yang punya fitur on click sharing screen, ada pula aplikasi bernama Remote Utilities. Bisa dibilang aplikasi ini lebih baik dibanding aplikasi sebelumnya. Sebab terdapat Two Factor Authentification bagi setiap pengguna. Mengenai soal keamanan data, Remote Utilities lebih baik dibandingkan aplikasi lainnya. Untuk kamu yang tertarik menggunakannya, caranya sangat mudah dan sederhana. Pastikan bahwa kedua komputer telah terinstall aplikasi yang satu ini.

Baru selanjutnya tinggal memasukan user ID dan password yang telah dimiliki. Kemudian tunggu sampai proses berhasil. Jika berhasil, maka kamu tinggal menggunakannya saja. Bagaimana sangat mudah dan gampang bukan?

BACA JUGA: Apa Itu Blockchain, Definisi & Cara Kerja Teknologi dibalik Bitcoin

6. Ammyy admin

malavida

Selain menggunakan Remote Utillities, ada pula aplikasi remote mouse pc bernama Ammyy Admin. Bisa dibilang kehadiran aplikasi ini, menjadi pelengkap dibandingkan aplikasi lainnya. Ya, kelebihan Ammyy Admin mempunyai kemudahan dalam hal setting. Tidak hanya masalah mudahnya melakukan setting, namun aplikasi di komputer ini juga ringan. Sebab, ukurannya hanya berkisar sekitar 0,5 MB saja. Sangat ringan dan mudah dioprasikan bukan? Buat kamu yang tertarik memakai aplikasi ini, caranya sangat mudah dan gampang Sedulur.

Kamu hanya perlu memasukan ID dari PC  yang akan di-remote dan connect. Perlu kamu tahu bahwa Ammyy Admin bisa dipakai sekaligus melakukan pc remote banyak komputer sekaligus hanya dalam satu waktu saja. Dengan kemudahan dan kelebihan yang dimiliki, maka sangat layak bila aplikasi ini dipakai me-remote segala pc kamu Sedulur.

7. Ultra VNC

ultravnc

Selanjutnya adalah Ultra VNC alias UVNC. Bisa dibilang bahwa UVNC merupakan aplikasi gratis yang bisa kamu pakai selanjutnya. Aplikasi ini ternyata mempunyai banyak kelebihan dibanding aplikasi lain. Sebab, kamu tidak perlu melakukan upgrade versi ke berbayarnya hanya untuk menggunakan semua fitur yang ada di aplikasi ini. Mengapa bisa demikian, sebab Ultra VNC mendukung berbagai sistem operasi untuk versi lama sekalipun. Jadi, itulah kelebihan yang dimiliki Ultra VNC.

8. Aero admin

lifewire

Aplikasi terbaik berikutnya adalah Aero Admin. Aplikasi ini telah sepenuhnya gratis dan bisa kamu gunakan. Bahkan batasan jumlah komputer yang di remote pc pun tidak ada batasan jumlah. Namun, aplikasi  Aero Admin hanya bisa digunakan pada komputer dengan sistem operasi seperti Windows, Linux dan MAC. Tidak hanya itu saja, aplikasi ini cocok digunakan pada perusahaan yang besar atau instansi yang memakai jumlah komputer yang banyak.

9. Any Desk

anydesk

Aplilkasi remote pc selanjutnya adalah Any Desk. Tidak seperti Team Viewer yang sudah ada lebih dahulu, untuk Any Desk merupakan software pc remote paling baru dibandingkan dengan aplikasi-aplikasi lainnya. Selain datang sebagai aplikasi baru, ternyata Any Desk punya banyak keunggulan atau kelebihan. Any Desk ini mampu merekam pada saat sesi remote, lalu kolaborasi dengan pengguna lain untuk melakukan remote komputer dari jarak jauh.

Tidak hanya dapat merekam pada sesi remote, Any Desk termasuk ringan untuk digunakan. Sebab ukurannya hanya mencapai 3 MB. Bila berminat memakai aplikasi ini, maka langsung mendownload di anydesk.com.

10. Monect

monect

Aplikasi yang terakhir adalah Monect. Monect merupakan software yang bisa kamu pakai untuk melakukan remote pc games, membuat presentasi, multimedia sharing dan file akses. Jika tertarik memakai aplikasi ini, maka bisa mengaksesnya di website monect.com.

Cara melakukan remote PC

Setelah memahami  seputar 10 aplikasi terbaik, maka berikutnya adalah bagaimana cara melakukan remote pc. Supaya tidak penasaran, mari simak ulasan lengkap berikutnya. Langkah mengoperasikan sistem aplikasi Team Viewer.

  • Silahkan download dulu aplikasi TeamViewer, silahkan pilih yang “Download for free”, jika sudah sekalian lakukan instalasi TeamViewer.
  • Silahkan buka aplikasi TeamViewer, silahkan buka pada Remote Control > kemudian lihat “Your ID” dan “Password”.
  • Untuk memulai melakukan remote silahkan masukan pada “Partner ID” kemudian pilih “Remote Control”, atau Anda bisa melakukan “File Transfer”, kemudian silahkan tekan “Connect”, Anda akan diminta untuk memasukan password, silahkan masukan dan tunggu prosesnya.
  • Selamat Anda berhasil melakukan remote komputer.

Demikian ulasan mengenai aplikasi remote pc terbaik yang bisa dipakai. Semoga ulasan ini membantu Sedulur yang berminat memakai aplikasi ini.

Sedulur yang membutuhkan sembako, bisa membeli di Aplikasi Super lho! Sedulur akan mendapatkan harga yang lebih murah dan kemudahan belanja hanya lewat ponsel. Yuk unduh aplikasinya di sini sekarang.

Sementara Sedulur yang ingin bergabung menjadi Super Agen bisa cek di sini sekarang juga. Banyak keuntungan yang bisa didapatkan, antara lain mendapat penghasilan tambahan dan waktu kerja yang fleksibel! Dengan menjadi Super Agen, Sedulur bisa menjadi reseller sembako yang membantu lingkungan terdekat mendapatkan kebutuhan pokok dengan mudah dan harga yang lebih murah.