penyebab laptop keyboard tidak berfungsi

Keyboard merupakan salah satu perangkat keras yang sangat penting bagi para pengguna laptop. Adanya kerusakan sistem atau alasan lain yang membuat keyboard tidak bisa digunakan tentunya akan menghambat pekerjaan. Oleh karena itu, penting mengetahui penyebab keyboard laptop tidak berfungsi dan cara mengatasinya.

Fungsi keyboard sangatlah penting karena dapat memasukkan perintah yang berupa teks dan kontrol lain ke dalam sistem komputer. Jika fungsi ini tidak berjalan dengan baik, maka bisa dipastikan ada yang tidak beres pada keyboard tersebut. Bisa jadi karena koneksi, kotoran, atau gangguan pada perangkat.

Nah, berikut adalah beberapa penyebab keyboard laptop tidak berfungsi beserta cara mengatasinya. Simak dengan baik, ya!

BACA JUGA: Kumpulan Terlengkap Shortcut Keyboard yang Wajib Diketahui

1. Gangguan pada hardware

keyboard
iStock

Penyebab keyboard laptop tidak berfungsi yang paling sering ditemui adalah adanya gangguan pada hardware. Gangguan ini dapat terjadi karena beberapa hal, salah satunya adalah terlalu sering menekan salah satu tombol atau tidak sengaja menekan tombol kunci. Di samping itu, baterai laptop yang terlalu panas juga bisa menyebabkan gangguan fungsi pada keyboard yang biasanya ditandai dengan keyboard yang tidak merespons secara tiba-tiba.

Cara mengatasi tombol keyboard tidak berfungsi dapat dilakukan dengan melakukan pengecekan pada tombol Num Lock. Telah disebutkan di atas bahwa salah satu penyebab keyboard tidak berfungsi secara tiba-tiba adalah dari kesalahan pengguna laptop sendiri, salah satunya adalah ketidaksengajaan mengaktifkan fitur Num Lock. Num Lock merupakan fitur yang berfungsi untuk mengonversi bagian keyboard utama yang berperan sebagai keypad numerik. 

Jika fitur Num Lock aktif, maka hampir sebagian keyboard tidak akan berfungsi dengan normal. Nah, untuk menonaktifkan fitur ini, Sedulur dapat menekan tombol Fn + “NumLk” secara bersamaan atau menyesuaikan jenis atau model keyboard laptop yang digunakan.

BACA JUGA: Cara Screenshot Panjang di Laptop Mudah dengan Mudah

2. Gangguan pada software

keyboard
iStock

Selain gangguan pada hardware, penyebab keyboard laptop tidak berfungsi juga bisa terjadi jika ada kerusakan perangkat lunak atau software. Kondisi ini ditandai dengan seluruh keyboard yang tidak merespons secara tiba-tiba. 

Tidak hanya itu, keyboard juga sering mengalami gangguan ketika terlalu sering menginstal perangkat lunak pihak ketiga ataupun sering mematikan laptop tanpa perintah Shut Down. Kedua hal ini jika dilakukan terus menerus akan menyebabkan keyboard tidak bisa merespons atau tidak dapat berfungsi lagi dengan baik.

Cara mengatasinya dapat dilakukan dengan melakukan restart laptop. Secara umum, gangguan pada software yang mengganggu fungsi keyboard dapat diselesaikan dengan jalan merestart laptop. Sedulur dapat melakukan restart dengan langkah sebagai berikut:

  • Klik pada tombol Windows.
  • Pilih tombol daya.
  • Pilih Restart atau mulai ulang.

BACA JUGA: Cara Clear Cache di Windows 10, Lebih Cepat & Tidak Lemot

3. Driver keyboard salah

keyboard
iStock

Masalah selanjutnya juga bisa datang dari driver keyboard yang bermasalah. Adanya masalah pada driver keyboard dapat membuat salah satu tombol keyboard laptop tidak berfungsi atau bahkan tidak berfungsi sama sekali. 

Masalah pada driver biasanya akan terjadi jika Sedulur menginstal software yang terdapat virus sehingga dapat mempengaruhi kinerja driver keyboard. Mematikan laptop dengan cara tidak benar dan tidak menggunakan perintah shutdown juga dapat memperburuk masalah ini.

Nah, cara mengatasinya adalah dengan memperbaiki driver keyboard. Sedulur dapat memastikannya terlebih dahulu dengan langsung mengeceknya di Device Manager pada bagian Keyboard. Jika terdapat tanda segitiga kuning, maka tandanya driver keyboard sedang bermasalah. Sedulur dapat mencopot pemasangan dan mendownload ulang driver terbaru di website resmi sesuai merek laptop.

4. Pengaturan tidak kompatibel

keyboard
iStock

Faktor lain yang dapat membuat keyboard laptop tidak berfungsi windows 10 adalah adanya pengaturan yang tidak kompatibel. Kondisi semacam ini biasanya dipengaruhi oleh penggunaan atau sistem yang kurang berjalan dengan baik sehingga membuat keyboard menjadi tidak merespon. 

Jika dalam keadaan mendesak, Sedulur dapat menggunakan On Screen Keyboard untuk mengatasinya. Tidak perlu memasang aplikasi lagi, Sedulur hanya perlu mengikuti instruksi berikut ini.

Start Menu > Program > Accessories > Accessibility, lalu pilih On Screen Keyboard.

Setelah muncul On Screen Keyboard pada layar laptop, Sedulur dapat mulai menggunakannya. Tidak seperti mengetik dengan keyboard pada umumnya, disini Sedulur harus menggunakan touchpad atau mouse untuk mengoperasikannya. Meskipun tidak senyaman dan sefleksibel keyboard asli, namun fitur ini cukup menjadi solusi dalam keadaan mendesak sembari menunggu keyboard normal kembali.

BACA JUGA: Cara Mengatasi Reboot and Select Proper Boot Device di PC

5. Terkena cairan

keyboard
iStock

Penyebab keyboard laptop tidak berfungsi semua adalah terkena air. Keyboard yang tidak sengaja tersiram atau terkena tumpahan benda cair dapat berdampak pada rusaknya bagian dalam keyboard. Tidak hanya keyboard yang gagal berfungsi, laptop juga biasanya akan mati.

Cara mengatasinya yaitu dengan membawa ke Service Center sesuai merek laptop. Cara ini menjadi cara paling bijak karena kondisi laptop yang sudah tidak bisa dinyalakan lagi tentu saja harus dibongkar.

Dengan membawanya ke service center, besar kemungkinannya keyboard laptop akan berfungsi kembali karena ditangani dengan para ahli. Jika asuransi laptop sudah hangus, Sedulur juga dapat membawanya ke teknisi komputer terdekat untuk memperbaikinya. 

6. Adanya kotoran

keyboard
iStock

Selain terkena cairan, keyboard juga dapat rusak karena adanya debu atau sisa makanan yang jatuh di sela-sela keyboard dan menumpuk. Hal ini dapat terjadi jika pengguna sering menggunakan laptop sambil memakan camilan. Meskipun memiliki dampak yang cukup parah, masalah ini sering diabaikan oleh banyak orang

Cara mengatasi keyboard laptop tidak berfungsi pada masalah ini adalah dengan membersihkan keyboard. Meskipun terkesan susah dilakukan, namun cara ini adalah cara paling baik untuk menjaga keyboard tetap berfungsi. Tidak perlu membongkar keyboard untuk membersihkannya dari kotoran dan debu, berikut adalah langkah-langkahnya yang bisa diikuti: 

  • Sebelum memulai, pastikan laptop berada dalam keadaan mati untuk alasan keamanan. 
  • Miringkan laptop pada posisi 90 derajat untuk membuat laptop lebih mudah dibersihkan dari debu.
  • Pada posisi miring tersebut, goyang-goyangkan pelan laptop sehingga debu atau sisa makanan yang ada pada sela-sela tombol dapat jatuh dengan sendirinya.
  • Jika memungkinkan, gunakan kuas dengan bulu yang halus untuk membersihkan keyboard. 
  • Selanjutnya bersihkan bagian sela-sela dan bawah keyboard dengan selotip.
  • Lakukan secara berulang hingga dipastikan keyboard benar-benar bersih dari kotoran dan debu yang menempal.

BACA JUGA: 7 Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Flashdisk

7. Koneksi buruk

keyboard
iStock

Jika Sedulur mengalami keyboard laptop yang sering terputus dan kemudian menyambung kembali tanpa adanya peringatan, maka bisa dipastikan bahwa perangkat keras sedang mengalami koneksi yang buruk ke motherboard. Kondisi ini dapat berlangsung sebentar atau berhenti berfungsi sama sekali dimana touchpad dan keyboard laptop tidak berfungsi sebagaimana normalnya.

Biasanya kondisi ini disebabkan oleh kabel pita yang longgar. Sedulur dapat mengatasinya dengan merestart laptop dan melihat perubahannya. Jika tidak ada perubahan, maka segera bawa laptop ke service center untuk segera diperbaiki.

8. Keyboard rusak

keyboard
iStock

Penyebab terakhir keyboard laptop tidak bisa berfungsi adalah keyboard sudah rusak. Kondisi ini bisa saja terjadi jika Sedulur membeli laptop bekas tanpa mengecek barangnya terlebih dahulu karena membelinya secara online. Sedulur dapat mengembalikan ke tempat pembelian atau menerima dan mencari solusi lain. 

Solusi lain yang dapat digunakan adalah menggunakan Keyboard USB atau wireless. Hal ini dapat dilakukan jika Sedulur sudah merasa ikhlas dan tidak mau bersusah-susah memperbaiki keyboard laptop.

Dengan menggunakan keyboard USB, Sedulur hanya perlu menyambungkan kabel USB ke laptop dan keyboard portable pun sudah bisa digunakan sebagai pengganti keyboard laptop bawaan yang rusak.

Selain menggunakan keyboard dengan kabel USB, Sedulur juga bisa memasukkan keyboard wireless untuk mengganti keyboard bawaan yang rusak. Keyboard ini dinilai dapat memudahkan pekerjaan karena keyboard wireless dapat digunakan dalam jarak yang cukup jauh tanpa harus terhalang kabel.

Nah, itulah informasi mengenai penyebab keyboard laptop tidak berfungsi dan cara mengatasinya. Sebelum melakukan tindakan, Sedulur dapat memastikan penyebabnya terlebih dahulu. Setelah mengetahuinya, segera lakukan sesuai saran di atas. Selamat mencoba!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.