mata ikan di kaki

Banyak orang yang beranggapan jika mata ikan di kaki sama seperti kapalan. Namun, pada kenyataannya kedua masalah kulit tersebut berbeda. Kapalan merupakan penebalan atau pengerasan lapisan kulit dan tidak menimbulkan rasa sakit jika sentuh. Sedangkan ciri-ciri mata ikan di kaki adalah benjolan dengan bagian tengah bertekstur lunak yang jika disentuh akan terasa nyeri. Selain itu, biasanya ukuran dari mata ikan ini lebih kecil jika dibandingkan dengan kapalan.

Supaya bisa membedakan dan memberikan pertolongan pertama dan pengobatan yang tepat, simak serba-serbi soal mata ikan di telapak kaki. Mulai dari penyebab, cara mengatasi, dan juga pencegahannya. Maka dari itu, langsung simak informasi sebagai berikut ini.

BACA JUGA: Penyakit Milia: Gejala, Penyebab, dan Cara Menghilangkannya

Penyebab mata ikan di kaki

penyebab mata ikan di kaki
halodoc

Mungkin sebelumnya Sedulur mengira jika penyebab mata ikan dan kapalan itu juga sama, yakni hanya karena tekanan atau gesekan secara berulang terutama di bagian kaki. Padahal sebenarnya hal itu kurang tepat. Umumnya, mata ikan ini disebabkan oleh infeksi human papilloma virus (HPV).

-->

Selama ini, mungkin virus tersebut lebih dikenal sebagai penyebab dari penyakit menular seksual (PMS) jengger ayam atau yang sering disebut sebagai kutil kelamin. HPV ini juga dikenal sebagai salah satu penyebab kanker serviks.

Walaupun seperti itu, virus ini mempunyai banyak jenis atau varian. Jadi HPV yang menjadi penyebab mata ikan dan dua penyakit tersebut tidaklah sama.

Cara menghilangkan mata ikan di kaki

cara menghilangkan mata ikan di kaki
halodoc

Mata ikan memang sangat jarang menimbulkan masalah kesehatan yang serius. Akan tetapi, kemunculannya kerap kali mengganggu kenyamanan pada kaki, terutama pada saat berjalan. Nah, bagi Sedulur yang punya pertanyaan mata ikan di kaki obatnya apa, berikut beberapa cara menghilangkannya.

1. Salep mata ikan

salep mata ikan di kaki
alodokter

Pengobatan yang pertama adalah dengan mengoleskan salep mata ikan di kaki. Gunakan salep yang mengandung asam salisilat seperti Collodim ad verrucas 10%. Kandungan asam salisilat tersebut akan melunakkan kulit mati sehingga lebih mudah untuk dihilangkan.

Obat ini bisa dioleskan sekali sehari di bagian mata ikan selama satu minggu berturut-berturut, kemudian rendam kaki dengan air yang cukup panas. Nantinya, mata ikan akan melepaskan “bijinya” yang sudah menjadi begitu lunak. Setelah itu, biji mata ikan tersebut bisa dikeluarkan secara mekanis dengan jauh lebih mudah. Tidak usah khawatir, Sedulur bisa mendapatkan salep mata ikan ini di apotek terdekat.

2. Plester mata ikan

mata ikan di kaki nyeri
my-best

Biasanya ukuran mata ikan itu kecil. Namun ada juga kemungkinan mata ikan muncul di kaki dalam ukuran yang besar. Semakin besar ukuran mata ikan, tentu saja akan semakin mengganggu aktivitas sehari-hari kan? Jadi mau tidak mau Sedulur harus mencoba berbagai cara untuk menghilangkannya.

Salah satu cara yang dapat membuat mata ikan menjadi lunak adalah dengan melekatkan “plester mata ikan” di atasnya. Sama seperti salepnya, plester ini juga dibuat secara khusus dengan kandungan salisilat di permukaan bagian dalamnya.

Perlu untuk diketahui, penderita penyakit diabetes atau kencing manis sama sekali tidak boleh mengobati sendiri berbagai masalah atau gangguan pada kakinya. Bagi Sedulur yang termasuk di dalamnya, perlu konsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

3. Operasi

Operasi
biaya

Apabila mata ikan tidak juga menjadi lunak setelah diberikan salep atau plester dengan kandungan salisilat, maka salah satu tindakan yang paling tepat adalah menghubungi dokter spesialis kulit. Nantinya, dokter akan membantu dengan melakukan operasi.

Operasi ini dilakukan dengan cara memotong beberapa kulit yang menebal akibat mata ikan dengagn menggunakan pisau bedah. Prosedur operasi tersebut berguna untuk mengurangi tekanan pada jaringan di bagian bawah mata ikan.

4. Laser

Laser
klikdokter

Cara untuk mengatasi mata ikan yang berikutnya, bisa dilakukan dengan menggunakan laser pulsed-dye (PDL). Prosedur pengobatan oleh ahli ini dilakukan dengan cara membakar gumpalan pembuluh darah kecil di area yang telah terinfeksi sebelumnya.

Setelah dilakukan pembakaran dengan laser, maka jaringan yang terinfeksi itupun akan mati dan benjolan terlepas. Namun jika kamu ingin menggunakan cara yang satu ini, siapkan dana terlebih dahulu. Biasanya metode tersebut membutuhkan dana sekitar Rp500 ribu hingga Rp1 juta.

BACA JUGA: 12 Ciri-ciri Penyakit Maag Kambuh & Pertolongan Pertamanya

5. Gunakan batu apung atau sabut kelapa

batu apung
alodokter

Dilansir dari buku 265 Tip for Women, batu apung atau sabut kelapa bisa menjadi salah satu obat mata ikan di kaki paling ampuh. Sabut kelapa dan batu apung ini akan menghilangkan kulit mati pada mata ikan dan membuatnya kempes, sehingga rasa sakit dan tekanan berkurang.

Cara penggunaanya juga cukup mudah. Sedulur bisa merendam kaki dalam air hangat terlebih dahulu. Setelah itu, langsung saja gosok mata ikan dengan sabut kelapa atau batu apung satu secara lembut dan juga perlahan.

Setelah beberapa saat, nantinya kulit dari mata ikan tersebut akan melunak dan juga mengelupas. Jika merasa kurang yakin, kamu bisa menanyakan pada ahli terlebih dahulu.

6. Garam Inggris

mata ikan di kaki obatnya apa
alodokter

Epsom atau yang lebih dikenal sebagai garam inggris dipercaya dapat mengobati mata ikan secara alami, lho. Hal ini karena garam inggris tersebut mengandung zat antibakteri yang bisa mengikis sel kulit mati, membuat kulit menjadi lebih tenang, dan meredakan rasa sakit.

Untuk menghilangkan mata ikan dengan garam Inggris, Sedulur hanya perlu merendam bagian yang terdapat mata ikan ke dalam air hangat yang sudah dicampur dengan garam Inggris. Setelah sekitar 10-15 menit, angkat dari bilas dengan air bersih.

Untuk hasil yang maksimal, Sedulur bisa melakukan metode tersebut secara rutin setiap hari setelah mandi. Jangan berhenti melakukannya hingga mata kaki benar-benar hilang dan teratasi.

7. Baking soda

obat mata ikan di kaki paling ampuh
alodokter

Seperti yang telah kita ketahui, baking soda tidak hanya berguna sebagai bahan pembuatan kue saja. Ada banyak manfaat dari baking soda, termasuk sebagai bahan alami mengatasi mata ikan di kaki nyeri. Manfaatnya yang diberikan juga tidak jauh berbeda dengan garam Inggris.

Sifat antiseptik yang dimiliki oleh baking soda ini, mampu menghindarkan kulit dari infeksi yang diakibatkan oleh mata ikan. Untuk mendapatkan manfaat tersebut, Sedulur cukup mencampurkan baking soda dengan air perasan jeruk. Setelah kedua bahan tersebut membentuk semacam pasta, langsung saja oleskan di bagian mata ikan dan biarkan semalaman. Terakhir, bilas sampai bersih di pagi harinya.

8. Bawang putih

Bawang putih
alodokter

Bawang putih menjadi salah satu bahan dapur yang bisa dijadikan sebagai obat untuk menghilangkan mata ikan. Sedulur hanya perlu menggosokkan bawang putih yang sudah dihaluskan ke titik mata ikan. Kemudian tempelkan bawang putih dengan perban, dan diamkan semalaman. Keesokan harinya, bersihkan bawang putih tersebut ketika Sedulur sedang mandi. Ulangi cara ini setiap malam secara rutin supaya mata ikan cepat hilang.

9. Kunyit

Kunyit
alodokter

Bahan dapur terakhir yang bisa dimanfaatkan untuk mengatasi mata ikan adalah kunyit. Hal ini kunyit memiliki kandungan antimikroba, yang dipercaya ampuh untuk menghilangkan mata ikan. Sedulur bisa membuat paste pekat dari campuran kunyit dengan madu.

Kemudian oleskan campuran tersebut di area mata ikan, dan biarkan mengering. Jika sudah kering, bilas sampai benar-benar bersih. Ulangi ini selama 2-3 hari sampai mata ikan mengecil dan hilang.

Cara mencegah mata ikan di kaki

Cara mencegah
alodokter

1. Gunakan sepatu yang tepat. Pastikan Sedulur menggunakan sepatu yang nyaman sesuai dengan ukuran dan kaki. Hal ini akan mengurangi gesekan atau tekanan di kulit kaki, dan mencegah timbulnya mata ikan.

2. Selalu gunakan kaus kaki. Mengenakan kaus kaki saat menggunakan sepatu itu juga harus dilakukan untuk mengurangi tekanan atau gesekan yang bisa memicu mata ikan.

3. Selalu menjaga kebersihan. Cara mencegah ikan yang terakhir, yakni mencuci kaki dengan sabun dan menyikatnya setelah menggunakan sepatu secara rutin.

Walaupun mata ikan ini tidak termasuk masalah kesehatan yang benar-benar serius, namun tetap saja rasa nyeri yang muncul itu membuat kita tidak nyaman. Jadi jika memang bisa diobat atau dihilangkan, kenapa tidak?

Selain pengobatan, tentu saja tindakan pencegahan yang wajib untuk dilakukan. Seperti yang orang-orang bilang, mencegah itu lebih baik daripada mengobati. Jadi sebelum Sedulur terkena masalah tersebut, alangkah baiknya melakukan beberapa tips untuk mencegah timbulnya mata ikan di kaki.