cara merebus ketupat hemat gas

Apakah bisa kita membuat ketupat yang nikmat, tetapi hemat gas untuk membuatnya? Jika bisa, maka bagaimana cara merebus ketupat hemat gas? Simak ulasan yang ada di bawah ini!

Seperti yang telah diketahui, merebus ketupat bisa memakan banyak gas. Terutama jika menggunakan metode tradisional, dimana Sedulur harus memasaknya dalam waktu yang cukup lama untuk mendapatkan kematangan yang sempurna.

Akan tetapi, Sedulur tidak perlu terlalu khawatir. Terdapat beberapa tips yang bisa membantu mengurangi penggunaan gas saat memasak ketupat. Nah, berikut adalah beberapa cara merebus ketupat hemat gas sekaligus mencegahnya agar tidak cepat basi.

BACA JUGA: 

-->

1. Gunakan panci yang sesuai

Unsplash/Mufid Majnun

Pertama, gunakan panci yang cukup besar untuk menampung ketupat tanpa menumpuk satu sama lain. Penggunaan panci ini bertujuan untuk memastikan ketupat direbus secara merata dan matang sempurna.

2. Rendam ketupat terlebih dahulu

Rendam ketupat dalam air selama beberapa jam terlebih dahulu, sebelum direbus. Hal ini dilakukan untuk membuat ketupat menjadi lembut dan mempercepat proses pemasakan, sehingga lebih menghemat gas.

3. Tambahkan garam ke air

Tambahkan sedikit garam ke dalam air rebusan ketupat. Garam akan membantu mempercepat proses pemasakan dan juga dapat membantu mencegah ketupat menjadi lebih cepat basi.

4. Rebus dengan air mendidih

Cara merebus ketupat hemat gas yang berikutnya, yakni merebus dengan air mendidih. Penggunaan air mendidih ini dinilai akan mempercepat proses pemasakan dan menghemat waktu serta energi.

5. Gunakan teknik rebus ulang

Setelah ketupat selesai direbus, tiriskan airnya dan biarkan ketupat di dalam panci yang tertutup selama beberapa menit. Ini akan membantu ketupat menyerap kembali uap air, membuatnya tetap lembut dan lebih awet alias tidak cepat basi.

BACA JUGA: 

6. Gunakan api kecil

cara merebus ketupat hemat gas
Unsplash/Frank Zhang

Pastikan Sedulur menggunakan api kecil atau minimal sedang pada saat merebus ketupat. Api yang terlalu besar hanya akan menghabiskan gas tanpa meningkatkan efisiensi selama proses pemasakan.

7. Jaga agar air tetap mendidih

Cara merebus ketupat hemat gas selanjutnya, yakni pastikan air tetap mendidih selama proses pemasakan. Tutup panci dengan rapat-rapat untuk mempertahankan suhu air tetap mendidih.

8. Rebus dalam waktu yang singkat

Jangan biarkan ketupat direbus terlalu lama. Setelah ketupat mengapung di atas air, biarkan merebus selama 1 hingga 2 jam saja, tergantung pada jumlah dan jenis ketupat yang direbus.

9. Gunakan penutup panci

Tutup panci pada saat merebus ketupat. Panci yang ditutup dilakukan dengan tujuan untuk mempertahankan panas dan mengurangi waktu pemasakan.

10. Potong ketupat menjadi bagian kecil

Yang berikutnya, yakni potong ketupat menjadi bagian kecil sebelum merebus. Potongan yang lebih kecil dinilai akan lebih cepat matang dan menghemat gas.

BACA JUGA: 

11. Rebus dengan teknik lapis

cara merebus ketupat hemat gas
Unsplash/Mufid Majnun

Jika memungkinkan, gunakan teknik lapis untuk merebus ketupat. Susun ketupat dalam beberapa lapisan dengan lembaran daun pisang di antara setiap lapisan untuk mempercepat pemasakan.

12. Perhatikan kemasan ketupat

Pastikan ketupat masih dalam kemasan yang kedap udara hingga digunakan. Buka kemasannya hanya saat akan direbus supaya ketupat tidak cepat basi.

13. Hindari menggunakan air panas kembali

Pastikan untuk tidak menggunakan air bekas dari rebusan ketupat sebelumnya untuk merebus ketupat baru. Air bekas bisa mengandung bakteri dan menyebabkan ketupat cepat basi.

14. Penyimpanan yang tepat

Simpan ketupat yang sudah direbus di dalam sebuah wadah yang kedap udara, lalu letakkan di tempat yang sejuk dan kering. Hal ini akan membantu Sedulur untuk mencegah ketupat menjadi lebih cepat basi.

15. Konsumsi dengan cepat

Usahakan untuk selalu mengkonsumsi ketupat dalam waktu yang relatif singkat setelah direbus. Semakin lama disimpan, tentu saja akan semakin besar kemungkinan ketupat menjadi basi.

16. Biar Ketupat Makin Enak, Gunakan Beras Terbaik

daftar harga beras
Beras Buncit

Ketika Sedulur ingin membuat ketupat yang enak, penggunaan beras tentu sangat berpengaruh pada rasa dan kualitas ketupat. Untuk itu, diperlukan beras yang pulen dan putih. Sedulur bisa mencoba Beras Buncit, beras kualitas premium yang memiliki karakter pulen.

Beras Buncit sendiri bisa ditemukan dengan mudah di toko kelontong dan SuperApp. Jadi dijamin tidak akan kerepotan saat membuat ketupat di rumah.

SuperApp sendiri adalah aplikasi yang membantu kulakan sembako dan barang kebutuhan pokok untuk toko atau kebutuhan sehari-hari di rumah jadi mudah. Kalau kamu tertarik menggunakan SuperApp, bisa cari tahu lebih banyak informasinya lewat media sosial Instagram SuperApp.

Nah, mungkin hanya itu beberapa tips atau cara merebus ketupat hemat gas. Dengan menerapkan beberapa tips di atas, Sedulur tidak hanya akan mengurangi penggunaan gas pada saat memasak ketupat. Namun juga membuat ketupat yang dihasilkan lebih awet dan tidak mudah basi.

Selain beberapa cara di atas, Sedulur juga bisa memilih bahan baku yang berkualitas untuk bisa menghasilkan ketupat yang tidak mudah basi. Dengan begitu, maka ketupat bisa dihidangkan dalam waktu yang lama!