Mual terjadi karena aktivitas kontraksi yang terjadi di saluran pencernaan. Penyebab munculnya mual bisa disebabkan oleh banyak hal. Seperti karena telat makan, sedang dalam perjalanan atau, karena keracunan makanan. Meski demikian, rasa mual bisa diatasi dengan baik jika ditangani secara cepat. Cara menghilangkan mual pun bisa menggunakan obat kimia atau mengonsumsi obat herbal.

Namun dari kedua jenis obat tersebut, penggunaan obat herbal dirasa cukup alternatif dan paling aman dijadikan cara menghilangkan rasa mual, sebelum menggunakan  obat kimia. Sebab, obat herbal yang digunakan untuk mengatasi rasa mual akan minim risiko ketimbang penggunaan obat kimia. Bicara mengenai obat herbal yang dijadikan cara menghilangkan pusing dan mual, Lalu apa saja obat herbal yang mampu dijadikan obat mual. Yuk simak ulasan lengkapnnya di bawah ini.

BACA JUGA : Keracunan Makanan: Gejala, Penyebab & Pencegahannya

1. Mencari udara segar

cara menghilangkan mual
rancamayagollfstate

Bagaimana cara menghilangkan mual muntah? Langkah pertama yang bisa dicoba adalah mencari udara segar. Ketika kamu mengalami masalah ini, cobalah untuk membuka sebentar jendela rumah kamu dan kemudian hiruplah udara segar dari luar.

-->

Meski dianggap ampuh dengan menghirup udara segar, namun belum ada penelitian lebih lanjut terkait cara yang satu ini. Namun saat kita terserang rasa mual, udara segar sangat membantu tubuh kita supaya mual dapat teratasi dengan baik.

2. Menghirup aromaterapi

cara menghilangkan mual
detik

Cara menghilangkan mual karena asam lambung bisa menggunakan aromaterapi. Ya aromaterapi sangat ampuh dalam meredakan rasa mual. Sebab efek dari aromaterapi sangat menenangkan khususnya saat kita hirup aromaterapi tersebut. Beberapa ahli banyak menduga jika saluran pernapasan dalam kondisi tenang dan terkendali, maka bisa membuat tubuh terbebas dari mual.

3. Mengatur napas

cara menghilangkan mual
liputan6

Mengatur napas mungkin menjadi salah satu cara menghilangkan mual saat hamil. Tindakan ini bisa dilakukan jika kamu tidak mempunyai minyak aromaterapi di rumah. Saat kamu merasakan mual,  maka tindakan utama adalah dengan menarik napas  dalam-dalam lewat hidung selama tiga detik.

Tahanlah napas kamu selama  kurang lebih 3 detik, baru selanjutnya hembuskan melalui  mulut dalam tiga hitungan. Supaya mendapatkan hasil yang maksimal, kamu dapat mengulanginya sebanyak tiga kali atau sampai mual mulai berkurang.

BACA JUGA: Kenali 10 Penyebab Kram Perut Serta Ciri & Cara Mengatasinya

4. Menghirup bau lemon

cara menghilangkan mual
inews

Cara menghilangkan rasa mual selanjutnya adalah dengan menghirup bau jeruk lemon. Lemon memiliki ciri khas yang wangi dan sangat ampuh mengatasi rasa mual kamu. Dalam beberapa penelitian, sebanyak 100 wanita yang hamil diminta menghirup minyak esensial lemon dan minyak almon saat mereka mual. Hasilnya pun baik karena rasa mual bisa diatasi.

Jadi bisa dipastikan, bau lemon dapat dijadikan cara menghilangkan mual saat hamil. Jeruk lemon segar bekerja dengan cara yang sama seperti  minyak esensial. Aromanya  yang segar bisa membuat  tubuh menjadi rilek dan nyaman. Tidak hanya itu, rasa mual pun akan sedikit demi sedikit berkurang.

5. Pakailah kompres dingin

cara menghilangkan mual
alodokter

Kompres dingin ternyata ampun dijadikan obat mual. Sebab, kompres dingin bisa mengurangi rasa mual akibat dari peningkatan suhu di dalam tubuh. Jadi,  jika kamu mempunyai kompres instan, cobalah untuk bungkus satu kantong es batu dengan handuk.  Kemudian tempelkan di pundah beberapa menit dan tunggulah hasilnya.

6. Akupresur

cara menghilangkan mual
alodokter

Akupresur mungkin bisa dijadikan cara menghilangkan mual karena maag secara alami. Akupresure merupakan pengobatan alami dengan cara menekan titik tubuh. Untuk titik akupresur mual terletak di pergelangan tangan bagian dalam. Atau sekitar 6 cm dari bawah telapak tangan.

7. Makanlah dengan porsi kecil

detik

Gejala mual biasanya identik dengan makan dengan porsi banyak.  Akibatnya, saat di perjalanan perut terasa mual karena terkena goncangan dan akhirnya muntah. Solusi atau cara menghilangkan pusing dan mual tentunya dengan makan dengan porsi kecil.  Makan dengan porsi besar bisa memberikan tekanan pada lambung karena otot meregang dengan cepat. Bahkan makan porsi banyak, juga bisa memunculkan gejala asam lambung.

BACA JUGA: 10 Jenis Bunga Keladi Beracun, Jauhkan dari Si Kecil. Hati-Hati!

8. Konsumsi jahe

cnnindonesia

Jahe sudah terkenal dapat dijadikan minuman herbal untuk mengatasi masalah mual, perut kembung dan gejala lainnya.  Cara menggunakan rempah ini sangat mudah. Kamu hanya tinggal menggepreknya, lalu kemudian rebus menggunakan air hingga panas. Selanjutnya, ambil rebusannya dan minumlah setiap saat untuk meredakan rasa mual. Karena jahe adalah obat mual alami.

Namun jika kamu tidak memiliki jahe sebagai cara menghilangkan rasa mual,  kamu bisa membelinya instan di warung atau toko terdekat Sedulur. 

9. Peppermint

liputan6

Cara menghilangkan pusing dan mual selanjutnya mungkin dapat  mengonsumsi  pappermint.  Pappermint dipercaya sangat amput mengatasi rasa mual yang sering mengganggu aktivitasmu. Jika kesulitan mencari daun peppermint, kamu bisa membelinya dengan kemasan instan. Tentunya bisa kamu temukan  di toko atau supermarket terdekat.

Supaya mendapatkan khasiat peppermint,  maka seduhlah satu sendok teh daun pepperminnt segar ke dalam secangkir air panas  atau teh.  Selanjutnya, seduh lima menit, kemudian saring daunnya dan langsunglah minum saat masih hangat.

10. Chamomile

acuanid

Cara menghilangkan mual saat makan bisa mengonsumsi chammomileChammomile merupakan  teh herbal yang sangat populer di dunia. Secara alami chammomile bisa mengatasi persoalan ini. Bahkan kegunaan lainnya juga mampu dijadikan obat diare atay mabuk di perjalanan. Perlu Sedulur tahu, teh dari bunga ini mampu menenangkan perut,  mengusir gas karbondioksida , bahkan mampu untuk dijadikan obat relaksasi otot-otot. Untuk mendapatkan teh yang satu ini, kamu bisa membelinya di pasar atau toko bahan makanan.

11. Air putih

halodoc

Tubuh kita hampir setengahnya diisi oleh air. Air merupakan sumber mineral yang sangat penting untuk kesehatan tubuh. Rasa mual bisa muncul karena dehidrasi atau kekurangan zat cairan tubuh seperti air. Sehingga air sangat baik untuk dijadikan sebagai obat mual. Maka dari itu, penuhi kebutuhan cairan kamu dengan minum air putih.

Mengonsumsi air putih sangat baik bagi tubuh. Namun, tetap harus sesuai porsi yang dianjurkan. Sebab, kelebihan minum air putih bisa menimbulkan beragam penyakit. Jika minum air putih terasa sulit,  kamu bisa menggantinya dengan minum teh tawar.

12. Makan makanan tawar

klikdokter

Makanan yang dianggap ampuh sebagai cara menghilangkan rasa mual adalah makan-makanan tawar. Mengapa harus demikian, sebab makanan tawar tidak akan terlalu merangsang sistem pencernaan sehingga bisa membantu menghilangkan masalah yang sering dihadapi oleh perut.

Perlu kamu tahu, jika orang yang sering mengalami masalah pencernaan seperti ini, misalnya akibat karena asam lambung, maka disarankan menerapkan pola makan BRAT (Bananas, Rice, Applesauce and Toast).

13. Makanan dingin

bpdingin

Banyak orang akan selalu beranggapan jika mengonsumsi makanan dingin tidak bagus untuk kesehatan. Namun pernyataan ini tidak berlaku untuk mereka yang mengalami rasa mual. Sebab saat kamu merasakan gejala di perut ini, akan lebih bisa menerima makanan dingin ketimbang dengan makanan hangat.

Mungkin  saja aktivitas ini terjadi akibat makanan dingin tidak mengeluarkan aroma sekuat makanan hangat. Perlu diketahui, aroma yang cenderung kuat, bisa menjadi awal pemicu rasa mual. Makanan dingin yang dianjurkan untuk dikonsumsi sebagai obat mual adalah es krim, jeli, atau yoghurt dingin. Namun untuk porsinya juga harus diatur kembali.

14. Suplemen vitamin B6

alodokter

Setelah tadi membahas makanan alami yang bisa dijadikan sebagai obat mual, maka selanjutnya adalah penggunaan obat kimia. Ada beberapa suplemen yang ampuh untuk dijadikan sebagai cara menghilangkan rasa mual. Ya, suplemen tersebut adalah Suplemen B6. Kandungan B6 dipercaya ampuh mengatasi persoalan di perut ini.

Khusus buat ibu hamil, penggunaan B6  dosisnya hanya 10-25 mg dan tiga kali dalam sehari. Kamu  hanya perlu  menyesuaikan dengan dosis yang diberikan oleh dokter. Jika cara ini dirasa kurang ampun mengatasi persoalan di perut ini, maka jalan satu-satunya yang bisa kamu tempuh adalah konsultasikan ke dokter terkait.

Konsultasi ke dokter sangat perlu untuk mendapatkan masukkan mengenai bagaimana cara menghilangkan mual muntah dengan tepat.  Tindakan ini adalah solusi terakhir, supaya badanmu fit dan masalah pencernaan tak lagi menghampirimu.

15. Obat antiemetik

kimiafarma

Merupakan kelompok obat  yang biasa digunakan dalam upaya atau cara menghilangkan rasa mual. Bicara mengenai obat  yang satu ini, ada setidaknya dua macam obat  yang masuk dalam kelompok ini:

  • Bismuth Subsalicylate. Obat untuk melindungi lapisan lambung
  • Obat-obatan lainnya. Tergantung penyebabnya.

Demikian ulasan lengkap mengenai gejala mual yang dapat diderita oleh siapa  saja mulai anak-anak hingga dewasa. Jangan lupa untuk selalu penuhi kebutuhan tubuhmu dengan gizi yang seimbang. Supaya rasa mual tak datang menghampirimu.

Untuk mengolah makanan yang bergizi, Sedulur juga pasti membutuhkan bahan-bahan pokok yang berkualitas seperti minyak dan bumbu-bumbu. Jangan khawatir, Sedulur bisa mendapatkannya dengan mudah di Aplikasi Super lho. Caranya mudah, tinggal unduh aplikasinya di sini, lalu pilih sembako yang ingin Sedulur beli, lakukan proses pemesanan dan pembayaran, terakhir tinggal menunggu pesanan Sedulur diantar. Praktis bukan?