cara menghilangkan iklan di hp

Di masa sekarang, internet sering dijadikan ladang subur untuk meraup untung, salah satunya lewat pemasangan iklan. Tak hanya di situs-situs yang sering kita kunjungi, kadang iklan bakal muncul di dalam aplikasi gratisan yang terpasang di ponsel. Banyak orang lalu mencari cara menghilangkan iklan di HP Xiaomi dan brand lainnya.

Iklan di dalam aplikasi kadang berupa iklan pop-up yang sangat mengganggu saat kita sedang asyik menggunakan aplikasi tersebut. Cara yang mereka tawarkan tentu membeli atau berlangganan aplikasi premium. Namun, ada kok cara menghilangkan iklan di HP yang mudah dan tak makan biaya. Ini dia beberapa tipsnya. 

BACA JUGA: 6 Cara Download Video Facebook Kualitas HD Lewat Hp & Web

1. Ganti DNS 

cara menghilangkan iklan di hp
unsplash.com

Cara menghilangkan iklan di HP tanpa aplikasi bisa dengan melakukan perubahan pada DNS. Ini bisa Sedulur lakukan dan berlaku untuk Android 9 ke atas, ya. 

-->
  • Pergi ke menu Settings > Network and Internet > Advanced > Private DNS
  • Pilih Private DNS provider hostname dan ketikkan dns.adguard.com pada kolom yang tersedia. Akhiri dengan menekan tombol Save

2. Pakai browser yang sudah dilengkapi pemblokir iklan 

instagram.com/fengshuiagentur

Cara menghilangkan iklan di HP Android yang tiba-tiba muncul bisa dibantu dengan penggunaan browser yang tepat. Ada beberapa browser terpercaya yang sudah dilengkapi pemblokir iklan. Jadi, Sedulur tak perlu repot-repot memasang ekstensi atau aplikasi tambahan. Salah satu di antaranya adalah Brave yang berlogo singa dengan warna jingga.

Ia akan secara otomatis memblokir iklan baik pop-up maupun banner, serta bisa memblokir upaya pengumpulan cookies dan data-data lain dari rekam jejak pencarian kita di internet. Brave bisa kamu dapatkan secara gratis, kok. 

Jangan lupa untuk mengaktifkan ad blocker-nya dulu di menu pengaturan. Untuk Brave kamu tinggal melakukan cara ini. 

  • Klik saja logo singa di bar menu bagian kanan atas
  • Geser slider-nya untuk mengaktifkan Brave Shields

BACA JUGA: Begini Cara Mengganti Background Zoom di HP & PC, Gampang!

3. Menghilangkan iklan di Chrome Android

cara menghilangkan iklan di hp
unsplash.com

Google Chrome juga bisa diatur untuk memblokade iklan invasif di ponsel atau PC. Cara menghilangkan iklan di Chrome Android ini akan memblokir iklan di beberapa situs, tetapi memang tidak menyeluruh. Begini caranya. 

  • Buka aplikasi Chrome 
  • Klik menu tiga titik vertikal di pojok kanan atas dan pilih Settings > Site Settings > Ads
  • Geser slider untuk mengaktifkan pemblokiran iklan. Selesai. Iklan yang muncul saat kamu menggunakan aplikasi Chrome akan berkurang. 

Untuk dapat hasil yang lebih maksimal kamu bisa menggunakan bantuan aplikasi pemblokir iklan dengan mencoba cara menghilangkan iklan di HP Oppo maupun merek lainnya.

4. Pasang aplikasi pemblokir iklan 

unsplash.com

Sedulur bisa mencoba pasang aplikasi pemblokir iklan seperti AdBlock, uBlock Origin, Blokada,  AdAway dan lain sebagainya. Mereka tersedia gratis untuk Android dan iOS, bahkan juga bisa dipasang sebagai ekstensi di browser tertentu untuk para pengguna PC.

Tentunya karena gratis, ada beberapa kekurangan, ia tidak bisa memblokir iklan di YouTube misalnya atau mungkin beberapa situs jadi tidak bisa terbuka karena mereka mendeteksi keberadaan pemblokir iklan dan memintamu untuk menonaktifkannya sebelum mengakses konten mereka.

5. Cara menghilangkan iklan di HP Samsung

cara menghilangkan iklan di hp
unsplash.com

Untuk pengguna ponsel Samsung, manfaatkan Samsung Internet, browser bawaan mereka yang sudah dilengkapi pemblokir iklan. Ini caranya. 

  • Buka browser Samsung Internet 
  • Klik ikon berupa tiga garis yang tersusun vertikal di bagian kanan bawah
  • Pilih menu Ad blockers dan mereka akan mengarahkanmu memasang salah satu ekstensi yang direkomendasikan 

Pilih salah satu dan biarkan ia terunduh dan terpasang. Secara otomatis mereka akan memblokir iklan-iklan yang mengganggu seperti banner dan pop-up bahkan video yang diputar otomatis di laman-laman tertentu. 

BACA JUGA:  10 Cara dan Aplikasi Screen Recorder Laptop Terbaik

6. Hindari memasang aplikasi yang bersifat spam

unsplash.com

Sifatnya yang open source memungkinkan siapapun bisa membuat dan menawarkan aplikasi untuk sistem aplikasi Android. Namun, ini yang membuat kita jadi sering dapat aplikasi-aplikasi spam yang mengganggu bahkan bisa membahayakan ponsel kita. Agar terhindar, sebelum mengunduh dan memasang aplikasi apapun coba untuk lihat siapa pengembangnya dan aktifkan Play Protect di Play Store. Caranya sebagai berikut. 

  • Buka Play Store  
  • Klik menu yang berupa tiga garis di bagian kanan atas atau ikon akunmu dan pilih Play Protect
  • Pastikan slider menu dalam keadaan aktif. Ini untuk memastikan setiap kali kamu akan mengunduh aplikasi, Google akan melakukan verifikasi pada pengembang serta memindai kemungkinan ancaman virus atau malware

7. Hapus aplikasi yang mengganggu 

cara menghilangkan iklan di hp android yang tiba-tiba muncul
unsplash.com

Penting untuk bersikap selektif pada aplikasi yang Sedulur pasang di ponsel. Ponsel atau HP berisi banyak data pribadi bahkan beberapa cukup penting seperti akun mobile banking dan lain sebagainya. Untuk itu, jangan mudah memasang aplikasi-aplikasi non-esensial di ponsel. Jika sudah terlanjur, lakukan pembersihan segera dengan membuang aplikasi-aplikasi yang kurang penting. Niscaya, ponselmu akan terasa ringan dan bersih dari iklan-iklan yang mengganggu. 

Itu tadi beberapa cara menghilangkan iklan dan spam di HP Android secara gratis. Mudah banget, bukan? Kebanyakan bisa dilakukan dengan menggunakan aplikasi gratis yang terpercaya. Namun, jika ingin lebih ampuh, beberapa pengembang menawarkan aplikasi anti iklan berbayar yang lebih ampuh membasmi iklan-iklan menyebalkan. Biasanya sudah satu paket dengan VPN atau antivirus. Silakan pilih mau pakai cara mana saja yang sekiranya efektif bagi Sedulur.