Windows adalah salah satu sistem operasi terpopuler di dunia selain MacOS. Menurut data Statista, market share pengguna Windows secara global di Desember 2021 mencapai 73,72 persen. Disusul MacOS, Linux, dan Chrome OS. Jumlah pengguna yang mencolok ini didasari pada pilihan merek dan fitur PC yang lebih variatif, harga yang lebih murah, dan kompatibilitasnya yang tinggi atas software dan hardware.

Menariknya lagi sistem operasi Windows bisa dibeli secara terpisah, tidak sepaket dengan device seperti Chrome OS dan MacOS. Namun, ini pula yang membuat Windows rawan dipalsukan atau dibajak. Gunanya memfasilitasi orang yang ogah membeli lisensi asli karena harga yang mahal. Sedulur mungkin salah satunya.

Tentu dengan konsekuensi akan ada notifikasi dan anjuran untuk mengaktivasi Windows yang muncul di layar Sedulur ketika mengoperasikan komputer. Namun, bisa jadi kemunculan tersebut dipicu oleh kesalahan saat instalasi sistem operasi asli. Penasaran dengan cara menghilangkan Activate Windows? Berikut beberapa tipsnya. 

BACA JUGA: Reboot: Pengertian, Penyebab, dan Cara Melakukannya

-->

1. Jenis lisensi Windows 

cara menghilangkan activate windows
Unsplash

Sebelum melompat ke cara menghilangkan Activate Windows 7 ke atas, Sedulur perlu memahami dulu beberapa tipe lisensi Windows yang beredar di pasaran. 

  • Retail adalah lisensi yang diperjualbelikan pada individu, baik secara daring atau luring dan satu lisensi hanya bisa dipakai untuk satu device. Berlaku selamanya.
  • OEM merupakan lisensi Windows yang jadi satu dengan perangkat yang kamu beli. Beberapa PC yang ditawarkan misalnya sudah menyertakan sistem operasi Windows asli dan bisa langsung dipakai karena sudah diaktivasi dan lisensinya tertanam pada BIOS. Biasanya harga laptop dengan Windows bawaan akan lebih mahal dibanding yang tidak. 
  • Volume adalah lisensi yang dibeli secara grosir. Biasanya toko retail, perusahaan atau institusi pendidikan dan nantinya bisa dipakai untuk beberapa PC sekaligus. Jika dipasang melebihi kuota, tentu ada beberapa komputer yang akan mendapat notifikasi Activate Windows. 

2. Alasan kemunculan notifikasi Activate Windows 

cara menghilangkan activate windows
Unsplash

Dari beberapa lisensi di atas, Sedulur bisa saja menemukan masalah yang akhirnya membuat lisensi Windows di PC Sedulur tidak valid dan notifikasi untuk mengaktivasi Windows muncul terutama saat Sedulur mulai mengkoneksikan PC dengan internet. 

  • Lisensi tidak valid karena bisa saja Sedulur mendapatkan kode dari teman atau institusi yang ternyata sudah dipakai di perangkat lain dan kuotanya melebihi ketentuan. 
  • Tidak membeli lisensi asli dan mencomot dari internet. Key dari internet bisa saja sudah dipakai banyak orang dan tentunya akan terdeteksi oleh Microsoft ketika Sedulur menggunakannya pada PC yang terhubung dengan internet. Bila melebihi kuota, pihak Microsoft akan otomatis memblokir pengguna baru tersebut secara daring. 
  • Sedulur membeli lisensi yang salah untuk tipe Windows yang terpasang di komputer. Misalnya sistem operasi yang terpasang di PC adalah Windows 10 Pro, tetapi Sedulur membeli lisensi untuk Windows 10 Home. 

BACA JUGA: Pengertian OEM dan Cara Membedakannya dari KW & Original

Sudah tahu beberapa serba-serbi lisensi Windows. Berikut beberapa cara menghilangkan Activate Windows yang bisa dicoba. 

3. Menggunakan KMS activator

Unsplash

Cara menghilangkan Activate Windows 10 dengan KMS activator adalah trik yang sering dipilih orang karena benar-benar gratis bila berhasil. KMS merupakan singkatan dari Key Management Services yang dibutuhkan untuk lisensi bertipe Volume. Ia berguna untuk menyimpan kode dan daftar PC yang terdaftar dalam program lisensi bersama tersebut.

Lisensinya berlaku selamanya, tetapi harus diperbarui berkala setiap 180 hari melalui KMS host. Ini yang kemudian dimanfaatkan beberapa pihak untuk membuat KMS activator yaitu sistem fiktif yang bisa mengintervensi sistem KMS asli Windows dan mencari celah untuk mendapatkan lisensi agar bisa dipakai device lain di luar sistem resmi. 

Namun, karena ia merupakan aplikasi pihak ketiga, seringkali akan terdeteksi sebagai ancaman oleh perangkat lunak antivirus yang Sedulur pasang di PC. Untuk itu, biasanya antivirus akan diminta untuk dimatikan terlebih dahulu. Beberapa bisa juga memang mengandung malware yang bisa menginterupsi kerja PC Sedulur. Silakan pertimbangkan masak-masak sebelum memilih ini sebagai cara menghilangkan Activate Windows di Windows 10. 

4. Mematikan fitur Automatic Windows Activation 

Unsplash

Inilah yang sebenarnya dimaksud saat ada pihak yang menawarkan cara menghilangkan Activate Windows 10 cmd. Jadi, sebenarnya Windows memang mengaktifkan fitur ini untuk penggunanya yang sudah melakukan instalasi dan registrasi lisensi, tetapi mungkin lupa melakukan aktivasi. Namun, tentu ketika sistem tidak bisa menemukan lisensi yang valid, popup atau notifikasi Activate Windows akan terus muncul menghantui layar Sedulur. 

  • Kabar baiknya, Sedulur bisa menonaktifkannya dengan cara berikut. 
  • Tekan logo Windows + R dan ketikkan regedit pada jendela Run yang sedang terbuka. 
  • Cari HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\ WindowsNT\CurrentVersion\ SoftwareProtectionPlatform\Activation.
  • Kemudian, klik kanan pada pilihan Manual. Ganti Value data dengan angka 1.

BACA JUGA: Mengatasi The Disk is Write Protected dengan Ampuh & Cepat

5. Memasukkan kode secara manual lewat Command Prompt 

cara menghilangkan activate windows
Unsplash

Cara menghilangkan Activate Windows 8 ke atas bisa pula dilakukan dengan cara lainnya. Masih menggunakan command prompt atau cmd. Begini cara yang bisa dicoba. 

  • Ketikkan cmd di Search bar dan klik kanan. Pilih Run as administrator.
  • Klik Yes ketika ada jendela User Account Control yang terbuka.
  • Pada sisi kanan C:\Windows\system32, ketikan slmgr/upk.
  • Tekan Enter dan ketikkan lagi slmgr/cpk.
  • Tekan Enter dan akan muncul keterangan “Product key from registry cleared successfully”.
  • Kemudian ketikkan slmgr/ipk diikuti product key sesuai dengan tipe Windows yang terpasang di komputer. Berikut daftarnya:

Home: TX9XD-98N7V-6WMQ6-BX7FG-H8Q99

Home N: 3KHY7-WNT83-DGQKR-F7HPR-844BM

Home Single Language: 7HNRX-D7KGG-3K4RQ-4WPJ4-YTDFH

Home Country Specific: PVMJN-6DFY6-9CCP6-7BKTT-D3WVR

Professional: W269N-WFGWX-YVC9B-4J6C9-T83GX

Professional N: MH37W-N47XK-V7XM9-C7227-GCQG9

Education: NW6C2-QMPVW-D7KKK-3GKT6-VCFB2

Education N: 2WH4N-8QGBV-H22JP-CT43Q-MDWWJ

Enterprise: NPPR9-FWDCX-D2C8J-H872K-2YT43

Enterprise N: DPH2V-TTNVB-4X9Q3-TJR4H-KHJW4

  • Tekan Enter dan tunggu sampai muncul notifikasi “Installed product key……. successfully”.

6. Memperpanjang masa trial Windows

Unsplash

Bila Sedulur belum punya dana untuk membeli sistem operasi asli, boleh kok coba memperpanjang masa percobaan dengan trik berikut. 

  • Install Powershell pada PC Sedulur. Silakan temukan di Microsoft Store, ia adalah perangkat lunak gratis.
  • Setelah terpasang, temukan menu tersebut di Search Bar dan klik kanan. 
  • Pilih Run as administrator.
  • Kemudian ketikkan slmgr/renew pada jendela cmd yang terbuka. Tekan Enter. 
  • Lalu, restart komputer. 

BACA JUGA: 5 Cara Aktivasi Windows 10 Permanen Dengan Mudah & Cepat

7. Melakukan pembelian lisensi secara legal 

cara menghilangkan activate windows
Unsplash

Ini adalah cara menghilangkan Activate Windows secara permanen yang paling ampuh. Bagaimanapun juga produk asli memiliki banyak keunggulan. Mudah proses instalasi dan registrasinya. Sedulur tidak perlu melakukan instalasi aplikasi pihak ketiga atau bahkan mencoba kode-kode di command prompt. 

  • Setelah melakukan instalasi sistem operasi, silakan operasikan PC dan buka Settings
  • Kemudian, di bagian paling bawah temukan notifikasi “Windows isn’t activated. Activate Windows now.” 
  • Klik menu tersebut dan pilih submenu Activation. Kemudian pilih Change product key.
  • Masukkan kode yang sudah Sedulur beli ke jendela yang terbuka dan klik Next. Kemudian, Activate.
  • Tunggu beberapa saat sampai muncul notifikasi bahwa lisensi Sedulur sudah teraktivasi. Selesai. 

8. Kelebihan membeli lisensi Windows asli 

cara menghilangkan activate windows
Unsplash

Sebelum Sedulur memutuskan untuk menggunakan cara-cara instan dan gratisan, ada baiknya Sedulur membaca beberapa alasan mengapa membeli Windows asli lebih disarankan. 

  • Kemudahan proses instalasi dan jaminan masa berlaku seumur hidup. Nantinya Sedulur tidak akan mengalami interupsi karena sistem akan beroperasi lancar tanpa kendala berarti. 
  • Dapatkan update seumur hidup selama Windows tetap mengembangkan versi sistem operasi yang kamu pakai saat ini. 
  • Dapat upgrade gratis ke versi berikutnya. Upgrade gratis ini sudah dijalankan Microsoft sejak proses transisi dari Windows 7 ke Windows 10. Semuanya benar-benar gratis dan aman. Sedulur bisa menikmati sistem operasi baru mereka tanpa dipungut biaya lagi. 
  • Sudah memiliki antivirus bawaan yang terintegrasi. Sedulur bisa melupakan pembelian antivirus tambahan ketika menggunakan sistem operasi Windows asli. Meski tentu ada keterbatasan, antivirus bawaan Windows cukup ampuh menangkal serangan bahkan ransomware. Asalkan selalu diperbarui secara rutin. 
  • Harganya tergolong murah dibandingkan MacOS. MacOS memang memiliki kelebihan tersendiri, tetapi ia tidak bisa dibeli secara terpisah dan dipasang di sembarang PC. Hanya eksklusif untuk PC rilisan Apple. Beda dengan Windows yang bisa dipasang di berbagai jenama dan spesifikasi PC pada umumnya. Dari harga pun bisa diatur. Kisaran harga lisensi asli Windows untuk satu perangkat PC adalah sekitar Rp 2 jutaan, kok. Untuk keperluan selamanya tentu ini adalah penawaran yang cukup masuk akal. 

Sudah dijabarkan berbagai cara menghilangkan Activate Windows 11 dan lainnya di bahasan ini. Tentunya bisa jadi solusi untuk Sedulur yang lelah melihat popup notifikasi di layar dan mengganggu pemandangan. Apalagi dengan adanya notifikasi tersebut, Sedulur jadi tidak bisa menggunakan beberapa fitur penting dari sistem operasi berlogo jendela tersebut. Bahkan mengganti wallpaper desktop pun mustahil. Silakan pertimbangkan baik-baik, mana langkah terbaik buatmu. 

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar. Yuk, unduh aplikasinya di sini sekarang!

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah. Langsung restok isi tokomu di sini aja!