Sedang mencari cara menghapus email secara permanen di laptop, komputer (PC), atau HP? Daripada kebingungan, coba simak dulu beberapa langkah sederhananya di bawah ini, ya Sedulur!

BACA JUGA: Cara Membuat Tanda Tangan di Google Form Lewat PC & HP

Email, apa itu?

cara menghapus email
Depositphotos

Sebelum kita membahas tentang cara menghapus email di hp dan laptop atau komputer (PC), ada baiknya kita ulas dahulu sejenak tentang apa itu email. Email sendiri memiliki kepanjangan electronic email. Ia merupakan salah satu metode pelopor pertukaran pesan antar sesama dengan menggunakan perangkat elektronik.

Penggunaan kalimat electronic mail untuk mendeskripsikan metode bertukar pesan secara modern sejatinya telah dilakukan sejak tahun 1975 silam. Orang-orang baru menyingkatnya menjadi email ketika memasuki tahun 1979.

-->

Pada tahun 1971, ARPANET (Advanced Research Projects Agency Network) mengirimkan electronic mail untuk pertama kalinya, sekaligus mempopulerkan penggunaan simbol ‘at’ (@) yang mencirikan setiap alamat unik pengguna electronic mail.

Setelah itu, banyak manufaktur teknologi yang mulai membuat sistem perpesanan elektroniknya masing-masing, seperti CompuServe pada tahun 1978, IBM dan Xerox yang bekerja sama untuk membuat electronic mail system pada tahun 1981. Raksasa teknologi asal Amerika Serikat, Hewlett-Packard (HP) pun tidak mau ketinggalan untuk menciptakan sistem pertukaran pesan modern tersebut.

Dahulu, email memang menjadi salah satu sarana utama masyarakat untuk berkomunikasi dengan siapapun walaupun terpisah jarak yang jauh. Pada saat itu, email menjadi terobosan paling mutakhir yang pernah ada. Bayangkan saja, kegiatan surat menyurat yang membutuhkan waktu yang berhari-hari dapat dengan mudah dilakukan hanya dalam sekejap mata saja.

Semakin berkembangnya teknologi dan zaman, penggunaan email saat ini hanya terbatas sebagai keperluan dasar atau formalitas saja. Alamat email yang kita punya biasanya akan dibutuhkan dalam berbagai kegiatan yang bersangkutan dengan bisnis, jual beli, pemerintahan, pendidikan, hiburan, dan lain sebagainya.

Lebih daripada itu, penggunaan email di era sekarang juga sangat erat terhadap berbagai perangkat elektronik yang Sedulur miliki. HP atau smartphone, contohnya. Sedulur akan diharuskan untuk memasukkan atau membuat sebuah akun email agar dapat mengaktifkan serta mengoperasikan HP. Untuk HP ber-OS Android, Sedulur biasanya akan diminta untuk membuat akun Google yang sekaligus menjadi akun Gmail. Sedangkan untuk HP ber-OS iOS, Sedulur biasanya akan diminta untuk membuat akun iCloud yang terdapat alamat emailnya juga.

BACA JUGA: Cara Clear Cache di Windows 10, Lebih Cepat & Tidak Lemot

Hal-hal yang perlu diketahui sebelum menghapus email

cara menghapus email
Depositphotos
  • Setelah Sedulur menghapus email, dalam hal ini menghapus akun Google atau iCloud, maka Sedulur akan kehilangan semua data yang terdapat dalam perangkat terkait. Pastikan untuk mem-back up data di tempat lain terlebih dahulu.
  • Setelah Sedulur menghapus email, dalam hal ini menghapus akun Google atau iCloud, maka Sedulur tidak akan bisa menggunakan segala aplikasi terkait akun-akun tersebut. Bahkan untuk iCloud, jika dihapus maka Sedulur tidak dapat lagi menggunakan iPhone-nya.
  • Setelah Sedulur menghapus email, dalam hal ini menghapus akun Google atau iCloud, maka Sedulur akan kehilangan berbagai akses serta konten aplikasi yang telah dibeli.

BACA JUGA: Cara Membuat & Memakai Breakout Room di Zoom

Cara menghapus email lewat laptop atau komputer (PC)

cara menghapus email
Depositphotos

Apabila Sedulur penasaran bagaimana cara menghapus email lewat laptop atau komputer (PC) dengan mencari kata kunci “how to delete an email account” pada mesin pencari, maka akan Sedulur dapati berbagai macam cara dan langkah. 

Agar mempermudah Sedulur, berikut ini terdapat rangkuman sederhana dari langkah-langkahnya. Yuk, kita simak bersama-sama!

1. Buka “Manage your Google Account”

Langkah pertama, Sedulur harus membuka laman Google terlebih dahulu. Buka di browser laptop atau komputer (PC). Setelah terbuka, coba cari lingkaran bulat yang biasanya terdapat foto profil akun Google Sedulur, ada di bagian atas kanan.

Klik lingkaran tersebut, kemudian muncul akun Google milik Sedulur dan juga mungkin akun-akun Google lain yang terkait dengan perangkat elektronik Sedulur. Setelah itu, silahkan pilih opsi “Manage your Google Account”.

2. Pilih “Data & privacy”

Jika sudah, Sedulur akan dibawa ke sebuah laman pengaturan yang berisikan berbagai macam kategori, mulai dari “Home”, “Personal info”, “Data & privacy”, “Security”, “People & sharing”, serta “Payments & subscriptions”. 

Pilih “Data & privacy”. Kemudian Sedulur akan melihat di layar opsi “Delete your Google Account”. Pilih opsi tersebut.

3. Login ulang ke Google Account Sedulur

Ketika seseorang berniat untuk melakukan cara menghapus email, maka ia harus tahu password dari akun Google tersebut. Masukkan kata kuncinya, lalu klik “Next”.

4. Klik “Delete your Google Account”

Apabila Sedulur berhasil melakukan tahap verifikasi, Sedulur akan dilanjutkan ke tahap akhir dari penghapusan email. Biasanya Sedulur akan mendapati sebuah teks yang berisikan risiko apabila Sedulur tetap berniat untuk menghapus akun Google seperti yang telah dijelaskan pada pembahasan di atas.

Sedulur memiliki kesempatan untuk mengunduh data-data penting terlebih dulu agar tidak terhapus semuanya. Beri tanda centang yang menyatakan bahwa Sedulur setuju dengan berbagai risiko setelah menghapus akun Google. Lalu klik “Delete Account”. Akun Google beserta email, dan semua data yang terkait pun akhirnya terhapus.

BACA JUGA: Cara Picture in Picture Youtube di Berbagai Perangkat

Cara menghapus email di HP

Depositphotos

Penasaran dengan cara cara menghapus email di HP Android? Langkah-langkahnya hampir mirip dengan menghapus email melalui laptop atau komputer (PC), kok! Berikut caranya:

1. Buka aplikasi Gmail

Buka aplikasi Gmail. Setelah aplikasi Gmail terbuka, klik bagian profil yang ada di pojok kanan atas, lalu pilih “Manage your Google Account”.

2. Pilih “Data & privacy”

Pilih “Data & privacy”. Setelah itu, akan muncul tampilan seperti berikut. Terdapat opsi “Delete your Google Account”. Pilih opsi tersebut.

3. Login ulang ke Google Account Sedulur

Kembali login akun Google. Masukkan kata kuncinya, lalu klik “Next”.

4. Klik “Delete your Google Account”

Apabila Sedulur berhasil melakukan tahap verifikasi, Sedulur akan dilanjutkan ke tahap akhir dari penghapusan email. Biasanya Sedulur akan mendapati sebuah teks yang berisikan risiko apabila Sedulur tetap berniat untuk menghapus akun Google seperti yang telah dijelaskan pada pembahasan di atas.

Sedulur memiliki kesempatan untuk mengunduh data-data penting terlebih dulu agar tidak terhapus semuanya. Beri tanda centang yang menyatakan bahwa Sedulur setuju dengan berbagai risiko setelah menghapus akun Google. Lalu klik “Delete Account”. Akun Google beserta email, dan semua data yang terkait pun akhirnya terhapus.

BACA JUGA: Cara Block Website di Chrome dengan Mudah Tanpa Ribet

Informasi tambahan mengenai cara menghapus email

Depositphotos
  • Apabila Sedulur mencari bagaimana cara menghapus akun Google di HP lain, caranya sangat serupa dengan yang telah dijelaskan di atas. Keempat langkah tadi dapat dilakukan, asalkan akun Google tersebut sudah ter-login atau terkait dengan HP lain yang Sedulur gunakan. Jangan lupa untuk mengetahui password akun Google yang hendak dihapus.
  • Apabila Sedulur mencari bagaimana cara menghapus email di HP iPhone, dalam hal ini yang dimaksud adalah akun iCloud, maka caranya adalah masuk ke iCloud >> “Manage Account” >> “Manage Your Privacy” >> “Request to Delete Your Account”.

Sedulur akan diminta untuk memberikan alasan kenapa ingin menghapus akun, diharuskan menyetujui syarat dan ketentuan, dimintai alamat email baru untuk dikirimkan kode verifikasi oleh Apple. Akun iCloud dan email iCloud pun akan terhapus dalam 7 hari.

  • Apabila Sedulur mencari bagaimana cara menghapus email yang sudah terkirim, maka sayangnya tidak bisa. Sedulur dapat meng-unsend email-email yang sudah terlanjur dikirim ke alamat email orang lain, baik itu Gmail, iCloud Mail, Outlook, Yahoo Mail, dan lain-lain.

Demikian ulasan singkat dua cara menghapus email secara permanen, dapat dilakukan melalui laptop atau komputer (PC) dan juga HP atau smartphone. Semoga artikel ini dapat membantu Sedulur, ya!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.