cara mengeringkan cabai agar tahan lama

Sedulur yang menyukai masakan pedas, tentu wajib memiliki stok cabai di rumah. Namun seperti jenis sayuran segar lainnya, cabai akan membusuk jika tidak segera digunakan. Agar cabai yang distok tidak mudah busuk, tentu bisa mencoba cara mengeringkan cabai agar tahan lama dan tetap bisa digunakan kapanpun.

Teknik pengeringan cabe sendiri memang cukup mudah dan mulai ngetren dalam beberapa waktu belakangan ini. Nah, agar Sedulur bisa melakukannya. Mari kita bahas secara lengkap bagaimana cara mengeringkan cabai agar tahan lama dan dapat dijadikan sebagai stok untuk bumbu di rumah. Seperti apa tips dan caranya? Yuk, mari langsung kita simak penjelasannya di bawah ini!

BACA JUGA: Cara Membuat Keripik Apel yang Renyah dan Enak

1. Bekukan cabai

Chili Pepper Madness

Cara mengeringkan cabai agar tahan lama yang pertama adalah dengan membekukan cabai terlebih dahulu. Namun Sedulur dibekukan, Sedulur wajib mencuci bersih terlebih dahulu cabainya dan membuat tangkainya. Lalu simpan cabai dalam plastik dan tutup rapat.

Setelah itu, cabai yang sudah disimpan dalam plastik bisa dimasukkan dan disimpan dalam freezer. Biarkan hingga beku. Cabai beku ini bisa bertahan sampai berminggu-minggu. Sedulur pun bisa menggunakannya sesuai kebutuhan kapan saja.

2. Keringkan cabai

Langkah kedua dalam cara mengeringkan cabai agar tahan lama yaitu dengan mengeringkan cabai dengan dijemur. Jemur cabai di bawah terik matahari atau bisa juga dipanggang dalam oven atau microwave.

Menjemur cabai di bawah terik matahari bisa butuh waktu berhari-hari. Sedulur bisa menggunakan tampah atau wadah datar untuk mengeringkan cabai di bawah terik sinar matahari. Jika mau mengeringkan cabai dengan memanggangnya di oven atau microwave, belah cabai jadi dua bagian, lalu tata di loyang dengan sisi biji menghadap ke atas.

Cabai kering utuh bisa langsung kita simpan dalam wadah kedap udara. Sedulur  juga bisa menumbuk atau menghaluskan cabai kering pakai blender untuk dijadikan cabai bubuk. Cabai yang dikeringkan ini pun bisa tahan dalam waktu yang sangat lama.

3. Cabai diawetkan dengan minyak zaitun

cara mengeringkan cabai agar tahan lama
The Spruce Eats

Cabai yang sudah bersih bisa dipotong sesuai kebutuhan lalu dipanggang dengan oven atau di wajan anti lengket. Balik potongan cabai satu kali agar cabai matang merata di semua sisi. Setelah selesai dipanggang, cabai bisa didiamkan sebentar untuk kemudian disimpan dalam stoples atau jar.

Stoples atau jar yang digunakan tentu saja harus diisi terlebih dahulu dengan minyak zaitun. Dengan begitu cabai bisa bertahan dalam waktu lama karena kandungan dari minyak zaitun tersebut.

4. Cabai dijadikan asinan

Cukup mudah membuat asinan cabai ini. Tinggal potong cabai memanjang, lalu masukkan dalam wadah dengan tambahan cuka, gula, air matang, dan garam secukupnya. Setelah itu, simpan dalam lemari pendingin.

Asinan cabai ini bisa Sedulur gunakan untuk ditambahkan ke berbagai jenis makanan yang akan kita masak. Minyak zaitun yang terdapat dalam cabai ini juga bisa digunakan untuk berbagai masakan, terutama untuk digunakan dalam masakan yang ditumis.

5. Cabai dijadikan pasta

Jika ingin sekalian menjadikan cabai sebagai bumbu memasak sederhana, Sedulur bisa menghaluskan cabai lalu ditumis dengan sedikit minyak sampai matang. Selain ditumis, alternatif lainnya adalah dengan mengukus cabai yang sudah dihaluskan. Sedulur bisa menyimpan pasta cabai ini dalam wadah tertutup untuk digunakan kapan pun saat membutuhkannya.

BACA JUGA: Cara Membuat Tahu Crispy yang Renyah dan Enak

Rekomendasi Cara Lainnya

cara mengeringkan cabai agar tahan lama
Epicurious

Terdapat beberapa cara lain yang bisa Sedulur gunakan untuk mengeringkan cabai. Berikut ini adalah langkahnya:

  • Pisahkan cabai sesuai kondisinya Kondisi cabai umumnya berbeda-beda. Cabai busuk atau berwarna jelek dipisahkan dari cabai segar yang masih bagus agar kualitas cabai kering seragam.
  • Selanjutnya, rendam cabai dalam larutan Butylated Hydroxytoluene (BHT) yang sudah dicampur air.
  • Panaskan dan biarkan mendidih sekama 15 menit untuk menghilangkan hama dalam biji cabai yang akan dikeringkan, lalu tiriskan cabai hingga agak kering.
  • Keringkan cabai di bawah sinar matahari Cara mengeringkan cabai masih bisa dilakukan secara alami menggunakan sinar matahari.
  • Namun, cara ini membutuhkan waktu lebih lama. Cabai bisa dikeringkan dengan sinar matahari hingga kadar air maksimalnya mencapai delapan persen.
  • Keringkan cabai menggunakan mesin Jika memiliki mesin pengering, kamu bisa menggunakannya untuk mengeringkan cabai.
  • Panas mesin harus rendah, suhunya berkisar 40-50 derajat celsius dan dikeringkan selama 24-35 jam. Jika suhu mesin pengering terlalu tinggi, hasi akhir cabai kering akan berwarna gelap.

Semoga tips dan cara mengeringkan cabai agar tahan lama di atas dapat bermanfaat bagi Sedulur. Dengan mengetahui tips dan cara di atas, Sedulur dapat menggunakan cabai untuk berbagai olahan masakan tanpa harus mengkhawatirkan cabai akan busuk atau kadaluarsa.