Kamu baru saja membuat video keren nih untuk konten di medsos atau kanal YouTube, eh tanpa sengaja terhapus begitu saja? Tentunya selama ini Sedulur akan mengikhlaskannya saja mengingat akan sangat susah mencari data recovery-nya. Tentunya tidak, dong.

Ada beberapa cara yang bisa diupayakan untuk mengembalikan video yang terhapus, baik dengan maupun tanpa aplikasi. Mau tahu triknya? Gulir ke bawah, Sedulur. 

BACA JUGA: 8 Cara Membuat Twibbon Menarik, Mudah & Cepat

1. Video dan data terhapus di PC Windows 

cara mengembalikan video yang terhapus
Unsplash

Untuk PC Windows, Sedulur berhak bernapas lega karena semua data yang baru saja di-delete dalam beberapa hari akan tersimpan sementara di folder Recycle Bin. Begini caranya. 

-->

Sedulur bisa mengaksesnya di desktop atau di kolom pencarian dan ketikkan saja Recycle Bin. Semua data aman di sana, silakan pilih yang masih dibutuhkan. Klik kanan dan tekan Restore. Niscaya, datamu akan kembali di folder semula.

2. Recovery data terhapus di MacOS 

cara mengembalikan video yang terhapus
Pexels

Sama dengan Windows, datamu yang terhapus di PC Apple atau MacOS bisa ditemukan di folder bernama Trash. Sedulur tidak memerlukan aplikasi khusus untuk mengembalikan data tersebut ke tempat semula. Ikuti langkah di bawah. 

  • Cara mengaksesnya tinggal klik saja ikon tong sampah di bagian kanan bawah layar. 
  • Di sana akan ada deretan file yang terhapus. 
  • Klik kanan dan salin, lalu tempel di folder yang kamu inginkan. 

Cara mengembalikan video yang terhapus permanen di HP akan lebih rumit dibanding PC. Untuk itu, Sedulur diharapkan melalukan backup secara rutin bila memang dirasa data-data di ponsel tersebut penting.Silakan backup ke penyimpanan cloud, hardisk eksternal atau  PC.  Namun, jika terlanjur, berikut beberapa tips mengembalikannya.

3. Menggunakan software berbayar 

Pexels

Cara mengembalikan video yang terhapus di iphone dan Android bisa dilakukan dengan menggunakan software data recovery berbayar. Misalnya saja Ontrack, Stellar Data Recovery, Crashplan, dan EaseUS Data Recovery Wizard. Tentunya dengan membayar, fitur mereka lebih lengkap dan keamanan datamu pun terjamin. Tidak akan ada upaya scam dan penipuan seperti beberapa software gratisan. Mereka ideal untuk keperluan bisnis dan perusahaan yang datanya penting dan confidential alias rahasia. Biaya langganan mereka di kisarah 50-90 USD atau sekitar Rp 600 ribu sampai 1,5 jutaan. 

BACA JUGA: 9 Cara Membuat Foto Menjadi HD, Cepat & Mudah Dilakukan!

4. Pilihan software gratis yang terpercaya 

cara mengembalikan video yang terhapus
Pexels

Cara mengembalikan video yang terhapus di Xiaomi dan Android sebenarnya bisa memanfaatkan software gratisan, kok. Namun, tetap hati-hati dan silakan pilih yang paling terpercaya. Jangan malas untuk membaca ulasan pengguna terdahulu untuk menghindari kerugian. Pilihannya mulai dari Wondershare Recoverit, Recuva, iBeesoft, Aiseesoft, dan lain sebagainya. Mereka menyediakan percobaan gratis dan versi gratis. Bedanya dengan yang berbayar adalah kapasitas ukuran dokumen yang bisa dikembalikan. 

Biasanya versi gratis hanya bisa mengembalikan dokumen dengan ukuran maksimal 2GB. Tentunya untuk video berdurasi panjang, kuota tersebut tidak menyelesaikan masalah. Namun, jika Sedulur hanya hendak menggunakannya untuk foto-foto dan dokumen pengolah kata, ini bisa jadi solusi jitu.

5. Cara mengembalikan video yang terhapus di Whatsapp

Pexels

Untuk video di Whatsapp, Sedulur bisa melakukan trik berikut. 

  • Pastikan selama ini Sedulur mengaktifkan backup otomatis di aplikasi Whatsapp. Bila kebetulan tidak, maka trik berikut tidak bisa dilakukan.
  • Nah, jika aktif silakan Sedulur lakukan instalasi ulang. 
  • Uninstall aplikasi Whatsapp di ponsel, kemudian pasang kembali melalui AppStore atau PlayStore.
  • Silakan masuk ke akun Sedulur dan ketika ada pilihan untuk Restore Backup, klik dan biarkan ia memproses. Seharusnya video yang tadi terhapus akan muncul kembali bersamaan dengan berbagai percakapan yang pernah ada. 

BACA JUGA: 6 Cara Cek IMEI Iphone Resmi dengan Mudah & Cepat

6. Data terhapus di HP Samsung 

Unsplash

Cara mengembalikan video yang terhapus permanen di HP Samsung lebih mudah karena keberadaan Samsung Cloud. Ia merupakan fitur bawaan Samsung yang secara otomatis menyimpan data sejarah di ponselmu. Mulai dari kontak, panggilan masuk keluar, pengaturan, aplikasi yang terpasang, hingga rekaman suara. Termasuk juga gambar, pesan, dan video. Sayangnya, dokumen yang besarnya lebih dari 1GB biasanya tidak akan tersimpan otomatis dalam cloud. 

Syarat proses backup adalah ponsel dalam keadaan menyala dengan daya yang memenuhi dan terhubung dengan internet. 

7. Restore data di iPhone

cara mengembalikan video yang terhapus
Pexels

iOS juga memiliki sistem backup data yang baik. Setiap datamu akan tersimpan di iCloud bahkan saat kamu berganti device. Selama kamu masuk dengan Apple ID milikmu, maka semua data dan pengaturan akan ikut terbaca di perangkat tersebut dan iCloud. Untuk mengakses iCloud, Sedulur bisa membuka  laman iCloud.com di browser atau di aplikasi yang terpasang di perangkat Apple.  Data yang terhapus pun akan berada di folder Recently Deleted dan Sedulur bisa memilih untuk mengembalikan data-data tersebut ke tempat semula. 

BACA JUGA: Cara Download Video Twitter Mudah & Praktis Tanpa Aplikasi

8. Mencegah kehilangan data 

cara mengembalikan video yang terhapus
Pexels

Berbagai cara di atas tidak serta menjamin datamu yang terhapus akan kembali dalam keadaan utuh. Bisa saja cara satu-satunya adalah menerima kenyataan bahwa mereka sudah tertelan bumi. Untuk itu, Sedulur disarankan melakukan tindakan pencegahan dengan cara berikut ini.

  • Aktifkan fitur backup data di aplikasi-aplikasi yang penting. Bila tidak bisa otomatis dilakukan, luangkan waktu untuk melakukannya secara mandiri. Paling tidak data yang benar-benar penting buatmu baiknya segera dipindah ke tempat yang aman seperti hardisk eksternal atau cloud storage seperti Google Drive atau iCloud.
  • Pasang antivirus terpercaya di ponsel dan PC dengan harapan kamu aman dari serangan ransomware dan aktivitas ilegal lain yang dilakukan orang-orang tak bertanggung jawab.
  • Cek kesehatan hard drive di PC secara rutin, jika mulai ada masalah segera lakukan transfer data ke tempat yang lebih aman dan terjamin.
  • Selalu tata dokumen dalam folder yang rapi untuk mengurangi risiko kehilangan data karena saking berantakannya sistem penyimpanan di PC maupun ponselmu. Upayakan untuk menyimpannya di tempat yang aman, yaitu penyimpanan eksternal untuk ponsel dan partisi hardisk yang terpisah dari sistem di PC. 
  • Selalu update sistem perangkatmu baik PC maupun ponsel untuk mengurangi kerusakan dan bug yang bisa berisiko pada kehilangan data dan kerusakan lainnya. 

Itu beberapa hal yang bisa Sedulur coba lakukan untuk mengembalikan video dan data lain yang mungkin hilang dari ponsel atau PC. Baik sengaja maupun tanpa disadari. Jangan panik dulu, tetap tenang dan bila perlu lakukan upaya pencegahannya agar hati tentram.

Sedulur yang membutuhkan sembako, bisa membeli di Aplikasi Super lho! Sedulur akan mendapatkan harga yang lebih murah dan kemudahan belanja hanya lewat ponsel. Yuk unduh aplikasinya di sini sekarang.