Terdapat beberapa cara membuat titik titik pada daftar isi Word 2013 yang bisa Sedulur lakukan dengan mudah bahkan bisa dibuat secara otomatis. Sehingga titik titik yang dihasilkan akan rapi dan membuat daftar isi Sedulur semakin sempurna. Daftar isi sendiri merupakan gambaran umum karya tulis secara keseluruhan.
Karena berhadapan dengan sebuah dokumen, baik karya tulis atau dokumen lainnya, sangat sulit untuk menghafalkan halaman. Dengan daftar isi, semua itu menjadi lebih mudah. Berikut ini terdapat beberapa cara membuat titik pada daftar isi Word 2010 yang bisa Sedulur ikuti. Yuk, mari langsung kita simak.
BACA JUGA: Syarat dan Cara Membuat Kartu Kuning Pencari Kerja
Membuat secara manual
Pertama adalah cara membuat titik-titik daftar isi manual. Langkah yang bisa Sedulur lakukan sangat mudah. Karena cara membuat titik titik pada daftar isi di WPS Office ini bisa bebas mengaturnya. Berikut langkah-langkahnya:
- Pertama yang harus Sedulur lakukan saat membuat titik-titik daftar isi secara manual adalah mengatur right tab terlebih dahulu.
- Selanjutnya, untuk menampilkan icon right tab ini, kamu harus terlebih dahulu menampilkan Ruler pada tab View.
- Lalu, tampilkan Ruler, Sedulur selanjutnya baru bisa melihat icon Tab ini, di pojok kiri atas, tepatnya di bawah icon Paste. Klik icon Tab tersebut hingga terpilih Right Tab.
- Lalu Sedulur bisa mengatur posisi Right Tab tersebut melalui ruler yang telah ditampilkan tadi, di bagian atas dokumen. Dengan begitu, kamu bisa meletakkan nomor halaman dengan rapi dari sini.
- Setelah itu, Sedulur bisa double click pada Tab tersebut hingga muncul menu pop-up.
- Pada menu pop-up tersebut, pilih opsi kedua yang merupakan titik-titik yang biasa digunakan dalam daftar isi.
- Kemudian, Sedulur tinggal memasukkan isi dari daftar isi tugasmu.
- Setelah memasukkan judul bagian, tekan tombol Tab pada keyboard untuk memunculkan titik-titik.
- Lalu, terakhir Sedulur tinggal memasukkan nomor halaman yang sesuai dengan judul bagian tersebut.
Cara dan langkah di atas juga bisa Sedulur terapkan jika Sedulur ingin melakukan cara membuat titik-titik pada daftar isi di Google Docs. Karena pada dasarnya, Google Docs memiliki kesaman dengan Microsoft Word.
Membuat secara otomatis
Cara selanjutnya yang bisa Sedulur lakukan dalam cara membuat titik-titik pada Word, yaitu dengan membuatnya secara otomatis. Langkah ini tentu lebih mudah. Berikut ini adalah langkah-langkahnya.
- Pertama Sedulur buat terlebih dahulu menu daftar isinya.
- Lalu blok semua menu daftar isi, terutama yang ingin dibuat titik titik.
- Lalu klik kanan dan pilih paragraph
- Kemudian klik tombol tabs yang ada pada pook kiri bawah lembar kerja.
- Lalu atur lebar halaman kerja pada bagian Tabs Stop Position. Setelah itu, pada bagian Alignment, pilihlah Right. Sedangkan pada bagian Leader pilih 2…. Kemudian klik Set serta klik Ok untuk langkah berikutnya.
Membuat nomor pada bab di daftar isi
Setelah cara membuat titik titik pada formulir di atas, Sedulur juga harus tahu membuat cara penomoran pada masing-masing bab dan sub-bab dalam daftar isi. Ini juga akan membuat semuanya lebih baik. Berikut langkah-langkahnya:
- Letakkan kursor di bagian paling kanan teks daftar isi. Misalnya, A. Pendahuluan(x), letakkan kursor di samping huruf n atau pada tanda x.
- Untuk membuat titik-titik, cukup tekan tombol Tab pada keyboard dan otomatis akan menyesuaikan Right Tab yang sudah dibuat sebelumnya.
- Terakhir, Sedulur tinggal memberikan nomor halaman sesuai dengan teks yang ada pada keseluruhan dokumen di Word yang Sedulur buat.
BACA JUGA: 4 Cara Membuat Rumus Akar di Excel dengan Mudah
Apa fungsi dan daftar isi?
Bagi Sedulur bertanya kenapa harus repot-repot membuat daftar isi, tentu tujuan dibuatnya daftar isi bukan tanpa fungsi. Adapun beberapa fungsinya adalah sebagai berikut:
- Memudahkan pembaca menemukan materi yang diinginkannya. Jika tidak dilengkapi dengan daftar isi dikhawatirkan pembaca merasa kesulitan sehingga mengurungkan niatnya untuk membaca makalah atau buku yang dibuat.
- Mempermudah penulis menyusun makalah atau buku yang sedang ditulisnya.
- Membuat sebuah karya tulis tampak lebih profesional bila dibandingkan dengan karya tulis tanpa daftar isi.
Banyak kemudahan yang bisa diberikan dengan adanya daftar isi. Sebagaiaman yang telah dijelaskan di atas, bahwa fungsinya adalah untuk memudahkan para pembaca. Sedulur pun harus mengetahui bahwa terdapat beberapa jenis dari daftar isi yang perlu diketahui, jenis-jenisnya adalah sebagai berikut:
- Daftar isi tingkat tunggal
- Daftar isi yang terbagi subbab (subdivided)
- Daftar isi bertingkat atau multi-level
Saat membuat daftar isi, Sedulur harus tahu jenis daftar isi mana yang akan Sedulur buat dan sesuai dengan kebutuhan karya tulis itu sendiri. Dengan begitu, membuat daftar isi akan tepat dan sesuai sasaran.
Nah itulah tadi tips dan langkah dalam cara membuat titik pada daftar isi word 2016. Semoga penjelasan di atas bisa membantu Sedulur yang tengah mencari tahu membuat daftar isi yang rapi dan tertata dengan baik. Sehingga tampilan dokumen yang Sedulur buat menjadi lebih menarik.
Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.
Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.