cara membuat ruangan kedap suara

Rumah merupakan tempat utama untuk tinggal, beraktifitas dan juga beristirahat sehari-hari. Memiliki hunian kedap suara yang jauh dari kegaduhan di luar memang bisa membuat tenang. Tapi, hal tersebut mungkin cukup sulit bagi Sedulur yang tinggal di dekat pusat keramaian. Sebenarnya terdapat banyak cara membuat ruangan kedap suara.

Meski begitu, kebisingan dari luar sebenarnya dapat diredam dengan cara membuat ruangan-ruangan di dalam rumah kedap suara. Untuk ruangan kedap suara sebenarnya tidak harus melakukan renovasi total atau besar-besaran. Proses membuatnya dapat disiasati dengan alternatif lain yang lebih efisien, mudah diterapkan, serta biaya terjangkau.

BACA JUGA: 12 Rekomendasi Pengharum Ruangan, Wanginya Tahan Lama!

Fungsi ruang kedap udara

cara membuat ruangan kedap suara
Home Stratosphere

Salah satu ruangan yang perlu kedap suara adalah kamar yang akan lebih nyaman jika bebas polusi suara. Kamar menjadi ruangan bagi Sedulur untuk beristirahat sehingga penting untuk membuatnya bebas gangguan. Salah satunya gangguan dari suara kendaraan, mesin, atau lainnya. Meski tidak dapat menghilangkan sumber suara yang mengganggu tersebut, tetapi Sedulur bisa meminimalisirnya dengan membuat kamar menjadi kedap suara.

Dengan demikian waktu istirahat di dalam kamar pun bisa menjadi lebih tenang bagi Sedulur. Berikut adalah beberapa cara membuat ruangan kedap suara dan menjadi senyap sunyi. Sedulur wajib memperhatikannya hingga memahami secara keseluruhan, ya!

1. Memasang panel papan di tembok

cara membuat ruangan kedap suara
HomeLane

Penel Papan atau drywall yang terbuat dari bahan gipsum yang ditempel pada permukaan tembok ruangan sangat efektif untuk meredam suara dari luar. Proses pemasangan drywall juga terbilang mudah dan cepat karena tidak memerlukan air atau bahan lainny, jadi Sedulur bisa memasangnya tanpa bantuan tukang.

Material papan gipsum ini cukup ramah lingkungan serta ekonomis. Drywall sendiri memiliki tingkat ketebalan sekitar 5/16 inci. Panel Papan bisa digunakan sebagai cara membuat ruangan kedap suara.

2. Gunakan karpet tebal

Perlu diketahui bahwa suara-suara asing dari luar umumnya bisa tembus ke ruangan karena pantulan dari tembok atau bahkan dari lantai.Untuk itu, agar ruangan Sedulur kedap suara, bisa dilakukan dengan menyiasatinya menggunakan karpet berbahan tebal yang dipasang di lantai dan tembok.

Supaya pantulan suara dapat diredam lebih maksimal, pastikan Sedulur menambahkan alas karpet seperti bantalan di bagian bawahnya. Hal tersebut termasuk ke dalam cara membuat ruangan kedap suara.

3. Memasang door seal pada celah pintu

Cara membuat ruangan kedap suara selanjutnya adalah dengan menutup celah pada pintu. Celah yang dimaksud bisa berupa celah di bagian bawah atau samping pintu. Sedulur bisa menutup celah pintu tersebut menggunakan seal khusus pintu yang terbuat dari karet dengan ukuran tebal sehingga bisa meredam suara bising dari luar. Selain membuat kamar lebih kedap dari suara yang mengganggu, seal tersebut juga dapat meminimalisir masuknya debu atau serangga ke dalam ruangan atau kamar Sedulur.

4. Pasang rak untuk menutupi dinding

Sedulur juga bisa memanfaatkan furnitur sebagai cara membuat ruangan kedap suara sehingga bebas dari kebisingan yang mengganggu. Misalnya, Sedulur bisa memasang rak yang menutupi dinding. Dengan cara ini, rak buku bisa memblokir gelombang suara yang datang dari dalam atau luar ruangan.

Selain itu, dengan memasang furniture Sedulur tak hanya mempercantik interior ruangan tetapi juga akan terhindar dari polusi suara yang mengganggu ketenangan. Selain rak dinding, Sedulur juga dapat menggunakan lemari yang berukuran besar untuk menutupi dinding sehingga ruangan lebih kedap suara.

5. Pasang tirai peredam suara

Hal selanjutnya yang Sedulur bisa lakukan sebagai salah satu cara membuat ruangan kedap suara adalah memasang dan menggunakan tirai khusus yang dapat meredam suara sebagai cara agar membuat ruangan kedap suara. Biasanya, tirai ini dibuat dari bahan yang tebal. Sedulur pun bisa memasangnya pada bagian pintu atau jendela.

Dengan begitu, ruangan Sedulur akan terhindar dari polusi suara yang mengganggu, seperti kebisingan lalu lintas, sirene, atau pejalan kaki yang bising. Tak hanya bisa meredam suara, tirai tersebut juga dapat menjadi pilihan dekorasi ruangan yang estetik bagi Sedulur, lho. Benar-benar alat yang multifungsi, selain sebagai dekorasi ruangan tetapi juga berfungsi untuk membuat ruangan senyap sunyi.

BACA JUGA: 12 Cara Membuat Ruangan Adem dan Sejuk Tanpa AC

6. Melapisi tembok dengan cat peredam suara

Accoustic Surfaces

Sangat jarang diketahui kebanyakan orang ternyata terdapat cat tembok yang diformulasikan khusus untuk meminimalisir kebisingan. Ini bisa menjadi salah satu cara membuat ruangan kedap suara yang ampuh, Sedulur bisa melapisi tembok dengan cat khusus. Cat peredam suara ini dapat melapisi permukaan tembok dan mencegah polusi suara masuk ke dalam ruangan sampai 30%.

Meski mungkin terdengar asing, tapi Sedulur bisa menemukannya di toko bangunan terdekat. Tak hanya membuat ruangan lebih berwarna, cat dinding yang satu ini juga cukup efektif untuk meredam suara. Jadi, Sedulur bisa membuat ruangan menjadi lebih tenang.

7. Memasang wallpaper kedap suara

Wallpaper bisa menjadi salah satu hiasan dinding yang dapat mempercantik ruangan karena tersedia dalam berbagai motif dan warna untuk disesuaikan dengan kebutuhan. Selain itu wallpaper bisa digunakan sebagai salah satu cara membuat ruangan kedap suara tetapi tetap tampak lebih menarik, terdapat juga wallpaper yang dibuat khusus menggunakan busa tebal dapat membantu Sedulur untuk meminimalisir kebisingan dari luar.

Sedulur pun tetap dapat memilih motif dan warna wallpaper dinding kedap suara ini sesuai selera atau kebutuhan dekorasi ruangan. Tak hanya menjadikan ruangan lebih keren, wallpaper ini juga bisa mencegah suara bising sehingga ruangan Sedulur menjadi lebih nyaman.

8. Melapisi langit-langit dengan gypsum

Tak hanya bagian pintu, jendela, tembok dan lantai saja yang perlu Sedulur lapisi untuk membuat kamar lebih kedap suara. Bagian langit-langit ruangan pun tak boleh terlewatkan. Dalam hal ini, Sedulur dapat melapisi bagian langit-langit ruanga dengan gypsum.

Pilihlah gypsum dengan ketebalan tertentu yang khusus untuk meredam suara. Selain itu, pastikan Sedulur menambahkan material peredam suara, seperti glasswool atau rockwool agar pantulan suara yang diserap oleh langit-langit untuk memblokir kebisingan bisa bekerja lebih maksimal.

BACA JUGA: 12 Rekomendasi Atap Transparan Terbaik Segala Ruangan 2023

9. Sekat ruangan untuk blokir suara

cara membuat ruangan kedap suara
Pinterest

Langkah berikutnya adalah memasang insulasi pemblokir suara atau melakukan penyekatan di seluruh permukaan ruangan, hal ini menjadi solusi yang tepat dalam mencegah kebisingan yang datang dari luar. Umumnya, insulasi ini terbuat dari gabungan material absorber yang ringan, lunak, dan berpori.

Oleh karena itu, insulasi bisa menyerap suara serta memblokirnya. Untuk memasang insulasi atau penyekatan, Sedulur dapat meminta bantuan dari ahli atau tukang karena material ini tidak dapat dipasang oleh sembarangan orang. 

Memasangnya tidak bisa dilakukan oleh sembarang orang, bahkan oleh Sedulur sendiri pun tidak bisa dilakukan karena berkemungkinan dapat mengacaukan sistem yang telah dibangun.

10. Pasang panel akustik

Pada umumnya, panel akustik hadir dalam bentuk papan atau kain dengan material inti yang padat dan bisa dipasang pada permukaan tembok. Dengan panel akustik tersebut, suatu ruangan dapat mencegah suara memantul dari permukaan yang keras dan menghalangi gelombang suara masuk melalui pintu atau jendela.

Hal tersebut termasuk dalam cara membuat ruangan kedap suara sehingga ruangan Sedulur terasa lebih tenang dan nyaman untuk beristirahat. Dijamin Sedulur bisa mendapatkan ketenangan dan waktu istirahat yang optimal. Berkumpul bersama keluarga pun tidak akan terganggu lagi dengan suara bising.

11. Mengatur tata letak ruangan

Sebenarnya dengan menggunakan peredam suara Sedulur tidak harus mengeluarkan biaya yang besar. Bahkan, Sedulur bisa membuat ruangan yang kedap suara tanpa harus membeli barang apapun. Jadi mengatur tata letak ruangan merupakan hal yang penting.

Terkadang apa yang diperlukan hanyalah mengatur dan menata ulang furnitur dengan tujuan menyerap dan mencegah polusi suara masuk ke ruangan tersebut. Salah satu strategi efektif untuk menghalangi kebisingan adalah dengan memindahkan lemari atau rak buku yang berat ke dinding yang menghadap ke luar atau ke dinding yang berada di belakang lorong.

Itulah beberapa tips yang bisa Sedulur gunakan sebagai cara membuat ruangan kedap suara, sehingga ruangan di rumah Sedulur menjadi lebih tenang dan nyaman. Semoga penjelasan di atas membantu Sedulur ya!