cara membuat kandang ayam

Ingin mencoba berternak ayam sendiri? Tentu untuk memulainya, Sedulur wajib tahu bagaimana cara membuat kandang ayam sederhana. Dengan memiliki kandang ayam sendiri, tentu Sedulur dapat beternak ayam dan dijual untuk menambah penghasilan setiap bulannya.

Jangan khawatir, dalam kesempatan kali ini, akan kita bahas bersama bagaimana cara membuat kandang ayam sederhana, berikut dengan langkahnya yang super mudah. Selain mudah dan praktis, Sedulur juga bisa membuatnya dengan peralatan dan bahan yang bisa Sedulur dapatkan.

Seperti apa langkah dan cara membuat kandang ayam yang dimaksud? Yuk, mari langsung saja simak penjelasannya di bawah ini!

BACA JUGA: 10 Contoh & Cara Membuat Kliping yang Unik & Menarik

Beberapa hal yang perlu diperhatikan

cara membuat kandang ayam
Ali Express

Sebelum masuk ke pembahasan cara membuat kandang ayam dari kayu bekas, ada beberapa hal yang perlu Sedulur perhatikan saat hendak membuat kandang ayam. Beberapa hal tersebut merupakan bagian penting terkait kandang ayam itu sendiri. Berikut ini beberapa hal penting yang dimaksud:

a. Ukuran kadang

Ukuran kandang ayam besar atau kecil merupakan hal pertama yang perlu Sedulur perhatikan. Sedulur harus mempertimbangkan ukuran kandang. Karena ukuran kandang ayam akan berkaitan dengan beberapa hal, seperti kebutuhan bahan untuk membuat kandang serta berapa ekor ayam yang dapat ditampung.

Jika Sedulur ingin membuat kandang ayam yang mampu menampung ayam sebanyak 50 ekor, Sedulur minimal bisa menyiapkan lahan dengan ukuran 5-10 meter persegi. Karena, jumlah ayam yang banyak dengan ukuran kandang yang kecil, rawan membuat ayam stress. Ini tentu mempengaruhi kualitas ayam itu sendiri. Ukuran lahan juga berpengaruh pada bahan yang harus Sedulur siapkan.

b. Posisi kadang

Setelah Sedulur memastikan ukuran kandang, hal yang penting dan perlu Sedulur perhatikan selanjutnya adalah posisi kandang itu sendiri. Sedulur harus mempertimbangkan posisi kandang agar tidak menganggu kehidupan Sedulur sehari-hari, serta agar tidak menganggu warga sekitar.

Terutama sempat ramai kabar flu burung yang ditularkan dari ayam. Baiknya, Sedulur menyiapkan lahan untuk posisi kandangan yang berjarak sekitar 250 meter dari rumah dan pemukiman warga. Sedulur juga wajib menyiapkan kandang dengan posisi yang lebih tinggi, agar tidak digenangi air saat hujan. Serta usahakan kandangan ayam menghadap timur, karena akan lebih baik bagi pertumbuhan dan perkembangan ayam.

c. Bahan membangun kandang

Terakhir, Sedulur juga wajib menyiapkan bahan material untuk membangun kandang. Dalam cara buat kandang ayam petelur atau pedaging, bahan sangat penting. Tanpa bahan, membuat kandang ayam modern atau sederhana sulit untuk terwujud. Ini juga berkaitan dengan bagaimana teknik dalam cara membuat kandang ayam harus dilakukan.

Pertimbangan menyiapkan bahan untuk membangun kandang ayam umbaran atau jenis lainnya yaitu dengan mempertimbangkan ukuran dan posisi yang telah dijelaskan di atas.

Nah, setelah beberapa hal di atas Sedulur pastikan. Kita langsung saja meluncur untuk menyimak seperti apa saja langkah dan cara membuat kandang ayam yang bisa dilakukan, berikut tips dan langkahnya:

1. Siapkan bahan dan alat

Deposit Photos

Dalam penjelasan sebelumnya, telah disampaikan bahwa bahan dan alat membuat kandang dibutuhkan. Apakah Sedulur akan membuat kandang ayam dari bambu atau bahan lainnya. Semua hal tersebut penting untuk disiapkan. Alat yang umum dibutuhkan adalah gergaji, palu dan paku.

Gergaji akan Sedulur butuhkan untuk memotong kayu atau bambu, paku dan palu Sedulur butuhkan untuk menyusun kandang. Sedulur juga harus menyiapkan amplas, meteran dan pensil untuk perancangan kandang. Semuanya perlu Sedulur persiapkan dengan baik.

2. Membuat kerangka

cara membuat kandang ayam
Lazada

Setelah bahan disiapkan, langkah selanjutnya yang perlu Sedulur lakukan adalah membuat kerangka. Biasanya tinggi kaki untuk kandang ayam yang normal yaitu sekitar 10 cm. Sertia jumlah kaki kandang ayam yang bisa Sedulur siapkan biasanya bergantung dengan luas ukuran dan posisi kandang ayam itu sendiri.

Jika kandang ayam semakin panjang, makan jumlah kaki kandang ayan juga akan semakin banyak karena berkaitan dengan topangan bobot yang diperlukan agar kandang lebih kokoh berdiri.

3. Bangun lantai kandang

Ali Express

Cara membuat kandang ayam selanjutnya adalah dengan membuat lantai kandang. Jikan kerangka telah Sedulur rancang, Sedulur bisa mulai membangun lantai kandangan dan mengukur bagian lantai. Tahap ini biasanya digunakan pada jenis ayam potong atau petelur.

Sebab, bagi jenis ayam kampung akan sanagt sulit beradaptasi dalam keadaan kandang yang memiliki lantai buatan. Saat membuat lantai kandang usahakan kontruksinya kokoh. Sebab selain bagian kaki-kaki pada kandang, bagian lantai juga turut serta menopang keseluruhan bobot dari ayam yang diternak.

4. Bangun dinding kandang

cara membuat kandang ayam
Ali Express

Langkah selanjutnya adalah dengan membangun dinding kandang, hal tersebut Sedulur lakukan setelah kaki-kaki dan lantai selesai dibangun. Biasanya dinding kandang terbuat dari bambu dengan ukuran sekitar 2-3 cm, selanjutnya untuk bagian panjangnya bisa Sedulur sesuaikan berdasarkan dengan desain kandang ayam yang akan Sedulur gunakan.

Namun Sedulur bisa memasikan agar dinding kandang tidak terlalu tinggi, sebab dinding yang tinggi dapat mengurangi daya topang atap kandang itu sendiri. Sedulur juga harus memperhatikan saat membuat dinding, Sedulur tidak perlu membuat dinding yang terlalu rapat, karena ini merupakan bagian penting untuk sirkulasi udara ayam itu sendiri.

BACA JUGA: Cara Membuat Kapal dari Kertas untuk Mainan Si Kecil

5. Buat atap kandang

Lazada

Langkah terakhir dalam cara membuat kandang ayam yaitu dengan membuat atapnya. Sedulur bisa menggunakan triplek untuk membuat atap kandang, karena bahan triplek cukup ampuh untuk membuat atap kokoh yang terhindar dari teriknya sinar matahair dan tetasan air hujan.

Alternatif bahan lain Sedulur bisa menggunakan bahan asbes. Namun penggunaan asbes perlu Sedulur perhatikan. Karena asbes dapat menyalurkan hawa panas berlebihan, tapi di satu sisi juga dapat menghangatkan suhu kandang di malam hari. Suhu kandang yang hangat sangat dibutuhkan, terutama bagi ayam petelur.

Selain triplek dan asbes, Sedulur juga bisa membuat atap kandang ayam dari genteng. Namun material ini membutuhkan harga yang mahal untuk mendapatkannya. Maka dari itu pertimbangan modal yang Sedulur miliki juga akan mempengaruhi kandang ayam yang akan Sedulur miliki. Jika Sedulur ingin membuat kandang ayam Sederhana, bahan triplek cukup sebagai atap kandang yang Sedulur bangun.

Nah, itulah penjelasan terkait tips dan cara membuat kandang ayam sederhana yang bisa Sedulur perhatikan. Semoga penjelasan di atas bisa membantu Sedulur, terutama bagi Sedulur yang ingin mulai berternak ayam untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Sedulur juga bisa jual kandang ayam sebagai pilihan untuk mendapatkan penghasilan lainnya.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.