cara hp jadi speaker bluetooth pc

Apakah Sedulur tahu terdapat cara HP jadi speaker bluetooth PC? Terdapat cara yang bisa Sedulur lakukan untuk mengubah HP atau smartphone yang Sedulur miliki menjadi sebuah speaker bluetooth untuk PC atau laptop.

Biasanya komputer atau PC tidak memiliki speaker yang mumpuni. Untuk mengatasi hal tersebut, tentu speaker yang terdapat dalam laptop bisa dijadikan sebagai solusinya. Sebelum membahas caranya, Sedulur bisa simak penjelasan di bawah ini terlebih dahulu.

BACA JUGA: Mudah Banget! Ini Cara Screenshot di Laptop Lenovo

Kelemahan HP jadi speaker

cara hp jadi speaker bluetooth pc
Pricebook

Sedulur harus mengetahui, bahwa cara HP jadi speaker bluetooth PC memiliki kelemahan tersendiri. Kelemahan pertama yaitu baterai HP akan cepat habis. Tentu hal ini dapat membuat baterai HP menjadi rusak dan tidak bekerja secara optimal.

Selain itu, speaker yang dimiliki oleh HP juga merupakan speaker dengan spesifikasi standar dan tidak begitu bisa menghasilkan suara yang baik. Namun, bagi PC Sedulur yang belum memiliki speaker, menggunakan HP memang solusi yang cepat.

Persiapan yang perlu dilakukan

Kumparan

Terdapat beberapa persiapan yang perlu dilakukan, pertama tentu saja menyiapkan laptop dan android yang akan digunakan sebagai speaker. Sedulur juga harus melakukan penyesuaian PC sebagai server dan android sebagai receiver.

Jangan lupakan juga aplikasi atau software yang dibutuhkan, yaitu SoundWire. Sedulur harus download dua aplikasi, pertama untuk di android kedua untuk di PC atau laptop. Keduanya akan membuat saling terhubung.

Kedua hal tersebut wajib Sedulur pastikan agar terpasang dengan baik, dan HP yang Sedulur miliki bisa menjadi speaker untuk PC atau laptop.

Langkah dan Cara HP jadi speaker bluetooth PC

cara hp jadi speaker bluetooth pc
IDN Times

Lantas bagaimana langkah dan cara HP jadi speaker bluetooth PC? Setelah persiapan di atas Sedulur lakukan. Berikut ini langkah-langkah yang bisa Sedulur lakukan, yaitu:

1. Siapkan software

Dalam tahap persiapan, Sedulur telah diminta untuk menyiapkan software atau aplikasi. Terdapat beberapa software dan aplikasi yang bisa Sedulur gunakan untuk mengubah HP menjadi speaker bluetooth. Sedulur bisa menggunakan aplikasi SoundWire Free di Android, dan SoundWire Server untuk di laptop atau PC.

2. Siapkan client di Laptop atau PC

Langkah kedua bisa Sedulur lakukan setelah Sedulur mematikan aplikasi yang harus disiapkan terinstall atau terpasang dengan baik. Pertama-tama, Sedulur buka terlebih dahulu SoundWire Server di laptop, lalu pastikan laptop dan HP terhubung dengan jaringan WiFi yang sama.

Setelah membuka SoundWire Server, Sedulur tinggal melihat bagian Server Address dan catat alamat yang tertera untuk selanjutnya dihubungkan ke smartphone Android Sedulur.

3. Siapkan client di HP

Selanjutnya membuka aplikasi SoundWire Free di HP dan pastikan sudah terhubungan dengan jaringan WiFi yang sama dengan PC atau laptop. Lalu Sedulur tinggal masukkan alamat server pada kolom Server. Tap tanda Check jika Sedulur sudah menyelesaikannya.

4. Tes suara speaker

Selanjutnya jika sudah dipastikan software atau aplikasi SoundWire pada laptop sudah terhubung atau statusnya menjadi Connected, Sedulur bisa langsung tes suara speaker. Tes apakah suaranya keluar atau tidak. Sedulur bisa tinggal memutar video atau musik saja.

Jika belum berhasil, Sedulur bisa coba memutuskan koneksi terlebih dahulu, lalu menyambungkan kembali seperti cara yang telah dijelaskan di atas.

BACA JUGA: Cara Keluar dari Akun Google dari HP dan Laptop dengan Mudah

5. Lakukan penyesuaian

Langkah terakhir yaitu dengan melakukan penyesuaian. Biasanya suara akan bentrok antara PC dan HP, kamu tinggal mute dan sesuaikan saja agar suara yang terdengar hanya berasal dari HP atau dari android. Sedulur hanya tinggal tip ikon SoundWire yang terdapat di android untuk membuatnya redup.

Bagaimana, cukup mudah ‘kan, cara HP jadi speaker bluetooth PC di atas. Sedulur hanya perlu menyiapkan aplikasi dan beberapa persiapan lain sebagaimana yang telah dijelaskan di atas. Semoga cara di atas membantu Sedulur yang membutuhkan bluetooth PC, terutama untuk mendengarkan suara menjadi lebih jelas lagi.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.