kaldu kokot kikil tempat makan pamekasan

Pamekasan tidak hanya memiliki beragam objek wisata alam yang indah, namun juga kulinernya yang tidak boleh dilewatkan. Jadi saat Sedulur berkunjung ke sini, jangan sampai lupa untuk berkunjung ke beberapa tempat makan Pamekasan yang ada.

Pamekasan sendiri adalah salah satu dari empat kabupaten di Pulau Madura dengan berbagai objek wisata yang menarik untuk dikunjungi. Kota yang terkenal dengan sebutan kota batik dan gerbang salam ini, sangat cocok dijadikan destinasi wisata saat liburan tiba.

Nah, setelah puas menikmati berbagai macam objek wisata yang ada di Pamekasan, kini saatnya untuk berwisata kuliner dengan menikmati berbagai olahan yang lezat. Untuk itu, langsung saja berikut ini beberapa tempat makan Pamekasan yang direkomendasikan!

BACA JUGA: Rawon Gragal Kediri: Harga Murah, Citarasa Mewah!

1. Kaldu Kokot

kaldu kokot kikil
Pexels/奥尼尔 孙

Rekomendasi tempat makan Pamekasan yang pertama adalah Kaldu Kokot. Hidangan yang satu ini sebenarnya adalah sop kikil serta kaki sapi. Dikategorikan sebagai sop yakni karena makanan tersebut memiliki kuah kaldu yang nikmat.

Kendati demikian, kaldu kokot mirip seperti rawon atau gulai. Hanya saja, perbedaannya yakni ada pada penambahan potongan kikil atau kulit dan tulang dari kaki sapi ke dalamnya. Satu porsi kaldu kokot, biasa  dinikmati bersama nasi atau ketupat, sesuai dengan pesanan dari konsumen.

Tidak hanya itu, Sedulur juga bisa memilih kerupuk, perkedel ubi, serta lorji alias kacang mete untuk melengkapi hidangan tersebut. Jika tertarik untuk mencobanya, Sedulur dapat berkunjung ke salah satu kedai kaldu kokot legendaris, yakni Kaldu Kokot 76 Khas Pamekasan. Berikut informasi lengkapnya.

  • Alamat: Jl. Trunojoyo No.85, Patemon, Kec. Pamekasan, Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur
  • Telepon: 0823-0227-8541
  • Jam buka: Setiap hari, 09.00 WIB –21.00 WIB
  • Kisaran harga: Rp25.000 – Rp50.000

2. Sate Lalat

Jika Sedulur sedang berkunjung ke Pamekasan, maka tidak boleh lupa untuk mencicipi salah satu kuliner khas yang unik bernama sate laler alias sate lalat. Tidak usah khawatir, nama dari hidangan ini bukan berarti bahan pembuatnya yang dari lalat.

Akan tetapi, sate tersebut memiliki potongan dengan ukuran kecil-kecil mirip seperti lalat. Jadi memang tidak termasuk ke dalam hidangan yang ekstrem. Ya, dapat dikatakan jika sebenarnya sate yang satu ini tidak berbeda jauh dengan sate Madura pada umumnya.

Dibuat dari daging ayam dengan kuah yang menggunakan kuah kacang kental. Salah satu warung penjual sate lalat yang direkomendasikan adalah Sate Lalat Pak Ento. Di sini, Sedulur bisa memesan satu porsi sate lalat lengkap dengan nasi atau lontong.

  • Alamat: Kawasan Sae Salera, Jl. Niaga, Rw. 03, Barurambat Kota, Kec. Pamekasan, Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur
  • Telepon: –
  • Jam buka: Setiap hari, 16.00 WIB – 02.00 WIB
  • Kisaran harga: Rp5.000 – Rp15.000

3. Rujak Tajin

Mungkin rujak cingur terdengar sudah biasa. Namun apakah Sedulur sudah pernah mencoba makanan yang bernama rujak tajin? Ya, hidangan yang satu ini terbuat dari bahan utama berupa bubur lengkap dengan petis, kacang sangrai, ikan tuna, sayuran, mentimun, dan juga cingur sapi.

Dengan cobek yang besar, butiran kacang dihaluskan bersama cabai dan tomat. Kemudian diberi petis dan bumbu yang sudah dihaluskan sebelumnya. Berikutnya, dicampur dengan sayuran, irisan mentimun, serta cingur dan kerupuk tette khas Pamekasan.

Setelah itu, diulek lagi sampai bumbu benar-benar merata. Nah, sebelum dihidangkan, bubur tersebut diletakkan di atas piring, kemudian baru ditumpangi dengan racikan bumbu rujak yang sebelumnya sudah dicampur rata. Berikut info warung terbaik untuk menikmati hidangan rujak tajin.

  • Alamat: Jl. Cokroatmojo No.123, Gladak Anyar, Parteker, Kec. Pamekasan, Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur
  • Telepon: –
  • Jam buka: Setiap hari, 08.00 WIB – 21.00 WIB
  • Kisaran harga: Sekitar Rp15.000

4. Nase’ Jhajan

Nase’ jhajan merupakan hidangan khas Pamekasan yang terkenal dengan kelezatan dan kenikmatannya. Hidangan yang menggugah selera ini, tidak terlewatkan oleh Sedulur yang berasal dari luar daerah. Kurang lengkap rasanya jika ke Pamekasan tapi belum mencoba kuliner legendaris ini.

Kuliner khas yang satu ini disajikan di atas bungkus daun pisang yang dipincuk. Kenikmatan dari hidangan ini akan lebih terasa ketika disantap dengan menggunakan tangan secara langsung. Sementara itu, ada banyak pilihan lauk yang bisa dicoba, mulai dari telur kuah petis, serundeng, daging, dan lain sebagainya.

Citarasa dari hidangan ini juga akan terasa lengkap bersama sambalnya. Untuk bisa mencicipi lezatnya Nase’ Jhajan, Sedulur bisa langsung menuju ke Warung Nasi Jejen Bu Jujut dengan informasi warung sebagai berikut ini.

  • Alamat: Jl. Purba No.58, Rw. 01, Barurambat Kota, Kec. Pamekasan, Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur
  • Telepon: –
  • Jam buka: Setiap hari, 05.00 WIB –07.00 WIB
  • Kisaran harga: Rp15.000 – Rp40.000

5. Campor Lorjuk

Campor lorjuk adalah kuliner khas dari Pamekasan, tepatnya Kecamatan Pademawu. Tentu saja bahan utama pembuat makanan ini yaitu lorjuk itu sendiri. Lorjuk merupakan kerang laut yang seringkali ditemukan di kawasan pantai pesisir Madura.

Kerang ini memiliki bentuk yang panjang seperti bambu, sehingga banyak yang menyebutnya sebagai kerang bambu. Jika dilihat secara sekilas, campor lorjuk memang terlihat mirip seperti soto. Di dalamnya, terdapat mi bihun, irisan lontong, kacang oto’, kecambah goreng, dan tentu saja lorjuk dan kuah khas.

Bisa dibilang jika campor lorjuk dibuat tidak dengan campuran penyedap buatan. Hal ini karena rasa gurih dari kuahnya didapatkan dari rebusan kerang bambu yang dikenal sangat gurih. Sedulur bisa menikmati campor lorjuk yang nikmat di Warung Campur Lorjuk Bu Hamidah.

  • Alamat: Dusun Sawahan, Desa Pademawu timur, Kec. Pademawu, Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur
  • Telepon: 0853-3108-3887
  • Jam buka: Setiap hari, 07.00 WIB –19.00 WIB
  • Kisaran harga: Sekitar Rp25.000

BACA JUGA: 11 Tempat Kuliner Kawasan Ampel Surabaya yang Patut Dicoba

6. Ayam Bakar Depot Hijau

ayam bakar ungkep
Pexels/Mufid Majnun

Ayam bakar yang empuk dengan bumbu yang meresap secara sempurna, akan terasa sangat nikmat ketika disantap di lokasi yang nyaman. Ya, hal itu bisa Sedulur temukan di Ayam Bakar Depot Hijau. Di sini, Sedulur bisa menyantap ayam bakar yang lezat sembari menikmati pemandangan laut yang indah.

Ya, hal warung yang satu ini memang memiliki posisi menghadap ke arah laut, sehingga Sedulur juga bisa menikmati semilir angin pantai yang mampu memberi kesan yang berbeda.  Tidak hanya ayam, depot yang satu ini juga menyediakan aneka masakan serta minuman yang tidak kalah menarik untuk dicoba.  

Jadi jangan khawatir jika Sedulur datang bersama keluarga atau teman-teman, namun ada dari mereka yang tidak terlalu suka dengan olahan ayam. Oh iya, jangan lupa untuk membeli beragam camilan yang ada di etalase, ya!

  • Alamat: Jalan Raya Talang Siring, Kec. Pamekasan, Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur
  • Telepon: –
  • Jam buka: Setiap hari, 10.00 WIB – 20.00 WIB
  • Kisaran harga: Sekitar Rp16.000

7. Soto Ayam Keppo Pamekasan

Kemudian ada soto ayam khas Madura yang tidak boleh Sedulur lewatkan. Hidangan yang satu ini memiliki citarasa gurih, dengan ayam kampung yang dimasak menggunakan teknik khusus. Jadi tidak heran jika soto ayam Madura terasa istimewa.

Ya, berbeda dari kebanyakan jenis soto, soto Madura ini memiliki kuah yang bening dengan rasa yang cenderung lebih ringan. Kemudian dalam proses penyajiannya, makanan ini akan diberi irisan daging ayam lengkap dengan bihun, telur rebus, serta perasa jeruk nipis.

Setelah itu, baru dihidangkan bersama nasi atau lontong dalam keadaan panas. Ya, sangat cocok sebagai sarapan. Nah, bagi Sedulur yang ingin mencobanya, bisa langsung datang ke Warung Soto Ayam Keppo Pamekasan. Berikut info mengenai warung soto tersebut.

  • Alamat: Jl. Raya Pamekasan – Sumenep, Kepo, Polagan, Kec. Galis, Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur
  • Telepon: –
  • Jam buka: Setiap hari, 07.00 WIB – 22.00 WIB
  • Kisaran harga: Sekitar Rp25.000

8. Depot Podomoro

Depot Podomoro juga menjadi salah satu tempat makan Pamekasan yang wajib untuk Sedulur coba. Tidak hanya menyediakan masakan yang lezat, depot ini juga memiliki tempat yang indah dan tentu saja sangat nyaman.

Di sini, tersedia berbagai macam kuliner lezat lengkap dengan aneka lalapan segar yang sangat menggugah selera makan. Sedulur dapat menjajal ayam, lele, daging, hingga empal daging yang dipadukan dengan sayur lalapan serta sambal.

Jangan heran jika depot yang satu ini selalu ramai didatangi oleh para pengunjung, terlebih lagi karena lokasinya yang berada di pusat kota. Jadi bagi Sedulur yang penasaran dan ingin mencoba, disarankan untuk menghindari waktu-waktu ramai seperti jam makan siang atau makan malam.

  • Alamat: Jl. Kemuning No.16, Rw. 03, Barurambat Kota, Kec. Pamekasan, Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur
  • Telepon: 0823-3161-3999
  • Jam buka: Setiap hari, 08.00 WIB – 20.00 WIB
  • Kisaran harga: Rp25.000 – Rp50.000

9. Nase’ Ramoy

Nase’ Ramoy merupakan hidangan khas Pameksan yang tidak boleh Sedulur lewatkan. Hidangan ini berisikan nasi putih, daging yang gurih, dan juga jeroan sapi yang dimasak menggunakan bumbu merah sampai benar-benar meresap dan empuk.

Yang membuatnya terasa lebih unik, yakni penambahan siraman kecap serta irisan cabe rawit di bagian atasnya. Tentu saja rasa pedasnya akan menggugah selera makan. Dijamin, Sedulur tidak akan pernah bisa melupakan citarasa dari hidangan yang satu ini.

Bisa dibilang ada beberapa tempat untuk bisa menikmati hidangan ini. Hanya saja, Warung Nasi Barokah menjadi yang paling direkomendasikan. Bukan tanpa sebab, warung ini sudah berdiri sejak lama dan sampai saat ini masih sering menjadi andalan banyak orang.

  • Alamat: Jl. Pintu Gerbang No.126, Pertanian, Bugih, Kec. Pamekasan, Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur
  • Telepon: 0823-3612-3259
  • Jam buka: (tidak ada informasi pasti)
  • Kisaran harga: Rp10.000 – Rp15.000

10. Depot Kaldu 76

Depot Kaldu 76 menjadi salah satu tempat makan Pamekasan yang tidak pernah sepi oleh pengunjung. Tempat makan yang satu ini menyediakan berbagai macam makanan khas yang sangat menarik untuk dicicipi satu persatu.

Namun dari sekian banyak menu yang ada, menu andalannya di sini adalah kaldu sapi. Bukan hanya sekadar kaldu, namun dipadukan dengan kikil serta daging sapi yang empuk, lengkap dengan perasan jeruk nipis dan lontong. Ya, citarasa dan aromanya benar-benar menggoda dan terasa nikmat di lidah.

Tidak hanya lezat, kuliner yang di sini juga terkenal dengan harganya yang ramah di kantong. Dengan begitu, Sedulur bisa menjajal beragam hidangan tanpa perlu khawatir kantong akan jebol. Nah, berikut ini informasi terkait Depot Kaldu 76.

  • Alamat: Jl. Trunojoyo No.85, Patemon, Kec. Pamekasan, Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur
  • Telepon: 0823-0227-8541
  • Jam buka: 09.00 WIB – 21.00 WIB
  • Kisaran harga: Rp25.000 – Rp50.000

11.  La o La Rumah Makan Seafood

rumah makan gresik
Unsplash/Sherwin Ker

Rekomendasi tempat makan Pamekasan yang terakhir adalah La o La Rumah Makan Seafood. Sesuai dengan namanya, rumah makan yang satu ini menyediakan aneka olahan hidangan laut alias seafood yang tentu saja sangat lezat.

Mulai dari lobster, kepiting, udang, cumi, hingga kerang, bisa Sedulur temukan di sini. Bagi para pecinta seafood yang sedang berkunjung ke daerah Pamekasan dan sekitarnya, akan sangat rugi jika melewatkan kunjungan ke La o La Rumah Makan Seafood.

  • Alamat: Jl. Jalmak, Sembung, Teja Timur, Kec. Pamekasan, Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur
  • Telepon: 0822-3313-4567
  • Jam buka: 09.30 WIB – 22.00 WIB
  • Kisaran harga: Mulai dari Rp18.000

Itulah beberapa hidangan khas Pamekasan serta rekomendasi tempat makan untuk bisa menikmatinya. Dengan beragam pilihan dari tempat makan Pamekasan tersebut, tentu saja Sedulur dapat menikmati berbagai hidangan khas Pamekasan dan Madura yang kaya akan citarasa.

Namun saat Sedulur berwisata kuliner, jangan lupa untuk selalu membawa air mineral ya. Selain bisa menetralkan rasa masakan, air mineral juga membantu tubuh untuk selalu segar setiap saat. Sedulur bisa mencoba Air Minum Pirlo yang cocok jadi teman untuk berwisata kuliner.

Kamu tidak perlu khawatir karena Air Minum Pirlo memiliki kemasan yang praktis dan mudah dibawa kemanapun. Belum lagi, harganya yang terjangkau dan tersedia di toko kelontong serta SuperApp.

SuperApp adalah aplikasi yang membantu kulakan sembako dan barang kebutuhan pokok untuk toko atau kebutuhan sehari-hari di rumah jadi mudah. Kalau kamu tertarik menggunakan SuperApp, bisa cari tahu lebih banyak informasinya lewat media sosial Instagram SuperApp. Selamat mencoba ya!