tempat makan nganjuk

Kabupaten Nganjuk cukup dikenal karena keindahan Gunung Wilisnya. Jadi tidak heran apabila kota ini cukup populer dikalangan wisatawan. Namun, tak hanya memiliki keindahan alam yang memikat, kuliner dan tempat makan Nganjuk juga terkenal dengan kelezatannya. Tentunya ini juga menyempurnakan Nganjuk sebagai kota pariwisata.

Jika berbicara mengenai kuliner, tempat makan Nganjuk sangat banyak pilihannya. Setiap daerah juga memiliki tempat makannya sendiri dengan ciri khas menunya masing-masing. Jadi, tak perlu khawatir karena Sedulur akan dimanjakan dengan banyaknya varian menu. Tinggal Sedulur pilih saja mana yang sesuai selera atau kebutuhanmu.

Untuk itu, berikut ini rekomendasi tempat makan Nganjuk yang wajib Sedulur coba.

BACA JUGA: Sego Buwuhan Bojonegoro, Kuliner yang Dapat Rekor MURI

1. Nirwana Rumah Makan

tempat makan nganjuk
Pexels/Tahaasamett

Restoran Nirwana memiliki suasana yang nyaman dan sering menjadi tempat makan serta mengisi perut para rombongan yang lewat atau berkunjung ke Nganjuk. Pasalnya, tempat makan Nganjuk ini memiliki area yang luas dengan fasilitas yang lengkap, yaitu pilihan tempat makan indoor dan outdoor, ATM, toilet, dan mushola.

Restoran ini menawarkan pelayanan cepat dan makanan lezat dengan menu bervariasi. Mulai dari aneka olahan kambing, gurame, lahan ayam, bakso, cumi atau udang, fuyunghai, koloke, dan masih banyak lagi bisa Sedulur nikmati di Nirwana Rumah Makan.

Selain itu, tempat ini juga menawarkan oleh-oleh khas Nganjuk untuk dibawa pulang sebagai buah tangan keluarga di rumah.

  • Lokasi: Jalan Gatot Subroto, Kauman, Kec. Nganjuk, Kabupaten Nganjuk.
  • Jam operasional: Senin-Jum’at, 06.30–21.00 WIB dan Sabtu-Minggu, 06.30–22.00 WIB.
  • Harga mulai: Rp20.000

2. Warungku 

Sedang mencari tempat makan di Nganjuk dengan suasana ala restoran tapi harga jalanan? Maka Warungku ini memenuhi semua ekspektasi kamu. Restoran ini memiliki konsep bergaya cafe modern dengan area dua lantai dan juga menyediakan ruang pertemuan bagi Sedulur yang ingin mengadakan pertemuan atau acara lainnya.

Juga pilihan makanan sangat beragam, seperti ada olahan ayam, olahan daging, aneka sayur dan sambal. Lalu ada juga berbagai menu seafood, olahan ikan, aneka olahan nasi, mie, rice bowl, hingga macam-macam jajanan yang siap menggugah selera kamu.

Bagi Sedulur yang sekadar ingin nongkrong tanpa makan, tempat ini juga menawarkan tempat duduk indoor atau outdoor yang nyaman buat ngobrol bersama teman, pasangan atau keluarga.

  • Lokasi: Jalan Panglima Sudirman No.172-116, Mangundikaran, Mangun Dikaran, Kec. Nganjuk, Kabupaten Nganjuk.
  • Jam operasional: 09.00–21.00 WIB.
  • Harga mulai: Rp5.000

3. Waroeng De’U 

Waroeng De’U yang menyajikan menu spesial ikan gurame juga direkomendasikan bagi Sedulur yang ingin menikmati berbagai olahan ikan gurame, seperti bakar pedas atau manis, goreng renyah atau sekadar digoreng biasa tanpa tulang dan menggunakan terasi dengan sambal hingga disantap dengan aneka lalapan. 

Selain olahan ikan gurame, juga tersedia aneka olahan ayam, kangkung, dan beberapa jajanan. Tempat makan di Nganjuk ini menyediakan tempat duduk yang cukup luas dan nyaman. Waroeng De’U sendiri cukup terkenal di Nganjuk karena cita rasa masakannya yang otentik, lezat, dan memuaskan. 

Selain itu, harga yang ditawarkan untuk menikmati ikan gurame di restoran ini juga sangat terjangkau, mulai dari Rp35 ribu saja Sedulur sudah bisa merasakan kenikmatannya. Sedangkan untuk harga ayamnya mulai dari Rp17 ribu dan cah kangkung mulai dari Rp7 ribu saja.

  • Lokasi: Jalan Pace Sukomoro, RT.01/RW.01, Jatirejo, Kapas, Kec. Sukomoro, Kabupaten Nganjuk.
  • Jam operasional: Sabtu-Kamis, 08.30–20.30 WIB.
  • Harga mulai: Rp17.000

BACA JUGA: 10 Rekomendasi Tempat Makan Lontong Kupang di Surabaya

4. Dapur Kota Angin

tempat makan nganjuk
Pexels/Roman Odintsov

Lalu ada restoran bernama Dapur Kota Angin yang cukup mengesankan untuk dikunjungi di Nganjuk. Tempat ini memiliki suasana yang eksotis dan romantis, sehingga cocok menjadi pilihan bersantap bersama pasangan atau keluarga. 

Jika beruntung, Sedulur akan makan sambil ditemani iringan musik dari piano yang ada di area makan. Restoran ini memiliki tempat yang luas dan nyaman serta sering dijadikan tempat acara seperti pesta pernikahan, syukuran, dll. Selain itu, fasilitasnya juga lengkap mulai dari toilet hingga mushola. 

Menu-menu khas Indonesia dan oriental siap memanjakan lidah kamu. Di sini Sedulur bisa mencicipi aneka makanan lezat seperti macam-macam sup, olahan nasi, ragam penyetan dan sambal, macam-macam sayur, olahan mie dan bakso, menu ayam, daging dan masih banyak lagi.

  • Lokasi: Jalan Yos Sudarso No.20-22, Payaman, Kec. Nganjuk, Kabupaten Nganjuk.
  • Jam operasional: 08.30–20.30 WIB.
  • Harga mulai: Rp20.000

5. Warung Lesehan Mewah

Suasana lumayan sejuk dan menyenangkan, tempat makan Warung Lesehan Mewah terletak tepat di sebelah persawahan. Sedangkan nama mewah artinya mepet sawah dalam bahasa Jawa yang artinya tepat di sebelah sawah. Selain persawahan, restoran ini juga memiliki kolam pemancingan di mana pengunjung dapat menikmati aktivitas memancing.

Fasilitas lainnya antara lain taman bermain anak, spot foto menarik, toilet, dan mushola. Menu pulau Warung Lesehan Mewah juga pastinya akan memanjakan lidah kamu, seperti aneka olahan ikan gurame dan nila, rica-rica mentok, becek mentok, ayam bakar dan goreng serta cah kangkung dengan tiga sambal yaitu sambal bawang, sambal pete, dan sambal mentah.

  • Lokasi: Jalan Cerme puthuk No.7, Nglirang, Cerme, Kec. Pace, Kabupaten Nganjuk.
  • Jam operasional: 09.00–20.00 WIB.
  • Harga mulai: Rp24.000

6. Rakitos Lesehan & Resto

Rekomendasi tempat makan Nganjuk selanjutnya adalah Rakitos Lesehan and Resto. Sesuai dengan namanya, restoran ini menawarkan tempat bersantap dengan kursi atau lesehan serta memiliki area yang sangat luas. Tak heran jika tempat ini sering dijadikan sebagai tempat makan kelompok dan menjadi tempat berbagai acara seperti pertemuan dll.

Menu yang ada di tempat ini sangat beragam, mulai dari aneka olahan ayam, berbagai olahan gurame, aneka olahan bebek, berbagai olahan nasi goreng, berbagai mie, berbagai olahan lele, belut, nila, macam-macam olahan sayuran, berbagai olahan daging, dan masih banyak lagi.

  • Lokasi: Jalan Raya, RT.01/RW.01, Sawah, Pehserut, Kec. Sukomoro, Kabupaten Nganjuk.
  • Jam operasional: 10.00–21.00 WIB
  • Harga mulai: Rp20.000

7. First President Lesehan

Restoran First President Lesehan juga bisa dijadikan tempat makan utama bila berkunjung ke Nganjuk. Tempat ini menyajikan berbagai macam masakan khas Indonesia yang lezat seperti olahan ikan gurame, ayam, aneka sayuran, nasi goreng, lele, soto, rawon, dan masih banyak lagi.

Tidak hanya makanannya saja yang enak dan harga terjangkau, restoran ini juga memiliki area yang luas sehingga cocok bagi Sedulur yang ingin makan bersama rombongan. Fasilitas seperti toilet dan mushola membuat Sedulur semakin betah dan santai saat bersantap atau mengadakan acara di First President Lesehan.

  • Lokasi: Jalan Panglima Sudirman, RT.01/RW.01, Bulakmojo, Pehserut, Kec. Sukomoro, Kabupaten Nganjuk.
  • Jam operasional: 08.00–21.00 WIB.
  • Harga mulai: Rp15.000

8. Nasi Becek & Sate Kambing Pojok

contoh promosi makanan sate
Unsplash/Nita Anggraeni Goenawan

Nasi Becek adalah masakan khas Nganjuk yang terbuat dari nasi yang kemudian ditaburi bumbu dan dibalut dengan potongan daging sapi yang dimasak selama beberapa jam. Warung Nasi Becek & Sate Kambing Pojok merupakan tempat kuliner legendaris yang menyajikan nasi becek dan sate kambing. 

Sudah ada sejak tahun 1950, tempat makan di Nganjuk ini terkenal dengan kuah pedasnya yang nikmat dan cita rasa yang selalu konsisten hingga saat ini. Setiap harinya, meja makan di sini selalu dipenuhi pengunjung yang datang dari berbagai penjuru kota untuk mencicipi nasi becek tersebut.

Jangan lewatkan juga kuliner sate kambing yang dijual di Warung Pojok. Apa istimewanya sate kambing di sini? Sate di warung ini menggunakan bumbu kacang untuk membumbui satenya. Sehingga rasanya semakin gurih, asin, dan manis saat pertama masuk mulut.

  • Lokasi: Jalan Dr. Soetomo, Jalan Mayjend DI Panjaitan I No.14, Payaman, Kec. Nganjuk, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur.
  • Jam operasional: 08.00–21.00 WIB.
  • Harga mulai: Rp20.000

Itulah tadi rekomendasi tempat makan Nganjuk yang bisa memanjakan lidahmu dan bikin kenyang. Memilih tempat makan yang nyaman, suasananya menyenangkan, dan luas pasti akan kebutuhan bersantap Sedulur semakin nikmat karena Sedulur tidak perlu terburu-buru mengantri dengan pengunjung lainnya.

Selain kenyamanan, beberapa restoran di atas juga menawarkan makanan yang enak tentunya. Jadi, jangan ragu untuk mampir dan mencobanya. Namun saat Sedulur berwisata kuliner, jangan lupa untuk selalu membawa air mineral ya.

Selain bisa menetralkan rasa masakan, air mineral juga membantu tubuh untuk selalu segar setiap saat. Sedulur bisa mencoba Air Minum Pirlo yang cocok jadi teman untuk berwisata kuliner. Kamu tidak perlu khawatir karena Air Minum Pirlo memiliki kemasan yang praktis dan mudah dibawa kemanapun. Belum lagi, harganya yang terjangkau dan tersedia di toko kelontong serta SuperApp.

SuperApp adalah aplikasi yang membantu kulakan sembako dan barang kebutuhan pokok untuk toko atau kebutuhan sehari-hari di rumah jadi mudah. Kalau kamu tertarik menggunakan SuperApp, bisa cari tahu lebih banyak informasinya lewat media sosial Instagram SuperApp. Selamat mencoba ya!