nasi buwuhan bojonegoro

Sego Buwuhan atau dalam bahasa Indonesia Nasi Buwuhan, merupakan kuliner khas baru bagi warga Bojonegoro. Kata Buwuhan dalam Nasi Buwuhan Bojonegoro sendiri, memiliki arti hajatan. Jadi, bisa dibilang jika hidangan ini sering disajikan saat hajatan di daerah Bojonegoro, terutama daerah pedesaan.

Pada awalnya, mungkin banyak warga Bojonegoro yang tidak tahu jika olahan nasi ini berasal dari daerah mereka. Ya, hal ini karena sebenarnya Nasi Buwuhan ini sering dijumpai di berbagai acara hajatan, baik itu di daerah Jawa Timur dan Jawa Tengah.

Akan tetapi, secara perlahan tapi pasti, Sego Buwuhan menjadi kuliner yang ikonik bagi masyarakat Bojonegoro. Nah, berikut ini informasi secara lanjut mengenai Nasi Buwuhan Bojonegoro!

BACA JUGA: 7+ Tempat Warung Orem Orem Malang Terenak, Dijamin Nagih!

Nasi Buwuhan Bojonegoro

nasi buwuhan bojonegoro
Freepik/Freepik

Bisa dibilang jika Sego Buwuhan ini memiliki tampilan yang sangat sederhana. Hidangan yang satu ini terdiri dari nasi putih hangat, momoh tempe, mie kuning, dan juga sayur nangka muda. Hanya saja, umumnya para penjual Sego Buwuhan memberikan ciri khas tersendiri dalam penyajiannya.

Mereka biasanya menambahkan beberapa lauk tambahan seperti telur balado, ayam bakar, sate telur puyuh, sate daging, udang sambal muda, mangut pe, dan masih banyak lagi yang lainnya. Nasi Buwuhan  Bojonegoro juga semakin dikenal luas setelah menciptakan rekor MURI.

Rekor tersebut untuk kategori hidangan terbanyak dalam event Thengul International Folklore Festival (TIFF) yang diadakan pada tahun 2019 lalu.

BACA JUGA: 10 Rekomendasi Tempat Makan Lontong Kupang di Surabaya

Rekomendasi Warung Nasi Buwuhan Bojonegoro

kuliner mojokerto
Unsplash/Tubagus Topan

Bagi Sedulur yang tertarik untuk mencoba Nasi Buwuhan Bojonegoro, salah satu warung yang direkomendasikan untuk dikunjungi adalah Warung Sicin. Warung yang satu ini, beralamat di Jalan MH Thamrin, Gang Mawar No. 11b, Kauman, Bojonegoro.

Warung tersebut buka setiap hari Selasa sampai Minggu, mulai pukul dari pukul 07.00 WIB hingga 16.00 WIB. Jadi pastikan Sedulur berkunjung di waktu yang tepat, agar nantinya tidak kecewa karena datang selagi warung tutup.

Sejarah Warung Sicin

Warung Sincin sendiri didirikan oleh seorang wirausahawan bernama Puspita Sari pada tahun 2016. Ide bisnis yang satu ini muncul, karena Puspita Sari sering melihat bahwa sego buwuhan hanya bisa dinikmati ketika ada acara pernikahan saja.

Pada saat itu, belum ada yang menjual hidangan ini. Maka dari itu, ia mulai membuka warung sego buwuhan, supaya para pengunjung yang datang bisa menyantap makanan tersebut tanpa perlu menghadiri acara pernikahan terlebih dahulu.

Sensasi Nasi Buwuhan Bojonegoro di Warung Sicin

Warung Sicin hadir dengan konsep prasmanan, sehingga para pengunjung bisa mengambil makanan yang diinginkan sepuasnya. Makanan yang dijual, diletakkan dalam wajan tanah di atas tungku api yang terbuat dari tanah (anglo prasmanan). Jadi, wisata kuliner di sini akan terasa semakin tradisional.

Para pengunjung yang datang ke Warung Sincin, bisa makan sekaligus menyaksikan pemandangan alam dari Sungai Bengawan Solo, yang merupakan sungai paling panjang di Pulau Jawa. Ya, warung ini memang mengusung konsep tempat makan outdoor yang sejuk, karena ada di bawah pepohonan rindang.

Tidak hanya itu, makanan yang ada di Warung Sincin juga disajikan dengan menggunakan alas piring rotan yang diberi daun jati di bagian atasnya. Banyaknya orang yang suka makan dengan alas daun jati, karena dirasa mampu menambah cita rasa dari makanan yang disantap.

Menu yang ada di Warung Sicin

Nah, bagi Sedulur yang tertarik untuk berkunjung ke Warung Sincin, ada baiknya untuk mengetahui menu apa saja yang ada di warung tersebut. Menariknya, warung yang satu ini tidak hanya menyajikan nasi buwuhan saja, namun juga beberapa hidangan yang tidak kalah nikmat, sebagai berikut!

Menu Nasi Buwuhan Bojonegoro

  • Nasi Buwuhan Daging: Rp15.000
  • Nasi Buwuhan Telur: Rp10.000
  • Nasi Buwuhan Ayam Potong: Rp10.000
  • Nasi Buwuhan Kikil: Rp12.000
  • Nasi Buwuhan Oseng Pindang: Rp8.000
  • Nasi Buwuhan Sambel Ale Lele: Rp14.000

Menu Porsi Tunggal

  • Sayur: Rp 7.000
  • Oseng Ikan: Rp10.000
  • Oseng Cumi: Rp15.000
  • Sayur Asem: Rp5.000
  • Sayur Bayam: Rp5.000
  • Sayur Lodeh: Rp6.000
  • Sayur Sop: Rp7.000

Menu Prasmanan

  • Sayur: Mulai dari Rp2000

Oseng bunga turi, oseng jamur, oseng kangkung, oseng selada air, oseng lumbu, oseng daun pepaya, oseng jantung pisang, tewel buwuhan, kacang buwuhan, momoh tempe, dan acar.

  • Oseng Ikan: Mulai dari Rp4.000

Oseng teri, oseng layur, oseng pindang, oseng ikan asin, capcay, serta sambal goreng kentang.

  • Lauk Pauk: Mulai dari Rp2.000

Tahu bali, sate ati ampela, sate usus, telur dadar, sate telur puyuh, cumi, telur bali, sungklir sambal ale, lele sambal ale, ikan pe sambal ale, sate kikil, sate daging, babat goreng, paru goreng, otak sapi udang, empal gapuk, nila goreng, kare ayam, acar nila, kare kapala ayam, dan lain sebagainya.

  • Aneka Nasi: Mulai dari Rp5.000

Nasi putih, nasi tiwul, nasi jagung, nasi putih campur jagung, dan nasi campur.

  • Gorengan: Mulai dari Rp1.000

Tempe goreng, tahu goreng, terong goreng, dan lainnya.

  • Camilan: Mulai dari Rp7.000

Jamur crispy, sosis goreng, tahu crispy, scallop goreng, nugget goreng, kentang goreng dan mix snack.

  • Minuman: Mulai dari Rp4.000

Teh (dingin/panas), jeruk (dingin/panas), es campur, kopi, es podeng, es teler, es cao, es dawet, es degan, es soda gembira, es kopyor, wedang jahe, es leci yakult, wedang uwuh, wedang sereh, wedang fresh, wedang lemon madu, jus jeruk, jus jambu, jus alpukat, jus nanas, dan jus strawberry.

Nah, itulah informasi mengenai Nasi Buwuhan Bojonegoro dan juga rekomendasi warung untuk menikmati hidangan tersebut. Pastikan Sedulur tahu jam operasional serta menu yang tersedia, sebelum memutuskan untuk berkunjung.

Ketika berwisata kuliner, Sedulur jangan lupa untuk selalu membawa air mineral ya. Selain bisa menetralkan rasa masakan, air mineral juga membantu tubuh untuk selalu segar setiap saat. Sedulur bisa mencoba Air Minum Pirlo yang cocok jadi teman untuk berwisata kuliner.

Kamu tidak perlu khawatir karena Air Minum Pirlo memiliki kemasan yang praktis dan mudah dibawa kemanapun. Belum lagi, harganya yang terjangkau dan tersedia di toko kelontong serta SuperApp.

SuperApp adalah aplikasi yang membantu kulakan sembako dan barang kebutuhan pokok untuk toko atau kebutuhan sehari-hari di rumah jadi mudah. Kalau kamu tertarik menggunakan SuperApp, bisa cari tahu lebih banyak informasinya lewat media sosial Instagram SuperApp. Selamat mencoba ya!