soto ayam surabaya

Ada beragam pilihan kuliner yang bisa Sedulur coba saat berkunjung ke Surabaya. Satu di antaranya adalah soto ayam. Umumnya, hidangan soto ayam di Surabaya berasal dari berbagai daerah di Jawa Timur, seperti Lamongan dan Madura. Menariknya ada banyak pilihan warung soto ayam yang bisa Sedulur coba.

Nah, agar tidak bingung, berikut sudah dirangkum rekomendasi soto ayam di Surabaya lengkap dengan ulasan singkatnya.

BACA JUGA: Resep Soto Kediri, Soto Kuah Santan yang Gurih dan Lezat

Rekomendasi Soto Ayam di Surabaya

soto krakasan makanan khas probolinggo
Unsplash/Febrian Zakaria

Bagi sebagian masyarakat Jawa Timur khususnya Surabaya, soto ayam telah menjadi salah satu makanan yang biasa disantap sehari-hari. Tak heran, ada banyak rumah makan yang menyediakan hidangan soto ayam sebagai menu andalannya. Soto ayam di Surabaya sendiri biasanya dibuat dengan bumbu kuah kuning yang gurih serta irisan atau suwiran daging ayam.

Adapun kebanyakan soto di Surabaya merupakan sajian khas Lamongan atau Madura. Di sisi lain, ada juga soto khas Semarang yang bisa Sedulur coba saat tengah berlibur ke Surabaya. Sebagai panduan, berikut ada 8 rekomendasi soto ayam di Surabaya.

1. Soto Ayam Pak Djayus

Rekomendasi pertama ada Soto Ayam Pak Djayus yang sudah berdiri sejak 1984 silam. Rumah makan yang berlokasi di Jalan Manyar Nomor 81, Sukolilo, Surabaya itu terkenal akan hidangan soto dengan daging ayam kampung yang lembut dan gurih.

Selain itu, kuah sotonya juga gurih karena dibuat dari air rebusan ayam dan olahan udang yang menambah cita rasa.

  • Alamat: Jalan Manyar Nomor 81, Sukolilo, Surabaya
  • Jam buka: 06.00 sampai 12.00 WIB

2. Soto Ambengan Pak Sadi

Pilihan soto ayam legendaris berikutnya ada Soto Ambengan Pak Sadi. Warung makan satu ini sudah berdiri sejak 1960-an dan masih menjadi andalan warga lokal maupun wisatawan yang ingin mencicipi soto ayam di Surabaya.

Dalam seporsi soto ayam di warung ini, Sedulur akan mendapatkan suwiran daging ayam, telur, bihun, serta kol yang diguyur dengan kuah kuning yang gurih. Selain itu juga tersedia pilihan lauk seperti ati ampela yang tak kalah menarik untuk dicoba.

Sekadar diketahui, soto Ambengan dipelopori oleh Bapak Hasni Sadi. Mulanya ia berjualan di sebuah jalan bernama Jalan Ambengan di Surabaya. Tanpa disangka, soto dagangannya itu ternyata banyak disukai masyarakat hingga kemudian banyak orang menggunakan nama soto Ambengan untuk menyebut makanan tersebut.

  • Alamat: Jalan Ambengan No.3A, Ketabang, Kec. Genteng, Surabaya, Jawa Timur
  • Jam buka: 07.00 sampai 21.00 WIB

3. Soto Ayam Cak To

Warung Soto Ayam Cak To menyajikan hidangan soto ayam khas Lamongan terdiri atas isian berupa bihun, tauge, serta suwiran daging ayam. Berbagai isian itu kemudian disajikan dengan siraman kuah kaldu yang kental dan dibuat dengan bumbu khas.

Sedulur yang ingin mencoba Soto Ayam Cak To bisa langsung datang ke salah satu cabangnya, yaitu Jalan Undaan Wetan Nomor 10 atau Jalan Gubeng Kertajaya V Raya Nomor 19.

  • Alamat: Jalan Undaan Wetan Nomor 10
  • Jam buka: 06.00 sampai 16.00 WIB

4. Soto Cak Mu’in

soto ayam surabaya
Pixabay/Mao Soria

Berikutnya ada Soto Cak Mu’in yang tidak hanya menawarkan hidangan soto ayam yang lezat tetapi juga suasana tempat makan yang nyaman. Tak heran, tempat ini kerap dipilih sebagai jujugan untuk makan bersama keluarga. Adapun soto ayam di warung ini disajikan dengan isian berupa potongan daging ayam, tauge, serta nasi hangat.

Sedulur yang tertarik mencoba bisa langsung datang ke Jalan Arief Rahman Hakim Blok A1 – 3 Nomor 14 E, Sukolilo, Surabaya. Warung ini buka setiap hari mulai pukul 06.00 WIB hingga 23.45 WIB.

  • Alamat: Jalan Arief Rahman Hakim Blok A1 – 3 Nomor 14 E, Sukolilo, Surabaya
  • Jam buka: 06.00 sampai 12.00 WIB

5. Soto Ayam Lamongan Cak Har

Soto Ayam Lamongan Cak Har bisa menjadi alternatif bagi Sedulur yang ingin menikmati soto ayam di malam atau bahkan dini hari. Pasalnya, warung yang berlokasi di Semolowaru, Sukolilo, Surabaya ini buka setiap hari mulai pukul 06.00 WIB hingga 02.00 WIB dini hari.

Soto ayam lamongan di warung Cak Har sendiri memiliki ciri khas berupa porsinya yang mengenyangkan serta beragam kondimen yang disajikan melimpah. Dalam seporsi soto ayam, Sedulur akan mendapatkan nasi putih hangat, daging ayam, serta guyuran kuah soto yang gurih.

  • Alamat: Jalan Dr. Ir. H. Soekarno No.220, Semolowaru, Kec. Sukolilo, Surabaya, Jawa Timur
  • Jam buka: 06.00 sampai 02.00 WIB

6. Soto Ayam Pak Di

Soto Ayam Pak Di juga masuk dalam jajaran warung soto ayam populer di Surabaya. Apalagi warung makan ini mendapat rating 4,8 di Google yang seolah menjadi bukti dari kualitas cita rasanya. Tak heran tempat tersebut pun selalu ramai oleh pengunjung.

Soto ayam di sini sendiri terkenal dengan cita rasanya yang autentik dan kaya. Bagaimana tidak? Dalam seporsi soto ayam, Sedulur akan menemukan daging ayam yang melimpah, kuah yang kental, dan koya yang gurih.

Tertarik mencoba? Langsung saja meluncur ke warung Soto Ayam Pak Di yang beralamat di Jalan Jagalan, Bongkaran, Kecamatan Pabean Cantikan, Surabaya. Harga seporsi soto ayam di sini dibanderol dengan harga mulai dari Rp 10 ribu.

  • Alamat: Jalan Jagalan, Bongkaran, Kecamatan Pabean Cantikan, Surabaya
  • Jam buka: 06.00 sampai 12.00 WIB

7. Soto Ayam Semarang Pak No

Sedulur juga bisa menemukan soto ayam khas Semarang di Surabaya. Misalnya dengan berkunjung ke warung Soto Ayam Semarang Pak No. Soto ayam di sini disajikan dengan aneka pilihan lauk, termasuk tempe dan telur pindang yang memiliki rasa khas yang membuat hidangan soto tersebut berbeda dengan kebanyakan soto di Surabaya.

Sedulur yang penasaran dengan cita rasa soto ayam khas Semarang bisa langsung berkunjung ke warung Pak No yang berlokasi di Jalan Kenjeran, Gading, Tambaksari, Surabaya.

  • Alamat: Jalan Kenjeran, Gading, Tambaksari, Surabaya.
  • Jam buka: 08.00 sampai 20.00 WIB

8. Soto Sedap Boyolali Hj. Widodo

Rekomendasi yang terakhir adalah Soto Sedap Boyolali Hj. Widodo. Sesuai namanya, warung makan ini menyajikan hidangan soto khas Boyolali, Jawa Tengah. Adapun salah satu ciri khas dari soto khas Boyolali adalah kuahnya yang bening gurih dan isian berupa daging ayam atau sapi.

Selain itu, tersedia juga aneka pilihan lauk termasuk gorengan yang cocok dipilih sebagai pelengkap saat menikmati semangkuk soto Boyolali.

  • Alamat: Jalan Slamet No.31, Ketabang, Kec. Genteng, Surabaya, Jawa Timur
  • Jam buka: 06.00 sampai 21.00 WIB

Itu dia 8 rekomendasi soto ayam yang bisa Sedulur coba di Surabaya. Jangan lupa saat Sedulur berwisata kuliner bawalah selalu air mineral ya. Selain bisa menetralkan rasa masakan, air mineral juga membantu tubuh untuk selalu segar setiap saat.

Sedulur bisa mencoba Air Minum Pirlo yang cocok jadi teman untuk berwisata kuliner. Kamu tidak perlu khawatir karena Air Minum Pirlo memiliki kemasan yang praktis dan mudah dibawa kemanapun. Belum lagi, harganya yang terjangkau dan tersedia di toko kelontong serta SuperApp.

SuperApp adalah aplikasi yang membantu kulakan sembako dan barang kebutuhan pokok untuk toko atau kebutuhan sehari-hari di rumah jadi mudah. Kalau kamu tertarik menggunakan SuperApp, bisa cari tahu lebih banyak informasinya lewat media sosial Instagram SuperApp. Selamat mencoba ya!