nasi madura surabaya

Bagi yang tinggal di Surabaya, mungkin sudah tidak asing dengan yang namanya nasi madura. Ada banyak kedai nasi madura Surabaya yang terkenal. Sesuai namanya, nasi madura merupakan nasi dengan aneka lauk khas dari Madura yang kemudian diberi taburan serundeng dan sambal madura.

Di Surabaya sendiri, cukup mudah untuk menemukan warung nasi madura. Bahkan sering dijadikan sebagai rekomendasi santapan siang bagi para pekerja kantoran. Lauknya pun juga cukup beragam, membuat banyak orang bebas memilih mana yang disukai.

Bagi yang penasaran dan kebetulan sedang berada di Surabaya, berikut ini ada beberapa rekomendasi warung nasi madura Surabaya yang wajib untuk dicoba!

1. Warung Kongdhe

nasi madura surabaya
Unsplash/Faisal

Rekomendasi nasi madura Surabaya yang pertama adalah Warung Kongdhe. Banyak yang menyebut jika warung ini merupakan “hidden gems” karena terletak di dalam gang, sempit, namun tidak pernah sepi oleh pembeli. Ya, namanya Warung Kongdhe, yang buka dengan terpal biru sederhana.

Aneka macam menu tersedia di warung ini, mulai dari nasi krengseng, nasi sop, serta menu utama berupa nasi madura. Pilihan lauknya pun benar-benar lengkap, mulai dari seperti paru, bakwan udang, hingga cumi-cumi. Agar lebih mantap, jangan lupa campur nasi, lauk, dan sambal, lalu makan pakai tangan.

  • Alamat: Jalan Bubutan II, Alun-alun Contong, Kecamatan Bubutan, Kota Surabaya, Jawa Timur
  • Jam Operasional: Senin – Sabtu, pukul 07.00 – 15.00 WIB

2. Nasi Madura Bu Ja’

Mungkin nama dari Nasi Madura Bu Ja belum setenar warung khas madura di lain yang ada di Surabaya. Akan tetapi, tidak sedikit orang, terlebih para pelanggan setianya, yang tetap mau blusukan masuk ke dalam gang sempit demi seporsi nasi madura yang pedas dengan lauk yang lengkap.

Nasi Madura Bu Ja’ ini memiliki dua lokasi, yang pertama berada di Jalan Panggung Gang 2 Nomor 9. Sementara yang satunya lagi, beralamat di Jalan Kalimati Kulon Nomor 18. Bagi Sedulur yang ingin makan nasi madura dengan lauk enak dan murah, maka di sini tempat yang paling tepat.

  • Alamat: Jalan Panggung Gang 2 Nomor 9, Kota Surabaya, Jawa Timur
  • Jam operasional: Setiap hari, pukul 05.00 – 15.00 WIB

BACA JUGA: 12 Rekomendasi Kuliner Kekinian Pasar Tunjungan, Wajib Coba!

3. Nasi Madura Bu Hamina

ayam bakar ungkep
Pexels/Mufid Majnun

Nasi madura memang terkenal dengan lauknya yang ‘jahat’, namun enak dan membuat gagal diet. Nah, salah satu warung nasi madura yang wajib untuk dicoba adalah milik Bu Hamina ini. Saking populernya, warung ini mulai banyak pelanggan yang antre walaupun baru buka.

Lauk yang nikmat seperti paru, babat, udang, dan cumi hitam pastinya tersedia di sini. Ditambah lagi dengan serundeng bertekstur sedikit basah dan sambal garam, tentu saja membuat siapa saja ingin kembali lagi ke warung ini. Jadi jangan lupa untuk mampir ketika berada di Surabaya, ya!

  • Alamat: Jalan Pegirian Nomor 122-118, Sidodadi, Kecamatan Simokerto, Kota Surabaya, Jawa Timur
  • Jam operasional: Setiap hari, pukul 07.00 – 17.00 WIB

4. Sego Meduro Suramadu

Sego Meduro Suramadu Bu Ana mungkin dapat menjadi rekomendasi makan siang yang lezat dan mengenyangkan. Porsi nasinya memang tidak terlalu banyak, namun justru lauknya yang akan sangat memuaskan. Seperti umumnya, menu yang ditawarkan berupa cumi, babat, udang, ikan, dan lain-lain. 

Namun jika lagi bosan dengan lauk-pauk tersebut, Sedulur dapat memilih ayam goreng rempah atau telur balado. Tentu saja tidak kalah enak! Menariknya lagi, di sini Sedulur bisa tambah sambal yang banyak diminati oleh para pengunjung. Jadi pastikan untuk memesan sambal tersebut ketika berkunjung.

  • Lokasi: Jalan Demak Nomor 304, RT.001/RW.04, Jepara, Kecamatan Bubutan, Kota Surabaya, Jawa Timur
  • Jam operasional: Setiap hari, pukul 06.00 – 17.00 WIB

5. Nasi Madura Bu MOA

Bukan berupa restoran yang mewah, Nasi Madura Bu Moa yang telah berjalan hingga tiga generasi ini justru buka sederhana di Pasar Pabean. Walau selalu ramai, warung nasi madura Surabaya yang satu ini tidak membuka cabang, dan hanya memilih menjadi salah satu ciri khas dari Pasar Pabean.

Selayaknya warung di pasar, walau harganya murah, rasanya tidak mengecewakan. Pilihan lauknya mungkin tidak sebanyak yang lainnya, tapi warung makan ini tetap memiliki beberapa lauk khas seperti bandeng, babat, dan telur goreng. Yang bikin istimewa, yaitu peyek udang serta sambal pencit khas Madura yang lezat.

  • Alamat: Ketapang Gang VI, Nomor 4, Surabaya, Jawa Timur
  • Jam operasional: Setiap hari, pukul 06.00 – 13.00 WIB

6. Dapur Bu Dewi (Spesial Nasi Madura)

nasi madura surabaya
Unsplash/Hazim Abd Halim

Rekomendasi nasi madura Surabaya yang terakhir adalah Dapur Bu Dewi (Spesial Nasi Madura). Warung yang satu ini memiliki area yang cukup luas dan dapat untuk parkir mobil, lho! Nah, Dapur Bu Dewi sendiri menyediakan nasi madura berisi nasi, paru, empal, babat, sambal mangga, mi kuning, serta udang.

Selain itu, Dapur Bu Dewi juga menyediakan beberapa menu lain yang tidak kalah menarik, seperti nasi tongkol, nasi empal, nasi cumi hitam, nasi babat, nasi ayam rempah, nasi udang, dan lain sebagainya. Jadi jika sedang bosan dengan nasi madura, bisa memilih menu yang lainnya.

  • Alamat: Jalan Wiyung Brantas Permai II No.65, Wiyung, Kecamatan Wiyung, Surabaya, Jawa Timur
  • Jam operasional: Setiap hari, pukul 07.00 – 19.00 WIB

Mungkin hanya warung nasi madura Surabaya yang bisa direkomendasikan pada kesempatan kali ini. Semua tempat tersebut menawarkan pengalaman kuliner nasi madura yang otentik dengan cita rasa khas ala Madura yang lezat dan tentu saja menggugah selera.

Ketika berwisata kuliner, Sedulur jangan lupa untuk selalu membawa air mineral ya. Selain bisa menetralkan rasa masakan, air mineral juga membantu tubuh untuk selalu segar setiap saat. Sedulur bisa mencoba Air Minum Pirlo yang cocok jadi teman untuk berwisata kuliner.

Kamu tidak perlu khawatir karena Air Minum Pirlo memiliki kemasan yang praktis dan mudah dibawa kemanapun. Belum lagi, harganya yang terjangkau dan tersedia di toko kelontong serta SuperApp.

SuperApp adalah aplikasi yang membantu kulakan sembako dan barang kebutuhan pokok untuk toko atau kebutuhan sehari-hari di rumah jadi mudah. Kalau kamu tertarik menggunakan SuperApp, bisa cari tahu lebih banyak informasinya lewat media sosial Instagram SuperApp. Selamat mencoba ya!