rumah makan jombang

Mendekati musim libur panjang, banyak orang yang menjadikan Jombang sebagai destinasi untuk mengisi waktu liburannya. Tidak hanya dikenal dengan berbagai wisata religi, kota yang dijuluki sebagai Kota Santri ini juga mempunyai banyak restoran. Tentu saja, banyaknya rumah makan Jombang tersebut siap dijadikan tempat untuk mengisi perut ketika lapar.

Mulai dari restoran legendaris hingga yang bertemakan kekinian, bisa Sedulur temui di sini. Untuk itu, langsung saja berikut ini beberapa rumah makan Jombang yang wajib untuk Sedulur kunjungi ketika berlibur di wilayah Jombang dan sekitarnya!

BACA JUGA: 9 Restoran di Jember Terbaik dan Wajib Dikunjungi

1. Rasaloka

rumah makan jombang
Pexels/Elevate

Di urutan pertama ada Rasaloka, restoran semi cafe dengan konsep kekinian yang cocok dikunjungi oleh Sedulur yang suka berfoto ria. Bangunan dari rumah makan ini memiliki warna dominan putih dan tosca dengan beragam hiasan warna coklat yang membuatnya terlihat sempurna.

Rasaloka menyediakan 2 lantai, dimana bagian atasnya menyajikan suasana yang lebih tenang. Kendati demikian, hampir seluruh sudut dari resto ini sangat cocok dijadikan sebagai spot foto. Di samping itu, ada banyak menu menarik yang ditawarkan, mulai dari makanan ringan sampai makan berat.

Menu utama yang dihadirkan di sini adalah nasi goreng iga spesial lengkap dengan selada, acar, dan juga kerupuk. Sedangkan untuk minumannya, tersedia aneka minuman seperti kopi, the, dan jus.

  • Alamat: Jl. Adityawarman No. 45a, Kepanjen, Jombang
  • Jam buka: 11.00 WIB – 21.00 WIB
  • Harga: Mulai dari Rp 10.000

2. Oba Japanese

Rumah makan Jombang yang satu ini hadir dengan beragam menu makanan khas ala Jepang. Di antaranya seperti yakitori, edamame, donburi, sushi, dan lain sebagainya. Ya, Oba Japanese memiliki lokasi yang menjadi satu dengan UFO Elektronik.

Suasana yang tersaji benar-benar nyaman dengan tempat yang bersih. Bisa dibilang bangunan dari resto ini mengusung konsep ala Negeri Sakura yang khas. Walaupun begitu, citarasa makanan yang ada di sini telah disesuaikan dengan lidah dan selera masyarakat lokal.

Sedulur juga tidak perlu khawatir karena harga yang dibanderol untuk setiap menunya terbilang cukup terjangkau bila dibandingkan dengan restoran Jepang lainnya.

  • Alamat: Jl. Panglima Sudirman No. 98 – 135, Pulo Lor, Jombang
  • Jam buka: 09.00 WIB – 21.00 WIB
  • Harga: Mulai dari Rp 10.000

3. Rumah Makan Henny

Rumah Makan Henny dikenal sebagai salah satu restoran legendaris yang ada di Jombang. Tidak hanya citarasa makanannya yang enak, harga yang terjangkau lengkap dengan berbagai fasilitas pendukung juga menjadi faktor kenapa restoran ini selalu ramai dikunjungi.

Contoh dari fasilitas yang dimaksud seperti area parkir kendaraan yang luas serta ruangan ber-AC yang juga luas. Ya, hal itu membuat restoran ini seringkali dijadikan sebagai tempat untuk mengadakan berbagai acara penting, rapat, dan lain sebagainya.

Dari sekian banyak menu yang tersedia, yang paling direkomendasikan di sini adalah sop buntutnya. Namun selain itu, Sedulur juga bisa memilih olahan daging sapi dan ayam lainnya.

  • Alamat: Jl. Gatot Subroto No. 46, Jelakombo, Jombang
  • Jam buka: 08.00 WIB – 21.30 WIB
  • Harga: Mulai dari Rp 5.000

4. Tivoly Resto

Sedulur sedang mencari restoran yang menyediakan menu steak paling enak di Jombang? Langsung saja kunjungi Tivoly Resto. Di sini, Sedulur bisa memesan berbagai pilihan steak yang lezat, seperti dutch steak, chicken steak, tongue steak, dan masih banyak lagi.

Selain steak, ada pula beberapa menu khas Indonesia seperti nasi goreng, sate, mie ayam, dan lain-lain. Menariknya lagi, Tivoly Resto juga menawarkan menu ice cream berbagai rasa yang wajib untuk dicoba. Pokoknya jangan sampai lupa memesan ice cream di sini!

Sementara itu, restoran ini juga mempunyai bangunan yang terbilang cukup unik. Untuk area outdoor-nya, terdapat pepohonan yang rindang dan lampu kerlap-kerlip saat malam hari.

  • Alamat: Jl. KH Wahid Hasyim No. 190, Jombatan, Jombang
  • Jam buka: 11.00 WIB – 20.00 WIB
  • Harga: Mulai dari Rp 5.000

5. Rumah Makan Sari

Rumah Makan Sari sering dijadikan sebagai salah satu rujukan ketika ingin berwisata kuliner di Jombang. Restoran yang sudah berdiri selama puluhan tahun ini, dikenal selalu mempertahankan citarasanya sampai saat ini.

Selain itu, layout dari tempat duduk yang ada di lokasinya dari dulu sampai sekarang juga selalu sama. Berada di tengah pusat kota, restoran yang satu ini tidak pernah sepi dikunjungi oleh masyarakat lokal maupun wisatawan dari luar kota.

Untuk menu best seller yang ada di restoran ini adalah ayam goreng. Ayamnya benar-benar empuk dengan rasa yang gurih, terlebih jika ditambah dengan sambal yang nikmat dan pedas.

  • Alamat: Jl. KH. Wahid Hasyim No. 158, Jombang
  • Jam buka: 08.00 WIB – 21.00 WIB
  • Harga: Mulai dari Rp 4.000

BACA JUGA: 8 Tempat Makan di Lamongan yang Lezat dan Mengenyangkan

6. Warung Apung Rahmawati

rumah makan jombang
Pexels/Chanwalrus

Mungkin Sedulur sudah tidak asing dengan rumah makan yang satu ini. Ya, Warung Apung Rahmawati memang punya banyak cabang di wilayah Jawa Timur, termasuk di Jombang. Restoran ini mempunyai paket menu yang bervariasi. Ada paket rombongan, paket tumpeng, dan tentu saja satuan.

Dengan tagline “Ayam Bakar Terdahsyat!”, Warung Apung Rahmawati berhasil menarik perhatian dari para pengunjung, terutama bagi mereka yang suka dengan olahan ayam bakar. Menu ayam bakar yang ada di sini memang memiliki citarasa yang istimewa.

Dijamin, Sedulur tidak akan bisa menemukan citarasa ayam bakar senikmat yang ada di Warung Apung Rahmawati ini.

  • Alamat: Jl. KH. Wahid Hasyim No. 23 – 35, Jombang
  • Jam buka: 11.00 WIB – 20.00 WIB
  • Harga: Mulai dari Rp 30.000

7. Dapur Dewi Kahyangan

Sesuai dengan namanya, rumah makan Jombang ini memiliki setting seperti negeri di atas awan. Terdapat banyak tempat lesehan yang ditata di atas kolam, membuat para pengunjung merasa betah untuk berlama-lama di tempat makan ini.

Tidak hanya itu, restoran ini juga dilengkapi dengan meja dan kursi berhiaskan ala rumah adat. Ada pula lampu kerlap-kerlip yang membuat restoran ini menjadi spot yang cocok untuk mengambil foto. Menu yang tersedia juga sangat lengkap, mulai dari olahan ayam, seafood, nasi goreng, dan lain sebagainya.

Namun menu andalan yang ada di restoran ini yaitu gurami bakar serta es beras kencur. Pastikan untuk memesan kedua menu tersebut ketika Sedulur berkunjung.

  • Alamat: Jl. Dokter Sutomo No. 33, Jombatan, Jombang
  • Jam buka: 08.30 WIB – 21.00 WIB
  • Harga: Mulai dari Rp 10.000

8. Rawon Rosobo

Selain memiliki konsep yang menarik, rumah makan Jombang satu ini menyediakan tempat yang cukup luas. Dengan begitu, sangat cocok dijadikan opsi bagi Sedulur yang ingin mengadakan acara besar bersama teman-teman atau keluarga.

Menu yang ada di rumah makan Rawon Rosobo ini pun cukup beragam. Sedulur bisa menemukan beragam pilihan masakan ala Nusantara seperti nasi rames, rawon, bakso, ayam goreng, sayur asem, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Namun dari beberapa menu yang tersedia, menu rawon adalah yang paling enak. Tidak heran, jika tempat makan ini bernama Rawon Rosobo.

  • Alamat: Jl Raya Mojoagung No.191, Mojoagung, Kademangan, Jombang
  • Jam buka: 06.30 WIB – 22.00 WIB
  • Harga: Mulai dari Rp25.000

9. Depot Nikmat

Depot Nikmat menjadi salah satu rumah makan Jombang yang Sedulur pilih berikutnya. Rumah makan ini tentu saja menghadirkan berbagai macam menu yang dapat dipilih sesuai dengan selera. Di antaranya seperti soto Madura, semur lidah, ayam, rendang, dan lain sebagainya.

Perlu untuk diketahui, bahwa Depot Nikmat sendiri telah berdiri sejak tahun 1987 silam. Dan sampai saat ini, rumah makan tersebut selalu menjadi andalan bagi para pengunjung, baik itu dari dalam maupun luar kota.

  • Alamat: Jl. Cemp. No.17, Weru, Mojongapit, Kec. Jombang, Kabupaten Jombang
  • Jam buka: 05.30 WIB – 16.30 WIB
  • Harga: Mulai dari Rp16.000

10. Nasi Kikil Bu Tandur

kuliner malam sidoarjo
Unsplash/Bralro

Rekomendasi yang terakhir adalah Nasi Kikil Bu Tandur. Keistimewaan nasi kikil yang ada di sini, terletak pada pengolahannya yang benar-benar dilakukan secara teliti, sehingga menghasilkan tekstur yang empuk serta rempah yang dapat meresap dengan sempurna.

Selain bumbu rempah rahasia yang digunakan, penambahan santan serta perpaduan dengan beragam pilihan lauk yang lain adalah kunci kenikmatan dari hidangan ini. Citarasa yang dihasilkan akan terasa semakin istimewa, berkat penyajiannya yang dilakukan di atas daun pisang segar.

  • Alamat: Jl. KH. Hasyim Asy’ari No. 144, Jombang
  • Jam buka: 15.00 WIB – 23.00 WIB
  • Harga: Mulai dari Rp16.000

Salah satu kabupaten yang ada di Jawa Timur ini memang dikenal dengan kekayaan kuliner yang beragam dan memikat. Banyaknya rumah makan Jombang yang mencerminkan berbagai pilihan kuliner yang dapat dinikmati oleh penduduk setempat maupun pengunjung.

Namun saat Sedulur berwisata kuliner, jangan lupa untuk selalu membawa air mineral ya. Selain bisa menetralkan rasa masakan, air mineral juga membantu tubuh untuk selalu segar setiap saat. Sedulur bisa mencoba Air Minum Pirlo yang cocok jadi teman untuk berwisata kuliner.

Kamu tidak perlu khawatir karena Air Minum Pirlo memiliki kemasan yang praktis dan mudah dibawa kemanapun. Belum lagi, harganya yang terjangkau dan tersedia di toko kelontong serta SuperApp.

SuperApp adalah aplikasi yang membantu kulakan sembako dan barang kebutuhan pokok untuk toko atau kebutuhan sehari-hari di rumah jadi mudah. Kalau kamu tertarik menggunakan SuperApp, bisa cari tahu lebih banyak informasinya lewat media sosial Instagram SuperApp. Selamat mencoba ya!