rumah makan jember

Berwisata kuliner telah menjadi salah satu agenda yang banyak digemari saat berkunjung ke suatu daerah. Pasalnya, hampir setiap daerah memiliki kuliner khas yang lezat dan jarang dijumpai di daerah lain. Seperti halnya dengan Jember, Jawa Timur yang juga memiliki banyak rekomendasi rumah makan Jember yang menarik untuk dikunjungi.

Namun, agar bisa menemukan tempat terbaik untuk bisa merasakan kelezatan kuliner khas Jember. Tentunya Sedulur membutuhkan panduan yang tepat. Berikut sudah dirangkum beberapa rekomendasi rumah makan di Jember yang cocok menjadi pilihan destinasi wisata kuliner untuk Sedulur. Simak sampai habis, ya!

BACA JUGA: Pecel Gudeg Khas Jember, Sajian Legendaris yang Wajib Dicoba

Rekomendasi Rumah Makan Di Jember

Ada banyak rekomendasi rumah makan di Jember yang bisa memanjakan lidah Sedulur dengan beraneka menu makanan lezat. Tak sedikit pula rumah makan yang terbilang legendaris lantaran sudah ada sejak puluhan tahun silam dan berhasil mempertahankan cita rasanya hingga kini.

Berikut deretan rekomendasi rumah makan di Jember yang bisa Sedulur coba.

1. Gudeg dan Pecel Lumintu

oleh-oleh khas jogja
Unsplash/Inna Safa

Rekomendasi rumah makan yang pertama adalah Gudeg dan Pecel Lumintu. Restoran ini bisa dibilang cukup legendaris karena sudah ada sejak tahun 1980-an. Tak heran, rumah makan ini menjadi salah satu tujuan wisata kuliner favorit di Jember.

Sesuai dengan namanya, rumah makan Gudeg dan Pecel Lumintu menyediakan menu andalan berupa gudeg dan pecel dengan cita rasa otentik. Tak hanya itu, Sedulur juga bisa mencicipi menu lain seperti nasi campur yang tak kalah lezatnya.

Rumah makan Gudeg dan Pecel Lumintu sendiri beralamat di Jalan Kertanegara No. 33, Jember Kidul, Kaliwates, Jember. Rumah makan ini buka setiap hari Minggu sampai Jumat (Sabtu tutup) mulai pukul 06.00 hingga 14.00 WIB. Adapun Sedulur bisa menikmati beraneka menu di rumah makan ini dengan harga mulai dari Rp 15 ribu sampai Rp 50 ribuan.

2. Mie Pangsit Rama

Rekomendasi rumah makan legendaris di Jember yang selanjutnya adalah Mie Pangsit Rama atau juga biasa dikenal sebagai Pangsit Mie Rama. Rumah makan ini disebut sudah berdiri sejak tahun 1969, lo. Sesuai namanya, rumah makan ini menawarkan sajian berupa hidangan mie pangsit yang terkenal kenyal dan dilengkapi dengan daging cincang yang lezat.

Tertarik untuk mencoba? Sedulur bisa langsung datang ke Mie Pangsit Rama yang berlokasi di Jalan Diponegoro Nomor 26 Tembaan, Kepatihan, Kaliwates Jember. Rumah makan ini buka setiap hari mulai pukul 15.00 sampai 21.00 WIB.

3. Restoran Sari Utama

Selanjutnya ada Restoran Sari Utama yang juga terbilang legendaris dan cukup terkenal di Jember. Rumah makan yang sudah berdiri sejak tahun 1990-an ini menyajikan berbagai menu ala chinese food, mulai dari sup, sapo tahu, gurame, hingga bistik sapi.

Sedulur yang tertarik untuk berwisata kuliner ke Restoran Sari Utama bisa langsung datang ke Jalan Gajah Mada Nomor 27, Jember Kidul, Kaliwates, Jember.

4. Restoran Ikan Goreng Cianjur Jember

Restoran Ikan Goreng Cianjur Jember juga bisa jadi pilihan kuliner menarik saat berkunjung ke Jember, Jawa Timur. Restoran ini menyajikan sejumlah menu andalan terutama olahan gurame, mulai dari gurame goreng, sate gurame, hingga sop ikan. Selain itu ada juga terong balado dan sayur asem yang bisa memanjakan lidah Sedulur dan keluarga.

Adapun restoran Ikan Goreng Cianjur Jember terletak di Perumahan Argopuro Boulevard AB 25-31, Kaliwates, Jember. Restoran ini buka setiap hari mulai pukul 11.00 sampai dengan 22.00 WIB.

5. Legian Restaurant

Sedulur penggemar olahan seafood wajib berkunjung ke rumah makan satu ini. Adalah Legian Restaurant, rumah makan yang menawarkan aneka olahan seafood dengan harga terjangkau namun memiliki kualitas rasa yang tak perlu diragukan lagi.

Di sini, Sedulur bisa menemukan aneka olahan hasil laut, mulai dari cumi-cumi hingga kepiting. Selain itu ada juga gurame, ikan kakap, iga bakar, serta cap cay. Berbagai menu tersebut bisa Sedulur nikmati dengan harga mulai dari Rp15 ribu sampai Rp150 ribuan saja.

Tertarik mencoba? Sedulur bisa langsung datang ke Jalan Gajah Mada Nomor 78, Jember Kidul, Kaliwates, Jember. Rumah makan ini buka setiap hari mulai pukul 12.00 sampai dengan 21.00 WIB.

BACA JUGA: 25+ Makanan Khas Surabaya yang Wajib Dicoba, Bikin Nagih!

6. Restoran Taman Mangli Indah

Menu omah tepi sawah bojonegoro
Unsplash/Louis Hansel

Pilihan rumah makan untuk bersantap bersama keluarga sekaligus berwisata kuliner adalah Taman Mangli Indah. Di sini Sedulur dapat menemukan beragam pilihan menu, mulai dari olahan ikan, sop buntut, hingga aneka seafood.

Tak hanya menawarkan hidangan lezat dan menggugah selera, Restoran Taman Mangli Indah juga memiliki daya tarik berupa lokasinya yang luas dan pemandangan indah termasuk taman dan kolam ikan. Selain itu tersedia juga area bermain yang menarik untuk anak.

Restoran ini berada di Jalan Hayam Wuruk Nomor 183, Karang Miuwo, Mangli, Kaliwates, Jember. 

7. Rumah Makan Lestari Jember

Rumah Makan Lestari yang terletak di Patrang, Jember juga masuk dalam jajaran restoran favorit yang sayang untuk dilewatkan. Selain menawarkan berbagai menu hidangan yang lezat, restoran ini juga terletak di lokasi yang strategis. Tak heran, restoran ini pun kerap menjadi langganan warga Jember maupun para wisatawan.

Adapun Rumah Makan Lestari Jember terletak di Jalan RA Kartini Nomor 14-16, Jember Lor, Patrang, Jember. Restoran ini buka mulai pukul 10.00 sampai dengan 21.00 WIB setiap hari.

8. Semeru Cafe dan Resto

Rekomendasi selanjutnya ada Semeru Cafe dan Resto yang menawarkan hidangan lezat sekaligus pemandangan indah. Tak heran, rumah makan satu ini menjadi langganan tempat nongkrong sembari menikmati pemandangan dan udara sejuk.

Adapun Semeru Cafe dan Resto berlokasi di Gang Lembah Permai Nomor 9-109 Tegal Boto Kidul, Sumbersari, Jember. Sedulur bisa menikmati beragam hidangan mulai dari mie goreng, nasi goreng, hingga aneka olahan seafood dengan harga terjangkau.

9. Resto Papuma

rumah makan jember
Pexels/Icon0

Masih menyajikan hidangan laut, Resto Papuma bisa menjadi pilihan destinasi wisata kuliner Sedulur saat berkunjung ke Jember. Adapun nama Papuma sendiri disebut berasal dari nama destinasi wisata pantai yang populer di daerah tersebut.

Di Resto Papuma, Sedulur bisa mencicipi aneka hidangan, di antaranya adalah olahan gurame, bandeng bakar, hingga ayam goreng tulang lunak yang gurih nan menggugah selera. Sedulur yang penasaran dengan cita rasa hidangan di Resto Papuma bisa langsung meluncur ke Jalan Sentot Prawirodirdjo Nomo 44A, Telengsah, Jember Kidul, Kaliwates.

Itu dia 9 rekomendasi rumah makan di Jember yang bisa menjadi pilihan wisata kuliner untuk Sedulur. Sedulur tertarik untuk berkunjung ke mana dulu, nih?

Namun saat Sedulur berwisata kuliner, jangan lupa untuk selalu membawa air mineral ya. Selain bisa menetralkan rasa masakan, air mineral juga membantu tubuh untuk selalu segar setiap saat. Sedulur bisa mencoba Air Minum Pirlo yang cocok jadi teman untuk berwisata kuliner.

Pirlo

Kamu tidak perlu khawatir karena Air Minum Pirlo memiliki kemasan yang praktis dan mudah dibawa kemanapun. Belum lagi, harganya yang terjangkau dan tersedia di toko kelontong serta SuperApp.

SuperApp adalah aplikasi yang membantu kulakan sembako dan barang kebutuhan pokok untuk toko atau kebutuhan sehari-hari di rumah jadi mudah. Kalau kamu tertarik menggunakan SuperApp, bisa cari tahu lebih banyak informasinya lewat media sosial Instagram SuperApp. Selamat mencoba ya!