rumah makan blitar

Berkunjung ke suatu daerah rasanya kurang pas jika tidak mencicipi kuliner khasnya. Selain mencoba kuliner tradisional asli daerah tersebut, berwisata kuliner dengan mencicipi hidangan di rumah makan legendaris setempat juga bisa menjadi pilihan Sedulur.

Pasalnya, rumah makan apalagi yang telah berdiri selama bertahun-tahun biasanya menyimpan kisah yang tak terpisahkan dari daerah tersebut. Seperti misalnya beberapa rumah makan di Blitar, Jawa Timur yang bisa menjadi pilihan target wisata kuliner saat Sedulur berkunjung ke sana.

Lantas, rumah makan dan hidangan apa saja yang bisa Sedulur temukan di Blitar? Berikut sudah dirangkum informasi selengkapnya.

BACA JUGA: 10+ Tempat Makan Soto di Surabaya Paling Legendaris, Catat!

Rekomendasi Rumah Makan di Blitar

Sama seperti daerah lainnya, Blitar juga menyimpan kisah yang menarik untuk dikulik, salah satunya lewat keberagaman kuliner khasnya. Tak hanya itu, Blitar rupanya juga memiliki sejumlah rumah makan legendaris yang ikut menjadi saksi perjalanan daerah tersebut.

Sementara itu, berikut ada 8 rekomendasi rumah makan bagi Sedulur yang ingin berwisata kuliner atau sekadar makan bersama keluarga saat berkunjung ke Blitar.

1. Rumah Makan Bu Mamik

rumah makan blitar
Pexels/Catscoming

Rekomendasi pertama ada Rumah Makan Bu Mamik atau juga dikenal sebagai Ayam Bakar Bu Mamik. Rumah makan ini terkenal akan hidangan ayam bakar yang diberi bumbu rempah-rempah sehingga memiliki cita rasa khas, mulai dari kunyit, ketumbar, hingga jahe.

Tak hanya itu, rumah makan ini juga menyediakan menu lain seperti bandeng goreng krispi dan ayam lodho. Selain terkenal akan kelezatan hidangannya, Rumah Makan Bu Mamik juga memiliki ciri khas pada bangunan bernuansa Jawa yang sebagian besar terbuat dari bahan kayu serta berbentuk joglo.

Nah, Sedulur yang penasaran dengan tempat kuliner satu ini bisa langsung meluncur ke Jalan Kalimantan 11 A, Sananwetan, Blitar.

2. Sambel Bawang Cobek Mbok Djilah Blitar

Selanjutnya ada rumah makan Sambel Bawang Cobek Mbok Djilah Blitar yang akan memanjakan lidah para penggemar sambal. Pasalnya rumah makan ini memiliki sajian sambal yang terkenal akan cita rasa khas dan terbuat dari berbagai bahan pilihan.

Selain itu, rumah makan ini juga menawarkan berbagai hidangan khas Jawa Timur dengan cita rasa yang autentik dan pastinya akan menggoyang lidah Sedulur. Daya tarik lain dari rumah makan ini juga terletak pada harganya yang terjangkau namun menyajikan porsi yang besar.

Harga per porsi hidangan di sini dibanderol dengan harga mulai dari Rp 12 ribu hingga Rp 55 ribuan saja. Tertarik mencoba? Sambel Bawang Cobek Mbok Djilah Blitar buka 24 jam dan berlokasi di Jalan WR Supratman Nomor 73, Bendogerit, Sananwetan, Blitar.

3. Rumah Makan Joglo

Rumah makan dengan beraneka hidangan lezat dan nuansa khas Jawa juga dimiliki oleh Rumah Makan Joglo yang berada di Jalan Maluku Nomor 59, Karangtengah, Kanigoro, Blitar. Sesuai namanya, rumah makan ini memiliki keunikan berupa arsitektur Jawa berupa bangunan joglo yang elegan dan kental akan nuansa tradisional Jawa.

Selain menawarkan keindahan arsitektur Jawa, rumah makan ini juga memiliki beragam menu yang dijamin akan memanjakan lidah Sedulur. Sedulur bisa menemukan beraneka hidangan mulai dari ayam bumbu rujak, ayam lodho, hingga kalkun rica. 

4. Es Mini 2

Selanjutnya ada rumah makan Es Mini 2 yang tidak hanya menawarkan beraneka hidangan utama yang lezat nan autentik, tetapi juga beragam minuman dingin yang manis dan menyegarkan.

Sedulur bisa mencoba Es Gula Asem, Es Teler, hingga Es Rumput Laut yang segar dan pastinya akan membantu melepaskan dahaga setelah seharian mengelilingi Kota Blitar. Sementara untuk hidangan utamanya, Sedulur bisa mencoba nasi bumbu rujak ayam, nasi campur, nasi soto, ataupun nasi rawon.

Sedulur yang ingin kulineran di Es Mini 2 bisa langsung meluncur ke Jalan Dr Wahidin Nomor 14 A Kepanjen Lor, Kepanjen Kidul, Blitar. Rumah makan ini buk setiap hari mulai pukul 09.00 sampai 21.00 WIB.

BACA JUGA: 13 Warung Rujak Soto di Banyuwangi, Jangan Dilewatkan!

5. Soto Bok Ireng

rumah makan lamongan
Freepik/Freepik

Sedulur penggemar soto tidak boleh melewatkan rumah makan satu ini. Soto Bok Ireng telah lama dikenal sebagai salah satu ikon kuliner paling populer di Blitar dan sudah berdiri sejak 31 tahun silam. Rumah makan ini terutama terkenal akan hidangan soto dengan kuah yang kaya akan rempah-rempah.

Hal ini membuatnya memiliki cita rasa yang khas dan kuat. Selain itu, ada juga irisan daging ayam dan daging sapi yang lembut serta kenyal. Warung Soto Bok Ireng berlokasi di Jalan Kelud, Kepanjen Lor, Kepanjen Kidul, Blitar. Warung ini buka setiap hari mulai pukul 07.00 hingga 14.00 WIB. Adapun menu soto di sini dibanderol dengan harga Rp 25 ribu per porsi.

6. President Lesehan 1

Sedulur yang mencari rekomendasi rumah makan untuk santap siang atau santap malam bersama keluarga bisa mencoba President Lesehan 1. Rumah makan ini menyediakan berbagai menu olahan seafood, ayam, serta ikan yang dibanderol dengan harga terjangkau, yakni mulai dari Rp 14 ribu hingga Rp 35 ribuan saja.

Selain itu ada juga berbagai menu sayuran seperti cap jay, cah kangkung, serta cah sawi yang bisa dipilih sebagai pelengkap. Sementara itu terkait lokasinya, rumah makan President Lesehan I beralamat di Jalan Dr Wahidin Nomor 1, Sentul, Kepanjen Kidul, Blitar. Rumah makan ini buka dari pukul 10.00 sampai 21.00 WIB.

7. Waroeng Mak Nya Mblitar

Berikutnya ada Waroeng Mak Nya Mblitar, destinasi wisata kuliner yang akan memanjakan lidah untuk setiap selera. Bukan tanpa alasan, rumah makan ini menyajikan menu yang beragam mulai dari makanan tradisional Jawa sampai hidangan modern.

Tak hanya menawarkan aneka menu lezat, rumah makan ini juga identik dengan suasana nyaman yang cocok untuk menemani agenda makan bersama keluarga. Selain itu, harga yang dipatok untuk setiap menu juga terhitung cukup terjangkau sehingga Sedulur tidak perlu khawatir akan menguras kantong.

Tertarik untuk kulineran di Waroeng Mak Nya Mblitar yang berlokasi di Jalan Ir Soekarno Nomor 184, Sananwetan, Blitar.

8. Kuning Kitchen and Cafe

rumah makan blitar
Pexels/Fox

Rekomendasi berikutnya cocok untuk Sedulur yang mencari destinasi kuliner unik di tengah kota Blitar. Sesuai namanya, Kuning Kitchen and Cafe menawarkan pengalaman kuliner modern dengan beraneka menu pilihan yang lezat.

Tempat ini juga cocok untuk Sedulur yang sekadar ingin menghabiskan waktu dengan bersantai atau nongkrong bersama keluarga, teman, atau pasangan. Nah, Kuning Kitchen and Cafe bisa Sedulur temukan di Jalan S Supriadu Nomor 16, Bendogerit, Sananwetan, Blitar.

Itu dia 8 rekomendasi rumah makan yang bisa menjadi pilihan destinasi wisata kuliner di Blitar. Namun saat Sedulur berwisata kuliner, jangan lupa untuk selalu membawa air mineral ya. Selain bisa menetralkan rasa masakan, air mineral juga membantu tubuh untuk selalu segar setiap saat.

Sedulur bisa mencoba Air Minum Pirlo yang cocok jadi teman untuk berwisata kuliner. Kamu tidak perlu khawatir karena Air Minum Pirlo memiliki kemasan yang praktis dan mudah dibawa kemanapun. Belum lagi, harganya yang terjangkau dan tersedia di toko kelontong serta SuperApp.

SuperApp adalah aplikasi yang membantu kulakan sembako dan barang kebutuhan pokok untuk toko atau kebutuhan sehari-hari di rumah jadi mudah. Kalau kamu tertarik menggunakan SuperApp, bisa cari tahu lebih banyak informasinya lewat media sosial Instagram SuperApp. Selamat mencoba ya!