makanan surabaya makanan khas banyuwangi

Ketika berbicara kuliner Jawa Timur, rujak cingur Surabaya menjadi salah satu yang wajib Sedulur coba. Hidangan yang memadukan kesegaran buah, legitnya petis, dan gurihnya gorengan memang memberikan sensasi yang istimewa.

Tak hanya itu saja, untuk Sedulur yang menyukai daging sapi, hidangan ini juga memiliki cingur yang mempunya rasa khas. Untuk bisa menemukan tempat makan rujak cingur Surabaya memang tidak sulit, tapi ada beberapa rekomendasi terbaik yang wajib Sedulur cicipi.

Penasaran dimana saja tempat rujak cingur Surabaya yang lezat nampol? Simak berikut ini ya!

BACA JUGA: 15 Kuliner Lumajang Terfavorit yang Wajib Dicoba

1. Rujak Cingur Genteng Durasim

olahan tahu dan telur
Unsplash/Aveedibya Dey

Rekomendasi pertama pastilah Rujak Cingur Genteng Durasim. Tempat makan rujak cingur ini bisa dibilang yang paling legendaris karena sudah berdiri sejak tahun 1943. Sedulur bisa menyantap sayuran, cingur, irisan nanas, mangga, tempe, dan tahu yang berbalut saus berbumbu petis.

Paling berkesan adalah penggunaan cobek tua yang sudah digunakan sejak awal tempat makan ini berdiri.

  • Alamat: Jalan Genteng Durasim No.29, Genteng, Kecamatan Genteng, Kota Surabaya, Jawa Timur.

2. Rujak Cingur Ahmad Jais

Kalau tempat makan Rujak Cingur Ahmad Jais ini sih sering dijadikan rujukan para selebriti dan pejabat yang berkunjung ke Surabaya. Harganya memang cukup mahal, tapi warungnya nggak pernah sepi pengunjung.

Soal legendaris, di sini juga lumayan tua yang konon sudah berjualan sejak 1970 an. Satu porsi rujak cingur terdiri dari sayuran, cingur, nanas, mangga, timun, tahu tempe, dan kedondong yang disiram kuah petis kental.

  • Alamat: Jalan Achmad Jais No.40, Peneleh, Surabaya, Jawa Timur.

3. Rujak Cingur Delta Kayon

Di daerah Kayoon Surabaya, terdapat tempat makan Rujak Cingur Delta yang olahannya wajib Sedulur coba. Lokasinya yang di pusat kota tentu sangat mudah kan untuk dikunjungi. Porsinya di sini cukup besar apalagi bisa menambah campuran mie kuning di dalamnya biar makin mantap.

Siraman kuah petisnya nikmat berpadu dengan tauge, kangkung, tempe, tahu, cingur, hingga kikil.

  • Alamat: Jalan Kayon Nomor 46D, Embong Kemiri, Embong Kaliasin, Genteng, Surabaya, Jawa Timur.

4. Rujak Cingur TVRI

Pilihan tempat makan rujak cingur enak selanjutnya yang harus dicoba adalah Rujak Cingur Cak No. Tempat makan ini juga dikenal sebagai rujak cingur TVRI karena lokasinya yang berada di depan kantor Televisi Republik Indonesia cabang Surabaya tersebut.

Seporsi berisi potongan cingur yang melimpah dan empuk, timun, kangkung, tahu, tempe, serta lontong. Cak No juga melayani rujak cingur porsi besar untuk acara dan hajatan lho.

  • Alamat: Jalan Raya Dukuh Kupang Nomor 214, Dukuh Pakis, Surabaya, Jawa Timur.

5. Rujak Cingur Joko Dolog

Berlokasi di daerah Taman Apsari, tempat makan ini dikenal sebagai Rujak Cingur Joko Dolog. Kalau Sedulur ingin makan rujak cingur sampai kenyang, harus nih cobain di sini. Hal itu karena porsi di tempat makan ini cukup besar dan ngenyangin lho.

Potongan tempe, tahu, serta cingurnya juga besar-besar dan banyak. Bumbu petisnya pun sangat lumer menggoda.

  • Alamat: Jalan Taman Apsari, Embong Kaliasin, Genteng, Surabaya, Jawa Timur.

BACA JUGA: 10 Cafe 24 Jam di Malang, Spot Nongkrong sampai Nugas Terbaik!

6. Rujak Cingur Bu Nur Aini Sedati

makanan surabaya makanan khas banyuwangi
Unsplash/Wherda Arsianto

Lokasi tempat makan Rujak Cingur Bu Aini ini ada di Jalan Raya Sedati dekat dengan Bandara Juanda. Ciri khas di sini adalah bumbu petisnya yang kental dan beraroma harum sehingga membedakannya dengan rujak cingur lain.

Bahkan bisa pilih petisnya sendiri lho mau yang petis hitam Surabaya ataupun petis Madura yang agak cokelat kemerahan. Jangan lupa juga ada tambahan bawang putih goreng crunchy dan gurih.

  • Alamat: Jalan Raya Sedati Gede Nomor 66, Bono, Sedati Gede, Sedati, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur.

7. Rujak Cingur dan Gado-Gado Bu Mariyati

Selanjutnya pilihan rujak cingur yang enak di Surabaya ada di Jalan Jolotundo, namanya Warung Rujak Cingur & Gado-Gado Bu Mariyati. Dahulu tempatnya masih berupa warung tenda, tapi saat ini sudah punya tempat tersendiri yang pastinya bikin makin nyaman menyantapnya.

Porsinya cukup banyak mengenyangkan, apalagi kalau ditambah lontong. Nah, selain rujak cingur, Sedulur bisa pesan gado-gadonya yang nggak kalah enak.

  • Alamat: Jalan Jolotundo No.55, Pacar Keling, Kecamatan Tambaksari, Kota Surabaya, Jawa Timur.

8. Rujak Cingur BBM

Destinasi bersantap rujak cingur enak selanjutnya adalah Rujak Cingur BBM. Tempat makan milik bu Soekma ini sudah buka sejak 1995 dan tetap eksis dikunjungi pelanggannya hingga saat ini.

Ada tiga macam penyajian yang terdiri dari rujak cingur mentahan berisi buah dan sayur mentah, matengan berisi sayuran rebus, serta campur yang berisi semuanya. nggak cuman rujak cingur saja, di sini juga menyediakan nasi pecel, gado-gado, rujak manis, dan kolak.

  • Alamat: Jalan Tenggilis Timur VII HH Nomor 1, Tenggilis Mejoyo, Kota Surabaya, Jawa Timur.

9. Rujak Cingur Bu Nasir Plampitan

Selain Rujak Cingur Joko Dolog, Kecamatan Genteng juga memiliki warung rujak cingur lainnya yang tak kalah lezat dan laris. Adalah Rujak Cingur Bu Nasir Plampitan XII. Dengan harga yang terjangkau Sedulur bisa menikmati rujak cingur penuh lezat.

  • Alamat:  Jl Achmad Jais, No 86, Peneleh, Kecamatan Genteng, Surabaya, Jawa Timur.

10. Rujak Cingur Arjuno Pak Satumin

Dirintis sejak tahun 1970 an, Gado-Gado Pak Satumin ini jadi warung makan gado-gado paling legendaris di Surabaya. Tempat makan ini lebih dikenal sebagai Gado-Gado Arjuno karena lokasinya yang berada di Jalan Arjuno. Tapi nggak cuman ada menu gado-gado enak saja, di sini juga sedia rujak cingur yang enak.

  • Alamat: Jalan Arjuno No. 127, Sawahan, Surabaya, Jawa Timur.

BACA JUGA: 11 Rekomendasi Kuliner Pamekasan yang Dijamin Enak

11. Warung Cak No

tahu tek surabaya
Unsplash/Caroline Attwood

Tempat makan yang dekat dengan kantor TVRI ini menyediakan rujak cingur dengan bumbu petis yang kental dan legit. Seporsi rujak cingur berisikan potongan cingur yang empuk, mentimun, kangkung, tahu, tempa, dan lontong.

Agar terasa lebih nikmat, maka kita bisa menambahkan berbagai jenis kerupuk. Ada kerupuk putih, udang, hingga emping. Kalau penasaran ingin mencoba kelezatan rujak cingur di sini, kita bisa berkunjung setiap hari pukul 11.30 sampai 17.00 WIB.

  • Alamat: Jalan Raya Dukuh Kupang Nomor 214, Dukuh Pakis, Kecamatan Dukuh pakis, Surabaya, Jawa Timur.

12. Rujak Cingur Rokayah

Satu warung rujak cingur lagi yang tak boleh luput dari perhatian Anda adalah Rujak Cingur Ibu Rokayah. Di warung yang satu ini, Anda akan disuguhkan dua pilihan rujak cingur, yaitu matengan dan campur (dengan buah).

Jika memilih rujak cingur matengan, Anda akan disuguhkan racikan menu berbahan dasar bumbu petis, lontong nasi, tahu dan tempe goreng, serta kangkung dan tauge rebus. Sedangkan rujak cingur campur disuguhkan bersama irisan nanas, mangga muda, timun, dan bengkuang.

  • Alamat: Jalan Embong Gayam, Surabaya, Jawa Timur.

Demikian tadi rekomendasi spot makan rujak cingur Surabaya terbaik. Sedulur bisa mencoba rekomendasi di atas saat berada di Surabaya. Jangan lupa saat Sedulur berwisata kuliner bawalah selalu air mineral ya. Selain bisa menetralkan rasa masakan, air mineral juga membantu tubuh untuk selalu segar setiap saat.

Sedulur bisa mencoba Air Minum Pirlo yang cocok jadi teman untuk berwisata kuliner. Kamu tidak perlu khawatir karena Air Minum Pirlo memiliki kemasan yang praktis dan mudah dibawa kemanapun. Belum lagi, harganya yang terjangkau dan tersedia di toko kelontong serta SuperApp.

SuperApp adalah aplikasi yang membantu kulakan sembako dan barang kebutuhan pokok untuk toko atau kebutuhan sehari-hari di rumah jadi mudah. Kalau kamu tertarik menggunakan SuperApp, bisa cari tahu lebih banyak informasinya lewat media sosial Instagram SuperApp. Selamat mencoba ya!