Nasi goreng anglo kediri

Ketika Sedulur berkunjung ke Kediri, maka salah satu kuliner wajib yang tidak boleh dilewatkan adalah nasi goreng anglo. Hidangan ini mungkin terdengar biasa, namun percayalah ketika Sedulur mencobanya maka akan merasakan sensasi rasa yang luar biasa.

Dalam ulasan kali ini, akan dibahas tentang apa saja keunikan nasi goreng anglo serta spot terbaik untuk mencobanya saat berada di Kediri. Penasaran seperti apa penjelasannya? Mari langsung Sedulur simak bersama ya!

BACA JUGA: 12 Rekomendasi Rumah Makan Kediri, Cocok untuk Keluarga!

Mengenal Nasi Goreng Anglo

Nasi goreng surabaya nasi goreng anglo
Pexels/Ricky Esquivel

Budaya Tiongkok memang terasa cukup kental di Kediri alhasil berpengaruh besar pada ragam kulinernya. Hal ini dibuktikan dengan munculnya nasi goreng anglo yang kini jadi salah satu ikon kuliner Kediri.

Perbedaan nasi goreng Tiongkok dan anglo juga cukup jelas. Dimana nasi goreng Tiongkok biasanya berwarna agak merah muda dengan lauk sayuran, daging babi, dan udang atau nasi goreng dengan saus khusus. 

Sementara itu, nasi goreng anglo yang cukup mirip dengan nasi goreng jawa biasanya dibumbui dengan sambal ulek berisi bawang, terasi, dan dimasak dengan kayu atau anglo. Selain itu, sering juga ditambahkan telur goreng, kerupuk, kubis dan timun sebagai isiannya.

Makanan ini lantas berkembang pesat karena masyarakat Indonesia menjadikan nasi sebagai makanan pokok. Namun, budaya makan nasi goreng anglo di Kediri hanya terjadi di malam hari saja. Dimana para penjualnya baru akan memulai membuka warung ketika jam 5 sore.

Citarasa dan Keunikannya

Penggunaan anglo atau tungku ada proses memasak nasi goreng di Kediri memang jadi cirikhas. Tak hanya membuat tampilan memasaknya lebih unik, anglo juga membuat hidangan ini memiliki citarasa dan roma khas.

Dimana Sedulur bisa merasakan aroma arang kayu pada nasi goreng anglo. Selain itu, rasanya juga cenderung gurih karena nasi goreng ini tidak menggunakan saus tomat. Sementara tingkat kepedasannya bisa disesuaikan sesuai dengan selera.

BACA JUGA: Sate Emprit, Kuliner Unik dari Kota Kediri

Rekomendasi Nasi Goreng Anglo di Kediri

Nasi goreng anglo kediri
Unsplash/Jay Nlper

Setelah mengetahui serba serbi seputar nasi goreng anglo asli Kediri. Kali ini, kami akan memberikan beberapa rekomendasi nasi goreng anglo terenak yang bisa Sedulur coba. Berikut ini beberapa diantaranya.

1. Nasi Goreng Pak Temon

Nasi Goreng Pak Temon adalah salah satu dari sekian banyak penjual nasi goreng anglo terbaik di Kediri. Warungnya selalu rame dan Sedulur harus datang secepat mungkin untuk menghindari antrian yang mengular.

Keunikan saat Sedulur mencoba menu nasi goreng di sini adalah aksi dari Pak Temon memasak. Dimana Pak Temon akan meracik bumbu nasi goreng anglo dan menu masakan lainnya secara langsung di depan pembeli.

  • Alamat: Jalan Singosari No.26a, Dandangan, Kecamatan Kota, Kabupaten Kediri.
  • Harga mulai dari Rp15 ribu sampai Rp25 ribu
  • Jam buka: 17.00 WIB sampai 23.00 WIB

2. Nasi Goreng Bram

Salah satu spot nasi goreng anglo paling terkenal di Kediri adalah Nasi Goreng Bram. Sedulur bisa dengan mudah menemukan tempat makan ini ketika berada di pusat kota. Menu spesialnya adalah nasi goreng anglo, nasi mawut, dan krengsengan ayam.

Untuk harga nasi goreng, Sedulur hanya perlu mengeluarkan Rp12 ribu per pors. Sementara menu krengsengan ayamnya dibanderol dengan harga Rp20 ribu per porsi.

  • Alamat: Kios Lapangan Dandangan No. 18, Jalan Singosari Kelurahan Dandangan, Kota Kediri.
  • Harga mulai dari Rp12 ribu sampai Rp20 ribu
  • Jam buka: 17.00 WIB sampai 23.00 WIB

3. Nasi Goreng Mbah Man

Nasi Goreng Mbah Man tidak jauh dari kawasan stasiun, cocok untuk Sedulur yang baru saja tiba di Kediri menggunakan kereta api. Meskipun porsinya tidak terlalu banyak, namun saat mencicipi hidangan ini Sedulur akan merasa puas karena rasanya yang gurih. Belum lagi bumbu dari nasi goreng ini begitu medhok sehingga terasa menempel di lidah dengan sempurna.

  • Alamat: Jalan Stasiun No.16, Balowerti, Kecamatan Kota, Kabupaten Kediri, Jawa Timur
  • Harga mulai Rp13 ribu sampai Rp25 ribu
  • Jam buka: 17.00 WIB sampai 23.00 WIB

4. Sop Masak Pak Ali

Tidak jauh dari Nasi Goreng Pak Temon berdiri warung Sop Masak Pak Ali Kediri yang menjual menu nasi goreng anglo.Nasi goreng anglo di Sop Masak Pak Ali Kediri juga tidak kalah enaknya.

Menu lain juga lezat, cobalah mie goreng, mie rebus, sop goreng, sop ayam, sop masak, hingga krengsengan. Menemukan tempat ini cukup mudah, bahkan kamu bisa berangkat dari Simpang Lima Gumul yang ikonik itu.

  • Alamat: Jalan Sersan Kko Harun, Dandangan, Kecamatan Kota Kediri, Jawa Timur.
  • Harga mulai Rp13 ribu sampai Rp25 ribu
  • Jam buka: 17.00 WIB sampai 23.00 WIB

5. Nasi Goreng Pak Pendek

Berada di jalan utama yang menghubungkan Blitar dan Kediri, Warung Pak Pendek bisa dipilih sebagai tempat istirahat sekalian kulineran nikmat. Menunya ada nasi goreng anglo hingga mie goreng dengan porsi banyak. Untuk rasa khas yang ditawarkan, Sedulur cukup mengeluarkan beberapa puluh ribu rupiah, pokoknya sebanding dengan kepuasan yang Sedulur dapatkan.

  • Alamat: Jalan Kapten Piere Tendean No.16, Tosaren, Pesantren, Kota Kediri, Jawa Timur.
  • Harga mulai Rp12 ribu sampai Rp25 ribu
  • Jam buka: 17.00 WIB sampai 23.00 WIB

Demikian tadi beberapa rekomendasi nasi goreng anglo khas Kediri yang begitu legendaris. Kalau Sedulur berkunjung ke Kota Kretek, maka tidak boleh melewatkan hidangan ini ya.

Oia, ketika berwisata kuliner, Sedulur juga jangan lupa untuk selalu membawa air mineral ya. Selain bisa menetralkan rasa masakan, air mineral juga membantu tubuh untuk selalu segar setiap saat. Sedulur bisa mencoba Air Minum Pirlo yang cocok jadi teman untuk berwisata kuliner.

Kamu tidak perlu khawatir karena Air Minum Pirlo memiliki kemasan yang praktis dan mudah dibawa kemanapun. Belum lagi, harganya yang terjangkau dan tersedia di toko kelontong serta SuperApp.

SuperApp adalah aplikasi yang membantu kulakan sembako dan barang kebutuhan pokok untuk toko atau kebutuhan sehari-hari di rumah jadi mudah. Kalau kamu tertarik menggunakan SuperApp, bisa cari tahu lebih banyak informasinya lewat media sosial Instagram SuperApp. Selamat mencoba ya!