nasi flambe bojonegoro

Mencicipi kuliner khas telah menjadi salah satu agenda wajib saat berkunjung ke suatu daerah. Seperti halnya bagi Sedulur yang berkunjung ke Bojonegoro, tak ada salahnya menyempatkan waktu untuk mencicipi salah satu kuliner khasnya, yakni nasi flambe.

Apa itu nasi flambe serta bagaimana rasanya? Daripada penasaran, yuk, langsung simak rangkuman informasinya berikut ini.

BACA JUGA: 8 Restoran Terbaik di Madiun, Nyaman dan Luas

Apa itu Nasi Flambe?

nasi flambe bojonegoro
Unsplash/Hery Agus

Nasi flambe merupakan salah satu hidangan khas Bojonegoro, Jawa Timur yang belakangan tengah populer. Apa itu nasi flambe? Nasi flambe sebenarnya merupakan hidangan sejenis nasi rames, yaitu nasi yang disajikan dengan berbagai jenis lauk-pauk.

Umumnya, lauk-pauk yang disajikan berupa telur orak-arik, suwiran ayam bakar, udang goreng tepung, serta lalapan seperti timun dan daun pelangi. Selain itu, ada juga sambal terasi yang menjadi ciri khas dari hidangan nasi flambe khas Bojonegoro.

Keunikan Nasi Flambe Khas Bojonegoro

Sekilas, penambahan sambal terasi dalam hidangan nasi flambe mungkin terlihat biasa saja. Namun jika menilik cara pembuatan hingga rasanya, sambal terasi dalam hidangan ini rupanya menyimpan kisah tersendiri yang sekaligus menjadi ciri khas dari nasi flambe.

Bagaimana tidak? Sambal terasi dalam nasi flambe dibuat menggunakan teknik memasak khusus ala Prancis, yaitu ‘flambe’. Diketahui, flambe adalah teknik memasak menggunakan api besar sehingga menghasilkan rasa smoky atau seperti berasap pada masakan.

Api besar pada teknik flambe sendiri mulanya dihasilkan menggunakan minuman beralkohol. Akan tetapi, masyarakat Bojonegoro menggunakan cara tersendiri untuk membuat api besar, yaitu menggunakan minyak.

Selain itu, penggunaan teknik flambe pada hidangan kuliner khas Bojonegoro ini membuat sambal terasi yang dihasilkan memiliki cita rasa lebih segar, pedas, sekaligus harum dengan sensasi smoky yang khas.

BACA JUGA: Warung Ikan Bakar Semriwing, Tempat Kuliner Lezat Bojonegoro

Rekomendasi Tempat Makan Nasi Flambe

Salah satu rekomendasi rumah makan yang menyajikan hidangan nasi flambe adalah Warung Dumi. Rumah makan milik Jeffry Kurniawan ini sudah berdiri sejak tahun 2012. Sementara itu, menu nasi flambe sendiri mulai dijual sejak 2014 lalu dan menjadi salah satu menu andalan di rumah makan tersebut.

Selain menyajikan hidangan nasi flambe yang lezat, Warung Dumi juga bisa menjadi rekomendasi rumah makan dengan lokasi strategis lantaran dekat dengan Stasiun Bojonegoro. Tak hanya itu, warung ini juga menjual menu nasi flambe dengan harga terjangkau, yakni mulai dari Rp 15 ribuan saja.

  • Alamat: Jalan Rajawali Pojok Nomor 94, Bojonegoro
  • Rumah makan ini buka setiap hari mulai pukul 11.00 sampai dengan 20.00 WIB

Trivia: Kuliner Khas Bojonegoro Lainnya

Selain nasi flambe, Bojonegoro masih memiliki beraneka hidangan khas lainnya. Aneka ragam hidangan ini juga bisa menjadi pilihan untuk Sedulur berwisata kuliner di sana. Apa saja, ya, hidangan khas Bojonegoro? Berikut rangkumannya.

  • Ledre. Jajanan tradisional yang terbuat dari tepung ini memiliki cita rasa gurih dan tekstur yang renyah.
  • Ikan wader. Sesuai namanya, makanan ini terbuat dari ikan wader alias ikan kecil yang biasa hidup di sungai. Biasanya wader diolah menjadi lauk pelengkap dan cocok disantap bersama nasi hangat.
  • Peyek bayam. Camilan satu ini banyak diburu sebagai oleh-oleh saat berwisata ke Bojonegoro.
  • Balung kuwuk. Camilan dari bahan dasar ketela ini memiliki tekstur renyah cenderung keras serta bercita rasa gurih.

Itu dia nasi flambe khas Bojonegoro yang punya cita rasa unik namun dijamin akan menggoyang lidah Sedulur. Tertarik mencoba? Namun, sebelum mencicipi kelezatan nasi flambe sebaiknya Sedulur juga mempersiapkan minuman yang segar berburu kuliner.

Sedulur bisa mencoba Air Minum Pirlo yang cocok jadi teman untuk berwisata kuliner. Kamu tidak perlu khawatir karena Air Minum Pirlo memiliki kemasan yang praktis dan mudah dibawa kemanapun. Belum lagi, harganya yang terjangkau dan tersedia di toko kelontong serta SuperApp.

Air Mineral Pirlo

SuperApp adalah aplikasi yang membantu kulakan sembako dan barang kebutuhan pokok untuk toko atau kebutuhan sehari-hari di rumah jadi mudah. Kalau kamu tertarik menggunakan SuperApp, bisa cari tahu lebih banyak informasinya lewat media sosial Instagram SuperApp. Selamat mencoba ya!