Berkuliner menjadi kegiatan yang wajib dilakukan saat berkunjung ke suatu daerah. Hal ini juga yang perlu Sedulur lakukan saat tiba di Jombang. Kota kecil di Jawa Timur ini menyimpan banyak sekali makanan khas Jombang yang terkenal lezat.

Walaupun memiliki kemiripan dengan beberapa makanan dari Surabaya, Malang dan Lamongan. Kuliner Jombang tetap hadir dengan keunikannya sendiri. Lalu apa saja sih makanan khas Jombang yang wajib dicoba agar lidah bisa bergoyang? Simak berikut ini ya!

BACA JUGA: Legendaris! 8 Wisata Kuliner khas Malang Yang Bikin Perut Kenyang

Rekomendasi Makanan Khas Jombang

Ada beragam makanan khas yang bisa Sedulur cicipi saat berkunjung ke Jombang, Jawa Timur. Mulai dari sego sadukan yang disajikan bersama beraneka lauk, nasi kikil yang kabarnya disukai Presiden Indonesia ke-4, yaitu Abdurrahman Wahid alias Gus Dur, hingga es degan durian yang manis dan segar.

Sebagai panduan bagi Sedulur yang ingin berwisata kuliner di Jombang, berikut sudah dirangkum 14 makanan khas Jombang lengkap dengan ulasan singkatnya.

1. Sego Sadukan

ayam bakar ungkep
Pexels/Mufid Majnun

Kuliner khas Jombang yang pertama adalah sego sadukan. Makanan satu ini berbentuk seperti nasi bungkus dengan isian yang lengkap. Beberapa lauk pauk yang biasanya disajikan dari sego sadukan adalah tahu, tempe, mie goreng, dan sambal.

Makanan ini cukup sederhana dan porsinya tidak terlalu besar. Biasanya sego sadukan menjadi makanan untuk sarapan. Untuk harga, makanan khas Jombang ini cukup murah meriah lho Sedulur.

2. Nasi Kikil

Olahan kikil banyak sekali menjadi kuliner khas nusantara. Namun, di Jombang juga terdapat makanan khas yang menggunakan bahan ini juga. Nasi kikil, kurang lebih begitu orang menyebutnya.

Salah satu ciri khas makanan ini adalah bumbu kikil yang dimasak menggunakan santan sehingga semakin gurih. Nasi kikil juga disajikan dengan berbagai macam lauk dan sayur seperti lodeh, tempe, dan tahu.

Salah satu fakta paling menarik dari nasi kikil khas Jombang yaitu sosok yang menyukainya. Karena tak hanya orang biasa saja, tapi mantan Presiden Indonesia ke-4, Abdurrahman Wahid atau Gus Dur juga sangat menyukai nasi kikil.

  • Lokasi : Jalan KH. Hasyim Asy’ari No. 144, Jombang
  • Jam Buka : 15.00 – 23.00 WIB

3. Rawon Rosobo

Rawon menjadi kuliner khas Jawa Timur yang sangat mudah dijumpai, termasuk saat berkunjung ke Jombang. Namun, ada sebuah rawon bernama rawon rosobo yang menjadi makanan khas Jombang karena keunikan porsinya.

Jika rawon pada umumnya menyajikan daging yang dipotong dadu, maka rawon rosobo memiliki tampilan jauh berbeda. Dagingnya dipotong besar dan lebar seperti empal, tapi tetap empuk dan mudah digigit. Hal ini yang membuat banyak orang ketagihan mencoba rawon rosobo.

  • Lokasi: Jl. Raya Mojoagung, Jombang
  • Jam buka: 05.30 – 21.30 WIB

4. Ayam Panggang Urap

Makanan khas Jombang selanjutnya adalah ayam panggang urap. Warungnya ada di sekitar Simpang Tiga Jombang dan selalu terlihat ramai dikunjungi wisatawan. Keunikan makanan ini adalah teknik memasak dan hasil ayam panggannya yang empuk.

Sedulur juga bisa merasakan kedalaman rasa pada daging ayam karena penggunaan bumbu rempah yang memang dimasak dengan begitu baik. Alhasil, daging menjadi lebih gurih dan harum.

  • Lokasi: Jl. Cempaka No. 17A, Simpang Tiga, Jombang
  • Jam buka: 08.00 – 21.00 WIB

5. Sate Ringin Contong

Jombang ternyata juga memiliki kuliner sate yang terkenal lezat dan enak lho. Menggunakan bahan utama daging kambing, kuliner legendaris ini dikenal dengan nama sate ringin contong.

Harga makanan khas Jombang ini pun murah meriah, karena untuk satu porsi Sedulur hanya perlu membayar Rp 12 ribu saja. Salah satu yang tidak boleh dilewatkan saat mencoba sate ringin adalah bumbu kacangnya yang gurih mantap.

BACA JUGA: Resep Omurice, Nasi Goreng Omelet dari Jepang Enak & Mudah

6. Sop Buntut Bakar

Unsplash/Nathan Dumlao

Jika membicarakan tentang sop buntut, maka kesegarah kuah dan gurihnya daging sapi biasanya terngiang di ingatan. Namun, makanan khas Jombang dengan olahan sop buntut memiliki cara penyajian yang berbeda.

Sop buntut khas Jombang disajikan dengan cara dibakar sebelum disajikan dengan kuah kaldu yang segar. Efek bakaran ini juga membuat rasa sop buntut semakin nikmat dan unik.

7. Ketan Merdeka

Letak Jombang yang tak jauh dari Malang ternyata juga berdampak pada khasanah kulinernya. Jika di Malang ada Pos Ketan, maka di Jombang ada Ketan Merdeka. Makanan khas Jombang ini masuk dalam kategori cemilan ringan karena porsinya yang tidak begitu besar.

Selain itu, ada banyak dua jenis yang digunakan yaitu ketan hitam dan putih. Tak lupa parutan kelapa dan bubuk kedelai juga membuat makanan ini semakin lezat di lidah.

8. Onde Kacang Merah

Kalau Sedulur mencari makanan khas Jombang yang bisa dijadikan oleh-oleh, maka cobalah onde kacang merah. Makanan yang juga sering disebut onde-onde ini merupakan salah satu kuliner khas Jombang yang terkenal enak dan tahan lama.

9. Tahu Pong Gloria

Cari cemilan yang simpel dan Jombang banget? Maka bisa mencoba gurihnya tahu pong Gloria yang ada banyak dijual di sekitar pasar tradisional Jombang. Selain itu, Sedulur juga bisa menemukan tahu susu khas Jombang yang terkenal garing di luar namun lembut di dalam.

Untuk sekotak besar tahu pong, biasanya Sedulur cukup membelinya dengan harga Rp 40 ribu. Sementara untuk harga tahu susu khas Jombang biasanya dibanderol dengan harga Rp 20 ribuan.

10. Jenang Kupas

Selanjutnya ada jajanan manis khas Jombang. Kalau di daerah lain diberi nama dodol, di daerah Jombang makanan ini bernama kue jenang kupas. Karakter rasa kue jenang kupas adalah legit karena dibuat dari campuran kelapa, tepung terigu dan gula pasir.

BACA JUGA: Mengenal Takaran Dalam Resep Masakan Secara Lengkap

11. Es Degan Durian

Minuman khas Surabaya
Unsplash/Bady Abbas

Tak hanya makanannya saja yang enak, minuman khas Jombang juga harus Sedulur coba. Minuman ini hasil percampuran antara es degan atau kelapa muda dengan durian. Mungkin terlihat sangat aneh, tapi jika Sedulur mencobanya pasti ketagihan.

Minuman ini memiliki rasa yang manis dan legit. Selain itu, campuran lain seperti alpukat dan nata de coco membuat minuman es degan durian menjadi sangat menyegarkan.

  • Lokasi: Jalan Gus Dur, depan Stadion Merdeka Jombang
  • Jam Buka : 08.00 – 17.00 WIB

12. Nasi Bali Daging

Rekomendasi makanan khas Jombang yang selanjutnya adalah nasi bali daging. Sesuai namanya, hidangan ini hadir berupa nasi dengan lauk daging yang diberi bumbu rempah-rempah pilihan. Hal itu membuatnya memiliki cita rasa yang khas dan menggugah selera.

Tak heran, makanan ini cukup populer di kalangan masyarakat setempat maupun wisatawan. Adapun daging yang biasa digunakan pada hidangan ini adalah sanding lamur atau bagian bawah sapi.

13. Pecel Pincuk Bu Djiah

Selama ini, Sedulur mungkin lebih familiar dengan pecel sebagai makanan khas Madiun. Kendati begitu, hidangan pecel sebenarnya bisa Sedulur temukan di berbagai daerah, termasuk Jombang.

Pecel khas Jombang sendiri disebut memiliki ciri khas pada bumbu kacangnya, yakni memiliki tekstur lebih halus dan rasa yang dominan manis. Sementara untuk bahan-bahannya, pecel Jombang juga berisi aneka sayuran segar seperti kemangi, kecambah, dan kembang daun pepaya.

Selain itu pecel biasa disajikan bersama aneka lauk yang dapat menambah nutrisi, di antaranya adalah olahan udang, daging sapi, dan telur dadar.

Bagi Sedulur yang tertarik mencoba pecel khas Jombang, ada satu warung yang cukup populer dan banyak direkomendasikan. Warung tersebut adalah Pecel Pincuk Bu Djiah yang terletak di Jalan Wahid Hasyim 9A, Jombang. Warung ini biasa buka mulai pukul 07.00 sampai dengan 22.00 WIB.

14. Donat Kampung Utami

merek glaze yang enak
Unsplash/Lore Schodts

Sedulur penggemar donat wajib mencoba donat khas Jombang ini. Meski donat bukan merupakan makanan khas Jombang dan bisa ditemukan di banyak daerah, ternyata ada satu toko di Jombang yang telah lama dikenal dengan hidangan yaitu Donat Kampung Utami.

Toko roti spesialis donat ini terletak di Jalan KH Wahid Hasyim Nomor 3, Candi Mulyo, Jombang. Donat di sini terkenal dengan ciri khas pada proses pembuatannya yang semula hanya menggunakan peralatan sederhana. Meski begitu, donat ini disebut sudah berhasil dijual hingga ke mancanegara.

Ciri khas lain dari donat di Donat Kampung Utami juga terletak pada teksturnya yang lembut dan memiliki banyak varian rasa. Selain itu, donat di sini juga dibanderol dengan harga yang sangat terjangkau, yakni hanya Rp 5 ribu per bijinya.

Tak heran, donat ini menjadi salah satu kuliner yang banyak diburu wisatawan, baik untuk dinikmati saat berwisata di Jombang maupun dibeli sebagai oleh-oleh.

Indonesia memang terkenal dengan kekayaan kulinernya, hampir setiap daerah pasti memiliki menu yang tidak dimiliki daerah lain. Begitu juga dengan makanan khas Jombang yang memiliki cita rasa lezat dan unik. Jadi jangan lupa mencicipi makanan di atas jika datang ke Jombang ya.

Namun saat Sedulur berwisata kuliner, jangan lupa untuk selalu membawa air mineral ya. Selain bisa menetralkan rasa masakan, air mineral juga membantu tubuh untuk selalu segar setiap saat. Sedulur bisa mencoba Air Minum Pirlo yang cocok jadi teman untuk berwisata kuliner.

Kamu tidak perlu khawatir karena Air Minum Pirlo memiliki kemasan yang praktis dan mudah dibawa kemanapun. Belum lagi, harganya yang terjangkau dan tersedia di toko kelontong serta SuperApp.

SuperApp adalah aplikasi yang membantu kulakan sembako dan barang kebutuhan pokok untuk toko atau kebutuhan sehari-hari di rumah jadi mudah. Kalau kamu tertarik menggunakan SuperApp, bisa cari tahu lebih banyak informasinya lewat media sosial Instagram SuperApp. Selamat mencoba ya!