7 Tempat Makan Lontong Kupang Ternikmat di Sidoarjo

Ketika berkunjung ke Sidoarjo, Sedulur akan menemukan sebuah makanan khas bernama lontong kupang. Walaupun namanya mirip seperti kota di NTT, akan tetapi lontong kupang Sidoarjo sendiri sebenarnya tidak ada kaitannya dengan kota tersebut.

Yang dimaksud dengan kupang di sini, adalah hewan laut semacam kerang yang memiliki ukuran kecil. Kupang ini banyak ditemukan di pesisir pantai Sidoarjo, dan sering diolah menjadi berbagai jenis santapan yang lezat, termasuk dengan lontong kupang.

Sesuai dengan namanya, lontong kupang berisikan potongan lontong dan taburan daging kupang yang disiram dengan kuah khas. Penasaran dengan kelezatan lontong kupang Sidoarjo? Jangan lupa untuk mampir ke beberapa warung berikut ini saat berkunjung ke Sidoarjo!

BACA JUGA: 12 Kedai Rujak Cingur Surabaya Terbaik yang Sudah Melegenda!

1. Kupang Lontong Pak Misari

lontong kupang sidoarjo
Pixabay/Mcooking

Kupang Lontong Pak Misari adalah warung lontong kupang Sidoarjo legendaris yang telah berdiri sejak tahun 1993. Menu utama yang ditawarkan adalah kupang lontong, sate kerang, dan lento. Lontong kupang di warung Pak Misari memiliki ukuran yang besar, tidak amis, dan sangat nikmat.

Hanya saja, warung Pak Misari memiliki kekurangan pada luas tempatnya yang terbilang cukup sempit. Hal ini mengharuskan para pengunjung yang datang rela mengantri, terutama pada saat warung sedang ramai.

  • Lokasi: Jalan Mojopahit, Kapasan, Sidokare, Kecamatan Sidoarjo, Kabupaten Sidoarjo
  • Jam buka: Setiap hari, pukul 09.30 WIB – 16.00 WIB
  • Kisaran harga: Rp14.000

2. Kupang Lontong Cak Slamet

Kupang Lontong Cak Slamet menyajikan hidangan khas yang menggugah selera, meski berada di warung yang sederhana. Rasa kupang lontong di tempat ini begitu nikmat. Seporsi lontong kupang di sini disajikan dengan kuah gurih yang lezat, dipadukan dengan bawang putih, jeruk nipis, dan juga petis kental.

Tidak hanya itu, kulineran Sedulur akan semakin lengkap dengan berbagai minuman segar yang tersedia di warung Cak Slamet, salah satunya adalah es degan. Minuman ini menjadi pendamping yang sempurna untuk menikmati hidangan lontong kupang Sidoarjo.

  • Lokasi: Jalan Raya Pasar Suko No.6, RT.001/RW.001, Suko, Kecamatan Sidoarjo, Kabupaten Sidoarjo
  • Jam buka: Setiap hari, pukul 09.00 WIB – 20.00 WIB
  • Kisaran harga: Rp20.000

3. Lontong Kupang Kartolo

Warung lontong kupang Kartolo legendaris yang lainnya adalah Lontong Kupang Kartolo. Telah melayani pelanggan sejak tahun 1975, awalnya warung ini buka di daerah Waru. Hanya saja, pada tahun 1998 mereka memutuskan untuk pindah ke Terminal Pasar Larangan dan bertahan hingga saat ini.

Seporsi lontong kupang yang kamu pesan di sini akan disajikan dengan kuah kaldu kupang yang sedap, ditambah dengan petis udang khas Sidoarjo yang memberikan rasa gurih dan sedikit manis. Selain itu, Sedulur juga bisa menambahkan sate kerang yang nikmat sebagai lauk pelengkap.

  • Lokasi: Jalan Dr. Soetomo, Dusun Larangan, Larangan, Kecamatan Candi, Kabupaten Sidoarjo
  • Jam buka: Rabu – Senin, pukul 09.00 WIB – 16.00 WIB
  • Kisaran harga: Rp13.000

BACA JUGA: 8 Pusat Oleh-Oleh Sidoarjo yang Terlengkap dan Terpopuler

4. Kupang Lontong Sate Kerang Cak To

kuliner malam mojokerto
Unsplash/Wikisleep

Kupang Lontong Sate Kerang Cak To menawarkan hidangan lontong kupang dengan rasa yang pas, tidak terlalu manis, dan ukuran kupang yang sedang. Rasa yang khas dan lezat dari lontong kupang ini dijamin akan membuat Sedulur selalu ingin nambah lagi.

Selain lontong kupangnya, warung ini juga menyediakan sate kerang yang gurih dan es degan yang segar sebagai pelengkap yang sempurna. Salah satu hal yang paling berkesan dari Warung Lontong Kupang Sate Kerang Cak To adalah penjualnya yang lucu dan ramah kepada setiap pengunjung.

  • Lokasi: Jalan Dr. Soetomo, Dusun Larangan, Larangan, Kecamatan Candi, Kabupaten Sidoarjo
  • Jam buka: Rabu – Senin, pukul 09.00 WIB – 16.00 WIB
  • Kisaran harga: Rp15.000

5. Lontong Kupang Pak Sali

Lontong Kupang Pak Sali merupakan warung lontong kupang Sidoarjo dengan ukuran tempat yang luas dan nyaman. Di sini, Sedulur bisa menikmati porsi lontong kupang yang banyak dan pasti membuat kenyang.

Selain lontong kupang, Sedulur juga dapat menambahkan lauk seperti lentho, kerupuk, hingga sate kerang. Dengan berbagai pilihan menu yang lezat, Lontong Kupang Pak Sali menjadi salah satu tempat makan favorit di Sidoarjo.

  • Lokasi: Jalan Raya Masangan Wetan – Sukodono No.322, Dusun Keboan, Keboananom, Kecamatan Gedangan, Kabupaten Sidoarjo
  • Jam buka: Jumat – Rabu, pukul 09.30 WIB – 17.00 WIB
  • Kisaran harga: Rp13.000

6. Lontong Kupang Pak Samad

Lontong Kupang Pak Samad menyajikan menu utama lontong kupang, dengan lentho, sate kerang, dan juga kerupuk sebagai pelengkap. Yang membedakan lontong kurang di warung ini dengan warung yang lain adalah pilihan level pedas yang dapat diminta sesuai dengan selera.

Kuah lontong kupangnya pun memiliki rasa yang gurih, manis, dan segar. Ya, Warung Lontong Kupang Pak Samad mungkin terlihat sederhana, namun menawarkan suasana yang sejuk dan nyaman. Pengunjung dapat menikmati hidangan lezat sambil merasakan udara yang segar.

  • Lokasi: Jalan Lingkar Timur, Sawah, Klurak, Kecamatan Candi, Kabupaten Sidoarjo
  • Jam buka: Setiap hari, pukul 11.00 WIB – 17.00 WIB
  • Kisaran harga: Rp13.000

7. Kupang Lontong Sate Kerang Cak Rochib

lontong kupang sidoarjo
Unsplash/Steve Tsang

Terakhir ada Kupang Lontong Sate Kerang Cak Rochib, warung lontong kupang Sidoarjo legendaris yang telah berdiri sejak tahun 1998. Meskipun tempatnya sederhana, warung ini tetap menjaga kebersihan dan kenyamanan sehingga cocok dijadikan tempat untuk menikmati kuliner lontong kupang yang enak.

Seporsi lontong kupang di sini terdiri dari lontong, kupang, irisan tahu, sate kerang, serta lento singkong yang disajikan dalam porsi cukup besar. Kuahnya juga memiliki rasa yang unik. Kombinasi antara manis dan asam yang segar, memberikan citarasa khas yang tidak bisa ditemukan di tempat lainnya.

  • Lokasi: Jalan Parikesit, Pecis, Balongdowo, Kecamatan Candi, Kabupaten Sidoarjo
  • Jam buka: Setiap hari, pukul 09.30 WIB – 21.00 WIB
  • Kisaran harga: Rp15.000

Itulah beberapa warung lontong kupang Sidoarjo yang direkomendasikan. Jadi, jika Sedulur berada di Sidoarjo atau sekitarnya, jangan lewatkan kesempatan untuk mencicipi sajian istimewa ini dan rasakan sendiri kenikmatannya yang legendaris.

Oia, ketika Sedulur berwisata kuliner dan berburu oleh-oleh, jangan lupa untuk selalu membawa air mineral ya. Selain bisa menetralkan rasa masakan setelah mencoba, air mineral juga membantu tubuh untuk selalu segar setiap saat. Sedulur bisa mencoba Air Minum Pirlo yang cocok jadi teman untuk berwisata kuliner.

Air Mineral Pirlo

Kamu tidak perlu khawatir karena Air Minum Pirlo memiliki kemasan yang praktis dan mudah dibawa kemanapun. Belum lagi, harganya yang terjangkau dan tersedia di toko kelontong serta SuperApp.

SuperApp adalah aplikasi yang membantu kulakan sembako dan barang kebutuhan pokok untuk toko atau kebutuhan sehari-hari di rumah jadi mudah. Kalau kamu tertarik menggunakan SuperApp, bisa cari tahu lebih banyak informasinya lewat media sosial Instagram SuperApp.