kuliner banyuwangi malam

Banyuwangi memang begitu terkenal dengan destinasi wisata alamnya. Namun, kabupaten kecil di ujung Jawa Timur satu ini juga menyimpan beragam kuliner yang mampu membuat siapa saja jatuh hati. Khususnya untuk kuliner Banyuwangi malam, dijamin akan membuat Sedulur tidak akan bisa melupakannya.

Ada beragam jenis hidangan yang dapat dinikmati, mulai dari soto, rawon, olahan ayam, dan masih banyak lagi yang lainnya. Jadi ketika berada di wilayah ini dan ingin makan saat malam hari, Sedulur tidak perlu khawatir, karena bisa dengan mudah menemukan tempat makan yang buka sampai larut.

BACA JUGA: 9 Kuliner Khas Gresik yang Terkenal Enak, Dijamin Bikin Nagih

Rekomendasi Kuliner Banyuwangi Malam

Lantas, kira-kira kuliner Banyuwangi malam apa saja yang menggiurkan dan wajib untuk dicoba? Langsung saja, berikut ini rekomendasinya!

1. Soto Pak Salim

kuliner banyuwangi malam
Unsplash/Chris Vanhove

Rekomendasi kuliner Banyuwangi malam yang pertama ada Soto Pak Salim. Ini adalah tempat yang cocok dituju ketika Sedulur sedang ingin makan soto. Tidak perlu khawatir soal rasa, karena Soto Pak Salim memiliki citarasa yang tidak perlu diragukan lagi.

Soto yang ada di tempat ini disajikan dengan rasa yang gurih dan segar khas ala Banyuwangi. Bahkan tempat makan yang satu ini telah berdiri sejak lama, dan sampai saat ini selalu berhasil dalam mempertahankan ketenaran dan ciri khas yang dimilikinya.

Nah, ada beberapa pilihan menu soto yang tersedia, beberapa di antaranya seperti soto sapi, soto ayam, sampai rujak soto.

  • Alamat: Jl. A. Yani No. 18, Penganjuran, Banyuwangi
  • Jam operasional: 06.00 – 22.30 WIB

2. Nasi Cawuk Bu Mantih

Nasi cawuk merupakan salah satu hidangan khas dari Banyuwangi yang sangat cocok dijadikan sebagai menu sarapan maupun makan malam. Sedulur dapat dengan mudah mendapatkannya, karena saat ini sudah ada banyak warung makan yang menjualnya.

Akan tetapi, jika mencari nasi cawuk dengan rasa terbaik dan telah melegenda, maka Sedulur bisa berkunjung ke Nasi Cawuk Bu Mantih. Di tempat ini, Sedulur dapat menikmati satu porsi nasi yang disiram dengan kuah pindang serta ditambah dengan parutan kelapa muda dan serutan jagung bakar.

Bumbu yang digunakan juga lengkap, meliputi bawang merah, bawang putih, cabai, serta asam yang rasanya sangat menggiurkan.

  • Alamat: Pancoran Kulon, Rogojampi, Banyuwangi
  • Jam operasional: 06.00 – 01.00 WIB

3. Ayam Pedas Rantinem

Tidak lengkap rasanya jika Sedulur berkunjung ke Banyuwangi, namun tidak mencicipi kuliner di Ayam Pedas Rantinem. Kuliner Banyuwangi malam ini telah berdiri sejak tahun 1970, dan sampai saat ini masih mempertahankan cita rasa pedas yang sukses menggoyang lidah dari para pengunjung yang datang.

Bukan hanya itu, bahan makanan yang digunakan juga menggunakan ayam kampung dengan tekstur daging yang lembut dan juga tidak seret saat digigit. Proses pengolahannya juga unik, karena dimulai dengan membakar ratusan daging terlebih dahulu.

Setelah itu, ayam tersebut dicampur dengan bumbu kuah santan pedas yang sangat nikmat, dan tidak akan bisa ditemukan di tempat lain.

  • Alamat: Krajan, Genteng Kulon, Genteng, Banyuwangi
  • Jam operasional: 16.00 – 03.00 WIB

4. Rawon Bik Ati

Jangan pikir jika kuliner populer khas dari Banyuwangi hanya soto. Selain itu, Sedulur juga bisa mencoba hidangan menarik yang lain seperti rawon, yang dapat dinikmati ketika malam hari di warung Rawon Bik Ati. Ya, tempat ini menjadi salah satu kuliner legendaris yang sudah ada, bahkan sejak tahun 1948.

Karena ketenaran yang dimilikinya, membuat warung Rawon Bik Ati kini telah memiliki empat cabang di berbagai wilayah yang tersebar di seluruh penjuru Banyuwangi. Terdapat beragam jenis rawon dapat Sedulur nikmati di sini.

Mulai dari rawon biasa hingga rawon dengan tambahan lauk seperti empal, paru, lidah, limpa, sampai rawon dengan tambahan yang unik seperti buntut goreng.

  • Alamat: Jl. A. Yani, Tukangkayu, Banyuwangi, Banyuwangi
  • Jam operasional: 07.30 – 21.00 WIB

5. Sego Tempong Mbok Nah

Bagi yang belum tahu, sego tempong merupakan makanan tradisional khas dari Banyuwangi yang mampu membuat lidah bergoyang. Di tempat makan yang satu ini, para pengunjung bisa merasakan kenikmatan dari nasi hangat yang dihidangkan bersama lauk-pauk.

Lauk yang tersedia juga sangat lengkap, seperti ayam goreng, telur dadar, jeroan. dan masih banyak yang lainnya. Bagi Sedulur yang suka pedas, tentu saja dapat menambahkan sambal terasi yang tingkat kepedasannya melebihi sambal sego tempong yang di tempat lain.

Kuliner Banyuwangi malam ini tidak hanya menggiurkan dari segi visualnya saja, namun aroma dan rasanya juga tidak perlu diragukan lagi, sangat nikmat!

  • Alamat: Jl. Kolonel Sugiono No. 16, Kertosari, Banyuwangi
  • Jam operasional: 09.00 – 12.00 WIB

BACA JUGA: 12 Rekomendasi Kuliner Kekinian Pasar Tunjungan, Wajib Coba!

6. Pondok Rujak Soto

kuliner malam blitar
Unsplash/Weiwei

Bisa dibilang jika rujak soto merupakan kuliner khas Banyuwangi yang cukup unik. Hidangan yang satu ini berupa campuran rujak sayur yang dibuat dengan bumbu kacang serta petis dan juga soto babat. Pondok Rujak Soto sendiri termasuk salah satu kedai rujak soto terkenal di Banyuwangi.

Di kedai ini, Sedulur dapat menikmati hidangan rujak soto yang dilengkapi telur rebus dan kuah yang sedikit hitam. Untuk sotonya sendiri berisikan beberapa bagian sapi yang sangat nikmat, seperti usus, babat, serta tetelan sapi.

Rujak soto ini memiliki citarasa unik, memadukan rasa rujak yang pedas segar dengan kuah soto yang asin dan gurih.

  • Alamat: Jl. Basauki Rahmat, No. 113, Singotrunan, BanyuwangiKabupaten Banyuwangi
  • Jam operasional: 09.00 – 21.00 WIB

7. Sego Bungkus Bu Poer

Jika Sedulur merasa bingung dalam memilih tempat kuliner Banyuwangi malam, mungkin Sego Bungkus Bu Poer bisa menjadi pilihan yang paling tepat. Di kedai yang satu ini, Sedulur dapat menemukan berbagai macam kuliner khas Jawa.

Di antaranya seperti ikan laut, gudeg, telur dadar, oseng-oseng mercon, dan masih banyak lagi yang lainnya. Selain itu, ada pula beberapa pilihan nasi yang bisa dinikmati, seperti nasi jagung, nasi merah, nasi kuning, dan tentu saja nasi putih.

  • Alamat: Jl. Jenderal Sudirman, No. 26, Panderejo, Penganjuran, Banyuwangi
  • Jam operasional: 07.00 – 21.00 WIB

8. Tahu Lontong Genteng

Rekomendasi kuliner Banyuwangi malam yang berikutnya ada Tahu Lontong Genteng. Tahu Lontong Genteng sendiri telah menjadi salah satu kuliner malam yang belakangan ini sedang viral di wilayah Banyuwangi dan sekitarnya.

Ya, para pembeli tahu lontong di tempat ini dapat memilih tingkat kepedasan sesuai dengan selera mereka masing-masing. Bukan hanya itu, yang membuat Tahu Lontong Genteng ini semakin unik adalah jam operasionalnya.

Tahu lontong di sini hanya dijual malam hari, dan dapat menjadi pilihan yang tepat ketika Sedulur merasa lapar saat tengah malam.

  • Alamat: Pertokoan Pasar Genteng, Banyuwangi
  • Jam operasional: 18.00 – 06.00 WIB

9. Rujak Soto Srengenge Wetan

kuliner banyuwangi malam
Unsplash/Big Dodzy

Yang terakhir kita kembali ke kuliner rujak soto, yang tidak kalah menarik dari yang sebelumnya. Sedulur bisa berkunjung ke Resto Srengenge Wetan untuk mencicipi rujak soto yang lezat saat malam hari. Srengenge Wetan merupakan salah satu resto berkonsep tempo dengan suasana tradisional.

Bisa dibilang jika rujak soto menjadi salah satu menu favorit di resto yang satu ini. Suasana resto yang sangat cozy, ditambah lagi dengan citarasa rujak soto yang nikmat dan lezat, dijamin akan memberi pengalaman kuliner yang tidak terlupakan ketika di Banyuwangi.

  • Alamat: Jl. Panglima Besar Sudirman No.175, Singonegaran, Banyuwangi
  • Jam operasional: 10.00 – 22.00 WIB

Nah, itu dia beberapa kuliner Banyuwangi malam hari yang tidak boleh Sedulur lewatkan. Jangan ragu untuk menjelajahi warung makan di Banyuwangi untuk menemukan lebih banyak pilihan kuliner malam yang nikmat dan juga lezat!