kuliner bondowoso

Bondowoso terkenal dengan salah satu objek wisata alamnya yaitu Kawah Ijen. Namun kota ini juga memiliki beragam kuliner yang sayang untuk tidak dicoba. Daerah di Jawa Timur ini banyak menawarkan kuliner khas yang sangat enak dan lezat tentunya. Beragam makanan tradisional Indonesia dan luar negeri dijual dengan harga yang relatif terjangkau, terutama untuk kalangan menengah ke bawah.

Jika mencari cafe, di Bondowoso Sedulur akan dengan mudah menemukannya. Setelah melihat indahnya Kawah Ijen dan merasa lapar, Sedulur bisa menuju ke Banyuwangi atau langsung ke Bondowoso untuk mencari berbagai jajanan lezat.

Ada banyak tempat wisata menarik di Bondowoso yang bisa Sedulur kunjungi. Jadi jika bosan melihat indahnya wisata, Sedulur bisa mencari cita rasa pada menu khas dari kuliner Bondowoso.

BACA JUGA: 8 Tempat Kuliner Malam di Banyuwangi yang Menggugah Selera

Rekomendasi Kuliner Bondowoso

Mau tahu destinasi kuliner terenak di Bondowoso? Berikut kuliner di Bondowoso dilanjutkan dengan wawasan tentang apa yang membuat setiap tempat istimewa. Informasi ini dapat membantu Sedulur merencanakan kunjungan kuliner yang sempurna ke Bondowoso. Cek saja daftarnya di bawah ini!

1. Warung Lumintu Pak Kromo

nasi becek khas nganjuk
Unsplash/Haryo Setyadi

Tahukah Sedulur bahwa Warung Lumintu Pak Kromo merupakan salah satu permata tersembunyi di Bondowoso yang menawarkan pengalaman kuliner autentik? Warung Lumintu Pak Kromo menjadi salah satu destinasi kuliner favorit di Bondowoso dan sejarahnya bermula dari sebuah warung kecil pinggir jalan.

Warung Lumintu Pak Kromo terletak di JL. Subjen Sudiono No. 03, Kali Nangkaan, Dabasah, Kec. Bondowoso, Kabupaten Bondowoso, mudah diakses dan buka setiap hari mulai pukul 09.00 sampai 11.30 malam. Menu utamanya adalah mie goreng khas Jawa yang terkenal gurih dan nikmat.

Biasanya membutuhkan waktu sekitar 15 menit dari saat pemesanan hingga mie goreng siap dihidangkan ke meja. Menunggu makanan di sini sebenarnya merupakan pengalaman yang menyenangkan, dengan aroma rempah khas yang melayang di udara.

Penyajian mie goreng di Warung Lumintu Pak Kromo terlihat minimalis. Mie gorengnya disajikan di piring saji bersama bawang goreng. Meski terlihat sederhana, namun rasanya enak dan membuat ketagihan. Mie gorengnya teksturnya kaya dan harganya sangat terjangkau. Harga mie goreng di sini berkisar Rp18.000 per porsi. 

Selain mie goreng, ada juga Nasi Goreng Daging Sapi dan Nasi Rames dengan bumbu khas Bali. Percayalah, Nasi Campur Pak Kromo akan membuat pengalaman kuliner Sedulur di Bondowoso semakin berkesan. Warung Lumintu Pak Kromo adalah tempat yang tepat untuk mencicipi kuliner asli Bondowoso.

  • Lokasi: JL. Letjen Sudiono No.03, Kali Nangkaan, Dabasah, Kec. Bondowoso, Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur 
  • Jam buka: Setiap hari, 09.00-23.30 WIB
  • Harga: Mulai dari Rp18.000

2. Depot Ayam Goreng H. Asun

Pernahkah Sedulur mencicipi ayam goreng yang begitu lezat hingga membuatmu terkagum-kagum? Sedulur akan merasakannya saat berkunjung ke Depot Ayam Goreng H. Asun. Didirikan lebih dari sepuluh tahun yang lalu, depo ini terkenal dengan ayam gorengnya yang lezat dan menjadi favorit masyarakat lokal dan wisatawan yang berkunjung ke Bondowoso.

Depo Ayam Goreng H.Asun terletak di Jl. RE Martadinata, Kali Nangkaan, Dabasah, Kec. Bondowoso dan buka setiap hari mulai pukul 09.30 hingga 21.15 WIB. Hidangan andalannya tentu saja Ayam Goreng H. Asun, sajian ayam goreng dengan bumbu khas yang sayang untuk dilewatkan.

Ayam goreng H. Asun disajikan dengan hati-hati ayam goreng renyah, nasi panas, lalapan, dan sambal pedas menambah cita rasa. Saat Sedulur mencicipi ayam goreng H.Asun, rasanya sungguh menggugah selera. Ayamnya empuk dan bumbunya tercampur sempurna sehingga membuatmu termanjakan dengan kelezatan rasanya.

  • Lokasi: Jl. RE Martadinata, Kali Nangkaan, Dabasah, Kec. Bondowoso, Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur
  • Jam buka:  Senin-Sabtu, 09.30-21.15 WIB dan Minggu, 17.00-21.15 WIB
  • Harga: Mulai dari Rp18.000

3. The Waroeng

Restoran ikonik Bondowoso yang sejarah ini selalu menjaga kualitas rasa dan keaslian ciri khasnya. The Waroeng terletak di Jalan Sukowono I No. 7-9, Sumbersari, Maesan, Pasar, Sumbersari, Kec. Maesan, Kabupaten Bondowoso, mudah diakses dan buka setiap hari mulai pukul 09.15 hingga 20.30. 

Hidangan utamanya adalah gurami madu merah bakar yang wajib dicoba saat Sedulur berkunjung ke sini. Menyiapkan gurami madu merah bakar bukanlah pekerjaan yang mudah. Setelah memesan, Sedulur mungkin harus menunggu sekitar 15 menit hingga makanan tersaji di meja. Tapi percayalah, penantian setiap menit tidak sia-sia!

Gurami Madu Merah Panggang disajikan di atas piring keramik berukuran besar dengan alas daun pisang yang dikelilingi irisan tomat dan timun. Rasanya lezat, tekstur nasinya pas, tidak terlalu empuk atau keras, dan harganya sangat terjangkau yakni Rp13.000/ons.

  • Lokasi: Jalan Sukowono I No. 7 – 9, Sumbersari, Maesan, Pasar, Sumbersari, Kec. Maesan, Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur
  • Jam buka: Setiap hari, 09.15-20.30 WIB
  • Harga: Mulai dari Rp13.000/ons

4. Depot Nikmat Sate Kambing Muda

Mencari sate yang benar-benar menggugah selera? Depot Nikmat Sate Kambing Muda adalah jawabannya. Berdiri lebih dari satu dekade lalu, depo ini menjadi saksi bisu perkembangan kota Bondowoso dan selalu menyajikan sajian muda negeri yang tak pernah mengecewakan.

Depot Sate Kambing Muda yang nikmat terletak di Jalan Raya Jember, Dadapan, Grujugan, Giwang, Dadapan, Kecamatan Grujugan, Kabupaten Bondowoso. Tempat ini buka setiap hari mulai pukul 11.00 hingga 21.00. Menu utama tentu saja adalah Sate Kambing Muda, sajian sate yang sangat lezat sehingga setiap orang yang mencicipinya pasti langsung jatuh hati. 

Sate Kambing Muda disajikan dengan tampilan yang menarik, sate yang nikmat, nasi putih dan kecap bening. Dagingnya empuk, bumbunya meresap sempurna, dan sambalnya memberi sentuhan seimbang pada rasanya. Suasana depo yang sangat hangat dan bersahabat membuat Sedulur betah. 

  • Lokasi: Jalan Raya Jember, Dadapan, Grujugan, Giwang, Dadapan, Kec. Grujugan, Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur
  • Jam buka:  Senin-Kamis, 11.00-21.00 WIB, Jumat, 12.00-21.00 WIB dan Sabtu-Minggu, 11.00-21.00 WIB
  • Harga: Mulai dari Rp40.000

5. Lestari Restaurant

Pernahkah Sedulur mendengar Lestari Restaurant, sebuah restoran ikonik Bondowoso yang terkenal dengan masakan tradisionalnya? Didirikan lebih dari sepuluh tahun yang lalu, Lestari Restaurant adalah rumah kuliner Bondowoso, yang menciptakan pengalaman bersantap yang mengesankan bagi para tamu.

Restoran Lestar terletak di JL Jenderal Ahmad Yani No. 62, Penatu, Badean, Kec. Bondowoso, Kabupaten Bondowoso dan buka setiap hari mulai pukul 09.00 hingga 22.00. Menu andalannya adalah daging sapi Bondowoso, yaitu perpaduan lezat daging sapi yang diolah dengan bumbu pilihan dan saus steak.

Biasanya waktu tunggu Nasi Campur Bondowoso sekitar 10-15 menit. Namun, pengalaman menunggu menjadi lebih menyenangkan berkat suasana santai dan nyaman di restoran ini. Steak Daging Sapi Bondowoso disajikan dalam sajian yang menawan, nasi putih aromatik, daging sapi yang dicelupkan ke dalam saus steak, dan lalapan di samping steak. Rasanya benar-benar nikmat, teksturnya sempurna, dan harganya sangat terjangkau.

  • Lokasi: JL Jenderal Ahmad Yani No.62, Penatu, Badean, Kec. Bondowoso, Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur
  • Jam buka: Senin-Sabtu 09.00-22.00 WIB dan Minggu 09.30-22.00 WIB
  • Harga: Mulai dari Rp32.000

BACA JUGA: 6 Warung Nasi Madura di Surabaya Tersedap, Dijamin Nagih!

6. Bakso Solo Kencana

merek bakso halus terbaik
Unsplash/Muhammad Arifin Nursalim

Bayangkan sejenak bola-bola daging sapi yang kenyal dengan kuah asin dan pedas siap memanjakan lidah. Sedulur  bisa menemukannya di Bakso Solo Kencana yang telah beroperasi di Bondowoso selama lebih dari satu dekade dan menjadi destinasi kuliner favorit masyarakat lokal maupun wisatawan.

Bakso Solo Kencana terletak di Jl. Imam Bonjol No. 29, Mandaluki, Kademangan, Kec. Bondowoso, Kabupaten Bondowoso. Warung ini buka setiap hari mulai pukul 08.00 hingga 18.00 sehingga Sedulur mempunyai cukup waktu untuk datang dan menikmati lezatnya bakso tersebut.

Menu utama Bakso Solo Kencana adalah Bakso Urat. Dengan daging sapi pilihan dan urat daging yang kenyal, setiap gigitan menjadi kenangan tak terlupakan. Setelah memesan, Sedulur hanya perlu menunggu sekitar 10 menit hingga makanan tiba. Waktu tunggu yang singkat ini membuatmu semakin tidak sabar untuk mencoba baksonya.

Bakso Urat Bakso Solo Kencana ini penyajiannya sederhana namun enak. Selain bakso urat, ada juga bakso tahu dan bakso lontong. Bakso panjang ini memiliki cita rasa yang khas dan pastinya akan melengkapi pengalaman kuliner Sedulur di Bakso Solo Kencana.

  • Lokasi: Jl. Imam Bonjol No.29, Mandaluki, Kademangan, Kec. Bondowoso, Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur
  • Jam buka: Senin-Kamis, 08.00-18.00 WIB, Jumat 08.00-11.30 WIB 12.30-18.00 WIB dan Sabtu 08.00-18.00 WIB
  • Harga: Mulai dari Rp16.000

7. Jojo Resto n Coffee

Jojo Resto n Coffee beralamat di Jl. Diponegoro No. 22, Purbosari, Kotakulon, Kec. Bondowoso, Kabupaten Bondowoso. Buka setiap hari mulai pukul 08.00 hingga 21.00, tempat makan ini menawarkan banyak kesempatan untuk bersantai sambil minum kopi.

Menu utama Jojo Resto n Coffee adalah Sego Bebek Jojo. Perpaduan sempurna daging bebek yang asin dan empuk, sambal pedas, dan nasi hangat yang empuk, membuat Sego Bebek Jojo sangat nikmat. Untuk minumannya tersedia menu kopi, coklat dan susu.

Sedulur harus menunggu sekitar 15 menit sebelum Sego Bebek Jojo siap. Namun Sedulur tidak keberatan menunggu karena suasana cafe yang santai dan nyaman membuat waktu berlalu begitu cepat. Sego Bebek Jojo begitu nikmat dan memiliki kombinasi rasa asin dan umami yang sangat serasi. 

Penambahan sambal membuat sajian kuliner ini semakin membuat ketagihan untuk disantap lagi dan lagi. Penyajian masakan ini juga sangat menarik, daun pisangnya membuatnya semakin nikmat. Harganya cukup terjangkau, sekitar Rp25.000 per porsi. 

Berkat suasana Cafe yang santai, Sedulur bisa menikmati setiap nasi bebek dengan tenang. Walaupun di sisi lain tempatnya cukup terbatas dan bisa dibilang cukup ramai di jam-jam sibuk, namun menurut itu adalah bagian dari nikmatnya kuliner bebek di cafe.

  • Lokasi: Jl. Diponegoro No.22, Purbosari, Kotakulon, Kec. Bondowoso, Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur
  • Jam buka: Setiap hari, 08.00-21.00 WIB
  • Harga: Mulai dari Rp25.000

8. DRK Cafe N Resto

Ingin mencari tempat yang menawarkan suasana santai dengan makanan lezat? Jika demikian, Sedulur bisa memilih DRK Cafe N Resto, yang merupakan Cafe dan restoran di Jl. RBA Ki Ronggo No. 777b, Purbosari, Blindungan, Kec. Bondowoso, Kabupaten Bondowoso. Tempat ini buka setiap hari mulai pukul 10.00 hingga 23.00. 

DRK Cafe N Resto berdiri lebih dari sepuluh tahun yang lalu dan menjadi tempat favorit bagi mereka yang mencari suasana santai dan makanan lezat. Hidangan utamanya adalah Chicken Wakame Ramen. Dengan kombinasi bumbu dan topping yang pas, ramen ini siap menggugah selera.

Chane Wakame Ramen disajikan dengan telur setengah matang, potongan ayam, dan daun bawang. Setiap gigitan menawarkan ledakan rasa yang kuat dan tekstur yang berbeda, menjadikannya sangat lezat. Sungguh pengalaman bersantap yang luar biasa dengan harga Rp 15.000 per porsi. 

Begitu memasuki DRK Cafe N Resto, suasana santai dan menyenangkan langsung terasa. Musik latar yang sesuai dan pencahayaan yang hangat menciptakan suasana yang sempurna untuk relaksasi. Namun, tempat ini bisa sangat sibuk, terutama pada malam hari dan akhir pekan. 

  • Lokasi: Jl. RBA Ki Ronggo No.777b, Purbosari, Blindungan, Kec. Bondowoso, Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur
  • Jam buka: Senin-Jumat, 10.00-23.00 WIB, Sabtu 10.00-23.45 WIB dan Minggu 10.00-23.00 WIB
  • Harga: Mulai dari Rp15.000

9. Rumah Makan Lezat

Di Bondowoso, Sedulur bisa menemukan tempat makan yang bisa membuat lidah bergoyang dan perut kenyang. Nah, keduanya bisa ditemukan di Rumah Makan Lezat! Berlokasi di Jl. hal.b. Sudirman, Patemon, Blindunga, Kab. Bondowoso, Kabupaten Bondowoso, Restoran Lezat didirikan pada tahun 1995 dan menyajikan hidangan tradisional untuk penduduk lokal dan tamu luar kota. 

Restoran ini buka setiap hari mulai pukul 07:00 hingga 21:00, sehingga Sedulur bisa menikmati makan siang dan makan malam di sini. Dengan resep turun temurun, Nasi Rames Rumah Makan Lezat akan membuat ketagihan. Perpaduan mie, sambal goreng, opor tahu, telur bacem, pelengkap sayur dan bumbu yang nikmat menjadi andalannya.

Nasi rames disajikan di atas piring porselen putih dengan daun pisang, dengan potongan ayam, lalapan dan sambal goreng yang nikmat dengan nasi putih panas. Cita rasa Nasi Rames yang begitu kaya membuat bumbunya benar-benar meresap ke dalam ayam dan membuat lidah termanjakan. 

  • Lokasi: Jl. P.b. Sudirman, Patemon, Blindungan, Kec. Bondowoso, Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur
  • Jam buka:Setiap hari, 07.30-14.00 WIB, 17.00-21.00 WIB
  • Harga: Mulai dari Rp25.000

10. Baratha Hotel & Resto

Berlokasi di Jl. Saliwiryo Pranowo Gg. Taman No. 11, Pattian, Kotakulon, Kec. Bondowoso, Kabupaten Bondowoso, Baratha Hotel and Resto merupakan tempat yang menawarkan pengalaman kuliner tak terlupakan. Restoran ini buka 24 jam sehari. Tempat ini menjadi destinasi populer bagi mereka yang mencari suasana mewah dan kuliner lezat.

Ayam Goreng Baratha menjadi menu utama di Baratha Hotel and Resto. Ayamnya diolah dengan bumbu spesial dan digoreng dengan sempurna, menjadikan menu ini pilihan terbaik para pengunjung. Daging ayam yang empuk dan bumbu yang berpadu sempurna menciptakan cita rasa yang menggugah selera. 

Tekstur ayamnya yang lembut sangat cocok dengan tekstur sayurannya yang renyah. Saat memasuki Baratha Hotel and Resto, Sedulur langsung disambut suasana mewah dan elegan. Cahaya hangat dan musik latar yang lembut menciptakan suasana yang sangat menyenangkan. Namun, tempat ini agak formal, jadi berpakaianlah yang pantas ya.

  • Lokasi: Jl. Saliwiryo Pranowo Gg. Taman No.11, Pattian, Kotakulon, Kec. Bondowoso, Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur
  • Jam buka: Setiap hari, 24 jam
  • Harga: Mulai dari Rp35.000

11. Soto Blindungan

Soto biasanya berupa kuah bening asin yang dicampur dengan aroma rempah. Namun tidak di Bondowoso yang punya kuliner legendaris Soto Blindungan yang berbahan dasar santan. Disebut Soto Blindungan karena warung kuliner ini terletak di Desa Blindungan, Bondowoso. 

Saat ini warung Soto Blindungan sudah mencapai generasi keempat. Soto Blindungan saat ini masih menggunakan resep asli yang diwariskan secara turun temurun. Seporsi Soto Blindungan dibanderol dengan harga Rp12.000. Ini juga termasuk minuman es jeruk atau es teh. 

Dijamin Sedulur akan berkeringat setelah menyantap kuliner tersebut karena kesegaran dan pedasnya. Sekilas kuliner ini mirip dengan Soto Betawi karena menggunakan santan dan warnanya agak kecoklatan. Bedanya, Soto Blindungan warnanya kuning pucat dan diberi tambahan daun bawang, daging sapi yang dicincang, usus, limpa, paru-paru, babat, dan lainnya.

  • Lokasi: Blindungan, Kec. Bondowoso, Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur
  • Jam buka: Setiap hari, 06.00-15.00 WIB
  • Harga: Mulai dari Rp12.000

12. Jigor Bu Yoga

kuliner bondowoso
Unsplash/Fikri Rasyid

Jigor Bu Yoga merupakan salah satu kuliner khas Bondowoso yang sempat viral di TikTok. Bahkan saking viralnya, antreannya sampai berjam-jam. Jigor alias kanji goreng merupakan salah satu makanan dari tahu yang sudah dicampur dengan tepung kanji dan diberi sambal.

Jigor mulai viral di TikTok setelah beredarnya video Bu Yoga yang sedang berjualan jigor di depan rumahnya. Berbeda dengan jigor biasanya , Bu Yoga menambahkan sayur kubis mentah ke dalam jigor dibuatnya.

Hal menarik lainnya adalah tidak pelit untuk memberikan cabai, ditambah dengan bumbu penyedap yang banyak.

  • Lokasi: Mandiro, Kecamatan Tegalampel Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur
  • Jam buka: Setiap hari, 15.00-16.00 WIB
  • Harga: Mulai dari Rp5.000

Itulah tadi berbagai informasi lengkap mengenai kuliner Bondowoso yang perlu Sedulur coba. Ketika berwisata kuliner, Sedulur jangan lupa untuk selalu membawa air mineral ya. Selain bisa menetralkan rasa masakan, air mineral juga membantu tubuh untuk selalu segar setiap saat. Sedulur bisa mencoba Air Minum Pirlo yang cocok jadi teman untuk berwisata kuliner.

Kamu tidak perlu khawatir karena Air Minum Pirlo memiliki kemasan yang praktis dan mudah dibawa kemanapun. Belum lagi, harganya yang terjangkau dan tersedia di toko kelontong serta SuperApp.

SuperApp adalah aplikasi yang membantu kulakan sembako dan barang kebutuhan pokok untuk toko atau kebutuhan sehari-hari di rumah jadi mudah. Kalau kamu tertarik menggunakan SuperApp, bisa cari tahu lebih banyak informasinya lewat media sosial Instagram SuperApp. Selamat mencoba ya!