cafe surabaya barat

Tempat ngopi atau cafe sekarang tidak hanya tempat untuk menikmati secangkir kopi yang harum. Kini, tempat ngopi telah menjadi ruang produktif yang ideal bagi para pekerja, pelajar, dan penggiat kreatif. Bagi sebagian orang, Surabaya bagian barat dikenal sebagai kawasan modern. Bahkan, banyaknya cafe Surabaya barat membuatnya dijuluki sebagai Singapore of Surabaya.

Dari aroma kopi yang memikat hingga atmosfer yang nyaman, cafe saat ini menawarkan lebih dari sekadar minuman. Cafe kini menjadi tempat dimana ide-ide bermunculan, proyek-proyek selesai, dan tugas-tugas selesai dengan produktif.  

Selain itu, Surabaya Barat juga memiliki beragam cafe yang identik dengan desain mewah, klasik, dan minimalis. Bagi Sedulur yang ingin merasakan suasana ngopi di cafe dengan konsep modern, mampirlah ke cafe Surabaya Barat. Pasti Sedulur akan terpuaskan dengan suasana di sana.

BACA JUGA: 10 Rekomendasi Pusat Oleh-Oleh Surabaya Terlengkap

Rekomendasi Cafe Surabaya Barat

Nah, bagi Sedulur yang mencari tempat ngopi yang sempurna untuk nugas atau work from cafe, ada beberapa cafe di Surabaya Barat yang bisa Sedulur kunjungi untuk sekadar nongkrong atau menyelesaikan pekerjaan.

Suasana cafe pastinya cukup artistik ditambah dengan desain interior yang cantik dan menarik menjadi daya tarik tersendiri bagi warga lokal maupun wisatawan. Berikut daftarnya!

1. Rukun Kopi

cafe surabaya barat
Unsplash/Louis Hansel

Rukun Kopi turut menyemarakkan khazanah kopitiam di Surabaya, khususnya wilayah Surabaya Barat. Kedai ini menyajikan menu-menu simpel khas kopitiam. Seperti Roti Kaya Original, Roti Kaya Butter, Kopi Kosong, Kopi O, Teh Tarik, Teh O, Milo, dan masih banyak yang lainnya.

Tempatnya memang tidak terlalu luas, tetapi sangat nyaman dan cocok banget buat nongkrong bareng teman atau pasangan. Sedulur bisa duduk di dalam atau di luar sambil menyaksikan matahari terbenam.

  • Alamat: Jalan Bukit Telaga Golf TA 1 Nomor 10, Citraland, Surabaya.
  • Jam operasional: Senin, Rabu, dan Jumat pukul 07.00-21.00 WIB dan Sabtu-Minggu pukul 07.00-15.00 WIB.
  • Harga: mulai dari Rp5 ribuan.

2. Loft Teahouse

Jika bosan nongkrong di coffee shop, berarti sudah saatnya nongkrong di teahouse bernama Loft Teahouse. Kedai ini baru dibuka pada Juli 2023. Suasananya cukup tenang dengan bangunan yang mengusup konsep minimalis modern dan berlantai dua.

Di sini Sedulur bisa mencicipi beragam sajian teh racikan yang nikmat. Mulai dari Matcha Luxe, Cloudy Sesame, Impossible Matcha, Blue Mango Sunset, Jasmine Pearl, Mr.Grey, Golden Oolong, dan masih banyak lagi yang lainnya.

  • Alamat: Jalan Raya Darmo Permai I Nomor 54, Pradahkalikendal, Kec. Dukuh Pakis, Surabaya.
  • Jam opersional: Senin-Jumat pukul 07.00-22.00 dan Sabtu-Minggu 06.30-22.30 WIB.
  • Harga: mulai dari Rp25 ribuan.

3. AADK Coffee & Eatery

Dibuka pada Juli 2023, cafe yang terletak di daerah Babatan ini merupakan cabang ketiga AADK (Ada Apa Dengan Kopi) di Surabaya. cafe dua laintai berkapasitas 350 orang ini menawarkan beberapa zona ruangan yang bisa Sedulur pilih, seperti Zona Nyaman, Zona Inspirasi, Zona Sepoi, Zona Kreativitas, dan Pojok Cerita. 

Sedulur bisa mencicipi beragam sajian makanan dan minuman. Beberapa menu andalannya berupa Nasi Chicken Mentai, Spaghetti Aglio Olio, Cheese Burger with Egg, Tropical Breeze, hingga gelato aneka rasa yang bisa meningkatkan mood Sedulur.

  • Alamat: Jalan Raya Menganti Karangan Nomor 85, Babatan, Wiyung, Surabaya.
  • Jam operasional: setiap hari pukul 07.00-23.00 WIB.
  • Harga: mulai dari Rp9.000.

4. Groovery Coffee

Buat Sedulur yang suka nongkrong cantik dengan menikmati dessert enak, sekarang Groovery Coffee buka cabang di wilayah Surabaya Barat. Suasana cafenya didominasi warna pastel dengan interior estetik.

Sedulur wajib mencicipi bergaam dessert, seperti Oreo Cheese Cake, Pour Tiramisu, dan Cookie Shot. Kopinya juga tidak boleh Sedulur lewatkan. Setelah kenyang, Sedulur bisa bermain boardgame yang seru.

  • Alamat: Villa Bukit Mas RA-7A, Jalan KH Abdul Wahab Siamin, Dukuh Pakis, Surabaya.
  • Jam opersional: Selasa-Minggu pukul 14.00-21.00 WIB.
  • Harga: Rp15 ribu-Rp40 ribu.

5. Expat Roasters

Gerai kopi bernama Expat Roasters yang cukup populer di Sydney dan Bali akhirnya buka di Surabaya Barat. Sedulur bisa mencicipi beragam sajian kopi dengan cita rasa yang nikmat. Ada white coffee, black coffee, hingga cold brew.

Bagi yang tidak terlalu suka kopi, ada beberapa pilihan teh yang disajikan panas atau dingin. Seperti earl grey, english breakfast, mint, chamomile, dan masih banyak lagi yang lainnya. Gerai ini pun cocok buat nongkrong dan mengerjakan tugas.

  • Alamat: Soho Graha Famili PS 15, Jalan Raya Graha Famili Timur Nomor 15, Pradahkalikendal, Dukuh Pakis, Surabaya.
  • Jam operasional: setiap hari pukul 09.00-18.00 WIB.
  • Harga: mulai dari Rp25 ribuan.

BACA JUGA: 17 Resort di Batu Malang, Nyaman dan Cantik untuk Liburan

6. Gatherinc Bistro and Bakery

cafe di surabaya utara
Unsplash/Louis Hansel

Sebagai rekomendasi tempat ngopi di Surabaya Barat untuk mengerjakan tugas selanjutnya, Gatherinc Bistro and Bakery adalah pilihan yang cocok. cafe ini menawarkan nuansa yang estetik dengan ruangan yang luas dan gaya interior yang terinspirasi dari desain industrial.

Sedulur juga dapat menikmati suasana outdoor dengan tempat duduk yang nyaman, dikelilingi oleh tanaman hijau yang menambah kesan segar. Untuk menu mereka menawarkan beragam hidangan khususnya masakan Asia yang lezat seperti Smoothie Bowl, Summer Kiss, Fish and Chip, dan masih banyak lagi.

  • Alamat : Taman Puspa Raya A2 no 11, Made, Kec. Sambikerep, Surabaya, Jawa Timur.
  • Jam operasional: setiap hari pukul 09.00-22.00 WIB.
  • Harga: mulai dari Rp50 ribuan

7. Redback Specialty Coffee

Salah satu keistimewaan yang ditawarkan oleh Redback Specialty Coffee adalah varian cold brew coffee mereka, yang sangat terkenal. Sedulur dapat menikmati cold brew coffee dalam dua varian, yaitu yang original dan varian sweet. Yang membuat tempat ngopi ini benar-benar istimewa adalah lokasinya yang terletak persis di tepi lapangan golf. 

Selain kopi, Redback Specialty Coffee juga menawarkan menu utama yang lezat. Salah satu pilihan unggulan adalah Redback Sandwich. Sedulur dapat memilih dari beragam rasa, termasuk Chicken Cutlet, Smoked Salmon Bagel, Tuna Submarine, dan banyak lagi.

  • Alamat:  Jl. Raya Golf Graha Famili No. 2, Pradahkalikendal, Dukuhpakis, Surabaya Barat, Jawa Timur.
  • Jam operasional: setiap hari pukul 06.00-22.00 WIB
  • Harga: mulai dari Rp43 ribuan.

8. Kudos Cafe 

Kudos Cafe merupakan tempat ngopi di Surabaya Barat yang cukup unik karena menunya yang sangat beragam. Menyediakan menu makanan seperti pizza dan pasta dengan berbagai topping seperti Cheese Pizza, Smoked Salmon Pizza, Chicken Alfredo pasta dan lain-lain.

Untuk menu kopi di Kudos Cafe tersedia pilihan ice coffee segar, seperti Ice Latte, Kudos Ice Coffee, Ice Cappucino dan beragam menu kopi lainnya. Tidak hanya kopi, Sedulur juga mencicipi Ice Matcha Latte atau Ice Thai Tea. Makin menyenangkan dengan menikmati suasana interior yang didominasi warna cerah dan interior kayu nan homey. 

  • Alamat: Pakuwon Square. Jl. Yono Suwoyo, Lidah Wetan, Lakarsantri, Surabaya Barat.
  • Jam operasional: setiap hari pukul 10.00-22.00 WIB
  • Harga: mulai dari Rp30 ribuan.

9. Monopole Coffee Lab

Sambil nugas, Sedulur akan ditemani secangkir kopi favorit dari tempat ngopi di Surabaya Barat ini. Di Monopole Coffee Lab, para pecinta kopi akan menemukan surga kopi mereka dengan beragam pilihan penyeduhan mulai dari metode manual hingga menggunakan mesin kopi canggih.

Monopole Coffee Lab menawarkan beragam minuman segar, seperti jus dan ice slush, untuk memuaskan selera. Jika Sedulur merasa lapar, mereka memiliki menu brunch a la western yang menarik, seperti Chicken Schnitzel, Spaghetti Carbonara, atau Bacon and Cheese Sourdough.

Tak hanya soal minuman dan makanan, interior Monopole Coffee Lab didesain dengan gaya modern dan mewah, tetapi tetap memberikan nuansa yang nyaman dan segar berkat kehadiran tanaman-tanaman di sekitarnya.

  • Alamat: Jl. Boulevard Famili Utara, Babatan, Wiyung, Surabaya Barat.
  • Jam operasional: setiap hari pukul 07.00-21.30 WIB
  • Harga: mulai dari Rp30 ribuan.

10. Lumer+ Cafe

Tempat ini memiliki beragam menu yang semuanya patut dicoba. Sedulur dapat menikmati menu pasta, ramen, snack, hot plate, hingga steak, semuanya dalam satu tempat. Lebih hebatnya lagi, variasi minuman yang ditawarkan di sini begitu beragam sehingga Sedulur tidak akan pernah merasa bosan.

Menu makanannya seperti Cik Moo Ah berupa nasi berpadu dengan beef bacon, chicken katsu, sosis, jamur, telur, dan pentol. Kalau sedang tidak ingin makan nasi, Chicken Snitz juga tersedia dengan opsi kentang goreng.

  • Alamat: Jl. Dharma Husada Utara I No.34, Mojo, Kec. Gubeng, Surabaya, Jawa Timur 60285.
  • Jam operasional: setiap hari pukul 11.00-22.00 WIB.
  • Harga: mulai dari Rp20 ribuan.

Itulah tadi rekomendasi cafe Surabaya Barat yang bisa menjadi pilihan. Tapi tentu saja, masih banyak lagi pilihan cafe menarik yang bisa Sedulur kunjungi. Jadi, Sedulur tinggal memilih ingin mengunjungi cafe yang seperti apa, semua ada di Surabaya Barat!