pusat oleh oleh surabaya

Surabaya tak hanya dikenal sebagai kota bersejarah saja. Ibu kota provinsi Jawa Timur ini juga memiliki banyak tempat wisata yang menarik dikunjungi. Jadi tidak heran jika banyak wisatawan yang selalu datang ke sana. Namun, setelah puas berwisata, tentu pusat oleh-oleh Surabaya jadi tempat yang tidak boleh dilewatkan.

Ada cukup banyak hal yang bisa dijadikan sebagai oleh-oleh khas Surabaya. Namun, kami sudah menyiapkan 10 rekomendasi pusat oleh-oleh Surabaya terbaik untuk Sedulur agar tidak bingung memilih. Berikut ini ulasan lengkapnya!

BACA JUGA: 15 Oleh-oleh Khas Sidoarjo yang Wajib Kamu Bawa Pulang!

1. Pasar Atom

pusat oleh oleh surabaya
Detik

Siapa yang tidak mengenal pusat perbelanjaan terbesar di Kota Surabaya satu ini. Pasar Atom namanya. Pasar Atom berdiri sejak 1972. Uniknya saat peringatan 17 agustus selalu dirayakan dengan melakukan upacara yang diikuti oleh warga Pasar Atom. Di Pasar Atom kamu bisa menemukan berbagai macam keperluan sampai oleh-oleh khas dari Kota Surabaya. 

2. Toko Oleh-oleh Panen Raya

Ini adalah salah satu toko oleh-oleh yang ternama di Surabaya. Toko yang berada di Jalan Genteng Besar No. 77 A cocok untukmu yang ingin membeli banyak oleh-oleh khas Surabaya. Mulai makanan ringan hingga yang berat, semua kamu beli di toko satu ini. Bahkan, di sini juga tersedia oleh-oleh khas daerah lain, seperti Banyuwangi, Madiun, dan Sidoarjo.

3. Sambal Bu Rudy

pusat oleh oleh surabaya
Katadata

Kalangan anak muda biasanya sangat menyukai makanan bercita rasa pedas. Oleh-oleh satu ini juga sangat terkenal dengan sensasi pedasnya yang menggoda selera, namanya Sambal Bu Rudy. Salah satu oleh-oleh sambal yang paling banyak disukai di daerah Surabaya. Diolah dari rempah pilihan dan diproduksi tanpa menggunakan bahan pengawet.

4. Pasar Turi

Kalau tempat oleh-oleh satu ini dikenal sebagai salah satu pasar terkenal di Surabaya. Pasar yang ada di Jalan Pasar Turi ini dikenal sebagai pasar yang punya barang-barang murah di dalamnya. ini tentu cocok sekali buat kamu yang ingin beli oleh-oleh murah dari kota Surabaya.

Terdapat tiga lantai utama di pasar ini. Akan tetapi, kalau kamu membeli oleh-oleh di sini, sebaiknya kamu menyambangi lantai 1 dan 2 saja. Di lantai pertama, kamu bisa menemukan dan membeli sejumlah makanan serta minuman khas Kota Pahlawan.

BACA JUGA: 12 Oleh-oleh Khas Nganjuk yang Paling Dicari Pelancong!

5. Toko Bhek Putra

pusat oleh oleh surabaya
Detik

Ini adalah toko oleh-oleh lainnya yang ada di kota Surabaya. Sama seperti toko Panen Raya, toko ini juga menyediakan banyak varian oleh-oleh khas Surabaya. Di antara sejumlah oleh-oleh yang ada, para wisatawan biasanya membeli penganan ringan di sini sebagai buah tangan yang dibawa mereka nanti. Dodol, keripik, ikan asin, bahkan hingga terasi; tersedia di sini dan bisa kamu bawa sebagai oleh-oleh nanti.

6. Cak Cuk

Jika sudah berbelanja camilan khas Surabaya, kini saatnya sobat Kuliner Kota berburu ragam pernak perniknya. Pusat oleh-oleh Surabaya Cak Cuk yang menjual beragam kaos dengan motif khas Surabaya ini wajib kamu datangi. Mulai dari motif tulisan dengan bahasa khas arek Suroboyo, desain tempat wisatanya ataupun desain monumen Sura dan Baya kebanggan kota Surabaya.

7. Pasar Genteng

Pasar ini juga merupakan pasar yang terkenal di Surabaya. Dan sama seperti Pasar Turi pula, pasar satu ini juga menyediakan berbagai oleh-oleh khas Surabaya, utamanya dari segi makanan dan minumannya.

Hanya saja, pasar ini juga menyediakan oleh-oleh khas daerah lain di Jawa Timur, selain dari Surabaya tentunya. Semua oleh-oleh di sini tak hanya bisa dibeli saja, melainkan juga bisa kamu icip atau nikmati langsung di area pasar ini.

8. Bogajaya

Pinterest

Pusat oleh-oleh Surabaya selanjutnya adalah Bogajaya. Toko buah tangan kualitas premium ini menghadirkan berbagai jajanan khas Surabaya seperti sambal Surabaya, almond cheese, kerupuk udang, lapis dan lain-lain. Selain menyediakan aneka macam buah tangan terlengkap, Bogajaya juga jadi salah satu oleh-oleh melegenda sejak tahun 1976.

9. WTC Surabaya

World Trade Center adalah pusat oleh-oleh Surabaya yang bertema pasar modern. Memiliki bangunan lima lantai dimana kamu akan menemukan semua buah tangan sampai dengan aksesoris handphone disini. Tempat oleh-oleh ini bakal jadi surganya wisata belanja di Surabaya.

10. Sentra UKM Merr

Pemkot Surabaya

Sentra UKM Merr adalah pusat oleh-oleh Surabaya yang selalu menjadi incaran berbelanja buah tangan. Tempat unik ini merupakan wadah bagi pengusaha-pengusaha kecil dan menengah untuk memperdagangkan atau mempromosikan produk mereka. Di Sentra UKM Merr kamu akan disuguhkan dengan berbagai macam barang lokal dari Surabaya, mulai dari perhiasan, kain batik sampai camilan khasnya.

Demikian tadi rekomendasi pusat oleh-oleh Surabaya yang bisa Sedulur kunjungi. Tak hanya menyajikan oleh-oleh kuliner saja, ada banyak kerajinan hingga baju yang juga bisa dibeli. Jadi selamat berwisata dan berbelanja ya Sedulur!