cafe di banyuwangi

Cafe di Banyuwangi tidak hanya terkenal dengan kenikmatan dan kelezatan secangkir kopinya saja. Kota di ujung Pulau Jawa ini juga menawarkan suasana lingkungan yang nyaman, santai, dan juga hangat. Dengan gaya yang menarik dan terbilang unik, cafe-cafe ini berhasil menjadi cerminan dari kota Banyuwangi yang modern serta dinamis.

Mulai dari gaya modern minimalis hingga penggunaan interior tradisional, bisa Sedulur temukan di berbagai cafe yang ada di Banyuwangi. Jadi ketika Sedulur berkunjung ke kota di ujung timur Pulau Jawa ini, jangan sampai lupa untuk coba berkunjung ke cafe-cafe yang ada.

BACA JUGA: 6 Warung Sego Cawuk Banyuwangi Paling Maknyus, Bikin Nagih

Rekomendasi Cafe di Banyuwangi

Seperti yang telah diketahui, Banyuwangi merupakan salah satu kota di Jawa Timur yang kaya akan objek wisata alam, terutama pantai. Sehingga tidak heran jika kota yang satu ini sering menjadi destinasi bagi para wisatawan yang ingin menghabiskan waktu liburannya.

Selain liburan dan menikmati objek wisata alam, ada banyak cafe di Banyuwangi yang mampu menarik perhatian. Lantas, cafe mana saja yang wajib dikunjungi saat berada di Banyuwangi? Tidak perlu basa-basi lagi, langsung saja berikut ini beberapa rekomendasi cafe di Banyuwangi yang harus Sedulur coba!

1. Cafe Sun Osing Beach

cafe di banyuwangi
Unsplash/Igor Starkov

Cafe Sun Osing Beach merupakan destinasi yang menawarkan perpaduan sempurna antara keindahan alam dan kenikmatan kuliner. Terletak di tepi pantai yang indah, Cafe ini menyediakan pemandangan laut yang memukau dan suasana yang menenangkan.

Dengan lokasi yang strategis, para pengunjung dapat menikmati keindahan matahari terbenam sambil merasakan angin laut yang segar. Cafe Sun Osing Beach memang menjadi tempat yang ideal untuk bersantai dan menikmati suasana pantai yang alami.

Menu yang ditawarkan di Cafe Sun Osing Beach sangat beragam, mulai dari hidangan laut segar, masakan tradisional Jawa Timur, dan juga berbagai pilihan minuman yang menyegarkan.

  • Alamat: Jalan Raya Banyuwangi Situbondo No.112, Lkr. Kp. Baru, Bulusan, Kecamatan Kalipuro, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.
  • Jam Buka: 10.00 WIB – 22.00 WIB
  • Harga:Rp13 ribu – Rp150 ribu

2. OSMU Cafe

Dengan konsep yang unik serta suasana nyaman, OSMU Cafe di Banyuwangi berhasil menjadi salah satu cafe di Banyuwangi yang menarik perhatian banyak pengunjung. OSMU Cafe dirancang dengan interior modern yang memadukan elemen-elemen tradisional, menciptakan atmosfer yang hangat dan ramah.

Para pengunjung biasanya langsung terpikat oleh dekorasi artistik dan tata letak yang rapi. Hal ini menjadikannya sebagai tempat yang sempurna untuk berkumpul bersama teman atau keluarga.

Sementara itu, menu di OSMU Cafe menawarkan berbagai pilihan makanan dan minuman yang menggugah selera. Cafe ini menyediakan berbagai hidangan khas Indonesia dan internasional dengan presentasi atau penyajian yang sangat menarik.

  • Alamat: Jalan Situbondo-Banyuwangi, Kapoeran-Ketapang Ruko Surya Raya Mart, Lkr. Kp. Baru, Bulusan, Kecamatan Kalipuro, Kabupaten Banyuwangi.
  • Jam Buka: 07.30 WIB – 22.30 WIB
  • Harga: Rp8 ribu – Rp25 ribu

3. Dragon Cafe “Benteng Buah Naga”

Bisa dibilang jika Dragon Cafe Benteng Buah Naga adalah cafe di Banyuwangi yang unik dan menarik. Cafe ini menawarkan pengalaman yang berbeda, dimana menu yang tersedia benar-benar khas dan pada berbagai olahan buah naga.

Mulai dari jus buah naga segar, smoothie, sampai berbagai makanan penutup berbahan dasar buah naga seperti pudding dan cake. Bahan-bahan segar yang digunakan, terutama buah naga yang dipetik langsung dari kebun, memberikan rasa terbaik dan kualitas tinggi pada setiap hidangan yang disajikan.

Namun di samping itu, cafe ini tetap menyajikan hidangan lokal dan internasional yang tidak kalah lezat. Jadi bagi yang kurang suka buah naga, ada menu non-dragon fruit yang bisa dipesan.

  • Alamat: Jalan Juanda No.46 – 49, Dusun Kp. Baru, Jajag, Kecamatan Gambiran, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.
  • Jam Buka: 13.00 WIB – 00.00 WIB
  • Harga: Rp5 ribu – Rp30 ribu

4. Kedai Galengan

Terletak di daerah pedesaan yang tenang, Kedai Galengan menawarkan pengalaman bersantap yang berbeda dari kebanyakan tempat makan modern. Pengunjung dapat menikmati keindahan pemandangan sawah yang hijau dan suasana pedesaan yang sejuk.

Sesuai dengan suasana yang dihadirkan, menu yang ditawarkan juga lebih berfokus pada masakan tradisional Indonesia, khususnya hidangan khas Jawa Timur. Pengunjung dapat menikmati berbagai sajian lezat seperti nasi pecel, rawon, soto, dan beragam lauk pauk yang menggugah selera.

Sedangkan untuk minuman, tersedia aneka minuman tradisional seperti wedang jahe, teh, dan es cendol yang menyegarkan.

  • Alamat: Jalan Tidar barat smp 3, Singotrunan, Kecamatan Banyuwangi, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.
  • Jam Buka: 11.00 WIB – 22.00 WIB
  • Harga: Rp5 ribu – Rp50 ribu

5. Steven Coffee

Berikutnya ada Steven Coffee, cafe di Banyuwangi yang sempurna bagi para pecinta kopi yang mencari suasana nyaman dan modern. Terletak di jantung kota Banyuwangi, cafe ini menawarkan suasana yang hangat dengan desain interior yang stylish dan kontemporer.

Para pengunjung bisa menikmati suasana yang tenang dengan dekorasi minimalis yang menambah kesan elegan. Steven Coffee menjadi tempat favorit bagi mereka yang ingin bersantai, bekerja, atau sekadar menghabiskan waktu bersama teman.

Menu yang ditawarkan di Steven Coffee sangat beragam, mulai dari espresso, cappuccino, latte, hingga berbagai jenis kopi spesialti. Semuanya disiapkan dengan biji kopi berkualitas yang dipilih dengan cermat.

  • Alamat: Jalan Kolonel Sugiono No.11, Kertosari, Tukangkayu, Kecamatan Banyuwangi, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.
  • Jam Buka: 10.00 WIB –01.00 WIB
  • Harga mulai: Rp12 ribu – Rp25 ribu

BACA JUGA: Resep Nasi Tempong Khas Banyuwangi, Sederhana Tapi Nagih!

6. Indische 1931 Banyuwangi

cafe di banyuwangi
Unsplash/Ceyda Ciftci

Indische 1931 di Banyuwangi merupakan cafe di Banyuwangi dengan suasana vintage yang terasa kental. Desain yang diusung, mampu mengajak para pengunjung untuk merasakan kembali nuansa era kolonial di masa lampau sebelum Indonesia merdeka.

Terletak di sebuah bangunan bersejarah yang dipertahankan dengan baik, Indische 1931 menawarkan pengalaman bersantap yang unik dan berkelas. Interiornya dihiasi dengan dekorasi antik, foto-foto lama, dan perabotan klasik yang menciptakan atmosfer nostalgik dan elegan.

Tempat ini menjadi magnet bagi mereka yang tertarik pada sejarah dan ingin menikmati suasana yang berbeda dari Cafe modern pada umumnya.

  • Alamat: Jalan Singosari, Taman Baru, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.
  • Jam Buka: 15.00 WIB – 23.00 WIB
  • Harga: Rp12 ribu – Rp25 ribu

7. Kedai Kopi Handy

Kedai Kopi Handy di Banyuwangi bisa menjadi opsi bagi para pecinta kopi yang sedang mencari tempat dengan nuansa hangat dan nyaman. Ya, kedai ini menyuguhkan suasana yang ramah dan santai, sangat cocok untuk menghabiskan waktu bersama teman atau menikmati waktu sendirian.

Interior Kedai Kopi Handy didesain dengan sentuhan rustic dan dekorasi yang kreatif, menciptakan lingkungan yang instagrammable dan menarik.

Menu yang tersedia di sini juga sangat beragam. Sedulur dapat menikmati pilihan kopi klasik seperti espresso, cappuccino, dan latte. Selain kopi, kedai ini juga menawarkan berbagai minuman lain seperti teh, jus segar, dan minuman non-kafein.

  • Alamat: Jalan Letjen Sutoyo No.11, Penganjuran, Kecamatan Banyuwangi, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.
  • Jam Buka: 07.00 WIB – 00.00 WIB
  • Harga mulai: Rp 8 ribu – Rp25 ribu

8. Sweets Dessert

Jika Sedulur gemar atau suka dengan dessert dan makanan-makanan manis, maka Cafe Sweets Dessert mungkin bisa menjadi pilihan yang sangat tepat. Cafe di Banyuwangi ini akan memanjakan para pecinta hidangan manis dengan berbagai pilihan dessert yang lezat dan menggugah selera.

Interior Cafe yang didesain dengan estetika yang memikat, membuatnya menjadi tempat yang sempurna untuk bersantai sambil menikmati hidangan penutup yang nikmat.

Menu di Cafe Sweets Dessert sendiri sangat bervariasi. Sedulur dapat menikmati berbagai jenis kue, tart, mousse, dan puding yang disajikan dengan tampilan yang menarik. Salah satu menu andalannya adalah aneka macam crepes dan waffle yang disajikan dengan topping beragam.

  • Alama: Pengantigan, Kecamatan Banyuwangi, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.
  • Jam Buka: 14.00 WIB – 22.00 WIB
  • Harga: Rp4 ribu – Rp20 ribu

9. Dominance Coffee

Dominance Coffee menawarkan suasana yang nyaman dan estetis, dengan desain interior yang chic dan kontemporer. Cafe di Banyuwangi ini menjadi tempat favorit untuk bekerja, bersantai, atau berkumpul bersama teman, berkat suasananya yang tenang dan penataan ruang yang menarik.

Menu di Dominance Coffee berupa aneka macam varian kopi yang diseduh dengan teknik-teknik terbaik. Sedulur dapat menikmati beragam jenis kopi yang dibuat menggunakan biji kopi pilihan dari berbagai daerah di Indonesia.

Jika Sedulur tidak terlalu suka kopi-kopian, Cafe ini juga menyediakan beberapa pilihan minuman non-Cafein yang bisa dipesan. Jadi tidak perlu khawatir jika ingin berkunjung.

  • Alamat: Jalan Kertanegara No.10 A, Kebalenan, Kecamatan Banyuwangi, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.
  • Jam Buka: 14.00 WIB – 23.00 WIB
  • Harga: Rp9 ribu – Rp100 ribu

10. Omah Majapahit Café & Resto

Sesuai dengan namanya, Omah Majapahit Café & Resto menggunakan konsep bangunan yang megah dengan arsitektur Jawa yang klasik. Hal ini tentu saja menambah keindahan tempat ini, sekaligus memancarkan pesona dan keanggunan sejarah Majapahit.

Cafe ini menghadirkan atmosfer yang tenang dan menenangkan, sempurna untuk menghabiskan waktu bersama keluarga atau teman-teman. Menu di Omah Majapahit Café & Resto menggabungkan cita rasa tradisional Jawa dengan sentuhan modern.

Sedulur dapat menikmati hidangan khas Jawa Timur yang kaya akan rempah-rempah, hidangan internasional, hingga aneka pilihan minuman.

  • Alamat: Jalan Majapahit No.40, Taman Baru, Kecamatan Banyuwangi, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.
  • Jam Buka: 11.30 WIB – 21.00 WIB
  • Harga: Rp15 ribu – Rp115 ribu

BACA JUGA: 10 Rekomendasi Resort di Banyuwangi, Cocok untuk Liburan

11. D&A Café

cafe di banyuwangi
Unsplash/Cagan Sevencan

D&A Café menawarkan suasana yang hangat dan modern dengan desain interior yang elegan dan minimalis. Cafe ini menjadi tempat yang sempurna untuk bersantai sambil menikmati secangkir kopi atau menikmati hidangan ringan bersama teman atau keluarga.

Menu di D&A Café sendiri berupa aneka pilihan jenis kopi mulai dari americano, espresso, sampai kopi dengan berbagai teknik penyeduhan seperti pour over atau siphon.

Tidak hanya itu, cafe ini juga menyediakan berbagai minuman non-kopi seperti smoothie, teh, dan juga mocktail yang menyegarkan. Berbagai macam menu makanan ringan juga tersedia untuk melengkapi pengalaman bersantap.

  • Alamat: Jalan Kepiting No.60, Tukangkayu, Kecamatan Banyuwangi, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.
  • Jam Buka: 15.00 WIB – 00.00 WIB
  • Harga: Rp7 ribu – Rp15 ribu

12. Metronome Coffee Banyuwangi

Metronome Coffee merupakan cafe di Banyuwangi yang menarik perhatian pengunjung dengan suasana yang modern dan menu kopi berkualitas tinggi. Di sini, para pengunjung dapat menikmati suasana yang tenang sambil menikmati kopi berkualitas atau sekedar bersantai dengan teman atau keluarga.

Para pengunjung bisa memilih dari berbagai macam minuman kopi mulai minuman non-kopi, dan juga makanan ringan. Pelayanan di Metronome Coffee dikenal ramah dan profesional, dengan staf yang siap memberikan layanan terbaik kepada setiap pengunjung.

Kebersihan dan kenyamanan tempat juga dijaga dengan baik, menciptakan lingkungan yang menyenangkan bagi semua orang yang datang.

  • Alamat: Jalan Adi Sucipto, Sobo, Kecamatan Banyuwangi, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.
  • Jam Buka: 07.00 WIB – 22.30 WIB
  • Harga: Rp5 ribu – Rp60 ribu

13. Palm Sugar Cafe

Palm Sugar Cafe menawarkan pengalaman bersantap yang unik dengan suasana yang asri dan makanan yang lezat. Bangunan Cafe yang didesain dengan gaya tropis menghadirkan nuansa yang santai dan menyenangkan bagi para pengunjung.

Menu di Palm Sugar Cafe berupa hidangan khas Indonesia dan internasional yang disiapkan dengan bahan-bahan segar dan berkualitas. Sedulur bisa menikmati berbagai macam masakan yang lezat.

Cafe ini juga menawarkan berbagai pilihan minuman, seperti kopi, teh, jus buah segar, dan lain sebagainya. Setiap hidangan tentu saja disajikan dengan tampilan atau presentasi yang menarik dan juga cita rasa yang autentik.

  • Alamat: Jalan Kuntulan No.135, Lingkungan Karang Ase, Bakungan, Kecamatan Glagah, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.
  • Jam Buka: 10.00 WIB – 21.30 WIB
  • Harga: Rp15 ribu – Rp90 ribu

14. Jiwa Toast

Berikutnya ada Jiwa Toast, cafe dengan konsep unik yang berfokus pada hidangan roti bakar dan suasana yang santai. Terletak di pusat kota, cafe ini menawarkan suasana yang ramah dan menyenangkan bagi para pengunjung yang ingin bersantai atau berkumpul bersama teman dan keluarga.

Interior Cafe yang sederhana namun modern menciptakan suasana yang nyaman dan mengundang. Menu di Jiwa Toast sendiri adalah varian roti bakar (toast) dengan berbagai pilihan topping yang menggugah selera.

Para pengunjung dapat memilih dari berbagai macam rasa dan kombinasi seperti selai kacang, keju, pisang, telur, dan masih banyak lagi.

  • Alamat: Jalan Kepiting No.77, Tukangkayu, Kecamatan Banyuwangi, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.
  • Jam Buka: 10.00 WIB – 22.00 WIB
  • Harga: Rp12 ribu – Rp25 ribu

15. Cafe d’Copiz

Rekomendasi cafe di Banyuwangi yang terakhir adalah Cafe d’Copiz. Cafe ini menggabungkan kelezatan kopi dengan atmosfer yang santai dan nyaman. Cafe d’Copiz benar-benar sangat cocok untuk bersantai atau berkumpul bersama teman, keluarga, atau bahkan pasangan.

Interior cafe yang terkesan modern dan sederhana, mampu menciptakan suasana yang menyenangkan bagi pengunjung yang ingin menikmati secangkir kopi yang berkualitas. Menu di Cafe d’Copiz adalah beragam jenis kopi dari berbagai daerah di Indonesia.

Selain kopi, Sedulur juga bisa memesan berbagai macam minuman non-kopi. Mulai dari teh, jus buah segar, dan masih banyak lagi yang lainnya.

  • Alamat: Jalan Brawijaya, Kebalenan, Kecamatan Banyuwangi, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.
  • Jam Buka: 12.00 WIB – 00.00 WIB
  • Harga: Rp9 ribu – Rp35 ribu

Dari kesan tradisional sampai nuansa modern yang elegan, berbagai cafe di Banyuwangi menawarkan berbagai pilihan yang menggiurkan bagi para pecinta kopi dan juga pengunjung yang mencari tempat bersantai yang istimewa.

Setiap cafe tentu saja memiliki ciri khasnya sendiri, mulai dari rasa kopi yang autentik sampai suasana yang ada di lokasi. Ya, setiap kunjungan ke Cafe di Banyuwangi ini akan menjadi pengalaman yang menarik dan tidak terlupakan!

Oia, agar suasana nongkrong di cafe tidak membosankan, Sedulur bisa mencoba cemilan krezi terbaik seperti YumiKrez untuk dijadikan snack nongkrong. Cemilan berbentuk net yang Yumi Rasanya Krezi Isinya ini cocok banget jadi teman ngobrol yang asik bersama teman-teman, apalagi dengan isi yang banyak nggak habis-habis.

Sedulur bisa menemukan Yumikrez dengan mudah karena tersedia di toko kelontong dan juga di SuperApp lho. SuperApp adalah aplikasi yang membantu kulakan sembako dan barang kebutuhan pokok untuk toko atau kebutuhan sehari-hari di rumah jadi mudah. Untuk informasi lebih banyak, Sedulur bisa mengikuti Instagram SuperApp.