Bebek goreng Surabaya

Bebek goreng memang menjadi salah satu menu andalan ketika wisatawan berkunjung ke Surabaya. Tidak heran banyak sekali warung bebek goreng Surabaya yang bisa dijumpai. Namun, jika ingin merasakan sensasi makan bebek goreng Surabaya terbaik tentu harus mengetahui tempat yang tepat.

Ada beberapa spot yang menyediakan menu bebek goreng dengan rasa super lezat. Bila Sedulur penasaran dan sedang mencari lokasi tersebut, maka bisa menyimak ulasan lengkap tentang tempat makan bebek goreng Surabaya terbaik berikut ini!

BACA JUGA: Mengenal Petis Udang, Bumbu Rahasia Makanan Khas Surabaya

1. Bebek Tugu Pahlawan

Bebek goreng Surabaya
Unsplash/Chuttersnap

Tempat makan bebek pertama  adalah Bebek Tugu Pahlawan. Nama warung bebek goreng Surabaya ini diambil lantaran lokasinya yang berada dekat dengan ikon Kota Surabaya, yaitu Tugu Pahlawan. Jadi Sedulur bisa langsung menikmati suasana Surabaya sambil menyantap menu bebek goreng saat berkunjung ke sini.

Untuk rasa, bebek goreng di Tugu Pahlawan memiliki rasa yang sangat gurih. Teksturnya juga renyah tapi dengan daging bagian dalamnya tetap empuk tidak alot. Salah satu ciri khas menu bebek goreng Surabaya satu ini ada pada kombinasi serundeng dan sambalnya yang nampol.

2. Bebek Sinjay

Selanjutnya ada warung bebek goreng yang sudah sangat terkenal dan legendaris, yaitu Bebek Sinjay. Warung satu ini sebenarnya memiliki resep asli dari Madura, tapi karena memiliki banyak peminat di Surabaya, Bebek Sinjay akhirnya banyak bermunculan.

Jika Sedulur datang ke warung Bebek Sinjay, maka akan mendapatkan sajian menu yang unik yaitu sambal pencit. Sambal ini terbuat dari campuran cabe dan mangga muda sehingga akan memberikan sensasi segar kala makan bebek goreng Surabaya.

3. Bebek Haji Wachid Hasyim

Jika Sedulur sedang bertolak ke Surabaya dan melewati Jalan Raya Jemursari, maka harus mencoba menu bebek goreng dari Warung Bebek Haji Wachid Hasyim. Tempat makan bebek goreng ini termasuk legendaris karena rasanya yang istimewa.

Salah satu alasan Bebek Haji Wachid Hasyim selalu ramai dikunjungi karena porsinya yang besar. Sedulur bisa merasakan satu potong bebek penuh daging yang sangat lezat dicocol dengan sambal. Harga untuk bebek ini tergolong lumayan mahal, tapi dijamin kamu tidak akan menyesal.

4. Bebek Palupi

Bebek Palupi menjadi spot selanjutnya yang tidak boleh Sedulur lewatkan. Bertempat di salah satu ruko daerah Rungkut Asri Tengah, Sedulur bisa mencicipi bebek dengan bumbu rempah terbaik. Rasa bebek di sini pun terkenal sangat gurih hingga ke ujung tulang.

Sedulur juga akan mendapatkan banyak pilihan sambal untuk jadi teman menyantap bebek goreng Surabaya satu ini. Bebek Palupi semakin spesial lantaran harganya termasuk murah meriah sehingga bisa disantap bersama dengan teman-teman.

5. Bebek Purnama Asli

Bebek goreng Surabaya selanjutnya adalah Purnama Asli. Warung makan bebek ini sudah sangat terkenal dan jadi yang terbaik di Jawa Timur. Berdiri sejak tahun 1992, bumbu yang digunakan untuk membuat bebek goreng sudah tidak perlu diragukan lagi.

Meskipun hanya berbentuk warung kaki lima, Bebek Purnama Asli memiliki ratusan pelanggan tiap bulannya. Untuk bisa mencari lokasi kuliner ini, Sedulur bisa mengunjungi Jalan Dinoyo, tepatnya berada di depan Bioskop Purnama Surabaya.

Ciri khas dari menu Bebek Purnama Asli adalah bumbu hitam dan serundengnya. Perpaduan setiap rempah dan bumbu ini begitu seimbang sehingga rasa yang dihasilkan juga maksimal. Untuk sambal, dijamin nampol dan bisa membuat Sedulur ketagihan!

BACA JUGA: Nasi Becek Pojok: Kuliner Legendaris di Nganjuk

6. Warung 75 Nasi Bebek Bu Nur

Resep nasi tempong
Unsplash/Peter Teofilus

Warung 75 Nasi Bebek Bu Nur merupakan salah satu tempat makan legendaris yang terletak di Jalan Ngagel Rejo Kidul No.46, Ngagel Rejo, Wonokromo. Warung ini telah menjadi favorit bagi banyak orang, yang mencari cita rasa otentik dari masakan bebek khas Jawa Timur.

Di sini, Sedulur bisa menemukan menu nasi bebek dada dengan harga Rp18 ribu. Selain bebek, ada pula menu nasi ayam dada. Tidak hanya potongan bebek atau ayam saja, para pengunjung juga dapat membeli bebek dan ayam dengan bentuk satu ekor penuh.

Di samping itu, minuman yang dapat dipesan seperti teh hangat, es teh, jeruk hangat, es jeruk, ataupun es cao yang terbuat dari campuran cincau hitam serta sirup yang segar.

7. Bebek Goreng Cak Yudi

Bebek Goreng Cak Yudi dikenal dengan bumbu khasnya yang benar-benar meresap dengan sempurna sampai ke dalam daging. Selain itu, daging bebeknya terasa sangat empuk namun tetap renyah di bagian luar atau kulitnya.

Sedulur bisa memesan menu nasi bebek dada atau nasi bebek paha dengan harga hanya Rp 29.500 saja. Selain kedua bagian tersebut, Sedulur juga dapat menikmati bagian kelapa bebek atau ati dengan harga mulai dari Rp 13 ribu.

Hidangan bebek goreng juga disajikan dengan sambal khas yang pedas dan menggugah selera. Bagi yang tertarik, bisa langsung datang ke Jalan Tanjung Torawitan Nomor 29, Perak Barat, Krembangan.

8. Nasi Bebek Pak Sayeki

Nasi Bebek Pak Sayeki adalah salah satu destinasi kuliner yang wajib dikunjungi bagi pecinta bebek goreng ketika berada di Surabaya. Dengan bumbu kaya rempah, daging bebek yang empuk dan renyah, serta sambal pedas yang menggugah selera, pengalaman makan di sini dijamin memuaskan.

Apalagi suasana yang sederhana namun nyaman, tentu saja menambah kesan positif bagi para pengunjung yang datang dan menikmati hidangan. Nasi Bebek Pak Sayeki sendiri beralamat di Jalan Dharmahusada Nomor 117-A, Mojo, Gubeng, Surabaya.

Buka antara pukul 12.00 WIB sampai 22.00 WIB, Sedulur bisa menikmati seporsi nasi bebek dengan harga mulai dari Rp19 ribu.

9. Warung Bebek Purnama “P. Saridin”

Warung Bebek Purnama “P. Saridin” menjadi destinasi kuliner yang tidak boleh dilewatkan. Warung Bebek Purnama “P. Saridin” ini, tepatnya terletak di Jalan Dinoyo Nomor 22, Keputran, Tegalsari, Surabaya, buka mulai dari pukul 16.00 WIB hingga 00.00 WIB.

Di warung bebek yang satu ini, Sedulur dapat memesan satu porsi nasi bebek goreng bagian dada atau paha dengan harga yang cukup terjangkau, yakni Rp24 ribu saja. Bagi yang tidak terlalu suka dengan daging bebek, maka bisa memesan menu ayam goreng.

Menariknya lagi, Sedulur juga dapat menambah menu yang lain seperti tempe serta tahu yang dibenderol dengan harga sebesar Rp4 ribu.

10. Bebek Hitam

Berikutnya ada Bebek Hitam, warung bebek bumbu hitam di Surabaya yang wajib dikunjungi oleh para pecinta makanan dengan cita rasa kuat dan unik. Dijamin, pengalaman makan yang ada di sini akan memuaskan lidah Sedulur.

Bukan tanpa alasan, warung yang satu ini menawarkan kelezatan bebek bumbu hitam yang khas dan telah mendapat tempat di hati para pecinta kuliner di Surabaya.

Bebek Hitam sendiri dapat Sedulur nikmati di Jalan Klampis Ngasem Nomor 43, Sukolilo. Mulai buka dari pukul 11.00 WIB sampai 23.00 WIB, seporsi bebek hitam dibanderol dengan harga Rp21 ribu. Sementara itu, ada juga menu ayam hitam dengan harga yang sama.

BACA JUGA: 7 Cafe Hidden Gem di Surabaya, Tempatnya Tersembunyi Tapi Cozy

11. Bebek Goreng HT

Bebek goreng Surabaya
Unsplash/Jonathan Lim

Bebek Goreng HT di Surabaya menawarkan pengalaman kuliner yang istimewa. Ditambah lagi dengan lalapan segar, serundeng gurih, pelayanan yang ramah, dan juga suasana yang nyaman, warung yang satu ini menjadi pilihan favorit bagi banyak orang.

Berbagai keistimewaan inilah yang menjadikan Bebek Goreng HT sebagai salah satu destinasi kuliner terbaik di Surabaya untuk menikmati hidangan bebek goreng.

Sedulur harus perlu merogoh kocek sekitar Rp30 ribu untuk bisa menikmati satu porsi nasi bebek dada atau paha. Lokasi Bebek Goreng HT sendiri ada di Jalan Karang Empat Besar Nomor 24, Ploso, Tambaksari. Mereka buka dari pukul 15.30 WIB sampai 21.00 WIB.

12. Bebek Goreng Harissa

Bebek Goreng Harissa di Surabaya menawarkan pengalaman kuliner daging bebek yang unik dengan bumbu spesial. Selain itu, suasana nyaman dan pelayanan yang ramah menambah daya tarik tempat ini, menjadikannya destinasi yang wajib dikunjungi bagi pecinta bebek goreng.

Popularitas dan reputasi yang baik menunjukkan bahwa Bebek Goreng Harissa adalah salah satu tempat makan terbaik di Surabaya untuk menikmati hidangan bebek yang lezat. Bebek Goreng Harissa bertempat di Jalan Dr. Ir. H. Soekarno Nomor 487, Penjaringan Sari, Rungkut.

Di warung bebek ini, Sedulur dapat menikmati seporsi bebek goreng dengan harga sebesar Rp35 ribu. Selain itu, Sedulur juga bisa menikmati menu bebek dengan sambal hijau yang khas.

13. Bebek Canggih

Bebek Canggih bisa ditemukan di Jalan Bagong Ginayan IV Nomor 49, Ngagel, Wonokromo. Terdapat menu nasi bebek ungkep dengan bumbu rempah yang khas. Satu porsi menu bebek di tempat ini, dihargai Rp27 ribu. Tidak hanya bebek goreng, ada pula menu ayam goreng seharga Rp24 ribu.

Bebek Canggih terkenal dengan bumbunya yang khas dan autentik. Bumbu rempah-rempah tradisional yang digunakan memberikan cita rasa yang kuat dan tentu saja berbeda dari warung-warung lainnya.

14. Depot Pak Qomar (Bebek Goreng & Ayam Goreng)

Berikutnya ada Depot Pak Qomar, yang merupakan salah satu tempat makan yang terkenal dengan sajian bebek goreng dan ayam goreng yang lezat di Surabaya. Depot Pak Qomar sendiri berada di Jalan Raya Lontar Nomor 1, Sambikerep.

Buka dari pukul 10.00 WIB sampai 18.30 WIB, Sedulur bisa memesan menu paha bebek super dengan harga Rp20 ribuan saja. Bukan hanya paha, ada juga menu dada bebek super yang dapat dipesan.

Perlu untuk diketahui, tempat makan bebek legendaris di Surabaya ini telah berdiri sejak tahun 1996 lalu, dan sampai sekarang dikenal dengan cita rasa bumbu yang tidak pernah berubah.

15. Bebek Goreng Papin

Bebek Goreng Papin diracik dengan bumbu khas, sehingga mampu menciptakan cita rasa yang khas. Hidangan bebek goreng ini juga disajikan bersama sambal pedas yang khas dan nikmat. Sambal tersebut dibuat dari cabai segar dan bumbu-bumbu lainnya yang memberikan rasa yang menggugah selera.

Bebek Goreng Papin sendiri bisa ditemukan di Jalan Pecindilan, Kapasari, Genteng. Warung tersebut mulai buka dari pukul 17.00 WIB hingga 20.00 WIB. Terdapat aneka menu bebek goreng seperti dada dan paha lengkap dengan nasi, yang dibanderol dengan harga mulai dari Rp19 ribu.

Selain itu, Sedulur juga dapat tambah ceker, kepala, rempelo hati, brutu, atau usus kepang dengan harga mulai dari Rp3.500.

16. Bebek Goreng H. Slamet

Bebek Goreng H. Slamet terkenal dengan kelezatan dan ciri khasnya. Warung ini memang berpusat di kota Solo, namun kini telah berkembang dan mempunyai banyak cabang di beberapa kota besar Indonesia lainnya seperti Semarang, Malang, Yogyakarta, dan tentu saja Surabaya.

Untuk cabang yang ada di Surabaya, Sedulur bisa menemukannya di Jalan Darmo Permai Timur I Nomor 3, Sonokwijenan, Sukomanunggal. Warung ini buka dari pukul 10.00 WIB sampai 20.30 WIB. Sementara untuk menunya sangat beragam, dibanderol mulai dari Rp36 ribu sampai Rp42 ribu.

BACA JUGA: Mengulik Resep Nasi Minyak Surabaya Yang Viral Nan Lezat!

Resep Bebek Goreng Surabaya

Bebek goreng Surabaya
Unsplash/Brian Fathurohman

Jika Sedulur rindu ingin mencicipi bebek goreng tapi malas datang ke Surabaya, maka Sedulur bisa mencoba membuatnya sendiri di rumah. Tenang, resep dan cara membuatnya mudah kok.

Bahan:

  • 1 ekor atau sekitar 1,5 kg bebek
  • 2 buah jeruk nipis
  • Minyak Goreng Perirasa
  • 2 batang serai
  • 2 lembar daun salam
  • 3 lembar daun jeruk
  • 2 cm lengkuas, memarkan
  • 5 liter air

Bumbu halus:

  • 7 siung bawang putih
  • 4 butir bawang merah
  • 2 butir kemiri
  • 1 cm jahe
  • 2 cm kunyit
  • 1/2 sdt merica butiran
  • 1 sdt gula pasir
  • 2 sdt garam

Cara membuat:

  • Cuci bersih bebek lalu potong menjadi 4 bagian. Lumuri bebek dengan air jeruk nipis dan diamkan beberapa saat. Ini penting agar bebek tidak terlalu amis.
  • Tumis bumbu halus hingga harum dan matang.
  • Masukkan daun salam, daun jeruk, serai dan lengkuas, aduk hingga layu.
  • Masukkan potongan bebek, aduk hingga kaku dan warnanya putih.
  • Tuang air dan didihkan bebek. Tutup wajan, masak dengan api kecil hingga bebek benar-benar empuk dan kuahnya habis atau meresap.
  • Angkat bebek dan tiriskan.
  • Panaskan minyak banyak dalam wajan besar. Tunggu sampai benar-benar panas.
  • Goreng bebek hingga terendam minyak. Diamkan sampai bebek berwarna kecokelatan dan kering. Angkat dan tiriskan.
  • Sajikan bebek goreng dengan sambal.

Bila ingin memasak menu bebek goreng, Sedulur tidak perlu khawatir karena bahan-bahan resepnya bisa ditemukan dengan mudah di toko kelontong dan di SuperApp. Jadi dijamin tidak akan kerepotan saat membuatnya.

Bebek goreng memang jadi salah satu menu spesial di Surabaya. Banyak wisatawan yang rela jauh-jauh datang ke Kota Pahlawan untuk bisa mencicipi kelezatan makanan tersebut. Kira-kira bebek goreng Surabaya mana nih yang jadi favorit Sedulur? Atau Sedulur memiliki resep bebek goreng yang tidak kalah lezat dengan warung-warung di atas?

Oia saat Sedulur berwisata kuliner, jangan lupa untuk selalu membawa air mineral ya. Selain bisa menetralkan rasa masakan, air mineral juga membantu tubuh untuk selalu segar setiap saat. Sedulur bisa mencoba Air Minum Pirlo yang cocok jadi teman untuk berwisata kuliner.

Kamu tidak perlu khawatir karena Air Minum Pirlo memiliki kemasan yang praktis dan mudah dibawa kemanapun. Belum lagi, harganya yang terjangkau dan tersedia di toko kelontong serta SuperApp.

SuperApp adalah aplikasi yang membantu kulakan sembako dan barang kebutuhan pokok untuk toko atau kebutuhan sehari-hari di rumah jadi mudah. Kalau kamu tertarik menggunakan SuperApp, bisa cari tahu lebih banyak informasinya lewat media sosial Instagram SuperApp.