11 Rekomendasi Kuliner Ayam Goreng di Surabaya yang Terenak

Walaupun kuliner seperti rawon dan rujak cingur jadi buruan utama saat berkunjung ke Surabaya. Sedulur tetap bisa mencoba menu ayam goreng Surabaya yang aman dan pernah salah untuk dijadikan menu sarapan hingga makan malam. Apalagi ayam goreng memang jadi menu makanan yang hampir semua orang suka di berbagai situasi.

Walaupun menu ayam goreng Surabaya memang terlihat biasa dan bisa ditemukan di daerah lain, ada beberapa keunikan yang hanya bisa Sedulur temukan ketika menyantap makanan ini di Kota Pahlawan lho. Salah satunya adalah penggunaan bumbu rempah berwarna hitam yang biasanya dipakai sebagai siraman di menu bebek goreng.

Tidak hanya soal bumbu rempahnya saja yang tersohor, sambal yang diberikan juga pasti bikin orang tidak akan bisa melupakan menyantap ayam goreng Surabaya. Dimana sambal yang disajikan biasanya berupa sambal korek dengan rasa yang super pedas.

Nah, kalau Sedulur tertarik untuk mencicipi kelezatan ayam goreng Surabaya. Berikut ini ada beberapa rekomendasi tempat makan yang menarik untuk dikunjungi. Jadi simak baik-baik ya!

BACA JUGA: 9 Restoran Chinese Food di Surabaya yang Paling Enak

1. Ayam Goreng Asli Pemuda

aneka resep ayam goreng kampung
Unsplash/Streets of Food

Ayam Goreng Asli Pemuda sudah dibuka sejak tahun 1972 dan cukup melegenda. Pemiliknya memulai usahanya dengan berjualan ke pedagang kaki lima. Tempat makan ini memiliki dua gerai, yakni di Jalan Manyar Kertoarjo dan Jalan Tidar. 

Kedua lokasi tersebut sama-sama ramai dan enak. Ayam gorengnya renyah, dagingnya empuk dan menggugah selera. Semakin lezat dengan perpaduan nasi putih dan sambal kecap pedas. 

Ayam goreng di sini memiliki ciri khas rasa pedas dan tekstur empuk. Ayam goreng di sini selain dengan kecap manis bisa juga dengan sambal terasi. Selain ayam dada dan paha, ada juga hati ayam, kepala, dan usus. Warungnya buka dari pukul 10.30 sampai 22.30 WIB.

  • Alamat: Jalan Manyar Kertoarjo 40 dan Jalan Tidar 21 Surabaya
  • Kisaran harga: Mulai Rp24.000

2. Ayam Goreng President

Selain Ayam Goreng Asli Pemuda, tak jauh dari situ ada menu lezat lain yakni Ayam Goreng President yang juga tak boleh terlewatkan. Ayam goreng di sini terkenal empuk dan bumbunya sangat nikmat. Penyajiannya ayam gorengnya dengan kecap manis, sambal terasi, dan perasan jeruk nipis. 

Menunya juga meliputi hati, ampela, ceker, dan usus ayam. Ayam Goreng President merupakan salah satu tempat yang terkenal dengan menyajikan ayam goreng lezat khas Surabaya. Lokasinya terletak di Jalan Tidar dan buka mulai pukul 14.30 hingga 23.00 WIB setiap hari. 

Ayam goreng yang disajikan di sini sudah dikenal sejak zaman dahulu. Ayam goreng ini dilumuri bumbu khusus dan biasa disantap dengan sambal pedas yang nikmat. Cocok tidak hanya untuk tempat santapan lezat, tetapi juga nyaman untuk berkumpul bersama teman dan keluarga.

  • Alamat: Jalan Tidar No. 22, Surabaya
  • Kisaran harga: Mulai Rp20.000-an

3. Ayam Goreng Sriwijaya 

Rekomendasi ayam goreng enak di Surabaya selanjutnya adalah Ayam Goreng Sriwijaya. Restoran ini terletak di Jalan Sriwijaya nomor 30. Ayam goreng di sini juga merupakan sajian legendaris yang sudah ada sejak tahun 1973.

Ayam goreng yang ada di sini punya cita rasa renyah, gurih, dan membuat ketagihan. Jika sedang mencari makanan yang mengenyangkan, Sedulur bisa memesan paket lengkap dengan sayur paitan, tahu, tempe goreng, lalapan, dan sambal.

Ayam Goreng Sriwijaya  memiliki ruangan yang luas dengan desain interior modern, cocok untuk makan siang keluarga. Ayam goreng di sini juga menawarkan menu lainnya seperti ayam goreng utuh, ayam goreng paha atau dada, ayam kremes, dan ati ampela. Ayam Goreng Sriwijaya buka setiap hari mulai pukul 11.00 hingga 21.00 WIB.

  • Alamat: Jalan Sriwijaya No. 30, Surabaya
  • Kisaran harga: Mulai Rp5.000-Rp95.000

4. Ayam Goreng Djakarta

Ayam Goreng Djakarta terletak di Jalan Kusuma Bangsa di Kecamatan Genteng. Tempat makan ini buka setiap hari mulai jam 8 pagi hingga 10 malam. Restoran Ayam Goreng Djakarta memiliki area tempat duduk yang cukup luas. Tempatnya besar, bersih, dan pelayanannya cepat.

Menunya enak, terutama ayam goreng kampung yang legendaris. Dari segi harga pastinya sangat bersahabat. Mulai dari Rp25.000 saja Sedulur sudah bisa mendapatkan ayam goreng dengan sambal yang nikmat. Ayam goreng di sini bentuknya sama seperti ayam goreng biasa. Disajikan dengan bumbu kuning, sambal dan lalapan. 

Namun, saat menyantapnya, kesan berbeda akan Sedulur rasakan. Meski ayam lokal, namun dagingnya empuk dan bumbunya meresap hingga ke tulang. Ayam Goreng Djakarta menawarkan menu lain yang terdiri dari ayam goreng utuh satu ekor, ayam goreng tepung, dan ayam goreng penyet. Menu lainnya ada seperti burung dara dan juga berbagai hidangan makanan laut atau seafood.

  • Alamat: Jalan Kusuma Bangsa Nomor 40, Ketabang, Kecamatan Genteng, Surabaya
  • Kisaran harga: Mulai Rp25.000-Rp85.000

5. Ayam Goreng Wong Solo

Siapa yang tak kenal dengan Restoran Ayam Goreng Wong Solo? Tempat makan ini telah menjadi ikon masakan ayam goreng Indonesia dan memiliki cabang hampir di setiap kota. Jika Sedulur pecinta ayam goreng atau ayam bakar, tempat ini wajib dikunjungi. 

Tenang di Surabaya juga ada kok, tepatnya di Jalan Walikota Mustajab, Genteng. Bisa dipastikan makanan di sini enak dan harganya masuk akal alias cukup murah. Rumah makan Ayam Goreng Wong Solo buka setiap hari mulai pukul 09.00 hingga 23.00 WIB dan menyajikan berbagai macam makanan lezat. 

Restoran ini memiliki suasana yang sangat nyaman dan bersih, sehingga Sedulur bisa menikmati hidangan santai bersama keluarga atau teman. Ayam Goreng Wong Solo menjadi favorit pecinta kuliner Surabaya. Terkenal dengan cita rasa ayam goreng dan ayam bakarnya yang khas. Jika Sedulur datang ke Surabaya, jangan lewatkan kesempatan untuk mencicipi lezatnya ayam goreng di restoran ini.

  • Alamat: Jalan Walikota Mustajab No. 3, Genteng, Surabaya
  • Kisaran harga: Mulai Rp25.000

BACA JUGA: Campur Lorjuk, Kuliner Pamekasan yang Gurih dan Nikmat

6. Ayam Goreng Prima Rasa

ayam goreng surabaya
Pexels/Labskiii

Jika Sedulur sedang mencari sajian ayam yang spesial, Restoran Ayam Goreng dan Bakar Prima Rasa adalah tempatnya. Rumah makan ini memiliki ruangan yang luas dengan dua area terpisah dan ruang VIP yang nyaman di tengah ruang publik. Terdapat juga area darurat jika warung makan penuh. 

Tempat ini populer di kalangan pecinta kuliner dan selalu ramai pada hari libur dan hari kerja. Prima Rasa menawarkan lebih dari sekedar ayam goreng dan bakar. Jika tidak suka ayam, Sedulur juga bisa mencoba gurami goreng/asam manis, aneka ikan sambal, dan hidangan seafood lezat lainnya. 

Diketahui juga bahwa ada berbagai jenis sambal yang sangat enak dan sesuai dengan selera Sedulur di sini. Mulai dari sambal bawang, terasi, tomat, dan lainnya. Harga Prima Rasa sangat terjangkau untuk sekali makan, sehingga Sedulur bisa menikmati makanan lezat tanpa merogoh kocek terlalu dalam.

  • Alamat: Jalan Manyar Kertoarjo No. 68-70, Jalan A.Yani No. 166, dan di Jalan Kusuma Bangsa No. 3A, Surabaya.
  • Kisaran harga: Mulai Rp25.000

7. Ayam Goreng Suharti

Rumah Makan Ayam Goreng Suharti merupakan salah satu tempat makan yang sudah banyak dikenal di kalangan pecinta makanan lezat. Tempat yang terkenal di seluruh kota di Indonesia ini menawarkan ayam goreng dengan cita rasa yang khas. 

Ayam goreng di sini dibuat dengan perpaduan bumbu yang sangat gurih sehingga menghasilkan sajian ayam goreng yang lezat dan unik. Ayam goreng di sini juga ada kremesan yang cocok dipadukan dengan kelembutan daging ayamnya.

Jika Sedulur berada di Surabaya, cabang restoran ayam goreng ini ada di Jalan Raya Gubeng (sudut Pasar Keputran). Tempat makan buka setiap hari mulai pukul 08.00-21.00 WIB.

  • Alamat: Jalan Sulawesi No.19, Gubeng, Kec. Gubeng, Surabaya, Jawa Timur
  • Kisaran harga: Mulai 58.000 (porsi setengah ekor)

8. Ayam Goreng Kayu Tangan

Ayam Goreng Kayu Tangan adalah salah satu tempat makan terpopuler di Jalan Bratan Gede, Surabaya. Rumah makan ini menyajikan ayam goreng dan bebek yang lezat. Ayam kampung dicampur dengan bumbu tradisional dan digoreng dengan minyak panas.

Rasanya sangat nikmat dan aroma bumbunya tetap melekat di lidah. Makin nikmat apalagi disandingkan dengan nasi panas dan sambal. Tempat makan ini buka dari pukul 09.30-21.30 WIB.

  • Alamat: Jalan Bratang Gede, Surabaya
  • Kisaran harga: Mulai Rp18.000

9. Ayam Goreng Rodjo Mongso

Ayam Goreng Rodjo Mongso juga tak kalah legendarisnya. Banyak orang berkunjung setiap hari untuk makan ayam goreng lezat di sini. Ayam goreng dari Rojo Mongso merupakan ayam goreng khas yang dilumuri bumbu ketumbar yang nikmat dan lezat. 

Harga satu porsi ayam goreng juga murah. Kalau mau pesan ayam goreng utuh cukup bayar Rp96.000 saja. Namun jika tidak suka ayam goreng, Sedulur bisa minta dibakar dengan bumbu manis dan pedas. Tempat makan ini buka setiap hari, pukul 11.00-21.30 WIB.

  • Alamat: Jalan Raya Kupang Baru Nomor 19, Dukuh Kupang, Kecamatan Dukuhpakis, Surabaya, Jawa Timur.
  • Kisaran harga: Mulai Rp30.000-an

10. Ayam Kremes Sultan

Ayam Goreng Kremes Sultan ini merupakan olahan ayam goreng yang populer dan viral di Surabaya. Menu ini bisa dipesan melalui ojek online dengan harga terjangkau. Tapi Sedulur juga bisa langsung ke gerainya di Jalan Gubeng Kertajaya V Raya salah satunya.

Ayam goreng kremes di sini bisa diberi tambahan bumbu kuning atau sambal sultan yang pedas nikmat. Daging ayamnya juga gurih dan lembut.

  • Alamat: Jalan Gubeng Kertajaya V Raya No 17 hingga Jalan Siwalankerto Timur No. 229
  • Kisaran harga: Mulai Rp13.000-an

11. Ayam Goreng Djayakarta Tidar

tempat makan bangil ayam goreng
Pixabay/Zapaceh6350

Ayam goreng di sini terkenal enak dan murah. Khususnya bagi pelajar dan anak kos di Surabaya yang selalu mampir ke warung ayam goreng ini. Ya, apalagi kalau bukan Ayam Goreng Djayakarta Tidar. 

Ayam goreng di sini ciri khasnya ayam bumbu kuning khas Jawa Timur dengan lalapan lengkap. Selain ayam goreng yang populer, menu lainnya antara lain bebek goreng, lele goreng, dan sayur asem. Ayam Goreng Djayakarta Tidar buka setiap hari dari pukul 10.00 WIB sampai 22.00 WIB.

  • Alamat: Jalan Tidar Nomor 91, Petemon, Kecamatan Sawahan, Surabaya, Jawa Timur
  • Kisaran harga: Mulai Rp25.000

Itulah tadi beberapa rekomendasi ayam goreng Surabaya yang wajib Sedulur coba. Tapi menu ayam goreng seperti ini juga sangat mudah dicoba di rumah lho. Sedulur bisa mencoba resep ayam goreng Surabaya sederhana berikut ini kalau ingin membuatnya.

Belum lagi untuk membuat ayam goreng juga tidak repot. Apalagi kalau Sedulur memakai Tepung Bumbu Kriuk Cap Opung  yang sudah terbukti kualitasnya untuk berbagai jenis masakan. Tepung Renyah Kaya Rempah ini memang tidak pernah salah saat menemani Sedulur memasak di rumah.

Cap Opung

Sedulur juga tidak perlu khawatir karena harga Tepung Bumbu Kriuk Cap Opung juga sangat ekonomis dan terjangkau. Sedulur juga bisa dengan mudah menemukannya di SuperApp, berbagai jenis e-commerce, marketplace sampai toko kelontong lho.

SuperApp sendiri adalah aplikasi yang membantu kulakan sembako dan barang kebutuhan pokok untuk toko atau kebutuhan sehari-hari di rumah jadi mudah. Kalau kamu tertarik menggunakan SuperApp, bisa cari tahu lebih banyak informasinya lewat media sosial Instagram SuperApp.