donasi Aplikasi Super untuk LVRI

Hari Pahlawan yang diperingati setiap tanggal 10 November menjadi pengingat bagi generasi muda untuk terus mengenang jasa-jasa para pahlawan. Berkat mereka, kita semua bisa menikmati kemerdekaan dan hidup nyaman hingga saat ini.

Dalam momentum peringatan Hari Pahlawan beberapa waktu lalu yang berlokasi di Kantor HQ Aplikasi Super, Brigadir Jenderal TNI Marinir Purnawirawan Subagyo Rahman, Ketua Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) Surabaya berkesempatan menceritakan perjuangannya saat masih aktif sebagai tentara Indonesia.

BACA JUGA: Kobarkan Semangat #BeraniJadiPahlawan, Aplikasi Super Bagikan Donasi Senilai Rp 500 juta Kepada Veteran Perang

Subagyo menceritakan betapa perjuangannya dulu melawan serdadu asing tidaklah mudah, bahkan nyawa menjadi taruhannya. Namun, semua perjuangan itu tetap ia lewati demi kemerdekaan Republik Indonesia dapat diakui oleh para penjajah.

“Salah satu pertempuran terhebat yang kami lakukan adalah di kurun waktu tahun 1945 – 1949. Saat itu, Belanda belum mengakui kemerdekaan Indonesia, meski sudah dibacakan proklamasi. Salah satu pertempuran yang paling besar pun terjadi di Surabaya. Arek-arek Surabaya pun tak tinggal diam dan mati-matian melawan para serdadu asing yang ingin merebut kembali kemerdekaan kita,” kenang Subagyo.

Menurut Subagyo, apa yang dulu dilakukan oleh para veteran adalah sebuah perjuangan berat karena tak ingin kembali dijajah setelah dibacakannya Proklamasi pada tanggal 17 Agustus 1945.

Untuk mengenang jasa para pahlawan tersebut, Aplikasi Super bersama WeCare.id pun memberikan apresiasi kepada para veteran perang di Surabaya. Yakni dengan memberikan donasi berupa 1000 paket sembako untuk veteran yang ada di ibu kota Jawa Timur ini.

BACA JUGA: Aplikasi Super Salurkan Donasi Rp 1,6 M Melalui Kementerian Sosial RI

Subagyo, mewakili anggota LVRI Surabaya menyampaikan rasa syukurnya atas donasi yang diterima. Ia mengaku bahagia hingga saat ini masih ada generasi muda yang mengingat keberadaan para veteran perang. Ia berharap kebaikan ini tak berhenti di sini dan selalu diteruskan.

“Terima kasih banyak, Tuhan yang membalas. Veteran ikhlas dan kami hanya bisa mengucapkan terima kasih sebanyak-banyaknya. Jangan putus di sini, (kebaikan) ini harus diteruskan,” kata Subagyo.

Lebih lanjut, Subagyo mengatakan bahwa saat ini banyak veteran yang sudah lanjut usia. Bahkan veteran termuda sudah berusia 75 tahun. Ia pun berharap para veteran bisa menikmati sisa hidup mereka.

“Harapannya para veteran bisa menikmati hari tua dengan sehat, kuat, dan semangat,” tutupnya.

Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) adalah organisasi yang menghimpun para veteran Republik Indonesia dan memiliki ribuan veteran yang tergabung di dalamnya. LVRI dibentuk pada tanggal 1 Januari 1957, namun kemudian diubah menjadi tanggal 2 Januari 1957. Hal ini bertepatan dengan hari pelantikan Badan Pimpinan Pusat LVRI yang pertama oleh Presiden Soekarno. Hingga saat ini, LVRI merupakan satu-satunya organisasi massa dan wadah perjuangan bagi Veteran RI.