Sayur super akan hilang nutrisinya jika diolah dengan cara yang tidak tepat. Yuk, simak cara mengolah sayuran yang benar di bawah ini!

Sedulur wajib mengetahui cara memasak sayur yang benar agar nutrisi dan gizi yang ada pada sayur tidak hilang dan tetap dapat mengalir dalam tubuh. Superapp.id dalam kesempatan kali ini akan memberikan tips super dalam mengolah sayur, dan bisa digunakan untuk mengolah buah super, agar nutrisinya tetap terjaga.

Akan sangat percuma jika kita rajin mengkonsumsi sayur dan buah-buahan, namun tidak bisa mendapatkan gizinya. Hal dasar yang paling penting terletak pada cara pengolahannya. Sedulur wajib menyimak dengan seksama dalam penjelasan di bawah ini. Yuk, mari kita langsung simak seperti apa caranya.

Baca Juga: Tips Super Memilih Sayur & Buah, Sedulur Wajib Tahu!

Cara Mengolah Sayur  Agar Nutrisi Tidak Hilang ala SUPER

1. Mencuci Sayur dengan Air Mengalir, Bukan Direndam

1. Mencuci Sayur dengan Air Mengalir, Bukan Direndam
kompas.com

Cara pertama mengolah sayur super agar gizi dan nutrisnya tetap terjaga adalah dengan mencuci menggunakan air mengalir, bukan dengan direndam. Mencuci sayur dengan air mengalir efektif dalam menghilangkan sisa kotoran, bakteri dan kuman yang terdapat dalam sayur.

Jangan sekali-kali mencoba untuk merendam sayur, karena kandungan vitamin C dalam sayur akan menghilang. Hal itu disebabkan oleh vitamin C yang sangat rentan menghilang terhadap panas, air dan udara.

2. Potong Sayur dalam Ukuran Besar

2. Potong Sayur dalam Ukuran Besar
detik.com

Cara mengolah sayur super agar gizi dan nutrisinya tetap terjaga adalah dengan memotong-motong sayur dengan ukuran besar. Hindari memotong sayur dengan ukuran yang sangat kecil dan tipis. Karena semakin kecil atau tipis potongan sayur, kandungan vitamin dan nutrisi yang terdapat dalam sayur akan semakin hilang saat proses memasak.

Terutama bagi sayuran yang mengandung vitamin larut, seperti vitamin C. Setiap proses memasak, kandungan vitamin larut akan mudah menguap dan menghilang. Banyak kebudayaan tradisional yang mengolah sayur super dengan dimakan secara langsung, hal tersebut lebih baik karena nutrisi dalam sayur masih utuh.

3. Waktu dan Suhu Air Saat Memasak

3. Waktu dan Suhu Air Saat Memasak
tribunnews.com

Agar sayur super tidak kehilangan gizi dan nutrisinya Sedulur juga perlu memperhatikan waktu memasak dan suhu air yang digunakan. Semakin lama memasak akan semakin membuat kandungan dalam gizi dan nutrisinya menghilang. Begitu juga sebaliknya, semakin panas suhu air yang digunakan untuk memasak sayur, akan membuat vitamin dan nutrisi yang terdapat dalam sayur menguap dan menghilang. Hasilnya, sayur yang dikonsumsi tidak mengandung nutrisi yang tersisa.

Baca Juga: Begini Cara Mudah Belanja di Super Eats

4. Pilih Metode Memasak yang Baik

4. Pilih Metode Memasak yang Baik
detik.com

Langkah terakhir yang bisa Sedulur gunakan untuk mendapatkan sayur super dengan kondisi nutrisi yang masih utuh adalah dengan menggunakan metode memasak yang baik. Memasak sayur ala Super ini mempengaruhi kandungan gizi yang terdapat dalam sayur. Beberapa metode memasak yang baik untuk mengolah sayur super adalah dengan memanggang sayur, menumis sayur, mengukus sayur dan merebus sayur. Namun dengan catatan penggunaan waktu memasak yang tidak berlebihan.

Semoga penjelasan mengenai mengolah sayur super di atas dapat membantu Sedulur agar dapat mempertahankan gizi dalam sayur. Sedulur juga bisa membeli sayuran super fresh di Aplikasi Super. Membeli di Aplikasi Super merupakan cara belanja mudah dan belanja murah sekaligus juga Sedulur akan mendapatkan gratis ongkir.

Ada juga voucher belanja yang bisa lebih menguntungkan Sedulur. Belanja sayur super fresh di Super Eats Aplikasi Super bisa Sedulur lakukan dengan mudah. Simak langkahnya di bawah ini.

Cara Belanja Sayur Super di Aplikasi Super

Cara Belanja Sayur Super di Aplikasi Super
superapp.id
  • Kunjungi website https://superapp.id/belanja
  • Mulai belanja dengan memilih barang yang ingin Sedulur pesan pada daftar kategori yang ada di website (Sayur, Buah, Aneka Ayam, Aneka Daging Sapi, dll)
  • Setelah itu klik “Tambah
  • Klik “Lanjut
  • Cek ulang pesanan Sedulur, pastikan tidak ada barang yang tertinggal ya!
  • Lalu isi data diri Sedulur pada kolom “Data Pemesan
  • Klik “Pesan” lalu bayar sesuai dengan nominal yang tertera.

Demi kemudahan belanja dan terpenuhinya setiap kebutuhan sehari-hari. Sedulur wajib dengan cermat dan bijak memilih tempat belanja yang menguntungkan. Aplikasi Super, melalui Super Eats dan Super Fresh merupakan tempat belanja kebutuhan sehari-hari yang aman dan menguntungkan.

Sedulur juga bisa belanja melalui smartphone dengan mendownload Aplikasi Super terlebih dahulu, Sedulur bisa klik di sini untuk download Aplikasi Super. Jika Sedulur ingin cek kelengkapan barang yang dimiliki oleh Aplikasi Super, langsung saja cek dengan mengunjungi laman Aplikasi Super dengan klik di sini. Selamat mencoba!