telur pitan

Bagi Sedulur yang suka dengan masakan China, tentu saja sudah paham apa itu telur pitan. Ya, hidangan berbahan dasar telur yang berwarna hitam ini, seringkali menjadi pelengkap salad dan bubur khas dari negeri tirai bambu, lho.

Telur pitan adalah makanan yang dibuat dari telur itik atau telur ayam yang diawetkan dengan campuran abu, garam, lempung, sekam padi, dan kapur tohor dalam hitungan minggu hingga bulan. Menurut Journal of Nutritional Science and Vitaminology, dijelaskan bahwa telur ini kaya akan kandungan vitamin B12.

Disamping manfaatnya, ada bahaya telur pitan karena kandungan oksida timbal di dalamnya. Jadi sebelum Sedulur mengonsumsinya, pastikan dulu bahwa telur yang dikonsumsi itu benar-benar aman. Nah, di bawah ini ada beberapa fakta menarik dari hidangan unik khas Tiongkok tersebut.

BACA JUGA: 15 Resep Masakan Chinese Food Terenak dan Paling Populer

-->

1. Mempunyai banyak julukan

telur pitan
pimaimascitra

Bisa dikatakan jika telur pitan itu mempunyai berbagai sebutan, seperti telur 100 tahun, telur se-abad, telur millennium, telur 1000 tahun, dan juga telur yang diawetkan.

Meskipun namanya 100 tahun atau 1000 tahun, namun hal itu bukan berarti hidangan tersebut benar-benar dibuat selama itu, lho. Seperti yang tadi sudah dikatakan, pembuatan telur ini hanya memerlukan beberapa minggu sampai beberapa bulan saja, kok.

Sementara di Laos dan Thailand, hidangan ini lebih dikenal dengan sebutan telur urin kuda. Namun jangan salah sangka ya, sebutan ini diambil bukan karena ada unsur air seni kuda sungguhan. Melainkan aromanya yang sangat menyengat, membuat orang-orang memberikan sebutan tersebut.

2. Pembuatannya mirip telur asin

telur pitan
fimela

Bisa dikatakan jika cara membuat telur pitan ini mirip seperti pembuatan telur asin. Hanya saja, ada beberapa campuran yang lain seperti kapur tohor, sekam padi, tanah liat, dan juga abu. Selain itu, jika pembuatannya direbus, maka perebusannya juga menggunakan bubuk the.

Setelah itu, telur dibungkus dengan menggunakan pasta yang dibuat dari beberapa bahan yang sudah disebutkan sebelumnya. Jika sudah, kemudian telur disimpan dalam wadah tertutup selama beberapa minggu atau bulan sampai benar-benar jadi.

3. Bisa langsung dimakan

telur pitan
pergimakan

Setelah melihat bentuknya, mungkin Sedulur berpikir apakah telur pitan harus direbus? Jawabannya adalah tidak. Setelah diperam dengan waktu yang ditentukan, warna telur akan berubah menjadi hijau tau atau abu-abu.

Nah, Sedulur bisa langsung mengonsumsinya sebagai lauk atau cemilan. Tekstur dari telur ini creamy dengan aroma belerang dan ammonia yang tajam. Putih telur akan berubah menyerupai jeli tembus pandang dan rasanya asin.

BACA JUGA: 10 Pengganti Tepung Maizena Untuk Masakan dan Gorengan

4. Bermanfaat bagi kesehatan

stringfixer

Tidak hanya memiliki rasa yang unik dan enak, telur pitan manfaat juga bisa Sedulur temukan. Menurut ilmu kedokteran cina, telur ini bisa menyembuhkan sakit gigi, sakit mata, menyembuhkan vertigo, dan menurunkan tekanan darah.

Rasanya yang asin, manis dan tajam juga dipercaya mampu menyembuhkan pengar, menyembuhkan diare, serta menurunkan rasa panas di usus.

5. Harga yang cukup mahal

wikipedia

Karena proses pembuatannya yang cukup rumit dalam waktu yang sangat lama, membuat harga telur pitan ini terbilang mahal. Untuk mendapatkan satu buah telur, Sedulur harus rela mengeluarkan kocek hingga 10 sampai 20 ribu rupiah.

Jika membuat sendiri, mungkin Sedulur sudah bisa membuat 3 sampai 5 butir telur. Namun untuk membuatnya, tentu saja Sedulur perlu tahu resepnya kan? Nah, untuk telur pitan resep, mungkin akan kita bahas di kesempatan lain.

6. Termasuk hidangan yang halal

detik

Bagi Sedulur umat muslim yang ingin mencobanya, tentu bertanya-tanya apakah telur pitan halal atau tidak. Jawaban dari pertanyaan tersebut, adalah halal. Hal ini karena hidangan ini tidak mengandung dan berasal dari bahan-bahan yang dilarang di dalam agama Islam.

BACA JUGA: Perbedaan Cuaca dan Iklim, Kenali Jenis & Penjelasan Lengkap

Mungkin hanya itu beberapa fakta menarik dari telur pitan, salah satu hidangan khas China dengan bentuk, rasa, dan cara pembuatan yang unik. Walaupun bagi beberapa orang tampilannya sangat tidak menarik, namun manfaatnya sangat banyak, lho.

Tapi perlu untuk diingatkan sekali lagi, proses pembuatan telur pitan tersebut beresiko membuatnya mengandung oksida timbal. Jadi pastikan telur yang Sedulur konsumsi itu aman dan tidak berbahaya, ya!

Sedulur yang membutuhkan sembako, bisa membeli di Aplikasi Super lho! Sedulur akan mendapatkan harga yang lebih murah dan kemudahan belanja hanya lewat ponsel. Yuk unduh aplikasinya di sini sekarang.

Sementara Sedulur yang ingin bergabung menjadi Super Agen bisa cek di sini sekarang juga. Banyak keuntungan yang bisa didapatkan, antara lain mendapat penghasilan tambahan dan waktu kerja yang fleksibel! Dengan menjadi Super Agen, Sedulur bisa menjadi reseller sembako yang membantu lingkungan terdekat mendapatkan kebutuhan pokok dengan mudah dan harga yang lebih murah.