Sosis bakar bisa menjadi alternatif bisnis yang menguntungkan? Yuk, simak berbagai resep mengolah sosis bakar di bawah ini sebagai referensi.

Belakangan ini, sosis bakar merupakan salah satu camilan yang sedang hits dan menjadi tren. Dalam setiap festival makanan, pasar malam atau car free day, Sedulur bisa lihat banyak penjual sosis bakar yang menawarkan berbagai varian olahan sosis.

Sosis merupakan daging halus dan lembut yang telah diolah dan dimasukan ke dalam wadah aman. Walaupun demikian, Sedulur juga tetap harus hati-hati dan waspada dalam memilih sosis karena ada beberapa yang menggunakan bahan yang tidak aman bagi kesehatan tubuh.

Artikel kali ini akan membahas beberapa daftar resep sosis bakar yang bisa Sedulur buat sendiri atau dijadikan ide bisnis. Mulai dari sosis bakar jumbo, bagaimana saja membuat bumbu sosis bakar, merk sosis bakar apa saja yang digunakan hingga membuat bumbu sosis bakar barbeque.

Tidak usah berlama-lama, yuk langsung saja kita simak bagaimana resep dan cara membuat sosis bakar yang bisa dijadikan ide bisnis untuk berjualan.

Baca Juga: 12 Resep Membuat Kentang Goreng Paling Enak ala Restoran

Daftar Resep Sosis Bakar

1. Sosis Bakar Barbeque

Sosis Bakar Barbeque

Banyak penjual sosis bakar, yang melayani pemesanan dan resep sosis bakar teflon. Hal tersebut dilakukan untuk mempermudah pemesanan dan pelayanan. Resep sosis bakar untuk jualan atau untuk dikonsumsi sendiri adalah sosis barbeque.

Resep sosis bakar pedas manis ini membutuhkan bahan 1 sdm margarin, 5 buah sosis ayam fiesta atau jika suka dengan sosis produk lain, bisa menggunakan sosis yang sesuai selera. Kemudian siapkan bahan untuk membuat bumbunya, yaitu 1 sdm saus saus tomat, 1 sdm saus barbeque, kecap sesuai selera, dan 1 sdm saus sambal.

Cara membuatnya pun sangat mudah. Namun, untuk membuat sosis yang dibakar, Sedulur tentu saja harus menyiapkan pemanggang terlebih dahulu. Setelah itu kerat sosis atau buka penutupnya, dan panggang sambil dibolak-balik dan sesekali menambahkan bahan sausnya. Ukur tingkat kematangan sesuai selera dan  resep sosis bakar untuk jualan yang pertama pun selesai dilakukan.

2. Sosis Mayonaise Bakar

Sosis Mayonaise Bakar

Resep sosis kedua menggunakan bumbu mayonaise sebagai sausnya. Bahan yang diperlukan untuk membuat saus mayonaise adalah 3 sdm saus tomat/sambal, 1 sdm saus tiram, 1 sendok makan kecap manis, dan mayonaise merk apapun.

Campurkan bahan di atas dalam satu wadah, jika kurang banyak Sedulur bisa menambahkannya sesuai selera. Selanjutnya, siapkan sosis merk apapun sesuai selera Sedulur, disarankan potong sosis menjadi 2, dan olesi margarin terlebih dahulu sebelum dipanggang.

Saat proses pemanggangan, jangan lupa oleh sosis dengan campuran saus mayonaise di atas dan ukur tingkat kematangan sesuai selera. Setelah matang, sosis siap diangkat dan dihidangkan. Jika menyukai sosis yang penuh bumbu, tinggal lumuri sosis dengan bumbu mayonaise yang telah dibuat.

3. Sosis Keju

Sosis Keju

Cara membuat sosis keju sangat mudah. Pertama buat dulu campuran saus yang terdiri dari kecap manis, lada, saori, dan kaldu ayam. Aduk rama campuran untuk saus di atas. Lalu siapkan sosis untuk dibakar, dan lumuri dengan saus yang telah dibuat di atas.

Panggang sosis hingga matang, sambil terus diolesi dengan saus yang telah dibuat. Jika terlihat saus sudah mengering, terus olesi dengan bumbu hingga sosis matang. Setelah matang, sosis siap disajikan beserta parutan keju di atas sosis bakar yang akan segera meleleh.

Baca Juga: 30 Menu Masakan Sehari-hari untuk Keluarga Enak dan Bergizi

4. Sosis Bakar Pedas

Sosis Bakar Pedas

Pecinta kuliner pedas pasti sangat menyukai salah satu olahan dari camilan sosis satu ini. Cara membuatnya pun mudah, tidak jauh berbeda dengan resep sosis yang telah dijelaskan di atas. Pertama yang harus disiapkan dan dibuat adalah bumbu pedas untuk pembakaran sosis.

Bumbu yang dibutuhkan adalah saus sambal, saus tiram, gochujang, kecap asin, kecap manis, bawang putih dan margarin. Tumis bawang putih hingga mengeluarkan wangi, lalu masukan saus tiram, kecap manis, saus sambal, gochujang, kecap asin dan air secukupnya.

Didihkan bumbu di atas hingga mengental. Sambil menunggu bumbu saus mengental, kita bakar sosis di atas pemanggang dan sambil diolesi dengan margarin. Setelah sosis masak, masukan sosis ke dalam bumbu saus yang telah mengental dan biarkan bumbu menyerap pada sosis. Setelah itu, bakar kembali sosis, hingga matang sempurna dan bumbu meresap total. Sosis pedas pun, siap dinikmati.

5. Sosis Madu

Sosis Madu

Resep sosis satu ini menggunakan bahan tambahan untuk sausnya, yaitu madu. Cara dan langkah membuatnya pertama, rebus terlebih dahulu sosis dan tunggu hingga sosis matang. Tanda sosis matang adalah ketika sosis mengapung di atas permukaan air rebusan.

Siapkan panggangan dan oleskan margarin pada sosis. Buat bumbu saus untuk panggangan sosis, yang terdiri dari madu, kecap manis dan kecap asin. Oleskan bumbu tersebut ke pada sosis yang sedang dibakar. Panggang sosis hingga matang.

6. Sosis Bakar Sederhana

Sosis Bakar Sederhana

Resep sosis satu ini disebut sederhana karena bahan dan peralatan yang dibutuhkan tidak seribet pembuatan sosis untuk berjualan. Selain itu, resep sosis ini juga sering kali digunakan oleh anak kos, biasanya mahasiswa dan para pekerja.

Bumbu saus yang digunakan hanya kecap manis dan saus sambal, siapkan juga margarin sebagai olesan untuk mematangkan sosis saat dibakar. Cara membuatnya sangat sederhana, siapkan sosis yang telah ditusuk untuk dibakar dan lalu oleskan margarin.

Setelah itu bakar sosis hingga setengah matang, lalu angkat dan celupkan atau lumuri sosis setengah matang ke bumbu saus sederhana di atas. Lalu bakar kembali sosis hingga matang sempurna. Sosis bakar sederhana pun siap disajikan dan dinikmati sebagai camilan santai.

7. Sate Sosis

Sate Sosis

Jika bosan dengan sosis bakar sederhana, Sedulur juga bisa mencampurkan sosis dengan bahan lain, seperti misal bahan makanan laut yaitu cumi atau udang. Namun umumnya, banyak yang mencampurkan sosis dengan cumi karena teksturnya yang hampir mirip.

Potong sosis dan cumi, lalu tusuk pada tusukan sate secara bergiliran. Siapkan juga jeruk nipis dan campurkan pada bumbu saus yang terdiri dari saus kecap, saus tomat, saus sambal, saus tiram dan bumbu barbeque.

Siapkan panggangan, bakar tusukan sosis dan cumi yang telah dilumuri dengan margarin. Di tengah proses pembakaran, lumuri sosis dengan saus yang telah disiapkan. Bakar sosis hingga matang. Sate sosis bakar pun telah selesai dibuat.

8. Sosis Lada Hitam

Sosis Lada Hitam

Membuat menu satu ini yang paling penting untuk dibuat pertama adalah bumbu lada hitam. Cara membuat saus bumbu lada hitam adalah tumis bawang bombay setelah mengeluarkan aroma wangi, masukkan saus tiram, kecap manis, saus sambal, saus tomat, dan lada hitam. Aduk rata, dan masukan tepung maizena untuk membuat saus menjadi kental.

Setelah saus lada hitam selesai, siapkan pemanggangan dan sosis untuk dibakar. Oleskan terlebih dahulu margarin pada sosis hingga setengah matang. Lalu angkat sosis dan lumuri dengan bumbu saus lada hitam, panggang dan bakar kembali sosis hingga matang. Setelah sosis matang, sajikan sosis dengan disiram dengan bumbu lada hitam. Sosis lada hitam pun siap disajikan.

9. Sosis Bakar Spesial

Sosis Bakar Spesial

Resep sosis satu ini spesial karena penggunaan bahan dan alat-alat yang berbeda. Bahan yang dibutuhkan untuk membuat bumbunya adalah 1 sdm oregano, 2 sdt lada hitam, 1 sdm perasan jeruk lemon dan 2 sdm kecap manis.

Cara membakar sosis tidak menggunakan pemanggangan atau pembakaran pada umumnya, namun menggunakan oven yang diatur suhunya yaitu sepanas 150 derajat celcius. Bahan untuk membuat bumbu di atas dicampur menjadi satu, dan celup sosis ke dalam bumbu saus di atas.

Siapkan loyang yang telah diolesi margarin terlebih dahulu. Masukan sosis ke dalam loyang, dan masukan loyang ke dalam oven. Panaskan sosis di dalam oven sekitar 8 sampai 10 menit. Sosis spesial yang dipanggang menggunakan oven pun siap disajikan.

10. Sosis Goreng Kecap

Sosis Goreng Kecap

Resep sosis ini bisa kita jual di depan SD atau TK, karena akan sangat disukai oleh anak-anak. Cara membuatnya juga sangat sederhana. Kita hanya tinggal menyiapkan sosis yang telah ditusuk dengan lidi. Lalu goreng sosis hingga matang dan lumuri dengan kecap.

Untuk membuat sosis lebih menarik, tambahkan bawang goreng atau daun bawang. Sedulur juga bisa menambahkan kentang goreng atau juga bahan lainnya. Membuat resep ini sangat mudah dan bisa dibuat kapan pun kita menginginkannya.

11. Mie Sosis Telur

Mie Sosis Telur

Resep sosis saut ini merupakan jajanan hits anak-anak sekolah. Balutan sosis mie yang digoreng ini sangat simpel membuatnya. Sedulur tinggal siapkan sosis dan tusuk pada lidi, lalu balut sosis dengan dengan mie telur sesuai selera.

Siapkan minyak panas untuk menggoreng mie sosis. Sebelum digoreng, celupkan tusukan mie sosis ke dalam telur dan goreng hingga sosis dan telur matang. Resep sosis satu ini pun telah siap dihidangkan dan sekaligus bisa dijadikan ide bisnis jajanan yang menarik.

Semoga daftar resep dan cara membuat sosis bakar di atas bisa membantu Sedulur yang sedang mencari referensi olahan sosis. Jangan lupa juga untuk membeli sosis dan bahan membuat resep sosis di atas di Aplikasi Super. Klik di sini juga untuk mengunjungi laman Aplikasi Super dan download Aplikasi Super bagi yang belum mempunyai aplikasinya.