sayur tahu jamblang

Sedulur yang menggemari masakan Sunda tentu tidak asing dengan nasi jamblang. Kuliner khas Cirebon ini memiliki keunikan yaitu dibungkus menggunakan daun jati. Tak hanya itu, nasi jamblang juga disajikan dengan beragam jenis lauk, satu di antaranya adalah sayur tahu jamblang.

Masakan berbahan dasar tahu dengan cita rasa gurih dan manis ini juga cocok dijadikan lauk pelengkap menu sarapan maupun makan siang Sedulur di rumah. Apalagi cara membuatnya pun cukup sederhana dan bahan-bahannya juga mudah diperoleh di pasaran.

Apakah Sedulur tertarik untuk membuat sayur tahu khas Cirebon ini? Berikut Super telah merangkum resep sayur tahu jamblang yang bisa Sedulur coba di rumah. Yuk, langsung disimak resepnya!

BACA JUGA: 12 Resep Es Buah Untuk Jualan yang Segar, Enak dan Praktis

Mengenal nasi jamblang khas Cirebon

Kompas

Sebelum menyimak resep sayur tahu jamblang, tak ada salahnya Sedulur memahami sejarah atau asal-usul nasi jamblang khas Cirebon terlebih dahulu. Karena seperti yang diketahui, sayur tahu merupakan salah satu jenis lauk yang dihidangkan dalam sajian nasi jamblang.

Mengutip dari laman Warisan Budaya Takbenda Indonesia Kemdikbud, sega jamblang atau juga dikenal sebagai nasi jamblang adalah makanan khas masyarakat Kota Cirebon, Jawa Barat. Nama kuliner ini diambil dari nama sebuah daerah di Cirebon yang merupakan tempat asal pedagang makanan tersebut.

Nasi jamblang memiliki ciri khas yaitu digunakannya daun jati sebagai pembungkus. Selain itu, makanan ini biasanya disajikan secara prasmanan dengan berbagai macam lauk pelengkap, seperti sambal goreng, paru, semur hati, perkedel, dan sayur tahu yang resepnya akan diulas pada artikel kali ini.

BACA JUGA: Resep Acar Timun Wortel Enak, Segar, Murah & Mudah Dibuat

Resep sayur tahu jamblang

sayur tahu jamblang
Fimela

Resep sayur tahu yang gurih dan lezat cukup mudah untuk Sedulur coba di rumah. Sebab, bahan-bahan dan cara membuatnya tidaklah rumit. Sesuai dengan namanya, menu masakan satu ini menggunakan tahu sebagai bahan utamanya. Sedulur bisa menggunakan tahu kulit atau tahu pong. Selain itu, bumbu yang diperlukan di antaranya ialah kecap manis, gula merah, lada, garam, serta cabai. Untuk lebih jelasnya, berikut daftar bahan dan cara membuat sayur tahu jamblang selengkapnya.

Bahan-bahan

  • 200 gram tahu kulit atau tahu pong, goreng

Bumbu

  • 2 batang serai, memarkan
  • 2 lembar daun salam
  • 4 sdm kecap manis
  • 1 sdt gula merah
  • 1/2 sdt gula pasir
  • 1/2 sdt kaldu bubuk
  • 1/4 sdt lada bubuk
  • garam secukupnya

Bumbu cincang

  • 5 siung bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 5 buah cabai merah

Bahan lain

  • Petai (opsional)
  • air secukupnya
  • minyak untuk menumis

Cara membuat

  1. Siapkan seluruh bahan yang diperlukan, sisihkan.
  2. Panaskan minyak untuk menumis, masukkan bumbu cincang dan tumis hingga harum. 
  3. Tambahkan daun salam dan serai, tumis hingga bumbu matang.
  4. Tuang air secukupnya, kemudian masukkan bumbu lainnya, aduk rata dan masak hingga mendidih.
  5. Masukkan tahu kulit atau tahu pong dan petai, aduk rata. Masak hingga bumbu meresap ke dalam tahu dan air mulai menyusut.
  6. Cek rasa dan sesuaikan dengan selera Sedulur.
  7. Sayur tahu jamblang siap dihidangkan.

Demikian tadi resep sayur tahu jamblang yang dapat Sedulur coba di rumah. Agar kegiatan masak menjadi lebih menyenangkan, Sedulur bisa membeli bahan-bahan untuk membuat sayur tahu jamblang di Aplikasi Super.

Ada beragam bumbu dapur yang bisa Sedulur dapatkan dengan harga murah. Selain itu, belanja di Aplikasi Super juga dijamin mudah dan cepat karena pesanan akan langsung dikirim ke rumah. Sedulur juga bisa menikmati beragam voucher diskon, cashback, hingga gratis ongkir yang bikin belanja makin menguntungkan. Tunggu apa lagi? Yuk, langsung unduh Aplikasi Super dan dapatkan berbagai keuntungannya!