sambel wader

Bagi masyarakat Mojokerto, kuliner seperti ikan wader, ikan nila, dan jenis ikan tawar lainnya merupakan makanan wajib setiap hari. Hal ini tidak lepas dari banyaknya tempat budidaya ikan air tawar di daerah tersebut. Namun, dari sekian banyak sajian menu ikan tawar, sambel wader menjadi kuliner yang wajib Sedulur coba.

Makanan khas Mojokerto ini memiliki ciri khasnya sendiri dibandingkan dengan sambel wader di daerah lain. Misal, ikan wader yang digunakan merupakan ikan kering yang sudah dijemur terlebih dahulu. Selain itu, ikan wader dihidangkan langsung dalam cobek sambal sehingga memberikan pengalaman berbeda kepada para penikmatnya.

Bila Sedulur ingin mencoba membuat sendiri sambel wader di rumah, yuk simak resepnya berikut ini!

BACA JUGA: Resep Sambal Cumi Asin Pedas, Hidangan Keluarga Penggugah Selera!

Serba-Serbi Sambel Wader Khas Mojokerto

sambel wader
Endeus TV/Wader Goreng

Sebelum kita membahas lengkap tentang resep sambel wader khas Mojokerto, Sedulur juga wajib mengetahui cerita menarik dibalik kuliner lezat ini. Dilansir dari Good News from Indonesia, sambel wader termasuk dalam kuliner legendaris nusantara.

Berdasarkan penelitian dan literatur Perpustakaan Mojokerto, makanan ini sudah ada sejak zaman kerajaan Majapahit. Fakta ini dibuktikan dengan keberadaan Kolam Segaran yang berada di komplek purbakala Trowulan.

Para peneliti menyatakan, bahwa kolam tersebut merupakan tempat budidaya ikan kuno yang dilakukan oleh kerajaan Majapahit untuk menjaga sumber makanan bagi rakyatnya. Ikan wader juga sempat menjadi hidangan kelas atas karena selalu disajikan kepada para tamu kerajaan.

Ratusan tahun berlalu, ternyata makanan ini tetap bisa bertahan. Bahkan, ikan wader menjadi salah satu kuliner yang wajib dicoba saat para wisatawan datang ke Mojokerto. Sedulur pun bisa dengan mudah menemukan warung makan ikan wader di berbagai sudut kota yang dijuluki Bumi Mojopahit itu.

Citarasa Sambel Wader

Ikan wader sendiri adalah ikan air tawar kecil yang digoreng hingga teksturnya menjadi sangat renyah, termasuk tulang-tulangnya yang bisa dimakan langsung. Ikan ini memiliki rasa yang gurih alami, yang menjadi dasar yang sempurna untuk dipadukan dengan sambal.

Sambal yang menyertai ikan wader biasanya terbuat dari campuran cabai rawit, bawang merah, bawang putih, dan terkadang tambahan seperti tomat. Sambal ini kemudian diulek, sehingga rasa dan aroma bahan-bahannya sangat kuat.

Proses pengulekan bahan-bahan sambal dan penggorengan ikan wader tersebut juga mampu menciptakan aroma yang memikat dan membangkitkan selera. Aroma rempah-rempah dan gurihnya ikan goreng adalah kombinasi yang sulit untuk ditolak.

Kandungan Nutrisi Ikan Wader

Sebagai bahan utama, Ikan wader merupakan sumber protein yang baik. Protein sendiri penting untuk membangun dan memperbaiki jaringan tubuh serta mendukung fungsi imun.

Ikan ini juga menjadi sumber asam lemak omega-3 yang baik, terutama EPA dan DHA, yang penting untuk kesehatan jantung, otak, dan mata. Selain itu, ada pula kandungan vitamin D dan beberapa jenis vitamin B yang penting, seperti B12 yang mendukung kesehatan saraf dan pembentukan sel darah merah.

Ikan wader juga menyediakan mineral seperti yodium, yang penting untuk kesehatan tiroid, serta selenium, sebuah antioksidan yang membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan.

BACA JUGA: 4 Resep Gulai Kepala Ikan Khas Padang untuk Hidangan Makan Siang

Resep Sambel Wader

sambel wader
Unsplash/Antonio Mendes

Cara membuat dan resep sambel wader termasuk mudah dilakukan. Sedulur cukup menyiapkan beberapa bahan utama yang nanti digoreng kering. Kemudian dicampurkan menjadi satu dengan cara diulek, sehingga hasilnya terasa khas dan nikmat.

Nah, bagi Sedulur yang tertarik dan ingin membuat sambel wader sendiri di rumah, berikut ini rincian bahan dan langkah memasaknya.

Bahan:

Bahan sambal:

  • 6 siung bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 1 buah tomat
  • 8 buah cabai rawit merah
  • ½ sdt garam
  • 1 sdt gula pasir
  • Jeruk purut

Cara membuat sambal:

  • Cuci tomat dan potong menjadi beberapa bagian.
  • Cuci bersih bawang merah, bawang putih, dan cabai rawit.
  • Siapkan wajan dengan minyak secukupnya. Goreng semua bahan tadi sampai setengah matang atau layu. Tiriskan.
  • Siapkan cobek, lalu haluskan semua bahan tadi.
  • Potong jeruk purut. Peras ke atas sambal.

Cara membuat ikan wader goreng:

  • Cuci ikan wader dan bersihkan sisiknya. Cuci kembali sampai bersih. Tiriskan.
  • Siapkan bawang putih halus yang sudah dicampur dengan garam. Campur dengan ikan wader dan aduk rata.
  • Diamkan adonan ikan wader selama kurang 15 menit. Ini bermanfaat mengurangi amis ikan dan rasanya semakin gurih.
  • Siapkan Minyak Goreng Perirasa, panaskan dengan api sedang. Goreng semua ikan sampai kering. Angkat dan tiriskan.
  • Bila sudah, ambil cobek sambal dan campur dengan ikan wader di atasnya. Sambal ikan wader siap dihidangkan.

Tips Membuat Sambel Wader

Membuat sambel wader yang lezat memerlukan perhatian khusus, mulai dari pemilihan ikan yang tepat hingga pengolahan sambal yang kaya rasa. Pastikan ikan wader yang Sedulur gunakan masih dalam keadaan segar. Ikan yang segar biasanya memiliki mata yang jernih dan insang yang merah.

Selain itu, bersihkan ikan dari kotoran dan organ dalamnya, cuci hingga bersih sebelum dimasak. Hal ini sangat penting untuk menghilangkan bau lumpur yang seringkali ada pada ikan air tawar.

Kualitas cabai juga sangat mempengaruhi rasa sambal. Gunakan kombinasi cabai merah untuk warna dan cabai rawit untuk kepedasan. Dan untuk mendapatkan tekstur yang autentik, ulek bumbu secara kasar. Ini tidak hanya memperkaya rasa tapi juga memberikan sensasi makan yang lebih menyenangkan.

Saran Penyajian

Dapat dikatakan jika sambel wader paling enak disajikan dalam keadaan hangat. Untuk itu, panaskan kembali sambal jika perlu sebelum disajikan. Jangan lupa sajikan sambel ini bersama nasi putih hangat untuk menikmati makanan ini sebagai makanan utama.

Namun tidak ada salahnya juga jika Sedulur menyantap sambel wader dengan lauk tambahan seperti tempe, tahu, ataupun telur goreng. Dijamin penambahan sambel yang satu ini akan membuat santapan terasa jauh lebih nikmat!

Itu tadi adalah resep sambel wader khas Mojokerto yang bisa Sedulur coba untuk hidangan spesial di rumah. Bagi para pecinta pedas, tentu makanan ini bisa jadi variasi untuk santapan harian. Apalagi cara membuatnya termasuk mudah dan rasanya enak.

Hanya saja, pastikan untuk mengikuti petunjuk pada resep yang sudah dibagikan, baik itu bahan, cara pembuatan, hingga tips ketika membuatnya. Sedulur juga tidak perlu khawatir karena bahan-bahan resep kali ini bisa ditemukan dengan mudah di toko kelontong dan di SuperApp. Jadi dijamin tidak akan kerepotan saat membuatnya.

SuperApp sendiri adalah aplikasi yang membantu kulakan sembako dan barang kebutuhan pokok untuk toko atau kebutuhan sehari-hari di rumah jadi mudah. Kalau kamu tertarik menggunakan SuperApp, bisa cari tahu lebih banyak informasinya lewat media sosial Instagram SuperApp. Selamat mencoba ya!