Ingin sarapan berbeda dari biasanya? Simak daftar resep waffle di bawah ini. Pilihan cocok untuk sarapan nikmat!

Bagi orang Indonesia, kuliner waffle mungkin sangat asing. Karena pada dasarnya waffle merupakan makanan penutup dari Belgia. Seiring berjalannya waktu, waffle pun dinikmati bukan hanya sebagai makanan penutup. Terutama di Indonesia, waffle biasa dinikmati sebagai sarapan atau hidangan awal.

Sulit mencari restoran atau tempat makan yang menjual waffle saat ini, namun Sedulur jangan khawatir, Sedulur bisa membuat sendiri waffle. Salah satu resep waffle yang original adalah yang paling mudah. Sisanya merupakan resep-resep yang telah dimodifikasi dan dikreasikan.

Dalam kesempatan kali ini, akan dibahas resep waffle fluffy yang sekaligus merupakan resep waffle untuk jualan. Yuk, mari langsung saja kita simak langkah membuatnya di bawah ini!

Baca Juga: Kreasi Resep Pancake yang Enak & Lembut. Mudah Dibuat!

Resep Waffle Selain yang Nikmat dan Mudah Dibuat!

1. Bahan yang Dibutuhkan

1. Bahan yang Dibutuhkan
lemonilo.com

Langkah pertama adalah menyiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat waffle, yaitu:

  • 300 gr tepung terigu protein sedang
  • 1 sdt baking powder
  • 1 setengah sdm gula pasir halus
  • 450 ml susu cair
  • 2 kuning telur, kocok lepas
  • 2 sdm margarin, lelehkan
  • 1/2 sdt garam
  • 2 putih telur
  • 1 sdm gula pasir halus

2. Bahan Selai Waffle

2. Bahan Selai Waffle
gencil.news

Setelah bahan-bahan utama di atas, hal penting dalam menikmati waffle adalah selainya. Berikut bahan untuk membuat selai yang Sedulur butuhkan:

  • 300 ml susu cair
  • 60 gr gula pasir
  • 25 coklat bubuk
  • 1/2 sdm tepung maizena
  • 100 gr dark cooking chocolate, potong-potong
  • 1 kuning telur kocok lepas

3. Langkah Membuat Waffle

3. Langkah Membuat Waffle
idntimes.com

Setelah bahan-bahan terkumpul, langkah pertama membuatnya adalah dengan mengayak tepung terigu dan baking powder hingga benar-benar lembut dan halus. Lalu tambahkan gula pasir halus, lalu aduk ketiga bahan di atas hingga merata. Selanjutnya tuangkan susu cair secara perlahan dan aduk rata. Lalu masukkan kuning telur dan tambahkan margarin leleh dan garam. Kemudian aduk rata hingga membentuk adonan.

Dalam wadah terpisah, kocok putih telur hingga mengembang, masukkan gula pasir halus, kocok hingga mengembang. Dan aduk rata hingga lebih mengembang lagi. Kemudian masukkan tepung terigu dan aduk hingga menjadi adonan. Siapkan cetakan waffle dan masukkan adonan lalu masak hingga matang. Sisihkan waffle yang telah matang terlebih dahulu.

Langkah selanjutnya membuat bahan selai dengan aduk rata susu cair, gula pasir, coklat bubuk dan tepung maizena. Lalu masak hingga meletup dan mengental. Tambahkan dark chocolate dan aduk hingga larut. Masukkan kunik telur dan aduk kembali hingga selai mengental.

Baca Juga: Cara Mudah Membuat Resep Pancake Pisang Super Lembut & Enak

4. Waffle Siap Dinikmati

4. Waffle Siap Dinikmati
grid.id

Selelah langkah dalam resep waffle crunchy di atas selesai, langkah selanjutnya yang tidak kalah penting dalam resep belgian waffle adalah menikmati waffle. Siapkan waffle yang telah matang, lalu siram dengan saus yang telah disiapkan. Resep waffle enak dan lembut pun selesai dan Sedulur tinggal menikmati waffle yang mudah di buat di atas.

Langkah dan resep waffle original yang telah dijelaskan di atas sangat mudah dibuat, hal yang paling penting untuk Sedulur siapkan adalah alat cetakan waffle itu sendiri. Bagi Sedulur yang ingin praktis, Sedulur bisa membeli cetakan waffle listrik. Namun, cetakan manual yang dipanaskan menggunakan kompor pun tidak masalah.

Karena cetakan waffle merupakan bagian penting yang dapat membuat waffle menjadi nikmat dan lezat. Semoga langkah dan resep waffle di atas bisa menambah referensi Sedulur dalam membuat camilan nikmat dan lezat. Jangan lupa untuk menyediakan berbagai bahan dalam resep resep waffle.

Agar memudahkan Sedulur, Sedulur bisa menyiapkan bahan-bahan dalam resep di atas dengan membelinya di Aplikasi Super. Aplikasi Super menyediakan banyak bahan kebutuhan sehari-hari dan bahan untuk berkreasi membuat berbagai masakan nikmat. Sedulur tinggal klik di sini bagi yang belum memiliki Aplikasi Super. Gunakan Aplikasi Super saat ini juga, agar kehidupan Sedulur lebih mudah dan menguntungkan.