Masakan nusantara terkenal dengan citarasanya yang kuat, salah satunya terong balado. Yuk, simak resep terong balado. Sedulur wajib coba!

Salah satu olahan terong yang paling sering dijumpai adalah terong balado. Baik di rumah makan padang atau pun warung makan tegal, kita hampir bisa menjumpai salah satu menu yaitu terong balado. Selain bergizi, terong balado juga memiliki rasa yang nikmat.

Superapp.id dalam kesempatan kali ini akan membahas tentang cara membuat terong balado beserta membuat bumbu terong balado yang nikmat. Balado terong ungu merupakan salah satu makanan yang hampir disukai oleh banyak orang Indonesia.

Terdapat beberapa resep terong balado, ada terong balado padang dan juga terong balado biasa yang tidak terlalu pedas. Biasanya kita menjumpai terong balado biasa di warung makan tegal. Yuk, mari kita langsung saja simak ulasan dan pembahasan terong balado resep dan cara pembuatannya di bawah ini.

-->

Baca Juga: 8 Kreasi Resep Olahan Nangka Muda Super Enak, Sudah Coba?

Cara Membuat dan Resep Terong Balado Khas Nusantara

1. Bahan yang Dibutuhkan

1. Bahan yang Dibutuhkan
lagizi.com

Dalam resep masakan balado terong, bahan yang dibutuhkan adalah:

  • 4 buah Terong ungu ukuran sedang
  • 10 biji Cabai merah keriting
  • 4 biji Cabai rawit merah
  • 8 siung Bawang merah
  • 2 siung Bawang putih
  • 2 Tomat merah ukuran sedang
  • 2 batang Serai
  • Garam, penyedap rasa dan gula secukupnya

2. Bersihkan dan Potong-Potong Terong

2. Bersihkan dan Potong-Potong Terong
diodona.id

Setelah bahan terkumpul, cara selanjutnya dalam resep terong balado atau sambal terong balado adalah dengan membersihkan terong terlebih dahulu. Lalu rendam terong dalam air, beri garam sedikit pada air. Hal ini bertujuan untuk menghilangkan getah yang ada pada terong. Potong sesuai selera Sedulur, diamkan terlebih dahulu

3. Siapkan Bumbu Balado dan Tumis

3. Siapkan Bumbu Balado dan Tumis
sajiansedap.grid.id

Langkah selanjutnya adalah menyiapkan bumbu balado. Haluskan semua bahan kecuali batang serai. Setelah halus, lalu siapkan minyak panas. Tumis bumbu balado hingga mengeluarkan aroma wangi dan gunakan api sedang untuk menumisnya. Masukkan dua batang serai yang telah digeprek dan aduk rata.

Baca Juga: Resep Pepes Jamur Tiram Enak, Mudah & Sederhana. Wajib Coba!

4. Masukkan Terong Ungu

4. Masukkan Terong Ungu
cookpad.com

Setelah bumbu balado agak matang, masukkan terong ungu dalam bumbu dan aduk rata. Beri gam, penyedap rasa dan gula secukupnya. Aduk terus hingga semuanya tercampur rata. Jangan lupa untuk koreksi rasa agar terong balado telah sesuai selera Sedulur. Pastikan terong sudah benar-benar matang ya.

5. Terong Balado Siap Disajikan

5. Terong Balado Siap Disajikan
selarasa.com

Langkah selanjutnya adalah menyajikan terong balado, dan resep terong balado pun telah selesai dilakukan. Sedulur bisa menikmati terong balado dengan sepiring nasi hangat dan juga jangan lupa kerupuk agar makan semakin nikmat. Sangat mudah membuat terong balado jika menyimak pembahasan dalam resep terong balado di atas.

Satu hal yang wajib Sedulur lakukan adalah menyediakan setiap bahan untuk membuat olahan terong balado. Sedulur bisa mendapatkan bahan-bahannya dengan membeli di pasar atau di warung. Namun, terdapat satu cara untuk menyediakan bahan resep terong balado, Sedulur bisa membelinya di Aplikasi Super.

Beli Bahan Terong Balado di Aplikasi Super

Beli Bahan Terong Balado di Aplikasi Super
superapp.id

Semoga pembahasan resep terong balado di atas bisa menambah pengetahuan Sedulur terkait dengan rekomendasi menu masakan. Jangan lupa, Sedulur harus mulai menyediakan terong ungu sebagai persediaan, mengingat manfaatnya yang sangat baik untuk kesehatan tubuh.

Sedulur bisa membeli terong ungu di Aplikasi Super. Sedulur bisa membuat berbagai olahan terong ungu, setelah Sedulur memiliki cukup persediaan terong ungu. Aplikasi Super, melalui Super Eats menyediakan berbagai macam kebutuhan masak yang sangat lengkap. Mulai dari daging, buah-buahan, dan tentu saja sayuran dan berbagai macam bumbu.

Sedulur bisa klik di sini bagi yang belum download Aplikasi Super. Jangan lupa juga pantengin terus Aplikasi Super karena selalu ada program menarik dan juga bonus yang akan sangat menguntungkan Sedulur Super. Selain itu, Aplikasi Super selalu mengadakan beberapa diskon besar-besaran yang akan membuat Sedulur lebih untung lagi.

Maka dari itu, pastikan Sedulur memiliki Aplikasi Super di smartphone Sedulur, dan jangan lupa juga pantengin informasi dari Aplikasi Super. Sedulur juga bisa mengunjungi laman Aplikasi Super dengan klik di sini, banyak informasi yang menarik yang dibagikan oleh Aplikasi Super.