Ingin menu makan yang sehat? Yuk, simak resep pepes jamur tiram di bawah ini.

Salah satu olahan makanan dan cara memasak yang menyehatkan adalah dengan cara dikukus. Baik itu pepes jamur, pepes ayam atau pepes usus, merupakan olahan makanan yang dimasak dengan cara dikukus. Sudah pasti dijamin lebih menyehatkan. Biasanya bumbu pepes jamur juga memiliki rasa yang lebih kuat dibanding dengan cara mengolah lainnya.

Dalam kesempatan kali ini, Superapp.id akan membahas cara bikin pepes jamur tiram pedas, namun sebenarnya tingkat kepedasan bisa dengan mudah diatur sesuai dengan selera dengan menambahkan cabai rawit dan cabai merah. Jika Sedulur tidak begitu menyukai pedas, tidak perlu menambahkan cabai rawit.

Resep pepes tahu jamur tiram juga bisa dikreasikan dengan menambah bahan tambahan, misalnya dengan menambah ayam dan menjadi pepes ayam jamur. Ada juga jenis jamur lainnya yang bisa dijadikan sebagai olahan pepes, seperti yang ada pada resep pepes jamur kancing. Namun pada kesempatan kali ini, kita membahas resep pepes jamur tiram  yang enak dan super lezat. Yuk, langsung saja kita simak ulasannya.

-->

Resep Pepes Jamur Tiram yang Super Enak, Mudah dan Sederhana, Sedulur Wajib Coba!

1. Bahan yang Dibutuhkan

1. Bahan yang Dibutuhkan
krakatauradio.com

Bahan yang dibutuhkan untuk membuat pepes jamur tiram adalah:

  • 500gr jamur tiram
  • 1 buah jagung manis serut
  • 1 genggam daun kemangi
  • 8 buah cabai hijau potong-potong
  • Bumbu kaldu secukupnya
  • Daun pisang untuk membungkus
  • Garam secukupnya
  • Gula secukupnya

2. Bumbu Halus yang Disediakan

wowkeren.com

Untuk menambah cita rasa pepes jamur tiram, Sedulur juga wajib menyiapkan bumbu dan rempah yang dihaluskan, yaitu:

  • 2 buah tomat
  • 5 bawang merah
  • 5 bawang putih
  • 5 buah cabai kecil
  • 5 kemiri sangrai
  • 7 cabai merah keriting

3. Cuci Bersih Jamur Tiram

3. Cuci Bersih Jamur Tiram
fresh.panen.id

Langkah pertama yang harus Sedulur lakukan dalam membuat pepes jamur tiram adalah dengan membersihkan jamur hingga bersih dari kotoran yang menempel. Lalu Sedulur bisa memeras air yang menyerap pada jamur yang bertujuan untuk menghilangkan aroma tidak sedap pada jamur ketika dimasak. Setelah jamur bersih, sisihkan jamur terlebih dahulu.

4. Campur Semua Bahan

4. Campur Semua Bahan
blog.sayurbox.com

Siapkan bumbu halus, dan campurkan dengan semua bahan yang telah disediakan dalam sebuah wadah. Aduk hingga semua bahan dan bumbu halus tercampur rata. Lalu bungkus jamur tiram dengan daun pisang dan siap untuk dipepes atau dikukus hingga matang.

5. Kukus Pepes Jamur Tiram

5. Kukus Pepes Jamur Tiram
aura.co.id

Langkah terakhir dalam resep pepes jamur tiram adalah mengukus pepes jamur tiram selama 30 menit. Kukus hingga matang dan jamur tiram menjadi lembut. 30 menit juga merupakan waktu yang pas untuk membuat jamur tiram menyeram semua bumbu yang telah diaduk menjadi satu dan dibungkus menggunakan daun pisang. Setelah 30 menit berlalu, angkat pepes jamur dan siap dinikmati dengan sepiring nasi hangat.

Menyimak penjelasan mengenai resep pepes jamur di atas, tidak terlalu sulit membuatnya. Bahan bisa dikategorikan dengan cara yang sangat mudah dan sederhana. Terlebih lagi, metode memasak dengan cara dikukus, merupakan metode memasak yang sehat karena tidak menggunakan minyak yang menjadi sumber kolesterol dalam tubuh.

Resep pepes jamur satu ini juga sangat direkomendasikan bagi Sedulur yang tengah diet dan sedang menjalankan kebiasaan makan sehat. Usahakan setiap makanan diolah dengan cara dikukus untuk mendapatkan asupan makanan yang sehat. Seperti dalam contoh resep pepes di atas. Jangan lupa untuk menyediakan bahan untuk membuat pepes jamur, agar lebih untung, Sedulur bisa membelinya di Aplikasi Super.

Beli Bahan Pepes Jamur Tiram di Aplikasi Super

Beli Bahan Pepes Jamur Tiram di Aplikasi Super
superapp.id

Aplikasi Super menyediakan bahan kebutuhan sehari-hari dengan lengkap, termasuk berbagai bahan makanan. Bahan untuk membuat pepes jamur pun disediakan lengkap di Aplikasi Super. Dengan membeli bahan di Aplikasi Super, Sedulur akan berpotensi mendapatkan keuntungan yang super melimpah.

Selain itu, terdapat beberapa program menarik dan juga bonus yang diadakan oleh Aplikasi Super secara berkala sebagai bentuk pelayanan terhapad setiap pelanggan super. Hal tersebut dilakukan oleh Aplikasi Super untuk turut meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan juga tingkat perekonomian rakyat.

Sedulur sangat wajib melengkapi kebutuhan sehari-hari, terutama kebutuhan dapur dengan membeli persediaan di Aplikasi Super. Mulai dari kebutuhan dapur, kebutuhan memasak, hingga juga perawatan, kesehatan dan kecantikan tersedia di Aplikasi Super.

Sedulur bisa klik di sini bagi yang belum download Aplikasi Super dan juga Sedulur wajib untuk pantengin terus Aplikasi Super, karena akan banyak bonus dan program menarik yang diberikan oleh Aplikasi Super. Sedulur juga bisa klik di sini untuk mempelajari Aplikasi Super lebih jauh lagi.