Bagi yang penasaran dengan resep terang bulan dan ingin coba membuatnya sendiri, Sedulur wajib simak artikel kali ini. Terang bulan, atau yang umum dikenal dengan nama martabak, merupakan camilan manis yang disukai oleh orang Indonesia. Diperkirakan terang bulan merupakan kuliner yang berasal dari Timur Tengah.

Kemudian masuk ke Indonesia dan mendapatkan banyak perubahan akibat kebiasaan memasak orang Indonesia itu sendiri. Saat membeli terang bulan, sebagian dari kita mungkin penasaran seperti apa resep terang bulan dan apakah kita bisa membuatnya sendiri? Jawabannya tentu saja bisa.

Tidak percaya? Sedulur simak dengan seksama penjelasan di bawah ini, perhatikan setiap langkah dalam membuat resep terang bulan agar bisa membuatnya di rumah.

BACA JUGA: Resep Martabak Mini Manis, Enak & Mudah

-->

1. Bahan yang dibutuhkan

1. Bahan yang dibutuhkan
mediaindonesia

Bahan yang Sedulur butuhkan dalam resep terang bulan adalah sebagai berikut:

  • 250 gram tepung terigu
  • 50 gram gula halus
  • 25 gram margarin, lelehkan
  • 15 gram susu bubuk
  • 30 gram gula pasir
  • 3 butir telur
  • 1/2 sdt fermipan
  • 1/4 sdt baking powder
  • 1 sdt vanila ekstrak
  • sejumput garam
  • 300 ml air

Sedulur jangan lupa juga siapkan beberapa bahan topping untuk terang bulan, yaitu:

  • Susu kental manis secukupnya
  • Meses secukupnya
  • Keju cheddar secukupnya
  • Margarin secukupnya

2. Buat adonan

2. Buat adonan resep terang bulan
idntimes

Setelah Sedulur menyiapkan bahannya, langkah selanjutnya dalam resep terang bulan mini adalah membuat adonan terlebih dahulu. Sedulur bisa menyiapkan wadah yang besar, masukkan tepung terigu, susu bubuk, baking powder, gula halus, vanili bubuk dan garam. Lalu aduk semua bahan hingga tercampur rata. Kemudian Sedulur tuang air secara bertahap sambil terus mengaduk adonan. Lalu masukkan ragi dan aduk kembali. Diankan adonan selama 30 menit.

3. Masak terang bulan

3. Masak terang bulan
rctiplus

Setelah adonan didiamkan, karena terdapat ragi, adonan akan sedikit mengembang. Langkah selanjutnya dalam resep terang bulan holland adalah dengan mengocok telur dan gula pasir. Kocok hingga telur dan gula tercampur rata dan masukkan dalam adonan. Aduk kembali hingga merata dan tidak ada adonan yang menggumpal. Jika sudah, jangan lupa Sedulur masukkan soda kue dan margarin cari. Agar saat dimasak tidak mudah gosong.

Langkah selanjutnya, Sedulur siapkan teflon dan panaskan menggunakan api kecil. Pstikan teflon benar-benar panas, jika sudah Sedulur bisa menuangkan adonan ke dalam teflon hingga rata. Tunggu adonan membentuk lubang-lubang kecil, lalu Sedulur tambahkan gula pasir secukupnya dan sesuai selera. Tutup teflon, dan masak selama 5 menit. Setelah masak, angkat terang bulan dan Sedulur bisa lanjut ke langkah resep terang bulan teflon selanjutnya.

BACA JUGA: Resep Martabak Manis Teflon – Mudah Buatnya, Nagih Rasanya

4. Terang bulan siap disajikan

4. Terang bulan siap disajikan
selerasa

Langkah terakhir dalam resep kue terang bulan adalah menyajikan terang bulan dengan topping. Setelah diangkat dan agak dingin, Sedulur bisa mengoleskan margarin di atas terang bulan. Lalu tambahkan topping, seperti keju, meses coklat, dan susu. Potong terang bulan menjadi dua bagian, lalu tumbukan menjadi satu. Potong-potong terang bulan, dan terang bulan pun siap disantap. Sempurna sudah resep terang bulan yang Sedulur buat sendiri di rumah.

Semoga penjelasan terkait resep terang bulan di atas bisa menambah menu camilan bagi Sedulur. Langkah dan cara membuatnya super mudah, Sedulur hanya perlu mengikuti penjelasan di atas sesuai instuksi. Jangan lupa untuk memastikan setiap bahan telah Sedulur sediakan dengan baik.

Agar Sedulur tidak kerepotan dan tertinggal satupun bahan membuat terang bulan, Sedulur bisa membeli bahan-bahan resep di atas dengan menggunakan Aplikasi Super. Sedulur hanya tinggal buka Aplikasi Super, beli setiap bahan yang dibutuhkan melalui aplikasi, dan duduk manis menunggu bahan-bahan tersebut tiba di rumah Sedulur. Dijamin tidak akan ada bahan yang terlewat untuk dibeli. Selain itu, Sedulur juga akan lebih memudahkan Sedulur.