Ingin camilan enak untuk keluarga? Sedulur bisa coba membuat sempol. Simak resepnya di bawah ini, super mudah dan praktis!

Sempol merupakan camilan khas Malang berasal dari salah satu desa di Malang, dan kemudian menyerbu kota Malang hingga akhirnya diketahui oleh masyarakat Indonesia secara luas. Terdapat beberapa jenis sempol, mulai dari sempol ayam, sempol goreng, resep sempol tahu dan resep sempol daging.

Superapp.id dalam kesempatan kali ini akan membahas resep sempol beserta dengan cara membuat sempol. resep membuat sempol ayam tidak terlalu sulit didapat, bahan sempol ayam dan bumbu sempol ayam juga sangat praktis. Bagi Sedulur yang sulit menemukan sempol di daerah tempat tinggal Sedulur, Sedulur bisa melakukan cara membuat jajanan sempol sendiri.

Seperti apa resep sempol enak dan sekaligus juga cara membuat sempol ayam untuk dijual? Sedulur bisa simak pembahasannya di bawah ini.

-->

Baca Juga: Resep Ceker Pedas Super Nikmat, Kamu Sudah Coba?

Cara Membuat dan Resep Sempol Gurih dan Nikmat, Cocok Sebagai Camilan Keluarga!

1. Bahan yang Dibutuhkan

1. Bahan yang Dibutuhkan
bukalapak.com

Bahan yang dibutuhkan dalam resep sempol satu ini adalah:

  • Daging ayam giling – 250 gram
  • Tepung tapioka – 150 gram
  • Telur ayam – 1 butir
  • Bawang putih, haluskan – 4 siung
  • Bawang merah goreng, haluskan – 3 sdm
  • Gula pasir – 1 sdt
  • Garam – 2 sdt
  • Merica bubuk – 1/2 sdt
  • Daun bawang, iris tipis – 1 batang
  • Tusuk sate – 15 tusuk atau secukupnya

Sedulur juga wajib menyiapkan bahan pencelup, yaitu:

  • Telur – 1 butir
  • Garam – sejumput

2. Buat Adonan Sempol

2. Buat Adonan Sempol
idntimes.com

Langkah pertama dalam resep sempol adalah membuat adonan sempol. Masukkan semua bahan dalam satu wadah dan aduk rata. Buat adonan hingga kental dan agak keras. Jangan lupa untuk mencicipinya, koreksi rasa. Jika sudah pas dan sesuai selera, sisihkan sempol terlebih dahulu.

3. Cetak Sempol Menggunakan Tusuk Sate

3. Cetak Sempol Menggunakan Tusuk Sate
bukalapak.com

Langkah selanjutnya dalam resep sempol adalah mencetaknya menggunakan tusuk sate. Lilit adonan sempol yang sudah disisihkan dalam  tusuk sate. Lakukan hingga adonan habis. Pastikan adonan menempel dan terlilit dengan sempurna pada tusuk sate. Sedulur bisa melumuri terlebih dahulu tangan dengan minyak goreng agar tidak lengket.

Mencetak sempol terlihat seperti pekerjaan yang mudah, bamun memastikan adonan sempol menempel ke dalam tusuk sate, memerlukan kehati-hatian yang sangat sempurna.

Baca Juga: Resep Lasagna Enak, Praktis & Sederhana. Kamu Sudah Coba?

4. Rebus Sempol

4. Rebus Sempol
bukalapak.com

Siapkan panci yang telah dipenuhi oleh air, dan rebus air hingga mendidih. Masukkan sempol yang telah dicetak dalam air mendidih. Rebus sempol selamat 20 menit hingga sempol matang dan kenyal. Angkat ketika sempol telah matang dan tiriskan terlebih dahulu.

Patokan untuk mengetahui sempol yang telah matang direbus sangat mudah. Jika telah ada tusukan sempol yang mengapung, hal tersebut menandakan bahwa sempol telah matang direbus dan bisa diangkat. Sedulur juga harap berhati-hati saat merebus sempol, jangan sampai terlalu lunak.

5. Goreng Sempol

5. Goreng Sempol
bukalapak.com

Siapkan bahan pencelup. Kocok lepas telur dan tambahkan sedikit garam. Kocok terus hingga telur lepas. Celupkan sempol yang telah direbus dalam celupan telur. Lalu goreng hingga sempol matang. Gunakan minyak yang agak banyak, agar sempol bisa matang sempurna. Lakukan hingga semua bahan sempol habis.

Akan lebih baik menggoreng sempol dengan menggunakan metode deep frying, metode menggoreng makanan tersebut sering digunakan sebagai metode memasak berbagai makanan yang ingin mendapatkan tekstur kriuk dan renyah di luar, dan mendapatkan kelembutan di bagian dalamnya. Sedulur bisa mencoba metode tersebut untuk memasak sempol

6. Sempol Goreng Siap Dinikmati

6. Sempol Goreng Siap Dinikmati
nusadaily.com

Sempol pun siap dinikmati sebagai camilan bersama keluarga, dan resep sempol pun selesai dilakukan. Jangan lupa untuk menikmati sempol bersama saus sambal atau saus kecap. Semoga resep sempol yang telah dijelaskan di atas bisa menambah referensi menu camilan bagi Sedulur. Jangal lupa untuk membeli bahan membuat sempol dengan membelinya di Aplikasi Super.

Dengan belanja kebutuhan sehari-hari menggunakan Aplikasi Super, Sedulur tidak perlu keluar rumah untuk bisa mendapatkan setiap kebutuhan yang sangat penting, termasuk berbagai bahan memasak. Kualitas yang terjamin dan terdapat garansi, merupakan kelebihan dari Aplikasi Super yang bisa Sedulur percaya dan bisa sangat diandalkan.

Beli Bahan dalam Resep Sempol di Aplikasi Super

Beli Bahan dalam Resep Sempol di Aplikasi Super
superapp.id

Sedulur bisa membeli bahan-bahan untuk membuat sempol dengan membelinya di Aplikasi Super. Aplikasi Super menyediakan bahan yang lengkap dengan harga yang super murah. Selain itu, Aplikasi Super juga menyediakan berbagai kemudahan, mulai dari gratis ongkir pengiriman barang hingga berbagai voucher belanja menarik yang sangat menggiurkan.

Sedulur bisa mendapatkan setiap bahan untuk membuat lasagna dengan membelinya di Aplikasi Super, Sedulur bisa klik di sini untuk cek kelengkapan barangnya. Dan juga bisa klik di sini untuk download Aplikasi Super agar bisa melakukan transaksi pembelian melalui smartphone.

Di tengah kondisi virus corona yang masih menjadi ancaman di Indonesia, setiap kegiatan sosial harus dibatasi. Untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, termasuk bahan masakan dan bahan-bahan dapur, Sedulur bisa memanfaatkan Aplikasi Super. Banyak bahan kebutuhan sehari-hari lainnya yang bisa Sedulur dapatkan di Aplikasi Super.

Sekian cara membuat sempol yang bisa Sedulur coba di rumah. Semoga sempol versi sederhana kali ini bisa melengkapi menu pilihan camilan Sedulur sehari-hari, ya. Agar Sedulur tidak bosan menikmati makanan yang itu-itu saja setiap harinya. Selamat mencoba!